Skip to main content

7 Aplikasi Chat Terbaik Untuk Android & iOS

7 Aplikasi Chat Terbaik Untuk Android & iOS

7 Aplikasi Chat Terbaik Untuk Android & iOS

Menjaga komunikasi dengan keluarga, saudara, dan teman-teman adalah hal yang sangat ringan di era seperti ini. Dengan hadirnya sistem android dan iOS yang telah dimiliki oleh seluruh merek smartphone di dunia, memudahkan banyak orang untuk bisa saling berkomunikasi. Komunikasi yang ditawarkan menggunakan sistem ini hadir dengan berbagai macam aplikasi.

Dengan aplikasi-aplikasi itulah, komunikasi bisa terjalin baik dari orang-perorangan maupun seseorang dengan komunitasnya. Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan solusi bagi Anda yang ingin terus chat temen Anda, keluarga Anda bahkan saudara-saudara Anda yang tinggalnya jauh agar komunikasi dapat terus terjalin.

Aplikasi chat terbaik yang telah kami sajikan di bawah ini dapat Anda download dan hadir dengan berbagai fitur yang dapat Anda manfaatkan agar chatingan mu bisa lebih berwarna. Daftar Aplikasi Chat Terbaik Untuk Android & iOS

TOC / Daftar Isi

1. Whatsapp

Siapa yang tak kenal Whatsapp? Aplikasi ini merupakan aplikasi chat yang paling umum didengar oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Banyak orang yang memanfaatkan aplikasi ini bukan hanya untuk chatting.

Aplikasi ini sangat berguna untuk mendiskusikan sesuatu dengan grup, mengirimkan media seperti foto, video, dokumen, maupun lokasi, serta dapat dijadikan grup reuni sekolah bagi orang yang bekerja.

Keunggulan:

  • Dapat melakukan tatap muka menggunakan fitur video call
  • Dapat melakukan panggilan telepon tak terbatas
  • Dapat membuat grup, sehingga memudahkan banyak orang untuk terhubung
  • Dapat berbagi informasi melalui media gambar, video, perekam suara, dan lokasi
  • Merupakan aplikasi yang free alias tidak berbayar

Kekurangan:

  • Keamanan bagi pengguna belum mumpuni karena masih rentan akan hacker
  • Membutuhkan akses internet yang memadai untuk bisa menggunakan fitur telepon atau video call dengan hasil terbaik

Back to Content ↑

2. Telegram

Aplikasi chat yang satu ini merupakan salah satu aplikasi chat yang juga cukup populer. Telegram dikenal dengan sistem end to end yang membuat pesan atau panggilan yang diterima oleh pengguna menjadi lebih pribadi.

Sama dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi chat ini hadir dengan berbagai fitur yaitu dapat mengirimkan dan mengedit foto dan video, serta dapat mengirim stiker dan GIF.

Jika Anda pengguna telegram, Anda juga dapat menyimpan obrolan di cloud storage.

Keunggulan:

  • Data chat kita akan disinkronkan dengan semua perangkat pada smartphone
  • Tidak adanya batasan bagi kita untuk mengirimkan file baik foto/video dengan ukuran berapapun
  • Desain telegram yang bagus untuk digunakan oleh pengguna
  • Keamanan yang lebih fleksibel dan beberapa penyesuaian yang lain

Kekurangan:

  • Tidak memiliki fitur video call
  • Tidak dilengkapi dengan fitur status/story

Back to Content ↑

3. Line

Aplikasi chat yang satu ini juga tak kalah populer dibanding dua aplikasi sebelumnya. Line juga hadir dengan berbagai fitur yaitu dapat terhubung dengan telepon rumah, adanya aplikasi tambahan, serta dapat melakukan video call dengan sebuah grup.

Line juga terkenal dengan berbagai stiker yang dapat didownload agar bisa mengekspresikan percakapan Anda dengan orang lain.

Aplikasi ini juga hadir dengan line today yaitu sebuah situs berita yang mengabarkan berita-berita update di sekitar kita.

Keunggulan:

  • Dengan aplikasi Line, kita dapat melakukan banyak hal salah satunya membayar pembelian menggunakan line pay
  • Bisa menelpon ke nomer telepon rumah
  • Tidak harus mempunyai smartphone untuk mendapatkan aplikasi ini, karena aplikasi ini dapat di install di PC Anda

Kekurangan:

  • Pengiriman data maupun penerimaan data masih belum stabil, tidak sebaik aplikasi WhatsApp
  • Fitur call hanya akan berjalan lancar di mode jaringan 3G/HSDPA
  • Ukuran aplikasi masih terlalu besar

Back to Content ↑

4. WeChat

Perlu Anda ketahui bahwa WeChat diciptakan pada tahun 2011. Sejak kemunculannya, aplikasi ini diindikasi akan menjadi saingan aplikasi chat lainnya yaitu whatsapp. Sistem chat yang digunakan dalam WeChat mirip dengan sistem voice note pada whatsapp yaitu pengirim akan merekam omongan selanjutnya rekaman tersebut akan dikirm kepada penerima. Menarik bukan?

WeChat memiliki keunggulan yaitu registrasi bisa dilakukan menggunakan nomor telepon maupun akun facebook Anda. Dalam aplikasi WeChat ada fitur yang beda yaitu “look around”.

Fitur ini membuat Anda mendapatkan teman baru karena akan menunjukan siapa yang saja yang menggunakan aplikasi ini disekelilingmu.

Namun, selain keunggulan-keunggulan tersebut, WeChat tidak seintuitif aplikasi chat lainnya.

Back to Content ↑

5. Kakao Talk

Kakao Talk yang sering orang sebut dengan sebutan Whatsapp Korea adalah aplikasi yang menampilkan banyak fitur serupa dengan aplikasi chat yang lainnya. Jika Anda ada rencana ingin berlibur ke Korea dalam waktu dekat, maka kami sarankan agar mendownload aplikasi Kakao Talk karena banyak orang Korea yang menggunakannya sebagai media berkomunikasi.

Selayaknya aplikasi chat pada umumnya, Kakao Talk dilengkapi dengan fitur seperti berbagi video, foto dan lokasi, adanya pesan rahasia dan juga adanya pembuat jadwal janji/bertemu. Cross platform bisa diAndalkan pada aplikasi ini.

Jadi, jika handphone Anda sedang “out of juice” tiba-tiba, maka Anda bisa beralih ke PC untuk melanjutkan proses chatting. Kelebihan lainnya yang dimiliki Kakao Talk yaitu dapat mencari orang dengan mudah.

Cukup dengan memasukkan nama, nomor, atau alamat email orang yang Anda cari. Tetapi hal ini sangat rentan terhadap keamanan suatu akun.

Back to Content ↑

6. Facebook Messenger

Ketika mendengar kata facebook pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda kan? Facebook dilengkapi dengan aplikasi tambahan yaitu facebook messenger. Aplikasi ini sudah lebih dari 1,3 miliar orang yang menggunakannya.

Dengan facebook messenger kita dapat berbagi foto dan video, berbagi pesan suara, bermain game dengan teman chating, serta dapat terhubung dengan bisnis misalnya untuk melakukan reservasi dan lain-lain.

Karena aplikasi ini dapat digunakan di PC, maka Anda dapat melakukan video call baik dari handphone maupun PC. Kualitas video yang dihasilkan juga bagus.

Gambar video yang dihasilkan dalam panggilan lancar, tidak macet, dan jarang adanya jeda dalam waktu lama.

Sedangkan kelemahan facebook messenger adalah aplikasi yang masih ini dikendalikan oleh facebook.

Back to Content ↑

7. Skype

Skype adalah aplikasi yang digunakan untuk menghubungi seseorang menggunakan media seperti video call. Aplikasi ini sudah muncul lama, sehingga sudah cukup populer ditelinga masyarakat. Croos platform dapat memudahkan pengguna skype untuk bisa menyelesaikan percakapannya di handphone walaupun memulainya di PC.

Skype juga dapat Anda gunakan untuk menelpon telepon rumah dengan biaya yang kecil. Tetapi komentar beberapa pengguna skype yang diulas oleh yabb.com mengatakan bahwa skype kadangkala mengalami pemutusan meskipun dalam kondisi internet yang cukup memadai.

Tetapi skype sama dengan aplikasi chat lainnya yaitu dapat mengirimkan foto, video, gambar, maupun dokumen, serta terhubung dengan SMS sehingga memudahkan Anda untuk membalas pesan.

Back to Content ↑

Nah, jadi itulah dia beberapa kumpulan aplikasi chat terbaik yang telah kami sajikan dalam pembahasan terbaru kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini Kami buat. Dan terimakasih karena telah mengunjungi blog teknologi kami. Jangan lupa share informasi ini agar semakin bermanfaat.