Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Tips Cara Mengatasi Handphone yang Lupa Password

Tips Cara Mengatasi Handphone yang Lupa Password
Tips Cara Mengatasi Handphone yang Lupa Password

Tips Mengatasi Handphone yang Lupa Password

Ponsel Android yang diproduksi setiap tahun pasti mengalami peningkatan, baik dari segi fitur maupun body. Fitur-fitur yang ada di ponsel tentunya akan semakin canggih, termasuk fitur keamanan. Salah satu fitur keamanan yang ditawarkan yaitu sebuah Password yang berfungsi untuk menjaga suatu privasi para penggunanya dengan cara mengunci sebuah ponsel.

Namun terkadang kita bisa saja lupa Password untuk membuka sebuah kunci pada ponsel dan paniknya karena kita tidak tahu cara untuk membuka sebuah Password yang terlupakan. Menggunakan kata sandi adalah salah satu cara untuk menjaga keamanan data di ponsel cerdas Anda.

Pada sebuah handphone Android, password yang tersedia sangat beragam, dapat berupa Password, Kombinasi Angka dan Huruf (Password), PIN, atau Sensor Sidik Jari. Sayangnya, tak jarang para pengguna suatu smartphone lupa dengan password Hp yang telah dibuat sebelumnya, sehingga gadget kesayangannya tidak dapat diakses.

Tenang saja, sebelum Anda panik atau bahkan terburu-buru melakukan reset yang bisa menghapus semua data di ponsel Anda, Anda bisa mencoba cara-cara tertentu untuk bisa membuka kunci Password ponsel yang terlupakan. Kami akan membahas satu per satu cara yang bisa Anda coba untuk Mengatasi Handphone Yang Lupa Password tanpa perlu menghapus semua data.

TOC / Daftar Isi

8 Tips Mengatasi Handphone yang Lupa Password

1. Find My Device

Find My Device menggunakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google untuk dapat menemukan ponsel yang hilang atau terselip secara tidak sengaja. Namun tidak hanya itu, cara ini juga bisa Anda pakai untuk membuka kunci ponsel yang terlupakan sehingga memudahkan Anda untuk mengakses ponsel tersebut. Langkah-langkahnya juga sangat mudah, antara lain:

  • Buka browser di komputer atau laptop, lalu ketik find di kolom pencarian, lalu enter
  • Setelah itu, login menggunakan email Google dan password yang Anda gunakan dan daftarkan di ponsel Anda
  • Tiga opsi tersebut adalah Putar Suara, Kunci/Aman, dan Hapus Perangkat. Pilih menu Kunci/Perangkat Aman
  • Akan muncul sebuah halaman untuk mengubah kata sandi pada ponsel Anda, ubah menjadi sebuah kata sandi atau Password baru yang akan digunakan di ponsel Android Anda nanti
  • Setelah selesai, coba buka kunci ponsel Anda menggunakan Password yang baru saja Anda buat di situs

Back to Content ↑

2. Factory Reset

Jika Anda telah mencoba berbagai cara untuk membuka Password yang terlupakan di ponsel Android tanpa melakukan reset tetapi tidak berhasil, maka satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan Factory Reset.

Ini berarti semua data dan aplikasi di ponsel akan dihapus secara permanen dan semua pengaturan akan kembali seperti semula seperti saat pertama Anda membeli ponsel. Metode ini pasti berfungsi untuk membuka kunci atau Password yang terlupakan di ponsel Anda.

Back to Content ↑

3. Smart Lock

Ponsel dengan sebuah sistem operasi Android versi terbaru mempunyai suatu fitur keamanan yang lebih ketat lagi daripada versi lama. Cara ini dapat membuka sebuah Hp Android versi 5.0 ke atas yang dalam keadaan lupa sebuah Password, dengan menggunakan fitur Smart Lock. Fitur ini memungkinkan semua para pengguna untuk membuka kunci ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu, misalnya saat terhubung ke jaringan internet WiFi di rumah.

Kemudian, Anda akan diberikan berbagai pilihan yang dapat Anda dipakai untuk membuka kunci ponsel Anda yang terkunci tanpa kata sandi. Salah satu pilihannya adalah dengan memakai sebuah fitur Face Recognition (pengenalan wajah) atau Voice Match (pengenalan suara). Sayangnya, Anda hanya bisa menggunakan fitur ini dengan syarat ponsel masih bisa dibuka dan harus diaktifkan terlebih dahulu.

Selain itu juga, aplikasi Smart Lock tersebut tidak bisa mengubah sebuah kata sandi atau sebuah pengaturan Password tanpa memasukkan sebuah kata sandi pada saat ini. Jadi, mungkin Anda masih perlu melakukan reset, dan sebaiknya backup dulu data ponsel Anda sebelum melakukannya.

Back to Content ↑

4. Android Device Manager

Cara untuk membuka Password pada Hp yang lupa selanjutnya adalah dengan memakai sebuah layanan Android Device Manager dari Google. Kini layanan ini lebih dikenal dengan fitur Find My Device. Oleh karena itu, cara untuk membuka sebuah password pada Hp yang lupa memakai Android Device Manager kurang lebih sama dengan langkah-langkah pada saat menggunakan Find My Mobile.

Back to Content ↑

5. Reboot Safe Mode Android

Ketika, Anda dapat masuk ke mode aman untuk mengubah Password di ponsel Anda. Safe Mode merupakan sebuah fitur dasar dari suatu sistem sebuah handphone Android, dimana dalam keadaan tersebut Anda hanya dapat melakukan suatu fungsi utama dan sistem dasar saja, sehingga Anda tidak dapat mengakses aplikasi lain di dalamnya.

Cara ini bisa dipakai untuk membuka sebuah Password pada ponsel yang terlupakan pada semua tipe ponsel Android, seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, atau Samsung. Biasanya cara ini digunakan pada saat ponsel terkunci akibat ulah pihak ketiga seperti sebuah aplikasi kunci layar tambahan.

Back to Content ↑

6. Hapus Password di Android Debug Bridge (ADB)

Selanjutnya kamu dapat memakai Android Debug Bridge (ADB) untuk salah satu cara membuka sebuah Hp yang lupa Passwordnya. Namun untuk bisa melakukan cara ini, kamu membutuhkan komputer atau laptop yang terkoneksi dengan internet.

Nah, cara ini cukup ampuh untuk membuka Password semua ponsel Android seperti Samsung yang lupa Passwordnya dan tentunya tanpa melakukan reset. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan ADB hanya dapat dilakukan jika Anda telah mengaktifkan menu USB Debugging dan telah menghubungkan ponsel ke komputer melalui ADB.

Back to Content ↑

7. Opsi Keamanan Pihak Ketiga

Beberapa produsen smartphone seringkali memasukkan software keamanan mereka sendiri ke dalam perangkat mereka, contohnya adalah Find My Mobile di perangkat Samsung. Fitur ini sangat berguna ketika Anda lupa Password atau kata sandi yang mengunci ponsel Anda, tetapi untuk menggunakannya Anda harus dapat mengaturnya terlebih dahulu.

Setelah mengaturnya, cukup kunjungi suatu situs resmi dari komputer atau ponsel lain. Cara ini bisa kamu gunakan untuk membuka Password di Hp Samsung yang terlupakan melalui opsi keamanan pihak ketiga.

Back to Content ↑

8. Gunakan Akun Google atau Google Assistant

Fitur-fitur Android yang kini semakin canggih juga didukung dengan layanan terbaik dari Google. Dari segi keamanan, Anda dapat menggunakan layanan Google Assistant untuk membuka kunci ponsel Anda yang terkunci karena Anda lupa Passwordnya.

Google Assistant adalah asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google, bahkan dapat terlibat dalam percakapan dua arah. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan suara Anda, yang telah diatur sebelumnya agar mudah dikenali.

Cara ini sangat praktis untuk membuka Password Hp yang terlupa contohnya pada Hp Vivo cukup dengan mengucapkan "OK Google" pada Hp dan kunci pada Hp akan otomatis terbuka dengan sendirinya. Namun pastikan, sebelumnya Anda sudah mengaktifkan fitur ini di ponsel Anda dan telah menyetujui untuk membuka fitur dengan suara.

Back to Content ↑

Demikian ulasan lengkap tentang Tips Mengatasi Handphone Yang Lupa Password. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat untuk kita semua!