Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Air Purifier: Jenis dan Fungsi Kegunaannya

Air Purifier: Jenis dan Fungsi Kegunaannya
Air Purifier: Jenis dan Fungsi Kegunaannya

Air Purifier: Jenis dan Fungsi Kegunaannya!

Polusi tidak hanya ditemukan di luar rumah saja, bahkan dalam ruangan bisa Anda temukan polusi tak terlihat yang berbahaya untuk kesehatan Anda. Dengan air purifier alat pembersih udara, Anda bisa menjadikannya sebagai solusi perlindungan kesehatan akan polusi udara dalam ruangan.

Namun, sebelumnya kenali lebih jauh mengenai alat pembersih udara ini. Yuk Check it out!

TOC / Daftar Isi

Tentang Air Purifier

Alat pembersih udara atau air purifier yakni sebuah alat yang berguna untuk membersihkan udara dari kontaminan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan untuk dihirup. Berbeda lagi fungsinya dengan AC, meskipun kini banyak jenis AC yang memang sudah dilengkapi dengan alat pembersih udara ini.

Biasanya alat pembersih udara ini dipasarkan untuk memberikan manfaat kepada si penderita alergi dan penderita asma serta untuk menghilangkan asap tembakau bekas. Sebab, alat ini dapat menghilangkan partikel penyebab alergi sehingga Anda tidak perlu khawatir soal pencetus alergi.

Tidak hanya dapat mendinginkan sebuah ruangan selayaknya AC, tetapi alat pembersih udara ini dapat mengeluarkan udara yang lebih segar dan bersih dari kontaminan polusi.

Back to Content ↑

Jenis-jenis Alat Pembersih Udara

Pada dasarnya perangkat pembersih udara ini terdiri dari beberapa jenis, tentunya setiap jenis memiliki fungsi dan sistem pembersihan yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli alat pembersih udara akan lebih baik untuk mengetahui jenis-jenis serta fungsinya dengan lengkap. Langsung saja berikut ini jenis-jenisnya:

Back to Content ↑

1. Filter Ionizer

Filter ionizer atau disebut juga dengan istilah air plasmacluster adalah jenis penjernih udara yang cara kerjanya ialah menghasilkan ion negatif dan positif, lalu ion tersebut diubah menjadi radikal OH ke udara. Alat pembersih udara ini mampu menghilangkan kuman, virus dan bakteri. Filter Ionizer merupakan jenis yang paling banyak digunakan dan ditemukan dengan mudah di pasaran.

Back to Content ↑

2. Filter HEPA

Selanjutnya ada jenis filter HEPA—High Efficiency Particulate Air adalah sebuah alat penjernih yang dapat membersihkan udara dari berbagai jenis partikel dengan ukuran terkecil seperti debu, virus, bakteri atau jamur bahkan dapat menghilangkan partikel kecil ukuran 0.3 mikron hingga 99%.

Cara kerja Filter HEPA sama halnya dengan vacuum. Filter HEPA sendiri menjadi salah satu jenis air purifier yang dianggap cocok dan tepat sebagai penangkal virus corona.

Back to Content ↑

3. Filter Karbon Aktif

Alat pembersih dengan filter karbon aktif merupakan jenis alat pembersih yang dapat menghilangkan kontaminan kimiawi serta mampu menghindari beberapa risiko yang menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Meskipun tidak seefektif filter HEPA yang mampu membersihkan viru, tetapi jenis ini dapat menghilangkan aroma tidak sedap.

Back to Content ↑

4. Filter UV Light Generator

Terakhir ada jeni pembersih udara bertipe UV Light Generator. Di mana ini bekerja menghasilkan sinar UV dalam memberantas kuman, meskipun tidak seefektif APA yang dapat menghilangkan sisa jamur maupun debu.

Setidaknya itulah jenis-jenis pembersih udara yang dapat Anda temui dengan secara mudah. Pada dasarnya pemilihan jenis atau tipe perangkat ini berguna untuk menyesuaikan ketepatan manfaat yang Anda inginkan.

Back to Content ↑

Fungsi dan Kegunaan Alat Pembersih Udara

Ada banyak fungsi dan kegunaan alat pembersih udara, seperti yang telah dijabarkan diatas, kinerja alat pembersih ini sangat penting untuk kesehatan tubuh terutama organ tubuh kita sendiri.

Di bawah ini merupakan rangkuman dan fungi dan kegunaan alat pembersih udara yang bisa didapatkan dari penggunaannya, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Fungsi yang paling pertama dan sederhana dari alat pembersih udara ini adalah untuk mengurangi aroma tidak sedang di dalam ruangan.

Filter penyaring pada dapat menyaring bau serta asap rokok yang membekas di dalam ruangan. Dengan demikian ruangan tersebut terhindar dari adanya polusi udara.

Alat pembersih ini wajib dimiliki oleh Anda yang memiliki anggota keluarga pengguna rokok sebagai solusi penghilang bau asap rokok.

Back to Content ↑

2. Menurunkan Kontaminasi Zat Kimia yang Berbahaya

Alat pembersih pun dapat mengatasi polusi akan kontaminasi zat kimia yang berbahaya di dalam ruangan.

Menurunkan lembaga pemerhati lingkungan EPA—Environmental Protection Agency menyebutkan polusi dalam ruangan dapat dipicu dari gas atau partikel yang berasal dari material maupun furniture dalam rumah. baik itu asbes, lantai, kayu furniture dan hal kecil yang tampak biasa saja padahal berpengaruh pada solusi di dalam rumah.

Dengan alat pembersih ini dapat membawa manfaat perlindungan dari polusi kontaminan tersebut.

Back to Content ↑

3. Mengurangi jamur

Selanjutnya alat pembersih ini dikenal kemampuannya dalam memberantas jamur yang menjadi sumber penyakit. Bahaya lain yang mengancam kesehatan tubuh dapat berasal dari allergen dan spora jamur yang menyebar di udara.

Zat-zat ini dapat berpotensi memicu kambuhnya alergi dan akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, jika Anda membiarkannya dalam jangka panjang.

Dengan alat pembersih udara atau air purifier, artinya Anda berusaha mencoba untuk mengurangi perkembangan jamur di rumah.

Back to Content ↑

4. Mengurangi Risiko Penularan Penyakit

Selanjutnya fungsi dari alat pembersih ini adalah untuk mengurangi jumlah virus dan bakteri di udara. Salah satu contoh penyakit yang mudah menular melalui udara adalah flu. Umumnya, seseorang yang menderita di dalam rumah, maka orang lain di rumah tersebut bisa ikut tertular dengan cepat.

Itulah kenapa alat pembersih ini sangat pas untuk membantu menyaring virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Meskipun peluang tertular penyakit masih ada, setidaknya dengan keberadaan alat pembersih udara ini dapat membantu menurunkan resiko nya.

Back to Content ↑

5. Melindungi dari Alergi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya alat pembersih udara ini dapat menjadi solusi untuk melindungi tubuh dari adanya pemicu alergi, bukan sebagai obat tetapi sebagai alat untuk menghindari pemicu dari adanya pencetus alergi.

Bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap debu atau bulu, alat pembersih udara ini bisa digunakan dalam menghilangkan pemicu alergi tersebut.

Back to Content ↑

6. Mengurangi Pemicu Asma

Ruangan dalam rumah bisa jadi menjadi pemicu asma yang paling banyak dijumpai. Pemicu-pemicu ini bisa ditemukan dengan berupa debu, sel kulit kering, kotoran, karbon monoksida, semprotan penyegar udara, asap masakan, produk cat, pembersih rumah tangga, dan lain sebagainya.

Bahkan spora jamur atau kecoa bisa menjadi salah satu pemicu adanya serangan asma. Jika tidak dikeluarkan dari udara, partikel zat ini dapat terhirup dan berakhir menyebabkan mengi, salah satu gejala asma.

Hal ini karena partikel kecil di udara dapat menimbulkan kerusakan yang paling buruk bagi para pengidap asma. Dengan menggunakan alat pembersih udara yang khusus untuk menghilangkan kotoran mikroskopis bisa menjadi solusi ideal untuk membantu meringankan adanya gejala asma.

Tentunya alat pembersih udara ini masih memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh Anda dan anggota keluarga.

Back to Content ↑

Dan di Meval kini Anda bisa mendapatkan produk alat pembersih udara terbaik dengan jenis yang filter sesuai kebutuhan Anda. Dengan air purifier Meval sebagai solusi pilihan alat pembersih udara berkualitas terbaik, sama dengan Anda melindungi kesehatan anggota keluarga tercinta. Sekian, Terima Kasih & Semoga Bermanfaat!