Skip to main content

Al Ma’soem, Pesantren Penyelenggara Pendidikan Boarding School Terbaik di Bandung

Al Ma’soem, Pesantren Penyelenggara Pendidikan Boarding School Terbaik di Bandung
Al Ma’soem, Pesantren Penyelenggara Pendidikan Boarding School Terbaik di Bandung
Images source: Almasoem.sch.id

Al Ma’soem, Pesantren Penyelenggara Pendidikan Boarding School Terbaik di Bandung

Halo blogger! Apakah kini Anda sedang mencari SMA islam terbaik di Bandung? Pilihan Anda tak akan salah jika Anda memilih SMA Islam Boarding School Al Ma’soem. Dimana seperti yang diketahui, Al Ma’soem sendiri merupakan salah satu Pesantren di Bandung, yang sekaligus berperan sebagai Yayasan Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan, dari mulai TK, SD, SMP, SMA, hingga Universitas, yang berbasis ilmu agama islam, sebagai fondasi pendidikan yang diterapkan.

Khusus untuk pendidikan SMA, Al Ma’soem mendirikan fasilitas pendidikan yang terbilang lengkap. Dari mulai fasilitas gedung dan juga fasilitas belajar mengajar, serta ditunjang dengan sistem belajar mengajar yang sesuai kurikulum. Tak heran, jika lebih dari 50% lulusan dari SMA Al Ma’soem ini selalu berhasil masuk ke berbagai PTN di Indonesia.

TOC / Daftar Isi

Al Ma’soem, Pesantren Penyelenggara Pendidikan Boarding School Terbaik di Bandung

Mungkin sebelumnya Anda sering mendengar istilah Boarding School. Namun apakah Anda tahu arti dari istilah tersebut? Boarding School sendiri merupakan istilah yang digunakan oleh beberapa Lembaga Pendidikan, yang sekaligus memfasilitasi para siswanya untuk tinggal di Asrama.

Sekilas mungkin terlihat seperti Pesantren. Namun sebenarnya tidak demikian. Dimana Boarding School hanya memfasilitasi para siswanya dengan pendirian Asrama saja. Sementara untuk Pesantren, ada beberapa kurikulum yang harus diikuti para siswa, setelah mereka mengikuti kegiatan sekolah di siang harinya.

Misalnya, jika di siang hari, siswa akan belajar antara pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB di sekolah. Maka jika di beberapa Pesantren, kegiatan belajar akan diteruskan antara pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Hanya saja, jika di siang hari, kurikulum yang digunakan adalah yang berasal dari kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Maka pada malam harinya, kurikulum yang diikuti adalah materi pendidikan yang merujuk pada kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama.

Lalu bagaimana dengan yang ada di SMA Islam Boarding School Al Ma’soem? Beruntungnya, salah satu SMA islam terbaik di Bandung ini, menyelenggarakan aktivitas pendidikannya dengan menggabungkan sistem pendidikan yang berbasis Boarding School serta Pesantren.

Dalam artian, siswa yang memilih untuk Boarding School, akan mengikuti kegiatan pesantren, sepulangnya dari mengikuti kegiatan sekolah di siang harinya. Tepatnya antara pukul 17.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Sehingga siswa bukan hanya bisa berkarakter IPTEK (Ilmu Pendidikan dan Teknologi) saja. Namun lebih dari itu, para siswa lulusan dari Al Ma’soem, diharapkan bisa menjadi pribadi yang berkarakter ber-IMTAQ (Beriman, Bertaqwa) dan juga ber-IPTEK (Berilmu Pengetahuan dan Berteknologi).

Meskipun Yayasan Pendidikan Al Ma’soem ini menerapkan sistem pendidikan yang berbasis Boarding School dan juga Pesantren. Namun tak menampik kemungkinan, jika ada para siswa yang berasal dari sekitaran kota Bandung, yang ingin bersekolah dengan sistem pulang pergi. Dalam artian, tidak tinggal di Asrama, dan juga tidak mengikuti kegiatan Pesantren.

Maka pihak Yayasan Al Ma’soem membebaskan hal tersebut. Selama siswa mau dan mampu untuk mengikuti kegiatan belajar sebagaimana mestinya. Meskipun mungkin, anak-anak tersebut tidak akan mendapatkan pelajaran kepesantrenan yang berasal dari kurikulum Kementerian Agama. Seperti teman-temannya yang mengikuti aktivitas Boarding School.

Back to Content ↑

Fasilitas yang Dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Al Ma’soem

Al Ma’soem sendiri berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Sumedang. Tepatnya di Jalan Raya Cipacing nomor 22, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Yayasan Pendidikan ini berdiri di atas lahan seluas 9 hektar.

Tak heran, jika Yayasan Pendidikan Al Ma’soem ini memiliki fasilitas pendidikan dan juga fasilitas gedung yang lengkap. Beberapa fasilitas yang dimaksud meliputi:

  • Asrama, dengan kapasitas 1 kamar, yang bisa dihuni oleh 4 hingga 6 siswa
  • Ruang belajar yang meliputi gedung untuk sekolah TK, SD, SMP, SMA dan juga Universitas
  • Lapangan untuk Upacara
  • Lapangan Basket
  • Kolam Renang
  • Lapangan Futsal
  • Lapangan Voli
  • Tempat untuk Melakukan Olahraga Tenis Meja/Pingpong
  • Arena Pacuan Kuda
  • Area Panahan
  • Jogging Track
  • Poliklinik, dan juga
  • Kantin

Back to Content ↑

Aktivitas Pendidikan Para Siswa Yayasan Pendidikan Al Ma’soem

Dengan ditunjang oleh berbagai fasilitas yang dimilikinya, maka hal ini tentunya bisa membuat para siswa yang bersekolah di Yayasan Pendidikan Al Ma’soem bisa mengikuti kegiatan lainnya. Selain kegiatan belajar pada umumnya.

Back to Content ↑

Beberapa kegiatan/aktivitas tersebut diantaranya:

1. Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler Renang
Images source: Almasoem.sch.id

Selain mengikuti kegiatan belajar wajib, para siswa SMA islam terbaik di Bandung, yaitu SMA Islam Boarding School Al Ma’soem ini, maupun para siswa yang belajar di tingkat pendidikan lainnya, akan diberikan kebebasan untuk mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi:

  • Kegiatan olahraga seperti Berenang, Voli, Basket, Futsal, Memanah, Berkuda, Tenis Meja/Pingpong, Pencak Silat/Karate, dan yang lainnya
  • Kesenian, yang terdiri dari Les Vokal, Paduan Suara, Bermain Alat Musik seperti Biola, Gamelan, Gitar, dan Piano, Menggambar dan Melukis, Menari serta Marawis/Qasidah, dan juga Marching Band.
    Khusus untuk yang terakhir, kegiatan kesenian tersebut ditujukan bagi anak-anak yang bersekolah di TK Al Ma’soem

Back to Content ↑

2. Kepesantrenan

Kegiatan Kepesantrenan
Images source: Almasoem.sch.id

Bagi para siswa yang memilih untuk Boarding School, yaitu yang memilih untuk tinggal di Asrama. Maka mereka akan memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan Kepesantrenan, yang dimulai dari pukul 17.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Dimana materi pendidikan yang diberikan, disesuaikan dengan kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementerian Keagamaan.

Beberapa kegiatan tersebut meliputi:

  • Membaca Al-Qur'an
  • Tahfidz
  • Pemberian materi yang meliputi ilmu Fiqih dan Al-Qur'an Hadist
  • Bahasa Arab, dan yang lainnya

Back to Content ↑

3. Hidroponik

Hidroponik
Images source: Almasoem.sch.id

Selain kedua kegiatan diatas, para siswa juga akan diajak untuk bercocok tanam hidroponik. Untuk menunjang aktivitas tersebut, pihak Yayasan sengaja menyediakan lahan khusus yang bisa ditanami oleh berbagai sayuran hidroponik.

Dengan aktivitas bercocok tanam hidroponik tersebut, seluruh siswa diharapkan bisa belajar untuk mencintai alam. Bukan hanya itu saja, aktivitas ini juga secara tidak langsung, bisa menumbuhkan kreativitas siswa dalam menyediakan makanan yang bernutrisi.

Tentunya, yang berasal dari sayuran hidroponik yang ditanam di lahan tersebut. Dimana nantinya, berbagai jenis sayuran tersebut akan dikonsumsi sendiri oleh para siswa, selain makanan bernutrisi lainnya. Khususnya yang memilih untuk tinggal di Asrama (Boarding School).

Back to Content ↑

4. Kegiatan Sosial

Kegiatan Sosial
Images source: Almasoem.sch.id

Untuk menumbuhkan rasa solidaritas kepada sesama, para siswa yang belajar di Yayasan Pendidikan Al Ma’soem. Baik yang belajar di SMA Islam Boarding School Al Ma’soem, sebagai SMA Islam terbaik di Bandung. Maupun yang belajar di tingkat lainnya, seperti TK, SD, SMP dan juga Universitas. Biasanya akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan sosial.

Diantaranya yaitu kegiatan pemeriksaan dan juga pengobatan gratis bagi masyarakat di sekitar Pesantren, santunan anak-anak yatim, donor darah, pemberian vaksin Covid 19, dan beberapa kegiatan sosial yang lainnya.

Back to Content ↑

Dari berbagai kegiatan diatas, serta berbagai fasilitas lengkap yang dimilikinya, maka tak heran kiranya jika banyak siswa yang belajar di Yayasan Pendidikan ini. Baik yang berasal dari Kabupaten Bandung dan Sumedang itu sendiri, maupun dari berbagai kawasan di Jawa Barat dan beberapa kawasan lainnya di Indonesia.

Prestasi ini juga yang menjadikan Al Ma’soem sebagai salah satu Pesantren di Bandung yang sukses mencetak banyak lulusan, yang bukan hanya memiliki karakter IPTEK saja. Namun juga dengan karakter Iman dan Taqwa (IMTAQ). Bagi para blogger yang tertarik untuk bersekolah di Yayasan Pendidikan ini, maupun yang memiliki adik, dan juga saudara yang tengah mencari Sekolah Islam Terbaik di Bandung.

Maka Anda bisa melakukan pendaftaran di Yayasan Al Ma’soem secara langsung, maupun dengan terlebih dahulu menghubungi pihak sekretariat pendaftaran di nomor (022) 7798204, (022) 7798243, dan juga di nomor (022) 7792448. Selain melalui sambungan telepon, Anda juga bisa menghubungi Yayasan Al Ma’soem melalui email di info@masoem.com. Sekian, Terima kasih dan Semoga bermanfaat untuk kita semua!