Skip to main content

Sebelum Mencoba, Cek Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Sebelum Mencoba, Cek Kelebihan dan Kekurangan Windows 11
Windows 11

Sebelum Mencoba, Cek Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Pada bulan Juni 2021 yang lalu, Microsoft telah resmi merilis versi terbaru dari sistem operasi windows menggantikan Windows 10 yaitu Windows 11 dan versi terbarunya ini telah mengalami banyak perubahan.

Bagi para pengguna sistem operasi yang satu ini, pembaharuan dari Windows 10 ke Windows 11 ini adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Banyak dari para pengguna Windows yang mempertanyakan perubahan dan juga keunggulan yang ditawarkan versi terbaru.

Kami telah mencoba Windows 11 dan memang memiliki tampilan design dan juga fitur yang cukup canggih dari Windows 10, bahkan kami melihat tampilan dari versi yang baru ini memiliki tampilan yang lebih fresh.

Memang diawal perilisannya, pihak Microsoft sendiri telah berjanji akan memberikan pengalaman baru dan istimewa dibandingkan pendahulunya yaitu Windows 10. Pihak Microsoft juga meyakini bahwa kelebihan dari versi terbarunya ini dapat meningkatkan pengguna Windows.

Akan tetapi untuk melakukan upgrade ke versi terbaru ini, Anda memerlukan PC maupun laptop dengan spesifikasi yang mendukung versi tersebut. Lebih jelasnya, kami akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan Windows 11 yang lengkap dengan review dan juga fitur yang dimilikinya.

Apa saja? Yuk kita simak sama-sama!

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Sebelum Migrasi, Cek Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan Windows 11

Pertama yang akan dibahas adalah kelebihan Windows 11 dibandingkan dengan versi terdahulunya yaitu Windows 10:

Back to Content ↑

1. Tampilan Lebih Fresh

Tampilan Lebih Fresh

Kelebihan pertama dari versi terbaru adalah memiliki tampilan yang lebih fresh dan memang menyajikan pengalaman berbeda ketika menggunakannya dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu Windows 10.

Bisa dibilang dari sisi desain, sistem operasi yang satu ini mirip dengan Mac OS X dan juga Linux, bagian tombol Start Menu di Windows 11 secara bawaan berada di sisi tengah. Tujuan dari Microsoft memang untuk lebih memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan sistem operasi versi terbaru ini.

Back to Content ↑

2. Menu Settings Lebih Ringkas

Menu Settings Windows 11 Lebih Ringkas

Di windows 11, bagian menu settingnya memiliki tampilan yang baru, lebih ringkas dan elegan. Pada bagian menunya berjajar sangat rapi di sebelah kiri dan juga kanan. Dengan desain seperti ini, tentu saja pengguna akan lebih mudah mengoperasikannya dan lebih cepat mengakses fitur atau menu yang diinginkan.

Tidak hanya itu saja, bagian control panel juga ketika dibuka ada beberapa perubahan dengan menggunakan desain yang baru. Namun, sangat disayangkan bagian task manager, pengguna perlu adanya adaptasi cara yang baru.

Back to Content ↑

3. Adanya Snap Layout

Snap Layout Windows 11

Windows 11 hadir dengan fitur snap layout, sehingga pengguna akan sangat terbantu dalam mengatur beberapa jendela ketika mereka sedang bekerja multitasking. Dengan begitu para pengguna tidak perlu lagi mengatur banyak jendela secara manual, dikarenakan sudah bisa dibuat secara otomatis.

Back to Content ↑

4. Adanya Auto HDR Mode

Auto HDR Mode Windows 11

Fitur berikutnya yang tidak kalah menarik adalah fitur auto HDR Mode, fitur ini sangat bagus untuk para gamer yang memiliki monitor dengan dilengkapi fitur HDR bawaan. Sehingga tampilan ketika bermain game akan terlihat lebih realistis dan juga enak untuk dipandang.

Perlu Anda ketahui juga bahwa teknologi ini diadopsi juga untuk console game Microsoft Xbox Series X.

Back to Content ↑

5. Adanya Direct Storage

Direct Storage Windows 11

Fitur berikutnya yang menjadi kelebihan dari Windows 11 adalah fitur direct storage yang hadir di Windows 11, teknologi ini juga terdapat di console gamenya yaitu Xbox Series X. Nah, fitur direct storage ini sangat berguna untuk memaksimalkan kecepatan SSD NVMe, sehingga dapat mempercepat loading game serta bisa meningkatkan frame rate/FPS di dalam game tersebut.

Teknologi ini juga sangat mirip dengan yang ada di PlayStation 5, tapi apa keuntungan adanya fitur tersebut? Keuntungannya tentu saja bisa sangat membantu para pemain game ketika mereka bermain game di PC maupun laptop mereka.

Back to Content ↑

Itulah beberapa kelebihan yang kami rasakan ketika menggunakan Windows 11 dalam beberapa waktu terakhir, namun selain kelebihan kami juga merasakan Windows 11 ini memiliki beberapa kekurangan.

Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa kekurangannya!

Kekurangan Windows 11

Kurang lebihnya kami juga menemukan 5 kekurangan dari Windows 11 ini, berikut diantaranya:

Back to Content ↑

1. Spesifikasi yang Dibutuhkan Lebih Tinggi

Spesifikasi yang Dibutuhkan Lebih Tinggi

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan Windows 11, maka Anda perlu cek terlebih dahulu apakah PC atau laptop Anda support dengan Windows 11. Karena terdapat beberapa persyaratan sistem dan juga fitur yang harus dipenuhi.

Karena mungkin saja laptop maupun PC yang Anda gunakan memiliki resiko tidak lolos dengan persyaratan spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 11. Meskipun kedepannya, pihak Microsoft akan menurunkan persyaratan minimum tersebut, sehingga semua orang diharapkan bisa berpindah ke Windows 11.

Back to Content ↑

2. Perubahan di Menu Start

Perubahan di Menu Start

Bisa dibilang bagian menu startnya yang ada di dalam Windows 11 ini mengalami perubahan yang sangat mencolok dari versi sebelumnya. Sebelumnya bagian menu start ini muncul pada bagian sisi kirinya, sedangkan sekarang berada dibagian tengahnya.

Tentu saja bagi sebagian orang tampilan tersebut akan memerlukan waktu untuk beradaptasi. Sebagian orang harus mau menyisihkan waktunya untuk mempelajari menu start ini karena memiliki desain yang berubah total.

Back to Content ↑

3. Menu Search Terpisah

Menu Search Terpisah

Kekurangan lainnya yang ada di Windows 11 ada di bagian menunya yang sekarang letaknya terpisah. Berbeda dengan sistem operasi Windows 10, menu pencarian tersedia di menu start. Sementara di Windows 11, menu pencarian ini diletakkan secara terpisah dari menu start.

Back to Content ↑

4. Dark Mode Menjadi Lebih Berwarna

Dark Mode Menjadi Lebih Berwarna

Sama seperti Windows 10, di Windows 11 juga tersedia dark mode. Fitur dark mode ini sangat berguna bagi pengguna dalam menentukan kenyamanan dalam menggunakan perangkat mereka ketika bekerja di malam hari.

Akan tetapi, fitur dark mode di Windows 11 ini memiliki tampilan yang lebih berwarna dan tentu saja ini menjadi kabar yang kurang baik bagi para pengguna dark mode. Akan tetapi bagian menu start nya saat ini memiliki mode gelap yang lebih ringan dan juga transparan.

Back to Content ↑

5. Tidak Mendukung PC Versi Lama

Tidak Mendukung PC Versi Lama

Bagi kamu yang memiliki komputer versi lama, maka Anda tidak akan bisa menggunakan sistem operasi Windows 11. Microsoft memiliki beberapa syarat untuk bisa menggunakan sistem operasi mereka seperti RAM minimal 4GB, memiliki penyimpanan min 64 GB dan kecepatan processor minimal 1 Ghz.

Sistem processor yang dimiliki harus kompatibel dengan 65-bit dan TPM nya versi 2.0.

Back to Content ↑

6. Booting Jauh Lebih Lama

Booting Jauh Lebih Lama

Coba Anda buktikan sendiri, sediakan dua perangkat komputer dengan sistem operasi berbeda. Komputer pertama menggunakan sistem operasi Windows 10 dan komputer yang kedua menggunakan sistem operasi Windows 11.

Nyalakan secara bersamaan perangkat tersebut, Anda bisa melihat bahwa Windows 10 terbuka jauh lebih cepat antara 2-4 detik dari Windows 11. Hal ini bisa dikatakan bahwa booting time Windows 11 jauh lebih lama dibandingkan dengan Windows 10.

Sehingga untuk sebagian orang mungkin booting yang jauh lebih lama ini menjadi kekurangan yang penting dan mungkin akan tetap bertahan dengan Windows 10. Jika hal itu memang benar-benar terjadi, kami berharap Microsoft akan memperbaiki waktu bootingnya.

Back to Content ↑

Nah itu beberapa kelebihan dan kekurangan setelah kami mencoba sistem operasi yang baru ini. Semoga bisa memberikan referensi ketika Anda ingin berpindah ke Windows 11.

Sekian, Terima Kasih dan Selamat Mencoba Ya!