Skip to main content

Ini Dia Perbedaan WhatsApp Business Dengan WhatsApp Biasa

Whatsapp

Ini Dia Perbedaan WhatsApp Business Dengan WhatsApp Biasa

WhatsApp menjadi salah satu layanan perpesanan yang paling banyak digunakan saat ini. Setelah sukses diluncurkan pertama kali pada tahun 2009, kini WhatsApp juga bisa digunakan untuk kepentingan bisnis lho. Ya, caranya adalah dengan menggunakan WhatsApp Business. Apa saja si keuntungan yang didapatkan jika menggunakan WhatsApp ini? Untuk Anda yang ingin mengenal lebih jauh tenang WhatsApp ini, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu WhatsApp Business?

Sesuai dengan namanya, WhatsApp Business memang ditujukan untuk kepentingan bisnis dan bahkan aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis lho. Adapun sasaran dari aplikasi ini adalah para pebisnis kecil agar lebih mudah dalam melakukan interaksi bersama dengan pelanggan.

Pada aplikasi ini terdapat beberapa fitur otomatis yang digunakan untuk menyortir pesan serta menjawab pertanyaan konsumen dengan lebih cepat. Aplikasi ini bisa digunakan pada Smartphone, baik yang berbasis Android ataupun iOS.

Aplikasi ini sendiri mulai diperkenalkan pada bulan September tahun 2017 yang lalu. Bahkan, dengan diluncurkannya aplikasi ini membuat para pebisnis mulai melirik untuk menggunakannya. Bahkan, Indonesia menjadi negara pertama yang ada di Asia yang telah menggunakan platform WhatsApp Business ini.

Apa Perbedaan WhatsApp Business Dengan WhatsApp Messenger?

Meskipun keduanya sama-sama merupakan layanan perpesanan, namun ternyata antara WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger ini memiliki perbedaan. Perbedaan ini bisa dilihat dari fitur dan tampilannya. Berikut ini adalah perbedaan di antara keduanya

1. Logo Dan Fitur

Perbedaan pertama pada kedua aplikasi ini terletak pada logo dan fitur yang ditawarkan. Untuk WhatsApp Business ini menggunakan huruf “B” kapital dengan warna hijau sebagai latar belakangnya.

Hal ini tentunya berbeda dengan WhatsApp Messenger yang mana berlogo gambar telepon. WhatsApp Business juga memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh WhatsApp Messenger. Pengguna bisa melihat statistik pesan yang terkirim dan sudah diterima.

2. Bisa Menambahkan Nomor Telepon Lain

Perbedaan kedua yang dimiliki oleh WhatsApp bisnis adalah dimana Anda bisa menambahkan telepon rumah ataupun telepon kantor sekaligus. Menariknya lagi, Ada juga bisa menggunakan kedua nomor tersebut dalam satu gadget.

Namun jika Anda tidak ingin kebingungan, ada baiknya jika menggunakan nomor yang bereda untuk masing-masing aplikasi ini.

3. Dapat Membalas Pesan Secara Otomatis

Perbedaan selanjutnya yang tidak dimiliki oleh WhatsApp Messenger adalah dimana WhatsApp ini menawarkan fitur yang cukup canggih. Ya, WhatsApp bisnis bisa membalas pesan yang masuk secara otomatis lho.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menyetel balasan otomatis ketika nantinya mendapatkan pertanyaan yang sama dari para pelanggan. Anda juga bisa menikmati adanya fitur mengirim pesan baru secara otomatis kepada para pelanggan baru.

Dengan demikian hal ini akan lebih memudahkan anda dalam mengontrol sekaligus melihat perkembangan para pelanggan.

4. Ada Tanda Centang Hijau

Saat Anda menggunakan WhatsApp Business, maka Anda tidak memerlukan verifikasi seperti halnya menggunakan WhatsApp Messenger. Jika biasanya tanda cenang berwarna biru, maka di WhatsApp ini tanda centang berubah menjadi warna hijau.

Nah, jika Anda menemukan WhatsApp dengan tanda centang hijau, hal ini menunjukkan bahwa nomor tersebut juga memiliki bisnis atau perusahaan. Artinya, pengguna juga menggunakan WhatsApp Business seperti Anda.

Dengan melihat beberapa perbedaan yang dimiliki oleh WhatsApp Business ini menunjukkan bahwa ini adalah jenis WhatsApp yang memang cocok untuk keperluan bisnis. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dan tentunya bisnis bisa dijalankan menjadi lebih mudah.

BACA JUGA : Wixapedia.com - Ilmu Pengetahuan dan Teknologi