Skip to main content

Menerapkan Gaya Hidup Sehat Di Era Millenial

Gaya Hidup

Menerapkan Gaya Hidup Sehat Di Era Millenial

Ditengah-tengah aktivitas yang padat dan segala keperluan sehari-hari membuat Anda sibuk dan terkadang melupakan kondisi kesehatan. Belum lagi tuntutan pekerjaan dan kewajiban lainnya yang menguras tenaga. Terlebih semakin berkembangnya teknologi yang menyediakan apapun semua serba instan dan terkadang menomor duakan kesehatan.

Saat ini dikenal dengan zaman milenial, dimana semua didukung oleh kecanggihan teknologi. Semuanya memang serba lebih mudah, namun secara tidak langsung memberikan dampak malas terhadap diri Anda sendiri.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, Anda diwajibkan melakukan gaya hidup sehat untuk tetap menjaga kebugaran jasmani maupun rohani Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat di era milenial seperti ini. Diantaranya sebagai berikut:

1. Pola Makan Sehat

Makanan instan dan tidak higienis cenderung berdampak buruk untuk tubuh Anda, meski secara cepat maupun jangka panjang. Makanan yang tidak sehat dapat mendatangkan berbagai macam penyakit, dari penyakit kronis hingga ringan. Menghindari konsumsi garam dan gula yang berlebihan pun patut dilakukan. Hal ini karena memicu pada penyakit diabetes karena konsumsi gula yang berlebih dan penyakit jantung juga darah tinggi karena terlalu banyak mengkonsumsi sodium.Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya hindari makanan cepat saji dan lebih memilih untuk masak sendiri. Selain murah, Anda juga dapat mempertimbangkan kandungan nutrisi dan kebersihan masakan Anda.

2. Istirahat Cukup

Diciptakan siang untuk bekerja dan malam untuk istirahat. Itu mungkin terdengar sederhana namun tidak sedikit orang yang kesulitan untuk tidur dimalam hari. Setelah capek bekerja maupun melakukan aktivitas lain di siang hari, tentunya tubuh membutuhkan istirahat yang cukup di malam hari. Waktu tidur yang dibutuhkan tubuh untuk kembali dalam keadaan bugar adalah 6 jam setiap harinya.Hindarilah tidur larut malam, karena kebiasaan buruk tersebut memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan Anda. Seperti meningkatnya resiko terkena penyakit kanker dan jantung. Serta dengan tidur dengan cukup Anda akan memperoleh tubuh yang bugar, berat badan proporsional, dan terhindar dari stress.

3. Konsumsi Air Putih

Sebagian besar kebutuhan tubuh adalah cairan. Cairan tersebut dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi air putih. Air putih memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, diantaranya mengatasi dehidrasi, menjaga keseimbangan cairan tubuh, bersifat sebagai detox alami, sebagai sumber energi tambahan, menjaga kelembaban kulit dan masih banyak lagi manfaat air putih lainnya. Konsumsi 8 gelas air putih setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

4. Rutin Berolahraga

Gaya hidup sehat selanjutnya yaitu dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga Anda dapat melemaskan otot-otot dan syaraf yang kaku akibat kecapekan bekerja. Setelah berolahraga Anda dapat merasakan badan lebih sehat dan bugar.Jogging, yoga dan gym merupakan beberapa alternatif olahraga yang dapat Anda coba dalam menerapkan gaya hidup sehat di era milenial seperti ini. Bukan hanya itu, bersepeda merupakan olahraga yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat luas mulai dari anak-anak sampai orang tua.

5. Kesehatan Mulut

Mulut adalah salah satu gudang kuman dan bakteri di tubuh. Namun terkadang kesehatan dan kebersihan mulut diabaikan oleh beberapa orang. Setelah merasakan sakit gigi atau penyakit mulut lainnya, barulah sadar akan pentingnya kesehatan mulut. Untuk itu, perhatikan dan jagalah selalu kesehatan serta kebersihan mulut Anda, dengan menggosok gigi setelah sarapan dan menjelang tidur pada malam hari. Tidak hanya gigi, lidah juga perlu dibersihkan dengan alat khusus pembersih lidah. Kemudian kumur dengan mouthwash untuk mencegah terjadinya penumpukan plak pada gigi.

Jadi itulah beberapa tips gaya hidup sehat yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kebersihan adalah salah satu penunjang kesehatan yang sangat berpengaruh secara signifikan. Selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan Anda ya.