Skip to main content

Media Penyimpanan Data Online Terbaik Tahun 2022

Media Penyimpanan Data Online Terbaik Tahun 2022
Google Drive

Media Penyimpanan Data Online Terbaik Tahun 2022

Sekarang banyak orang yang mulai beralih dari media penyimpanan konvensional seperti flashdisk maupun hardisk ke penyimpanan data online berbasis cloud. Alasannya beragam dan salah satunya bisa di akses dimana saja dan kapan saja, tanpa harus membawa perangkat keras kemana-mana.

Penyimpanan data online dengan berbasiskan cloud pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Amazon dengan nama salah satu layanannya yaitu Simple Storage Services. Media penyimpanan data online tersebut dibuat dengan tujuan agar lebih mudah dalam mengakses file pribadi kapanpun dan dimanapun.

Berkat Amazon, sekarang banyak masyarakat yang mulai menggunakan layanan penyimpanan data online berbasis cloud. Sehingga menghasilkan banyak penyedia layanan penyimpanan data online berbasis cloud, akan tetapi hanya segelintir penyedia layanan yang memiliki keamanan ketat.

Salah memilih layanan penyimpanan data online, keamanan data Anda bisa terancam. Banyak data yang dicuri akibat salah memilih layanan penyimpanan data online. Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa layanan penyimpanan data online terpercaya yang bisa Anda gunakan.

Berikut beberapa layanan penyimpanan data online yang bisa kami ulas dalam pembahasan kali ini:

TOC / Daftar Isi

Google Drive

Google Drive

Media penyimpanan data online pertama yang kami rekomendasikan adalah Google drive, pastinya Anda sudah mengenal dengan salah satu media penyimpanan data terbaik yang satu ini. Google drive resmi diluncurkan pada tahun 2012 dan memang menjadi pilihan tepat untuk menyimpan beragam file atau data dengan aman.

Google drive tersedia dua versi yaitu versi gratisan dan versi berbayar. Versi gratisan menurut kami sudah cukup untuk menyimpan beragam file pribadi. Namun Anda bisa melakukan upgrade ke versi berbayar jika membutuhkan kapasitas yang lebih besar.

Google drive tidak hanya digunakan untuk menyimpan file saja, Anda bisa menggunakan Google drive untuk melakukan beragam aktivitas pekerjaan karena dilengkapi dengan aplikasi produktivitas yang sudah banyak orang mengenalnya diantaranya adalah Google Sheets (jika dalam MS Office sama dengan Excel), Google Docs( untuk menulis), Google Slides dan Google Photos.

Storage:

  • Versi Gratis: 15 GB
  • Versi Berbayar: 2TB

Back to Content ↑

Pcloud

Pcloud

Media penyimpanan data online berikutnya adalah Pcloud, layanan yang satu ini adalah salah satu layanan penyimpanan data online terbaik setelah Google drive. Layanan ini cocok bagi Anda yang sedang mencari media penyimpanan online untuk kebutuhan personal, tool kolaborasi dengan tim maupun untuk melakukan backup otomatis.

Layanan Pcloud sangat kompatibel dengan berbagai macam perangkat dan Anda juga bisa mengakses semua fitur dan beragam file Anda hanya lewat aplikasi mobile, desktop dan browser. Tidak hanya layanan penyimpanannya saja yang bisa Anda nikmati kemudahannya.

Pcloud juga menyediakan layanan revert ke versi sebelumnya, Anda bisa menggunakannya jika terjadi sesuatu terhadap file yang Anda simpan di dalamnya. Misalnya saja, ada file yang korup atau tidak sengaja terhapus maka semua file tersebut bisa mengembalikan file tersebut ketika awal Anda menyimpannya.

Dengan Pcloud Anda bisa melakukan sinkronisasi file media berukuran besar sekalipun. Perihal keamanannya juga pihak Pcloud telah menjamin privasi terjaga 100% aman dan bahkan Anda juga bisa menggunakan fitur Pcloud Crypto untuk melakukan penguncian pada file dengan menggunakan kata sandi tertentu, layanan ini bisa Anda gunakan dengan membayar biaya setiap bulannya.

Storage:

  • Versi gratis: 10GB
  • Versi berbayar: 2TB

Back to Content ↑

iDrive

iDrive

Ketika Anda sedang mencari layanan penyimpanan online yang simple dan juga murah, maka kami merekomendasikan Idrive. Kenapa? Karena layanan penyimpanan data online ini memiliki fitur unggulan yang sangat berguna untuk Anda.

Fitur tersebut adalah fitur untuk mengembalikan file yang tidak sengaja Anda hapus, sehingga file tersebut tidak benar-benar hilang. Bahkan, file tersebut akan tetap tersimpan di iDrive sampai Anda benar-benar menghapusnya secara permanen. Keren bukan?

Tidak hanya itu saja, layanan penyimpanan data online ini juga memiliki fitur face recognition yang bisa membantu Anda dalam mengatur file gambar sehingga bisa tersinkron dengan perangkat gadget.

Layanan ini sangat kompatibel dengan beragam sistem operasi seperti Windows, iOS, Android dan Mac. Bahkan bagian personal plannya juga mendukung jumlah perangkat yang tidak terbatas. Setelah Anda berhasil menghubungkan perangkat Anda ke iDrive, anda bisa menikmati fitur lainnya seperti real time syncing.

Fitur tersebut bisa membantu Anda dalam mengupdate file di semua perangkat dalam satu kali klik, dan fitur tersebut tidak terhitung dalam kapasitas penyimpanannya. Jadi intinya, jika Anda menggunakan iDrive sebagai layanan penyimpanan data online, Anda sudah mendapatkan layanan lainnya seperti Sync, penyimpanan dan fitur backup data.

Jika Anda mengalami kehilangan data penting, pihak iDrive akan mengirimkan harddisk fisik ke rumah Anda. Hal ini adalah bentuk tanggung jawab dari pihak iDrive untuk mengembalikan data Anda yang hilang.

Storage:

  • Versi gratis: 5GB
  • Versi berbayar: 5TB

Back to Content ↑

OneDrive

OneDrive

Media penyimpanan online yang kami rekomendasikan berikutnya adalah OneDrive, layanan ini sebenarnya sudah terintegrasi dengan sistem operasi Windows 10 (jika Anda menggunakannya). Sehingga Anda tidak perlu mendownload aplikasi tambahan.

Tidak hanya itu saja, layanan penyimpanan data online yang satu ini bisa Anda gunakan untuk menyinkronkan beragam gambar di perangkat Anda.

Fitur seperti Autodesk AutoCAD juga sudah dilengkapi di dalam OneDrive dan sudah terkoneksi juga dengan software yang ada di perangkat yang Anda gunakan. Bahkan untuk perangkat Android dan iOS, tersedia aplikasi khusus.

Bagi pengguna Mac juga tersedia aplikasi khusus dan bisa di download di App Store.

Storage:

  • Versi gratisan: 5GB
  • Versi berbayar: 6TB

Back to Content ↑

Zoolz

Zoolz

Layanan media penyimpanan data online yang terakhir kami rekomendasikan adalah Zoolz, layanan ini merupakan salah satu platform penyimpanan yang bisa me-manage backup perangkat dengan dilengkapi teknologi yang canggih.

Zoolz memiliki software backup berbasis AI, sehingga teknologi otomatis terbaru lahir dalam media penyimpanan yang satu ini. Keunggulan utama dari layanan ini adalah terdapat teknologi TriBid, dimana dengan teknologi ini Anda bisa mengganti jenis penyimpanan sesuka hati dari local, instan dan cold storage.

Anda bisa menyimpan beragam file di cold storage, tujuannya adalah untuk menyimpan data dalam jangka waktu yang lama. Anda juga bisa menyimpan data lain di local maupun instan storage, tujuannya adalah untuk penggunaan yang lebih sering.

Tidak hanya itu saja, Zoolz memiliki fitur tagging file yang bisa Anda gunakan untuk melakukan upload atau backup dengan mengidentifikasi jenis dan isi konten file tersebut. Fitur yang satu ini sangat berguna untuk perusahaan yang memiliki ratusan karyawan di dalamnya.

Software canggih ini bisa mendeteksi beragam objek gambar, mengubah gambar dari hasil scan menjadi sebuah dokumen, mengenal wajah dan otomatis men-transcribe video serta audio yang masuk.

Bahkan teknologi canggihnya sudah bisa mengenali siapa saja yang ada dalam foto tersebut, dimana lokasinya, sedang melakukan apa, bahkan sampai mengenali objek yang berada disekitarnya. Canggih bukan?

Kami merekomendasikan layanan yang satu ini untuk sebuah perusahaan yang memiliki karyawan ratusan. Dikarenakan layanan ini bisa me-micromanage dan juga mengintip detail kehidupan karyawan Anda tanpa celah.

Back to Content ↑

Demikian penjelasan lengkap mengenai Media Penyimpanan Data Online Terbaik di Tahun 2022. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!