Skip to main content

Review Kekurangan Serta Keunggulan Windows 10

Windows 10

Review Kekurangan Serta Keunggulan Windows 10

Kebutuhan sebuah alat elektronik digital seperti saat ini adalah hal dapat dikatakan suatu keharusan bagi masyarakat yang ingin lebih maju dan melihat peluang-peluang baru yang bisa kalian dapatkan di dunia digital. Telah banyak sekali alat digital yang telah diciptakan dan juga dikembangkan saat ini, salah satunya adalah PC atau Laptop yang dimana hampir dari seluruh kalangan remaja, dewasa bahkan anak-anak pasti membutuhkannya. Mengapa hal tersebut terjadi, karena memang terdapat tuntutan zaman yang dimana pastinya terdapat hal kecil pun yang pastinya akan berhubungan dengan barang digital seperti, membuat makalah, mencari informasi di internet, dan sebagainya.

Hal tersebutlah yang membuat barang-barang digital tersebut menjadi suatu kebutuhan kita sehari-hari entah itu untuk penggunaan dalam waktu singkat hingga harus berhadapan selama satu hari full. Pada PC ataupun Laptop supaya berfungsi dengan sempurna atau dapat dioperasikan, pastinya membutuhkan namanya Sistem Operasi yang dimana salah satunya terdapat Windows 10. Oleh karena itu, kami akan memberikan kalian review kekurangan serta keunggulan windows 10.

Kekurangan Serta Keunggulan Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu versi dari Sistem Operasi Windows yang dimana merupakan Sistem Operasi paling baru, yang tentunya sudah banyak dari Laptop atau PC terbaru sudah di Instalasi versi tersebut. Banyak juga dari pengguna Windows telah ikut mengupgrade versi Windowsnya ke 10 karena memang mereka melihat banyak sekali fitur-fitur baru yang ditawarkan Windows tersebut.

Namun, tak banyak juga yang masih stay pada Windows versi sebelumnya dengan berbagai macam alasan seperti, Devicenya belum memadai, hingga masih nyaman dengan versi sebelumnya.

Keunggulan Windows 10

1. Dipegang oleh Microsoft secara Full

Hal pertama yang membuat Windows 10 unggul dari versi Windows sebelumnya adalah bagaimana Microsoft memperlakukan OS ini, lebih dari mereka memperlakukan versi lain dari OS Windows yang mereka kembangkan. Sebagai Sistem Operasi buatan mereka yang terbaru, serta membawa konsep perubahan ke Windows sebagai Service, sebagian besar energi, tenaga, waktu, dan sumber daya yang dihabiskan untuk mengembangkan terbaik Microsoft Windows 10 itu.

Jadi jangan heran jika Anda menemukan pengembangan Windows 10 fitur yang sangat cepat dan terus mengikuti perubahan terbaru pada saat ini. Sehingga kalian tidak perlu heran jika nantinya akan terdapat Update terbaru dengan fitur yang lebih baik lagi pada versi Sistem Operasi yang sama.

2. Performa Gaming yang Mumpuni

Jika Anda gamer serius yang memainkan game terbaru saat ini, Windows 10 adalah sistem operasi terbaik yang dapat Anda gunakan. Dilengkapi dengan DirectX yang kuat yakni versi 12 dan dioptimalkan untuk lebih optimal pada hardware anda, Windows 10 juga dilengkapi dengan Game Mode untuk lebih meningkatkan kinerja saat bermain game. Maka dari itu selain Windows XP atau Windows 7, kalian dapat menggunakan Windows 10 sebagai Sistem Operasi untuk nuansa gaming yang lebih baik.

3. Keamanan yang Lebih Tangguh

Windows 10 diperbarui dengan sangat aktif, termasuk di sektor keamanan. Ada banyak fitur keamanan modern yang tidak ada di Windows sebelumnya, seperti Windows Hello yang memungkinkan Anda membuka Windows 10 dengan sidik jari atau scanner retina. Anda bahkan dapat membuka Windows 10 dengan Samsung smartphone sidik jari yang dimana akan disusul smartphone lainnya.

Windows Defender juga memiliki perlindungan dan fitur keamanan yang lebih baik. Tidak lagi adalah fitur bahkan perlindungan folder yang dapat membuat data Anda yang kebal dari serangan ransomware. Kebutuhan untuk perangkat lunak antivirus pihak ketiga tidak lagi menjadi syarat wajib, karena perlindungan keamanan dari Windows 10 itu sendiri telah teroptimalkan dengan baik.

4. Fitur yang Lebih Modern

Sebagai sistem operasi modern, Windows 10 memiliki sistem yang sangat update dengan tren saat ini. Lihat bagaimana Windows 10 disinkronisasikan dengan sistem Cloud melalui onedrive, pengaturan-pengaturan terus disinkronkan antara perangkat, serta mayoritas sudah membawa konsep selalu sinkron sangat mudah untuk akses di era cloud dan internet saat ini. Sehingga kalian tidak perlu khawatir lagi dalam backup file kalian jika hardisknya mengalami masalah, karena kalian dapat melakukan recovery dengan cloud.

5. Desktop Experience yang Lebih Canggih

Windows 10 memiliki desktop experience atau sistem tampilan desktop yang lebih baik, terutama untuk produktivitas. Selain layar split fleksibel, Windows 10 juga memiliki Desktop Virtual yang dapat Anda gunakan untuk membuka banyak aplikasi di desktop virtual yang terpisah. Terutama jika Anda membandingkannya dengan Windows 8.x masih menggunakan Start Screen, Windows 10 sudah menggunakan Start Menu yang jauh lebih baik. Sehingga kalian dapat merasakan tampilan lebih modern dan juga menarik daripada biasanya.

6. Aktivasi Windows yang Lebih Mudah

Bagi Anda yang upgrade / memiliki Windows 10 yang aktif dan mengasosiasikannya dengan Akun Microsoft, kemudian instal ulang masa depan ketika Anda tidak perlu memasukkan kunci aktivasi atau manual. Rincian aktivasi akan langsung disimpan dan dihubungkan dalam akun Microsoft Anda dalam bentuk Digital Hak Lisensi. Bila Anda tinggal melewatkan instalasi Apa kunci produk bentuk, dan sekali login ke Akun Microsoft dan terhubung ke Internet, Windows 10 Anda akan segera diaktifkan dan siap untuk digunakan. Jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi dalam melakukan aktivasi menggunakan licence key yang sudah kalian beli.

7. Windows Store yang Lebih Menarik

Satu hal yang memiliki Windows 10, tetapi tidak milik Windows 7 atau sebelumnya, adalah Windows Store. Windows 10 datang dengan Windows Store berisi berbagai aplikasi UWP. aplikasi UWP di toko ini adalah masa depan Windows, bahkan Microsoft mengundang berbagai pengembang aplikasi klasik untuk membawa aplikasi mereka ke Store.

Menginstal aplikasi dari sarana Windows Store semudah menginstal aplikasi pada smartphone. Update dan sebagainya juga dapat dilakukan secara simultan langsung dari Windows Store, tanpa perlu untuk setiap pembaruan perangkat lunak secara manual.

Sebagian besar aplikasi UWP juga dapat dijalankan dalam berbagai ukuran layar dengan tampilan yang tetap baik dan optimal.

8. Fitur yang tidak ada pada Windows Lainnya

Seperti beberapa sudah disebutkan di atas, Windows 10 memiliki beberapa fitur yang tidak dapat ditemukan dalam versi Windows sebelumnya, kecuali untuk menginstal aplikasi pihak ketiga. Contohnya seperti, Game Mode, Lokasi Screenshot, Night Light, Cetak ke PDF, Virtual Desktop, UWP Store, dan sebagainya. Yang dimana tentu akan menambah kemudahan dan juga keoptimalan dalam penggunaan sistem operasi tersebut dengan lebih baik lagi.

Kekurangan Windows 10

1. Kurang Mudah Digunakan

Microsoft mungkin ingin merancang sebuah sistem operasi yang mudah digunakan, tetapi dapat digunakan oleh semua orang, Windows 10 hanya mudah untuk digunakan oleh orang-orang yang terbiasa menggunakan komputer, yang dikenal sebagai penggila komputer.

Dengan demikian, sistem operasi ini tidak cocok untuk orang-orang biasa. Hal ini berbeda dengan Windows 7 yang memiliki antarmuka yang ramah dan mudah untuk digunakan oleh semua orang. Tapi ini mungkin hanya masalah waktu sampai orang-orang terbiasa untuk itu.

2. Cukup Sering Berubah-ubah

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Windows 10 adalah versi yang tidak 100% sempurna. Ada banyak perubahan lain yang mungkin dibuat oleh Microsoft untuk meningkatkan sistem operasi yang satu ini. Dengan kata lain, fitur dan kinerja yang ditawarkan oleh Windows 10 belum dioptimalkan.

Secara keseluruhan, melihat keuntungan dan kerugian dari Windows 10 di atas, Anda sebaiknya tidak terburu-buru untuk upgrade ke Windows 10 jika masih nyaman dengan Windows 7. Karena ini adalah sistem operasi yang diluncurkan untuk meningkatkan kurangnya Windows 8 saja.

Nah, jadi itulah dia review singkat mengenai kekurangan serta keunggulan Windows 10 yang telah Kami sajikan dalam pembahasan terbaru kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini Kami buat.

Dan terimakasih kasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.