Skip to main content

Sebelum Migrasi, Cek Kelebihan dan Kekurangan Linux

Sebelum Migrasi, Cek Kelebihan dan Kekurangan Linux
Linux

Sebelum Migrasi, Cek Kelebihan dan Kekurangan Linux

Sampai saat ini memang, Windows masih lebih populer dibandingkan dengan sistem operasi Linux. Namun, linux ini sebenarnya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki sistem operasi Windows dan salah satu kelebihannya adalah kemudahan Linux untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Linux sendiri bisa dikembangkan tidak hanya untuk kebutuhan PC desktop, melainkan bisa dikembangkan untuk sistem operasi smartphone dan juga server. Dari kelebihan yang ditawarkan, sangat disayangkan Linux memiliki beberapa kekurangan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan migrasi dari Windows ke Linux.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mengulas beberapa kelebihan dan juga kekurangan secara lengkap dari Linux ini. Yuk kita simak pembahasannya berikut ini:

TOC / Daftar Isi

Kelebihan Linux

Sebelum membahas kekurangannya, kita cermati beberapa kelebihannya yang bisa Anda pertimbangkan.

Back to Content ↑

1. Sistem Operasi Gratis

Linux

Kelebihan pertama dan semua orang pasti menyukainya adalah gratis, Anda bisa menggunakan Linux dengan bebas secara gratis, baik untuk keperluan personal maupun bisnis. Anda bisa menggunakannya di desktop maupun server, semuanya gratis.

Tidak hanya itu saja, semua aplikasi yang ada di distro Linux bisa Anda gunakan secara gratis, seperti aplikasi pengolah kata, editing foto, video dan lain sebagainya. Jika di dalamnya tidak aplikasi yang Anda butuhkan, maka Anda bisa mendownloadnya secara gratis.

Back to Content ↑

2. Penggunaan Mudah

Linux

Dulu Linux sulit digunakan, terlebih untuk para pengguna komputer pemula. Namun saat ini, Linux sudah jauh berkembang dan menjadi lebih ramah terhadap pengguna. Sebut saja salah satu distro yang cocok untuk pemula adalah Ubuntu.

Salah satunya melalui distronya yaitu Ubuntu, Linux selalu mengalami perkembangan menjadi lebih sederhana dan ramah bagi pengguna. Salah satu bentuk perkembangannya adalah dari sisi tampilan atau user interfacenya yang lebih ramah pengguna.

Dengan adanya user interface yang lebih sederhana ini, Anda tidak perlu repot lagi mengetikkan perintah di terminal. GUI ini juga tidak hanya akan Anda temukan ketika sistem operasi berhasil terpasang, melainkan ketika proses instalasi juga sudah menggunakan GUI yang lebih sederhana.

Back to Content ↑

3. Aman dari Serangan Virus

Linux

Kita sudah mengetahuinya bahwa linux terkenal dengan sistem operasi yang aman dari serangan virus dan serangan peretas. Tapi, kenapa bisa begitu?

Pertama, karena sampai saat ini pengguna Linux belum terlalu banyak. Berbeda dengan Windows, yang telah memiliki pengguna yang sangat banyak. Sehingga sistem operasi Linux ini belum menjadi sasaran yang tepat bagi para pelaku peretasan.

Alasan kedua karena memang Linux tidak memberikan akses admin kepada pengguna. Berbeda dengan Windows, di Linux untuk bisa memiliki hak akses sebagai admin harus mengetikkan perintah secara khusus yang dilengkapi dengan password.

Oleh karena itu, virus tidak bisa dengan mudah bisa masuk ke sistem Anda untuk mendapatkan hak akses penuh. Dan meskipun virus berhasil masuk, dampak kerusakan tidak akan separah Windows.

Back to Content ↑

4. Memiliki Performa Cepat

Linux

Hal yang bisa dirasakan ketika menggunakan linux yaitu performanya yang cukup cepat. Anda bisa merasakannya dari mulai proses instalasi, booting dan penggunaan aplikasi secara umum. Jika Anda adalah salah seorang yang paling sering membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, maka linux adalah pilihan terbaik.

Karena Linux memiliki performa yang stabil, dikarenakan masing-masing menjalankan prosesnya tanpa mengganggu sistem yang ada di dalamnya secara keseluruhan. Nah untuk Anda yang merasakan linux memiliki performa yang berbeda ketimbang pertama kali instalasi, tenang saja Anda tidak perlu melakukan instalasi ulang, karena cukup menghapus aplikasi yang tidak diperlukan.

Back to Content ↑

5. Privasi Lebih Aman

Linux

Kenapa kami bisa berkata bahwa privasi seseorang bisa jauh lebih aman ketika menggunakan Linux? Karena memang Linux tidak mengumpulkan data penggunanya dibandingkan dengan Windows.

Sehingga privasi Anda menjadi jauh lebih terjaga, hal menariknya Anda mendapatkan keuntungan ini dengan tidak perlu melakukan pengaturan. Berbeda dengan Windows, karena secara default akan mengaktifkan telemetry untuk mengirim data pengguna dan performa di komputer.

Back to Content ↑

6. Banyak Distro

Linux

Ketika membahas linux, tentu saja akan kurang lengkap jika tidak membahas distro linux. Hal itu karena Linux memiliki pilihan distro yang memang memiliki kelebihannya sendiri, Anda bisa memilih distro tersebut untuk berbagai kebutuhan.

Apa saja distro yang ada di Linux? Berikut beberapa distro yang bisa Anda gunakan sesuai dengan fungsinya.

Pertama adalah distro yang cocok digunakan pengguna umum yaitu Ubuntu, Arch Linux, Gentoo dan Fedora.

Kedua distro yang cocok digunakan untuk edukasi seperti UberStudent, Edubuntu, openSUSE-Edu, fedoreEDU dan Skolelinux.

Ketiga distro yang cocok digunakan untuk kebutuhan server diantaranya seperti Red Hat Enterprise Linux, Ubuntu Server, CentOS dan SUSE Linux Enterprise Server.

Keempat distro yang bisa digunakan untuk kebutuhan hacking seperti Kali Linux, Parrot Security OS, BackBOX, Bugtraq, BlackArch dan DEFT Linux.

Perbedaan di antara distro tersebut ada pada tampilan desktop environment, aplikasi bawaannya dan arsitektur yang didukungnya.

Back to Content ↑

7. Selalu Rutin Update

Linux

Jika Anda menggunakan linux, Anda tidak perlu khawatir kalo sistem operasinya akan menjadi jadul, hal itu karena Linux selalu rutin melakukan update sistem operasi. Update-an tentu saja akan memastikan sistem berjalan dengan baik dan menjadi jauh lebih aman.

Bug kecil sekalipun akan menjadi bagian dari update versi di Linux, tidak hanya itu saja update-an Linux juga jarang membawa fitur baru. Sehingga pengguna akan jauh lebih mudah dalam menggunakannya.

Nah itu beberapa kelebihan dari Linux, namun tidak lengkap jika kami tidak menjelaskan kekurangan dari sistem operasi ini. Berikut kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Back to Content ↑

Kekurangan Linux

Tentu saja, setiap sistem operasi akan memiliki kekurangannya. Tidak terkecuali dengan sistem operasi versi terbaru dari Windows yaitu Windows 11 yang memiliki kekurangan yang dirasakan penggunanya.

Linux juga selama kami menggunakannya, memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah

Back to Content ↑

1. Aplikasi Sedikit

Linux

Memang, Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan di Linux. Akan tetapi, Linux masih belum mendukung beberapa aplikasi populer seperti Corel Draw, Adobe Photoshop dan Illustrator dan beberapa aplikasi populer lainnya.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena beberapa perusahaan yang mengeluarkan aplikasi tersebut belum melirik Linux. Salah satu alasannya karena penjualan di Windows dan Mac OS jauh lebih menguntungkan.

Back to Content ↑

2. Dukungan Hardware Kurang

Linux

Menurut kami ini adalah salah satu kendala yang besar, hal ini dikarenakan masih banyak vendor yang belum menyediakan driver untuk sistem operasi Linux. Sehingga banyak perangkat di laptop maupun komputer yang tidak otomatis terdeteksi di Linux.

Akibatnya, beberapa hardware akan tidak maksimal. Bahkan tidak akan bisa digunakan sama sekali. Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan.

Bagaimana apakah Anda sudah yakin akan menggunakan Linux? Memang linux adalah salah satu sistem operasi yang cukup handal. Meskipun jumlah penggunanya masih sedikit, tapi mengalami perkembangan yang pesat.

Kelebihan yang menjadi senjata dan alasan pengguna menggunakan linux adalah gratis dan aman dari serangan virus, namun Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangannya. Terlebih jika Anda menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe dan Corel Draw.

Back to Content ↑

Jadi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum migrasi secara menyeluruh. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!