Skip to main content

Lengkap, Harga Kamera Fujifilm X Series dan Instal Play 2021

Kamera Fujifilm XA3

Lengkap, Harga Kamera Fujifilm X Series dan Instal Play 2021

Harga kamera Fujifilm sekarang sudah sangat bervariasi. Harga ini tentu bergantung dari level kamera tersebut mulai dari Entry Level hingga level profesional. Semakin tinggi levelnya maka makin canggih fiturnya dan harganya akan bertambah mahal

Sejak merambah persaingan bisnis kamera digital, Fujifilm berupaya tetap eksis ditengah gempuran kamera smartphone yang semakin canggih. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan kamera mirrorles digital X Series yang beberapa kali sempat meledak penjualannya secara global.

1. Harga Kamera Fujifilm XA3

Fujifilm XA3 merupakan kategori kamera Entry Level. Produk Fujifilm ini pertama kali rilis pada tahun 2016 lalu sebagai penerus dari generasi sebelumnya yaitu X-A2. Sebelumnya produk X-A2 ini sukses meledak di pasaran sejak pertama kali rilis di Jepang.

Tidak heran rasanya jika popularitas dari X-A2 menular ke X-A3. Sebagai kamera Mirrorless dengan ukuran 24 megapiksel, Xa3 terhitung sebagai kamera yang khusus diperuntukan untuk pemula karena kemudahan untuk mengakses beberapa fitur. 

Desain dari XA3 juga terhitung unik karena mengusung model retro namun tetap terlihat casual. Hal yang menarik lain dari Xa3 adalah fitur touchscreen dimana hal ini bisa dilakukan pada layar LCD kamera.

Selain fitur-fitur unggulan yang sebelumnya telah disebutkan, Xa3 juga masih memiliki banyak kelebihan fitur antara lain adalah:

  • Dilengkapi dengan Sensor CMOS Advanced Photo System Type C (APS-C) 24 Megapixel.
  • Autofocus Sistem yang bisa mendeteksi 77 titik.
  • LCD Touchscreen dengan tingkat kemiringan tertentu.
  • Dilengkapi dengan simulasi mode film.
  • 1080/60p/24p Video Frame Rates.
  • Fitur Twin Dial

Harga dari XA3 juga cenderung murah karena dibawah 5 juta dan rata-rata kamera entry level yang lain. Hasil dari beberapa review online marketplace menunjukan, harga XA3 adalah Rp. 4.655.000.

2. Harga Kamera Fujifilm XA5

X Series lain dari Fujifilm yang meledak di pasaran adalah, Fujifilm XA5. Sebuah kamera mirrorless yang memang dirancang sebagai penerus dari XA3. Tentu saja, beberapa fitur dari XA5 ini banyak yang lebih canggih dari XA5.

Fujifilm nampaknya membaca pasar kamera dengan baik. Seiring dengan berkembangnya platform streaming dan kemunculan content creator, maka tentu akan ada kebutuhan untuk kamera yang mampu merekam video dengan baik. XA5 adalah salah satu contohnya.

Jangan heran jika banyak review positif XA5 berasal dari para Vlogger. Dilengkapi dengan LCD 3 inch yang bisa diputar 180 derajat memudahkan para vlogger untuk membuat video. Apalagi ditambah dengan slot untuk audio jack untuk mic eksternal agar suara lebih jernih.

Fitur lengkap dari Fujifilm XA5 ini antara lain adalah

  • Dilengkapi dengan Sensor CMOS Advanced Photo System Type C (APS-C) 24 Megapixel.
  • LCD Touchscreen dengan tingkat kemiringan tertentu.
  • Menggunakan lensa terbaru dari produk Fujifilm yaitu XC 15-45mm f3.5-5.6.
  • Bisa digunakan untuk record 4K Video dengan 15fps.

Berdasarkan beberapa data dari online marketplace terkenal di Indonesia, Harga XA5 series berada di kisaran Rp. 6.499.00 hingga Rp. 8.000.000.

3. Harga Kamera Fujifilm Insta X Mini Liplay

Kamera polaroid atau yang juga lazim disebut sebagai kamera analog, mungkin seharusnya sudah tidak eksis karena terlindas perkembangan zaman. Namun faktanya saat ini banyak kaum milenial yang masih memiliki minat tinggi pada kamera analog.

Alasannya sederhana, kamera polaroid memberikan kesan vintage yang khas dan tidak harus merogoh kocek yang dalam untuk memilikinya. Fujifilm menyadari hal ini dan secara resmi bergerak ke bisnis kamera instan.

Jika ditanya mengenai kamera instan paling laris di pasaran saat ini maka sudah jelas jawabanya adalah Insta X. Produk Insta X adalah kamera yang dirilis oleh Fujifilm pada tahun 2001 lalu. Tak behenti sampai disitu, tahun 2019 Fujifilm memproduksi kamera instan terbaru, Insta X Mini Liplay.

Fitur dari Insta X Mini Liplay antara lain adalah:

  • Bisa digunakan dengan Insta X Mini Instant Film.
  • Menggunakan lensa dengan resolusi 2560 x 1920 + CMOS Sensor
  • Lensa Fixed dengan ukuran 28mm
  • Fitur bluetooth untuk tersambung dengan smartphone.
  • Ada aplikasi untuk menambahkan filter atau frames.
  • QR Code Playback dengan Audio Recording.
  • Baterai tahan lama, bisa mencetak 100 foto.
  • Penyimpanan internal dengan kapasitas 45 foto.

Fujifilm mematok harga seri Insta X Mini Liplay ini pada harga Rp. 2.499.000. Namun di beberapa marketplace online besar Indonesia, Insta X Mini dijual dengan harga antara Rp. 2.200.000 hingga Rp.2.400.000.

4. Harga Kamera Fujifilm XA10

Satu lagi produk rilisan mirrorless dari Fujifilm yang terhitung ramah dikantong, Fujifilm XA 10. Pada tahun 2019, Fujifilm secara resmi mengumumkan jika mereka akan merilis produk kamera mirrorles terbaru.

Seri XA 10 merupakan jenis kamera versi tingkat lebih tinggi dari para pendahulunya. Tampilan dari XA 10 juga sengaja dibuat dengan elegan. Dengan warna hitam metalik yang membalut seluruh body. Tidak hanya itu saja, XA 10 juga nyaman untuk dipegang dan pas ditangan.

Fitur dari Fujifilm XA10 antara lain adalah:

  • Kualitas record video HD dengan resolusi 1080p.
  • Dilengkapi lensa XC dengan ukuran 16-50mm.
  • Ada fitur eye detection dan portrait enhancer.
  • Fitur Wi-Fi yang terpasang secara default.
  • Dilengkapi dengan 49 Auto Focus point.

Hingga saat ini dari beberapa data di online marketplace, Fujifilm XA10 bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 6.229.000.

5. Harga Kamera Fujifilm XT4

Fujifilm terlihat begitu agresif untuk memproduksi kamera untuk entry level. Terbaru, Fujifilm resmi mengeluarkan kamera Fujifilm X-T4 pada tahun 2020 kemarin. Layaknya kamera Entry Level, kamera ini terhitung tidak susah untuk digunakan.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu X-T3, ada beberapa penambahan fitur sebagai jawaban atas kritik terhadap X-T3. Salah satunya dari segi konsumsi daya atau baterai, XT-3 dikritik karena boros dalam penggunaan daya.

Berikut spesifikasi lengkap dari Fujifilm XT4:

  • Dilengkapi dengan shutter sehingga bisa lebih gesit menangkap gambar.
  • Ada fitur In-Body Image Stabilization sehingga gambar menjadi lebih halus.
  • Reproduksi warna unik dengan Eterna Bleach Bypass.
  • Mampu merekam gambar kualitas HD dengan frame 240fps.
  • Daya baterai lebih kuat dari edisi generasi sebelumnya.

Harga dari kamera Fujifilm XT4 ini sendiri cukup mahal yaitu sekitar Rp. 33.000.000.

6. Harga Kamera Fujifilm XT100

Jenis kamera entry level lain yang terhitung murah adalah Fujifilm XT100. Sejauh Anda tidak memerlukan seperti para pekerja profesional maka jenis kamera ini akan cocok untuk Anda. Memang jika mau dibandingkan seri XT100 memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan versi lain.

Perbandingan antara XT100 dengan XT20 contohnya, XT100 memiliki sensor filter bayer yang lebih tradisional. Sementara XT20 menggunakan X-Trans yang lebih memiliki sensor dengan kapasitas rendah. Namun perbedaan ini akan terasa wajar mengingat harga XT100 yang murah.

Harga dari Kamera XT100 ini berkisar antara Rp. 6.000.000 hingga Rp 7.000.000

Harga kamera Fujifilm untuk entry level memang sangat beragam, bergantung dari spesifikasi kamera masing-masing. Semoga Daftar harga dan jenis kamera Fujifilm diatas bermanfaat. Terima Kasih!