Skip to main content

Tips Cara Menghemat Baterai Pada Handphone yang Wajib Dicoba

Tips Cara Menghemat Baterai Pada Handphone yang Wajib Dicoba
Tips Cara Menghemat Baterai Pada Handphone yang Wajib Dicoba

Tips Cara Menghemat Baterai Pada Handphone yang Wajib Dicoba

Dari sekian banyak alasan untuk memilih smartphone, beberapa alasan seperti processor cepat, resolusi layar yang tinggi serta sejumlah layanan fitur canggih bisa menjadi alasan dasar membeli sebuah smartphone baru. Selain itu, faktor baterai juga bisa menjadi pertimbangan utama membeli smartphone yang baru.

Dan umumnya, salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih perangkat smartphone baru adalah daya tahan baterainya. Semakin lama penggunaan baterai smartphone, semakin menarik pembeli untuk menggunakannya. Daya tahan baterai yang lebih lama akan menarik pembeli untuk memilih produk ini.

Namun, meskipun smartphone kita sudah memiliki kapasitas baterai dengan daya tahan yang lama, tetaplah sebagai pengguna cerdas kita wajib tahu Tips dan Cara Menghemat Baterai Pada Handphone, dan mengetahui juga apa yang menyebabkan baterai handphone cepat habis meski tidak digunakan, agar ponsel kita tetap awet dan terbebas dari masalah boros baterai.

TOC / Daftar Isi

Penyebab Baterai Cepat Habis Saat Tidak Digunakan

Anda pasti kesal ketika smartphone memiliki kapasitas baterai yang besar, namun boros dan cepat habis. Berikut merupakan penyebab baterai cepat habis pada saat tidak digunakan, yang telah dirangkum redaksi untuk Anda ketahui.

Back to Content ↑

1. Sinyal Buruk

Penyebab baterai cepat habis duluan, adalah sinyal yang buruk. Kondisi ini membuat smartphone Anda bekerja keras untuk mencari pemancar sinyal terdekat. Jika Anda berada di area sinyal yang sulit, sebaiknya matikan data seluler.

Back to Content ↑

2. Banyak Notifikasi

Mungkin kita tidak menyadari banyaknya notifikasi yang menumpuk di smartphone. Padahal itu salah satu biang keladi yang membuat baterai Hp cepat habis.

Back to Content ↑

3. Akses Lokasi di Aplikasi

Ada berbagai aplikasi yang meminta izin smartphone untuk mengaktifkan lokasi saat menggunakannya. Sebut saja Google Map, Tinder, hingga aplikasi Ojek Online. Hal ini tentu saja akan membuat smartphone Anda bekerja keras untuk mengirimkan sinyal lokasi Anda.

Back to Content ↑

4. Fitur Sinkronisasi Aktif

Fitur ini sebenarnya penting karena data Anda akan otomatis dicadangkan dengan mengunggahnya ke Drive. Hanya saja fitur sinkronisasi ini boros akan daya pada baterai dan tentunya juga boros kuota.

Back to Content ↑

5. Baterai Rusak

Penyebab terakhir dari baterai gadget cepat habis tentunya adalah kerusakan pada baterai itu sendiri. Baterai smartphone saat ini tidak semudah melepas dan memasangnya seperti dulu. Tidak heran banyak orang telah melihat tutorial melepas baterai di YouTube.

Back to Content ↑

9 Tips Cara Menghemat Baterai Pada Handphone yang Wajib Dicoba

1. Matikan Getaran dan Suara Keyboard

Salah satu penyebab sebuah baterai boros yang jarang diketahui orang adalah adanya fitur getar pada ponsel. Karena motor listrik untuk menggetarkan ponsel membutuhkan daya yang besar. Terkadang fitur getar pada ponsel sangat dibutuhkan dan Anda hanya bisa melakukannya pada saat-saat tertentu.

Sebaiknya aktifkan mode senyap atau mode senyap saja dan matikan suara di keypad. Biasanya suara keyboard menyala secara default pada keyboard dial dan pada keyboard. Agar baterai HP tetap awet, Anda bisa mengikuti cara ini.

Back to Content ↑

2. Hati-Hati Menginstal Aplikasi

Cara menggunakan baterai Hp baru agar lebih awet, hati-hati dengan aplikasi yang terinstal. Tentu saja, ada banyak sekali aplikasi menarik di internet, tetapi jangan memasang banyak aplikasi yang tidak Anda perlukan. Banyak juga jenis aplikasi yang dapat membuat baterai smartphone drop karena ping pada lokasi Android terus menerus. Salah satu tips supaya baterai Hp lebih awet adalah dengan meng uninstall suatu aplikasi yang memakan banyak RAM dan daya.

Back to Content ↑

3. Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Matikan Bluetooth. Matikan Wifi. Dan mematikan GPS saat tidak digunakan. Matikan juga hotspot Anda, jika tidak digunakan. Ini adalah beberapa bakteri pembunuh terbesar pada sebuah ponsel karena mereka selalu mencari kemungkinan koneksi, jaringan, atau informasi. Matikan fitur ini pada pengaturan telepon Anda kecuali Anda membutuhkannya untuk menghemat suatu daya.

Beberapa ponsel, seperti ponsel cerdas Android, memiliki widget yang menawarkan tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini sehingga Anda dapat mengaktifkan Bluetooth saat Anda berada di dalam mobil untuk mengemudi hands-free atau navigasi GPS dan kemudian mematikannya untuk menyimpan sebuah ponsel Anda .

Back to Content ↑

4. Beralih ke Dark Mode

Jika ponsel Anda memakai sebuah layar Amoled, beralih pada tema gelap adalah salah satu cara untuk menghemat baterai Android. Karena layar Amoled bisa menonaktifkan sebuah piksel individual, latar belakang hitam pekat memungkinkannya untuk mengonsumsi lebih sedikit daya. Anda dapat memanfaatkan ini dengan banyak cara.

Anda bisa mulai dengan menerapkan wallpaper gelap, mengaktifkan tema gelap seluruh sistem jika ponsel Anda mempunyainya. Anda juga dapat mengaktifkan mode malam di aplikasi yang kompatibel seperti WhatsApp, Youtube, Telegram, Instagram, Twitter, dan banyak lagi.

Back to Content ↑

5. Menonaktifkan Screen Pixel Secara Manual

Jika Anda tidak nyaman dengan gradien yang lebih gelap, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Pixoff untuk mematikan piksel secara manual. Namun, Anda tidak akan melihat adanya penurunan kualitas jika Anda menonton film atau video HD, terutama jika Anda memiliki layar 1080p atau lebih tinggi. Beberapa produsen juga menyertakan sebuah pengaturan yang memungkinkan Anda untuk mengurangi resolusi layar.

Back to Content ↑

6. Batasi Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Sebagian besar aplikasi yang Anda gunakan aktif bahkan setelah Anda keluar darinya. Anda dapat sepenuhnya membatasi aplikasi mengakses baterai pada latar belakang. Ini cukup mudah, silahkan buka sebuah Pengaturan> Aplikasi & sebuah Pemberitahuan dan di sana, di halaman aplikasi tertentu, ketuk Lanjutan> Baterai> Batasan latar belakang.

Anda juga dapat mencoba aplikasi pihak ketiga bernama Greenify, Jika Anda memiliki ponsel lama. Ini secara otomatis menghentikan aplikasi dari menggunakan sumber daya di latar belakang sehingga baterai cepat habis. Namun, sebaiknya gunakan fitur asli pada ponsel yang lebih baru karena umumnya berfungsi lebih baik daripada menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Back to Content ↑

7. Sesuaikan Kecerahan Layar

Seperti laptop dan TV, layar ponsel Anda menghabiskan banyak masa pakai baterainya. Ponsel Anda dapat menyesuaikan tingkat kecerahannya secara otomatis, tetapi jika baterai Anda mulai turun ke tingkat yang mengkhawatirkan, Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar lebih rendah untuk menghemat lebih banyak masa pakai baterai. Semakin rendah semakin baik untuk baterai ponsel Anda.

Pengaturan lain untuk dilihat adalah batas waktu layar. Itulah pengaturan ketika layar ponsel Anda secara otomatis masuk ke mode tidur – 1 menit, misalnya, atau 25 detik setelah tidak ada umpan balik dari Anda. Semakin pendek periodenya, semakin baik masa pakai baterai.

Back to Content ↑

8. Beralih Ke Aplikasi Web Lite atau Progresif

Metode bagus lainnya yang tidak memerlukan banyak pengorbanan dan tetap memperpanjang masa pakai baterai ponsel Anda adalah beralih ke aplikasi web ringan atau progresif. Ini adalah versi sederhana dari aplikasi yang tersedia di browser.

Perusahaan menawarkan mereka untuk membuat pengalaman lebih baik pada ponsel yang kurang bertenaga. Mereka mengambil lebih sedikit sumber daya, tetapi Anda tidak akan kehilangan banyak info. Anda memiliki sejumlah aplikasi Android Lite, serta Aplikasi Web Progresif, tersedia untuk dicoba.

Back to Content ↑

9. Gunakan Charger Original

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa penggunaan charger original berpengaruh besar terhadap umur baterai. Hindari menggunakan charger smartphone lain karena memiliki spesifikasi yang berbeda. Agar baterai HP tidak bocor tentunya dengan menggunakan charger fast charging agar proses pengisian baterai menjadi lebih cepat.

Back to Content ↑

Demikian ulasan tentang Tips Menghemat Baterai Pada Handphone yang Wajib Dicoba Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat untuk kita semua.