Skip to main content

Review Spesifikasi & Harga Nokia 6.3

Review Spesifikasi & Harga Nokia 6.3

Review Spesifikasi & Harga Nokia 6.3

Kehadiran Nokia 6.3 sejauh ini memang sudah banyak dinantikan oleh para pecinta gadget di seluruh dunia. Pasalnya, smartphone ini digadang akan ditenagai oleh lini snapdragon 730. Tidak hanya itu, harga Nokia 6.3 juga kian hangat dibicarakan.

Meski tidak seramai persaingan antara Realme dan Xiaomi di kelas entry level, kehadiran Nokia di kancah dunia smartphone telah berhasil mencuri perhatian terutama bagi para peminatnya. Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa menyimak artikel yang akan membahas Nokia 6.3 ini lebih jauh.

1. Spesifikasi dan Harga Nokia 6.3

Belum banyak beredar informasi mengenai kehadiran Nokia 6.3 ini di dunia gadget, terutama perihal spesifikasi yang akan diusung oleh penerus Nokia 6.2 yang telah dirilis tahun 2019 lalu. Meski begitu, terdapat rumor yang cukup kencang terkait spesifikasi yang dibawahnya, yaitu:

1.1. Menggunakan Snapdragon 730

Pada kesempatan awal, Nokia Power User mengabarkan bahwa Nokia 6.3 akan ditenagai oleh Snapdragon 670 atau 675. Akan tetapi, pada klaim terbaru mereka meralatnya dan mengatakan bahwa chipset yang akan digunakan adalah Snapdragon 730.

Sejauh ini, smartphone yang sudah menggunakan Snapdragon 730 meliputi Samsung A71, Oppo Reno 2, Mi Note 10, Samsung A80, Redmi K30, Realme X2, dll. Penggunaan chipset ini untuk memaksimalkan performa gaming yang kian dibutuhkan akhir-akhir ini.

Selain itu, teknologi pemrosesan 8nm yang ada pada chipset ini dapat memaksimalkan efisiensi penggunaan dayanya sehingga akan menghasilkan smartphone dengan masa pakai yang awet meskipun digunakan untuk bermain game cukup sering.

Meski rumor penggunaan chipset ini santer diberitakan, pihak Nokia Power User belum bisa memastikan karena memang sumber asal dari kabar ini masih belum bisa dipercaya 100%. Maka dari itu, kemungkinan perubahan dari segi chipset masih sangat mungkin terjadi.

1.2. Kamera Belakang Berteknologi ZEISS

Dari sektor kamera, Nokia 6.3 dikabarkan memiliki quad camera di bagian belakang dengan kamera utama 24 MP, digabung dengan kamera ultrawide 12 MP, lensa makro 2 MP, dan juga depth sensor 2 MP. Perpaduan ini tentu saja akan menghasilkan foto yang cukup dramatis.

Selain itu, Nokia 6.3 digadang akan menggunakan teknologi lensa ZEISS yang terkenal akan ketajamannya dalam menghasilkan foto dan juga kemampuan mikro-kontrasnya yang sangat baik. Selain itu, kamera dengan teknologi ini dinilai mampu menghasilkan foto 3D yang terlihat nyata.

Jika ingin melihat sejarah Nokia sebelumnya, kerjasama antara Nokia dengan ZEISS sudah terjadi sejak tahun 2005 silam. Saat itu, Nokia N90 adalah yang pertama kali menggunakan lensa Carl Zeis di perangkat telepon seluler.

Beralih ke sektor depan ada kamera 16 MP yang siap digunakan untuk melakukan panggilan video atau sekedar berselfie. Dengan spesifikasi ini, Nokia 6.3 tentu saja masih cukup layak untuk bersaing dengan ponsel-ponsel keluaran terbaru lainnya.

1.3. RAM

Di sektor RAM, salah satu varian yang cukup santer dikabarkan adalah RAM 3 GB dan storage 64 GB. Penggunaan RAM 3 GB untuk smartphone keluaran terbaru memang sudah menjadi syarat minimal, mengingat aplikasi ataupun game-game terbaru membutuhkan performa yang tinggi.

Hadirnya varian RAM dan storage dari Nokia 6.3 inilah yang nantinya akan memberikan alternatif harga Nokia 6.3 kepada para peminatnya. Meski begitu, informasi ini masih sebatas rumor yang masih sangat mungkin untuk berubah sehingga perlu bersabar sampai perilisannya nanti.

1.4. Display

Salah satu yang juga penting adalah dari segi display. Nokia 6.3 juga diinformasikan memiliki tampilan PureDisplay yang dilengkapi dengan waterdrop notch di bagian depan. Trend ini sepertinya memang masih digemari hingga saat ini oleh sebagian besar pecinta gadget.

Untuk ukuran layar maupun resolusi yang coba dihadirkan oleh pihak Nokia memang masih belum diketahui. Jika dilihat dari ukuran smartphone yang banyak beredar saat ini, sepertinya ukuran layar dari Nokia 6.3 akan berada di kisaran 6,2 inci ke atas.

Jika benar ukuran tersebut yang digunakan, penggunaan satu tangan sebenarnya masih cukup nyaman. Penggunaan saat bermain game juga cukup pas, terutama saat berada di posisi landscape atau menyamping.

1.5. Sistem Operasi dan Fitur

Android 10 Oreo sepertinya masih menjadi basis sistem operasi yang akan digunakan oleh Nokia 6.3. Selain itu, hadirnya fitur-fitur yang sebelumnya juga diterapkan di smartphone keluaran Nokia sepertinya akan tetap dipertahankan di smartphone ini.

Salah satu fitur yang cukup berguna bagi para orang tua adalah Family Link. Fitur ini memungkinkan para orang tua untuk membatasi penggunaan smartphone oleh anak-anak mereka. Selain itu, masih ada fitur seperti gesture navigation, smartphone reply, dan kontrol privasi yang juga sangat berguna.

Fitur LED flash pada kamera di Nokia 6.3 dirumorkan berada di tengah-tengah quad camera yang ada padanya. Nantinya, 4 kamera pada Nokia 6.3 akan tersusun secara melingkar di bagian tengah punggung. Sementara LED flash berada di tengah dan menjadi pusat dari keempat kamera tersebut.

1.6. Perilisan Nokia 6.3

Adanya pandemi Covid-19 sepertinya menjadi salah satu faktor yang membuat Nokia 6.3 tidak segera dirilis. Hal ini mengingat rumor beberapa waktu lalu yang memperkirakan bahwa smartphone ini akan dirilis antara bulan Juli hingga bulan September 2020.

Sampai saat ini masih belum jelas waktu yang akan dipilih oleh Nokia untuk segera mengumumkan salah satu ponsel yang cukup dinantikan oleh para peminatnya ini. Setelah pandemi selesai, kemungkinan Nokia akan segera merilisnya untuk memuaskan dahaga para penggemarnya.

1.7. Harga Nokia 6.3

Satu lagi rumor yang juga cukup santer diperbincangkan ketika membahas tentang Nokia 6.3 adalah harga jual dari smartphone ini nantinya. Mengingat persaingan di kelas menengah begitu ketat, sudah selayaknya Nokia harus menyiapkan strategi penentuan harga yang tepat.

Akan tetapi rumor terkait harga beberapa kali sempat terdengar dengan perkiraan harga di kisaran 249 Euro atau sekitar Rp 4 jutaan. Harga tersebut memang tidak murah bagi sebagian besar pengguna di kelas mid range. Namun, harga ini masih belum fix dan sangat mungkin berubah.

Secara lebih rinci, spesifikasi Nokia 6.3 bisa Anda lihat pada list berikut ini:

2. Spesifikasi Lengkap Nokia 6.3

  • OS: Android 10 (Oreo)
  • Ukuran Layar: 6.2 inch ke atas
  • Resolusi Layar: -
  • Chipset: Adreno 730
  • CPU: -
  • Kamera Belakang:
    • 24 MP kamera utama
    • 12 MP ultrawide camera
    • 2 MP macro
    • 2 MP depth sensor
  • Kamera Depan: 16 MP
  • RAM/Storage: 3/64 GB
  • Kapasitas Baterai: -
  • Tipe USB Type-C: -
  • Harga Pasaran: 249 Euro atau Rp 4 jutaan

Sekali lagi, spesifikasi ini masih sangat mungkin untuk berubah karena memang belum ada informasi yang secara resmi diumumkan oleh pihak HMD Global selaku pabrikan dari smartphone Nokia. Informasi tersebut masih merupakan rumor yang berasal dari sumber yang belum sepenuhnya benar.

3. Kesimpulan

Banyaknya rumor yang beredar, mulai dari spesifikasi jeroan, teknologi kamera, tanggal perilisan, hingga harga Nokia 6.3 sering menghiasi forum tekno terutama ketika smartphone tersebut sedang dibahas. Untuk memastikan spesifikasi paling benar memang harus dengan menunggu perilisannya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!