Skip to main content

Kumpulan Fitur Baru Android 11 Yang Telah Hadir

Android

Kumpulan Fitur Baru Android 11 Yang Telah Hadir

Dalam beberapa tahun ini perkembangan sebuah Sistem Operasi Android dapat dikatakan cukup pesat, karena telah meluncurkan beberapa seri dalam waktu yang cukup singkat. Android sendiri memang banyak sekali digunakan oleh para pengguna smartphone di hampir seluruh dunia, sehingga peminatnya pun menjadi cukup melonjak terutama saat ini. Maka dari itu, tentunya kita tidak akan mampu lepas dari namanya sistem operasi android.

Baru-baru seri dari android yang terbaru muncul yakni, Android 11 yang dimana memiliki waktu yang dapat dikatakan cukup singkat dalam update serinya dari Android 10. Tentunya kalian sendiri mungkin masih banyak yang androidnya berada di seri 10 kebawah, dan cukup penasaran apa saja sih perubahan yang diberikan oleh Android. Oleh karena itu, berikut ini kami berikan kumpulan fitur baru android 11 yang telah hadir.

Inilah Dia Kumpulan Fitur Baru Android 11 Yang Telah Hadir

TOC / Daftar Isi

Android 11 merupakan seri terbaru dari Android yang masih belum tahu apakah akan memiliki nama kodenya sendiri, atau hanya menjadi Android 11 seperti Android 10. Dengan adanya Android 11 ini tentunya membuat para fans atau penggemar Android cukup penasaran, apa saja fitur terbaru yang diberikan hingga meluncurkan seri terbarunya ini. Fitur-fitur terbaru ini tentunya tidak ada di seri Android sebelumnya, dan pastinya memiliki kelebihan yang sangat dapat mempermudah penggunanya.

1. Notifikasi bisa Dikumpulkan jadi Satu

Jika kalian merupakan seorang public figure atau influence yang dimana memiliki banyak sekali notifikasi pada social media, email, atau bahkan aplikasi chatting kalian. Dengan adanya Android 11 ini semua urusan notifikasi dapat dipermudah, karena notifikasi kalian akan menjadi satu sehingga tidak membuat smartphone terlihat ramai dan juga berantakan. Notifikasi tersebut yang biasanya akan muncul untuk masing-masing informasi, sekarang akan masuk kedalam satu notifikasi pada setiap aplikasinya.

Bahkan urutannya pun adalah notifikasi yang terbaru yang akan berada pada bagian atas, sehingga kalian tidak perlu ribet mencari pesan mana yang terbaru atau yang mungkin terabaikan pada suatu aplikasi.

Back to Content ↑

2. Melihat History Notifikasi

Mungkin kalian pernah melihat notifikasi yang dimana secara tidak sengaja untuk dihapus, dan kalian pun lupa hingga kebingungan bagaimana jika notifikasi tersebut merupakan hal yang cukup penting. Apalagi mungkin kalian tidak sepenuhnya notice terhadap notifikasi tersebut, sehingga tidak terbaca sepenuhnya atau hanya terbaca sedikit saja. Sekarang pada Android 11 kalian dapat melihat notifikasi yang tidak sengaja terhapus tersebut, atau terabaikan tanpa alasan.

Jadi kalian tidak perlu khawatir lagi dengan notifikasi yang mungkin berhubungan dengan sekolah, kuliah, atau bahkan kerjaan kalian.

Back to Content ↑

3. Smart Home Controller Berada di Bagian Tombol Daya

Untuk kalian para pengguna smart home atau rumah pintar yang dimana terhubung dengan google home kalian, sekarang bisa mengontrol smart home tersebut di genggaman kalian. Kalian dapat mengontrol fitur-fitur untuk mengakses smart home yang kalian pasang tersebut, dimana pun, kapan pun, dan tanpa ribet. Karena kontrol tersebut atau kendali untuk smart home berada pada bagian tombol daya smartphone kalian, jadi tanpa perlu ribet mencari aplikasinya.

Back to Content ↑

4. Terdapat Mode “Do Not Disturb”

Smartphone atau android kalian mungkin memiliki mode silent yang dimana notifikasi tidak dapat terdengar atau menjadi diam, tetapi tidak mampu mencegah sesuatu yang mengganggu. Android 11 akan memberikan kalian kenyamanan dalam menggunakan Smartphone Android, karena kalian dapat menggunakan mode terbarunya yakni do not disturb. Nantinya kalian hanya harus mengatur aplikasi apa saja yang nantinya akan terbungkam saat sudah mengaktifkan mode tersebut, sehingga pekerjaan kalian jadi lebih tenang.

Mungkin kalian juga saat bermain sebuah game terdapat teman yang usil menelpon kalian, permainannya pun akan terjeda atau cukup terganggu dengan hal tersebut. Cukup kalian atur saja aplikasi panggilan tersebut, nantinya aplikasinya akan secara otomatis terbungkam atau tidak dapat melakukan sesuatu pada mode tersebut.

Back to Content ↑

5. Screen Recorder

Screen Recorder mungkin salah satu fitur yang banyak sekali dibutuhkan oleh orang-orang, terutama saat merekam sebuah layar entah itu untuk keperluan privasi ataupun konten. Sebagaimana kita tahu bahwa memang banyak sekali orang yang ingin membuat sebuah konten gaming, jadi mereka diharuskan untuk memiliki sebuah aplikasi perekam layar untuk game tersebut. Untuk menggunakannya udah banget yaitu dengan cara mengusap layar dua kali ke bawah, dan nantinya akan muncul quick setting untuk pengaturan perekaman.

Kalian dapat mengatur apakah sentuhan pada layar kalian akan terekam dan juga setting perekaman audio kalian melalui microphone yang terpasang pada smartphone kalian.

Back to Content ↑

6. Media Controller

Terdapat juga fitur yang cukup baru dan juga menarik yakni media controller yang dimana, dapat mengatur media keluaran kalian saat mendengarkan sebuah lagu atau video. Fitur tersebut dapat dikatakan memiliki kemiripan seperti pada Air Drop pada perangkat apple, yang dimana dapat mengatur keluaran musik kalian. Semisal kalian mengkoneksikan musik tersebut melalui Bluetooth device atau Speaker, earphone, atau melalui speaker handphone kalian.

Back to Content ↑

7. Tambahan Beberapa Emoji Baru

Hal yang dapat dikatakan cukup unik dalam sebuah update di android yaitu penambahan emoji, yang dimana pastinya akan menambah keseruan dalam mengirim pesan melalui aplikasi chatting. Emoji tersebut pun cukup unik dan mungkin akan sangat berguna dalam menggambarkan suatu hal, sehingga kalian pun dapat dengan mudah menyampaikan sebuah informasi kepada pengguna lainnya. Maka dari itu untuk kalian yang menyukai chattingan, akan cukup suka dan senang dengan update seperti ini.

Back to Content ↑

8. Penjadwalan Mode Dark

Dark mode memang sudah ada atau telah dikembangkan sejak versi android sebelumnya yakni Android 10, tetapi ada yang cukup membedakan fitur dark mode yang terbaru ini. Yang membedakannya adalah kalian mampu menjadwalkan kapan dark mode tersebut akan dapat berubah, atau dapat secara otomatis terpasang pada smartphone kalian. Sehingga kalian tidak perlu sibuk-sibuk atau ribet dalam mengatur dark mode tersebut setiap kali cahaya kurang atau sedang malam hari.

Back to Content ↑

9. Screenshot Dapat Lebih Panjang

Mungkin fitur berikut akan cukup banyak digunakan oleh orang-orang, karena fitur screenshot pada Android 11 dapat menjadi lebih Panjang dari pada biasanya. Jadi mungkin kalian ingin melakukan screenshot pada suatu website untuk dapat dibaca secara offline, fitur ini mungkin nantinya akan sangat berguna sekali. Apalagi untuk kalian yang sedang membutuhkan sebuah informasi yang cukup banyak, untuk dikirim kepada teman kalian atau kebutuhan kalian.

Back to Content ↑

Itulah dia merupakan kumpulan fitur baru Android 11 yang telah hadir saat ini. Semoga kalian dapat terbantu dalam mencari apa saja update terbaru pada versi Android 11 tersebut.

Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.