Skip to main content

8 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office

8 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office
LibreOffice

8 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office

Ketika ditanya aplikasi pengolah kata apa yang Anda sedang gunakan saat ini, mungkin Anda akan menjawab Microsoft Office. Yap, salah satu software keluaran Microsoft ini memang telah menjadi software yang paling populer untuk berbagai kalangan.

Namun, tahukah Anda bahwa saat ini telah bermunculan aplikasi serupa yang bisa menjadi alternatif dan tidak kalah worth it untuk melakukan beragam pekerjaan seperti menulis, membuat laporan dan lain sebagainya.

Salah satu alasan kenapa Microsoft Office saat ini menjadi salah satu software populer diseluruh dunia. Hal itu karena software yang satu ini memiliki beragam fitur menarik dan selalu ada perkembangan setiap tahunnya.

Akan tetapi, fitur yang lengkap tersebut membuat software pengolah kata keluaran Microsoft ini memiliki harga yang cukup mahal, sehingga sebagian pengguna ada yang merasa berat untuk membeli lisensi resmi dari Microsoft Office tersebut.

Mulailah bermunculan beberapa software alternatif yang bisa menggantikan fungsi dasar dari aplikasi pengolah kata keluaran MS Office tersebut yang lebih terjangkau dari sisi uang yang harus dikeluarkan.

Lalu, apa saja sih aplikasi pengolah kata alternatif tersebut yang bisa menggantikan tugas utama dari Microsoft Word dari MS Office, sebaiknya Anda menyimak pembahasan ini sampai selesai ya!

TOC / Daftar Isi

LibreOffice

LibreOffice

Software pertama yang kami rekomendasikan adalah LibreOffice, aplikasi yang satu ini telah lama dikenal sebagai salah satu alternatif terbaik Microsoft Office yang paling populer. Bahkan, dokumentasi cara penggunaannya sudah banyak ditemukan di internet.

Aplikasi yang satu ini termasuk ke dalam jajaran aplikasi pengolah kata yang bersifat open source dan gratis, meski begitu aplikasi ini mendukung format file .doc dan format file dari Microsoft Office yaitu .docx.

Aplikasi pengolah kata dari LibreOffice juga memiliki fitur yang tidak kalah canggih dengan produk keluaran Microsoft. Maka dari itu banyak pengguna LibreOffice semakin berkembang dan menjadi sebuah komunitas yang kuat.

Back to Content ↑

Google Docs

Google Docs

Aplikasi berikutnya ada Google Docs, Google Docs juga bisa Anda jadikan alternatif dari Microsoft Word yang paling populer karena penggunaannya yang gratis. Cara menggunakannya, Anda hanya cukup memiliki akun Google dan Anda sudah bisa menggunakan aplikasi pengolah kata dari Google Docs.

Semua yang ada di Google Docs sama seperti yang dimiliki Microsoft Word, bahkan Anda bisa mengakses aplikasi Google Docs tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu. Karena konsepnya cloud, bahkan file yang Anda buat dengan menggunakan Google Docs secara otomatis akan tersimpan di cloud.

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki Google Docs adalah kemampuan dalam melakukan kolaborasi dengan pengguna lainnya. Tidak hanya itu saja, aplikasi Google Docs juga bisa membaca beragam file seperti .doc dan .docx yang biasanya hanya tersedia di Microsoft Word yang merupakan bagian dari keluarga Microsoft Office.

Back to Content ↑

OpenOffice Writer

OpenOffice Writer

Aplikasi berikutnya adalah OpenOffice Writer, jika Anda pertama kali menggunakannya maka Anda akan melihat desain interface yang dimiliki aplikasi yang satu ini sangat klasik dan bisa disebut mirip dengan versi lama dari keluarga Microsoft Office yaitu Microsoft Word 2003.

Akan tetapi meski begitu, aplikasi pengolah kata yang satu ini tidak kalah worth it dengan keluarga Microsoft Office karena sudah mengalami beberapa pengembangan untuk menyuguhkan performa yang tidak kalah dengan keluarga Microsoft Office saat ini.

Aplikasi OpenOffice Writer yang satu ini diklaim bisa membuka semua format file yang dibuat oleh Microsoft Word. Akan tetapi, ketika Anda melakukan penyimpanan berkas, aplikasi yang satu ini hanya bisa menyimpan file dengan menggunakan format seperti .doc dan .xml.

Back to Content ↑

SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice

Aplikasi berikutnya memang tidak sepopuler aplikasi alternatif di atas. Aplikasi ini bernama Softmaker FreeOffice dan berasal dari Negara Jerman. Untuk menggunakannya, Anda hanya memerlukan email yang valid dan Anda sudah bisa menggunakannya secara gratis.

Tampilan user interface yang dimiliki aplikasi ini bisa dibilang sangat rapi, sehingga orang yang baru saja menggunakan ini bisa langsung memahami bagaimana cara kerja aplikasi tersebut.

Tidak hanya itu saja, dokumen yang Anda buat dengan menggunakan aplikasi ini bisa disimpan ke dalam format Microsoft Office maupun format asli dari SoftMaker. Aplikasi yang satu ini sudah tersedia di berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac.

Bagi para pengguna Android, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini yang dirancang secara khusus untuk perangkat Android. Menarik bukan?

Back to Content ↑

Microsoft Office Online

Microsoft Office Online

Seolah tidak mau kalah dengan para pesaingnya, pihak Microsoft pun merilis aplikasi pengolah kata yang dioperasikan secara online dan juga gratis. Aplikasi tersebut bernama Microsoft Office Online.

Fitur yang ditawarkan dari aplikasi besutan Microsoft ini lebih sederhana dari Microsoft Office pada umumnya, bisa dibilang aplikasi yang satu ini sangat mirip dengan Google Docs. Kita bisa melihat dari sisi desain interface yang digunakan hampir sama seperti Google Docs.

Aplikasi ini memiliki kelebihan dimana Anda bisa mempertahankan format dokumen yang sudah terlebih dahulu sebelumnya di integrasikan dengan Microsoft Word yang ada di komputer Anda. Sehingga format dokumen yang dibuat tidak akan berubah.

Back to Content ↑

Dropbox Paper

Dropbox Paper

Berikutnya adalah Dropbox Paper, selain menyediakan fitur untuk menyimpan beragam file di Dropbox. Ternyata saat ini Dropbox telah merilis aplikasi pengolah kata gratis yang disebut dengan Dropbox Paper.

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu Anda hanya perlu memiliki akun Dropbox terlebih dahulu dengan menggunakan email valid ya. Setelah Anda berhasil membuat akunnya, Anda sudah bisa mengakses suite online untuk mulai menggunakan layanan Dropbox Papernya.

Hal menarik yang ada di Dropbox Paper adalah memiliki tampilan yang cukup minimalis dan intuitif. Tidak hanya itu saja, aplikasi gratis yang satu ini juga menyediakan beragam fitur canggih untuk mendukung pekerjaan Anda dalam mengolah dokumen.

Dropbox Paper bisa menjadi alternatif Anda untuk membuat dokumen yang dengan mudah dibagikan secara online, selamat mencoba ya!

Back to Content ↑

Aplikasi Etherpad

Aplikasi Etherpad

Aplikasi berikutnya ada aplikasi bernama Etherpad, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi editor dokumen online yang bisa menjadi alternatif pengganti aplikasi Microsoft Office. Aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk digunakan bekerja maupun mengerjakan tugas sekolah dan kuliah.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini adalah kemudahan yang ditawarkan kepada penggunanya, dalam penggunaannya Anda tidak perlu menggunakan email. Anda hanya perlu membuat dokumen baru dan membagikannya ke kerabat atau pengguna lainnya untuk melakukan kolaborasi.

Para pengguna aplikasi yang satu ini juga bisa saling menyusun dokumen secara bersama-sama dengan sangat mudah.

Back to Content ↑

AbiWord

AbiWord

Aplikasi terakhir ada AbiWord, aplikasi yang satu ini memiliki tampilan interface yang mirip dengan keluarga Microsoft Office yaitu MS Word 2003. Kelebihan dari aplikasi ini hanya memakan memori sedikit saja yaitu sekitar 20 MB.

Anda juga bisa membuat beragam dokumen sama seperti Microsoft Office seperti pengolah kata, tabel, grafik dan masih banyak kegunaan lainnya.

Back to Content ↑

Nah itu beberapa aplikasi pengolah kata yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif Microsoft Office, Selamat mencoba ya! Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!