Skip to main content

Nonton TikTok Dapat Uang? Berikut Tutorial Lengkapnya

Nonton TikTok Dapat Uang

Nonton TikTok Dapat Uang? Berikut Tutorial Lengkapnya

Hanya dengan nonton TikTok dapat uang ? mungkin ini pertanyaan yang sering muncul sepanjang bulan Januari 2021. Kabar ini menjadi viral setelah salah satu content creator TikTok memposting video jika ia mendapatkan uang hanya dengan menonton video.

TikTok memang salah satu sosial media yang cukup agresif dalam menjaring pengguna baru. Perusahaan yang bermarkas di China ini memang kerap bekerjasama dengan vendor game guna mendapatkan pengguna baru di sosial media.

1. Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Selain nonton TikTok dapat uang, platform sosial media asal China ini juga memiliki beberapa cara lain untuk menghasilkan duit. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang dari TikTok bisa melihat daftar ini:

  • Melalui Shoot Out sebuah produk.
  • Dengan berjualan merchandise.
  • Melalui monetisasi TikTok lewat gift dari viewer.
  • Menjadi Brand Ambassador sebuah produk.
  • Bekerjasama dengan sebuah produk atau perusahaan.

Daftar tersebut tentu hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah paham betul mengenai bagaimana cara kerja TikTok. Namun untuk Anda yang masih pemula mungkin cara paling mudah adalah dengan memanfaatkan event nonton video TikTok dapat uang.

Sudah penasaran dengan cara kerja event yang viral sejak awal bulan Januari ini? Berikut rincian lengkapnya.

2. Cara Kerja Nonton TikTok Dapat Uang

Pihak TikTok saat ini kabarnya sudah memastikan jika event ini akan berlangsung sepanjang tahun 2021. Sehingga ada waktu panjang bagi Anda untuk mencoba sekaligus membuktikan benar tidaknya keberadaan event ini.

Cara kerjanya adalah Anda akan dibayar apabila menonton video TikTok dalam durasi waktu tertentu. Semakin lama durasi Anda menonton video maka semakin banyak koin yang bisa dikumpulkan. Nantinya koin tersebut bisa dikonversi menjadi rupiah melalui aplikasi dompet digital yaitu DANA.

Detail rincian lama durasi menonton tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • 5 Menit 2.000 Koin
  • 15 Menit 7.000 Koin
  • 30 Menit 15.000 Koin

Menu untuk melihat jumlah koin yang bisa Anda dapatkan dari menonton video ada pada menu bagian kiri atas dengan logo rupiah berwarna kuning. Apabila masih belum muncul, Anda bisa mencoba untuk terlebih dahulu melakukan update versi TikTok terbaru yang ada di Play Store. Berikut cara lengkapnya.

  • Lakukan update pada aplikasi TikTok terbaru.
  • Pilih menu Akun Saya.
  • Pada bagian kiri atas klik logo Rupiah (Rp) yang berwarna kuning.
  • Lalu Anda akan masuk pada sebuah halaman khusus yang menunjukan koin dan uang yang telah berhasil dikumpulkan.

Banyak pengguna yang mengeluh tidak bisa mengakses menu ini. Menurut beberapa sumber, Anda harus terlebih dahulu meng-invite user baru TikTok melalui kode undangan.

3. Nonton TikTok Dapat Uang Dengan Mengundang Teman

Ada satu syarat khusus agar akun TikTok Anda bisa mengikuti event ini. Syaratnya adalah Anda wajib untuk terlebih dahulu mengundang 11 pengguna baru TikTok yang belum pernah menginstal aplikasi ini. Jika menyalahi aturan, maka bisa dipastikan saldo Anda tidak akan bertambah

Selama berusaha untuk mengundang orang bergabung, Anda juga akan mendapatkan komisi dari TikTok. Semakin banyak yang bergabung dengan kode referal Anda maka perolehan saldo juga akan semakin bertambah. Komisi untuk 10 user pertama memang terhitung kecil.

Rinciannya adalah 1-10 user baru yang bergabung dengan kode referal Anda akan dihargai sebesar Rp. 3.500. Bagi user urutan ke 11 dan seterusnya akan dihargai Rp. 7.000. Besaran bonus ini dihitung berdasarkan jumlah user baru yang mendaftar lewat kode referral Anda.

Tidak berhenti sampai disitu saja, Anda juga akan mendapatkan bonus tambahan apabila user yang bergabung dengan kode referral Anda menonton tayangan TikTok dalam jangka waktu tertentu. Besaran bonusnya terhitung lumayan yaitu antara seribu hingga sepuluh ribu rupiah.

Langkah lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Buat kode referal melalui situs resmi TikTok.
  • Sebarkan kode referal itu ke user yang memang belum pernah menggunakan TikTok.
  • Penghitungan bonus didasarkan pada seberapa sering kode referral Anda digunakan.
  • Saldo akan terus bertambah apabila bonus berhasil Anda dapatkan. Syaratnya user yang mendaftar dengan kode referal Anda wajib menonton video TikTok selama beberapa menit terlebih dahulu.

Note: Pastikan user dari kode referal Anda memang belum pernah melakukan registrasi atau pendaftaran TikTok. Jika tidak sesuai maka Anda tidak akan mendapatkan tambahan bonus. TikTok memiliki metode verifikasi tersendiri untuk memvalidasi user yang mendaftar lewat kode referral Anda.

4. Cara Mengkonversi Saldo TikTok Melalui Dana

Pada pembahasan awal cara kerja nonton video TikTok dapat uang, telah dijelaskan jika koin atau saldo yang Anda miliki nantinya akan dikonversi ke dompet digital yaitu DANA. Bagi Anda yang belum mengerti cara menggunakan dan mengkonversi saldo ke DANA, berikut cara-caranya:

  • Buka Aplikasi TikTok.
  • Tap pada menu Akun Saya atau Me.
  • Anda akan melihat sebuah ikon rupiah di pojok kiri atas.
  • Klik logo tersebut.
  • Pilih menu Tarik Saldo.
  • Pilih jumlah Saldo yang ingin Anda tarik.
  • Klik Tarik Saldo lagi.
  • Setelah itu pilih menu tambah metode pembayaran baru.
  • Kemudian pilih DANA.
  • Pilih lagi opsi Hubungkan Dengan DANA.
  • Masukan nomor HP serta PIN ketika registrasi akun DANA Anda.
  • Kode verifikasi akan dikirmkan melalui SMS dan masukan kode tersebut.
  • Klik Tarik Uang Sekarang.

5. Nonton TikTok Dapat Uang Hoax?

Tidak sedikit yang mengklaim jika mendapatkan uang hanya dengan bermodalkan menonton video TikTok adalah hoax. Kabar ini tentu saja didasari oleh beberapa netizen yang tidak percaya mengenai cara kerjanya yang sangat mudah.

Namun faktanya, kabar ini juga di posting oleh banyak media massa terkenal, bahkan salah satu vendor dompet digital yaitu DANA juga merilis kabar ini di website resminya. Durasi seberapa lama Anda menonton video TikTok nantinya memang akan langsung dikonversi menjadi uang asli melalui DANA.

Bisa jadi event ini hanyalah sebagai upaya TikTok yang agresif untuk menambah jumlah pengguna pada platform sosial media asal China. Selain itu upaya TikTok bisa jadi merupakan bentuk usaha untuk meningkatkan engagement antara user dengan vendor.

Indikasi lain event ini adalah bentuk respon TikTok terhadap Instagram. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Instagram telah menabuh genderang perang dengan TikTok dalam konteks persaingan sosial media berbasis video.

Melihat ketenaran TikTok yang melesat, Instagram berupaya untuk menyainginya. Bukti validnya adalah kebijakan Instagram untuk merilis aplikasi yang serupa dengan TikTok di Brazil dengan nama Reels.

6. Kesimpulan

Hanya dengan nonton TikTok dapat uang bukan merupakan sebuah kabar hoax karena menurut beberapa media kredibel, event ini memang ada. Sebuah banner yang terpampang jelas di aplikasi juga memperkuat fakta ini.

Namun jangan berharap akan mendapatkan uang sebanyak yang dihasilkan content creator karena meskipun event ini nyata tetapi tidak terlalu menjanjikan untuk dijadikan pendapatan layaknya influencer. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!