Skip to main content

5+ Emulator PS1 Terbaik yang Pernah Ada

5+ Emulator PS1 Terbaik yang Pernah Ada
Mednafen

5+ Emulator PS1 Terbaik yang Pernah Ada

Dengan Emulator PS1 ini yang bisa di install di Android maupun PC, bisa menjadi penolong bagi para generasi 90-an yang ingin merasakan atau bernostalgia memainkan game-game pada masa kecilnya. Sebagai generasi pertama dari Playstation yang dimiliki oleh perusahaan Sony, Playstation 1 ini pertama rilis pada tahun 1994 di Jepang. Konsol game dapat disebut game yang sukses di pasaran.

Game dari Playstation 1 ini masih digemari atau sering dimainkan hingga saat ini oleh penggemarnya, tentunya dengan menggunakan aplikasi Emulator PS1 yang membuatnya bisa eksis hingga saat ini. Dan game-game yang di miliki Playstation 1 ini di antaranya, Suikoden II, Harvest Moon Back To Nature, Pepsiman, Metal Slug dan masih banyak lagi. Penasaran apa saja Emulator PS1 yang bisa kamu install dan bisa memainkan lagi Game-game Playstation 1 ini? Simak disini!

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 8+ Emulator Android Terbaik 2022

Mednafen

Mednafen

Mednafen merupakan Emulator PS1 yang bisa kamu dapatkan di internet dengan gratis lho. Emulator ini pertama dirilis pada bulan April tahun 2012. Mednafen ini tak hanya bisa memainkan game dari Playstation 1 saja, namun game lainnya yang bukan termasuk PS1 seperti, Boy Advance, Super Nintendo, Wonder Swan dan lain sebagainya juga bisa dimainkan menggunakan emulator ini.

Emulator Mednafen ini masih mendapatkan pengembangan supaya menghasilkan kualitas dan performa terbaik ketika kamu pengen bermain game PS1 ini. Emulator ini dikembang kan oleh para relawan dan para Developer. Ada beberapa yang kamu perlu ketahui sebelum menggunakan Emulator ini untuk memainkan semua game yang kamu miliki.

Sebelum kamu memainkan game ini dengan Mednafen, Anda terlebih dahulu mengunduh file BIOS Anda sendiri agar emulator ini dapat berfungsi. Dan Emulator ini juga bisa berjalan lewat Command Line CPU Anda secara default. Jangan khawatir jika kamu bingung dan tidak mengerti tentang file BIO, Kamu bisa mengunduh MedGUI Reborn dan MetroMed agar memiliki tata letak yang lebih rapi dan juga mudah digunakan.

Back to Content ↑

BizHawk

BizHawk

BizHawk merupakan Emulator PS1 dan menjadi Emulator tambahan dari Mednafen. Emulator ini sering dipakai oleh para Gamers yang suka bermain game Kasual di PS1. Tapi daya tarik utama yang dimiliki Emulator ini adalah potensi kecepatannya. Kecepatan dalam memainkan game di Emulator PS1 ini sudah tidak diragukan lagi.

Emulator PS1 BizHawk ini memungkinkan para Gamers nya untuk menggunakan tools yang dapat mengubah alur permainan dan berjalan melalui game klasik. Emulator ini juga mempunyai berbagai macam tools bantu preloaded yang digunakan untuk membantu para pengguna untuk memanipulasi game sesuai keinginan kita. Tak hanya itu Emulator ini juga ada fitur rewinding untuk latihan dan juga recording tools. Dengan dukungan Playstation 1 Emulator ini dapat digunakan diberbagai platform. Jika kamu tertarik dari kecepatan emulator yang satu ini, Kamu jangan ragu untuk memilih terus menginstall emulator ini.

Back to Content ↑

ePSXe

ePSXe

ePSXe ini merupakan Emulator PS1 yang paling populer. Emulator ePSXe ini salah satu Emulator PS1 yang sangat berkualitas. Emulator ini memiliki control yang bisa kita ubah sendiri sesuai keinginan kita dan juga mendukung pengontrol di semua platform. Dan Emulator ePSXe ini mempunyai dukungan grafis yang baik, ditingkatkan oleh OpenGL yang mana terdapat opsi layar terpisah untuk game local Multiplayer. Dan fitur lainnya yang di punyai oleh ePSXe ini ialah fitur save dan load sehingga kamu bisa menyimpan game yang Anda sudah simpan sebelumnya.

Emulator ePSXe ini kamu bisa dapat kan secara gratis di Windows, Linux, dan Mac OS. Namun lain halnya di Android jika kamu ingin menggunakan Emulator PS1 ini, kamu harus membeli aplikasi emulator ini di Google Play Store seharga $3,75 atau dalam rupiah sekitar Rp 65.000. Dengan itu kamu dapat memperbarui emulator ini secara berkala dan aplikasi ini masih menjadi aplikasi emulator lawas yang terbaik.

Back to Content ↑

PcsxR

PcsxR

Emulator PcsxR ini merupakan Emulator PS1 yang termasuk cukup lama. Emulator ini merupakan emulator pengembangan dari emulator legendaris yang sudah sering digunakan pada tahun 2010 an. Emulator PS1 ini sudah mempunyai perkembangan yang cukup baik.

Emulator ini tentunya sudah dibuat lebih responsif dan juga sudah dapat menampilkan gambar yang lebih bagus, baik dari pada emulator pendahulunya. PcsxR ini mempunyai ukuran yang bisa dibilang cukup kecil dibandingkan emulator lainnya. Jadi emulator ini memudahkan para penggunanya untuk mengunduh dan juga digunakan kapan saja. Tentu saja kamu bisa mengunduh emulator ini secara Cuma-Cuma, gratis. Kamu tidak perlu memikirkan biaya untuk mengunduh emulator ini yang mempunyai performa yang sangat baik.

Back to Content ↑

RetroArch

RetroArch

Emulator PS1 ini sebenarnya secara teknis bisa dibilang bukan emulator. RetroArch sebenarnya merupakan “frontend” yang memungkinkan kamu mempunyai rangkaian emulator di satu tempat yang mudah kamu gunakan. Untuk Playstation 1, core emulasinya berasal dari emulator Mednafen, jadi jika kamu kesulitan menggunakan emulator Mednafen sebagai aplikasi yang berdiri sendiri RetroArch ini cocok dan bagus untuk kamu.

Hal yang menarik dari emulator ini ialah aplikasi ini kompatibel dengan NetPlay, yang artinya kamu bisa memainkan game secara online lho. Namun tetap kamu harus mengunduh file BIOS terlebih dahulu seperti emulator Mednafen untuk bermain game di dalamnya. Emulator ini bisa digunakan di Android maupun PC.

Dan emulator RetroArch ini memiliki tampilan antarmuka yang inovatif menggabungkan berbagai fungsi ke dalam satu aplikasi. Emulator ini cocok buat kamu yang senang, suka mengotak-ngatik pengaturan dari emulator yang kamu miliki. Tak hanya itu di RetroArch ini kamu bisa membuat game dan juga membuat emulator versi kamu sendiri lho menarik bukan? Emulator ini menggunakan program sendiri yang bernama Liberto.

Program Liberto ini dapat kamu modifikasi dengan mudah dan mempunyai berbagai macam fitur seperti OpenGL. Emulator PS1 ini tak hanya membantu kamu agar bisa memainkan game dari Playstation, emulator ini juga dapat membantu Anda untuk lebih kreatif dalam membuat desain program yang kamu inginkan. Emulator ini berukuran sekitar 97 MB saja tentunya tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan pada Laptop dan juga PC Anda.

Back to Content ↑

EmuBox

EmuBox

EmuBox merupakan Emulator PS1 yang diperuntukan untuk Android dan salah satu Emulator PS1 Android terbaik lho. Tak hanya Playstation 1 dan juga PSX yang bisa dimainkan oleh emulator ini, melainkan game lainnya seperti NDS, GBC,GBA, SNES, termasuk NES. Dan juga EmuBos ini sudah mendukung kontrol game dari eksternal seperti gamepad termasuk yang berteknologi wireless. Emulator ini sudah diunduh lebih dari 500 kali dan mendukung OS Android 4.1 ke atas. Emulator ini tak menyediakan ROM game.

Back to Content ↑

FPse

FPse

Emulator PS1 yang terakhir kita bahas adalah FPse ini. Fitur-fitur dari FPse ini rata-rata dimiliki emulator untuk Android lainnya. Tidak ada yang istimewa sehingga emulator ini apa yang diusung memang dimiliki oleh para kompetitornya. Namun jangan salah, aplikasi emulator ini cukup populer di Play Store, dengan jumlah yang menginstall lebih dari 500 Ribu kali. Satu hal yang menarik dari emulator ini adalah ukurannya yang kecil, yakni 6,8 MB saja.

Back to Content ↑

Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!