Skip to main content

Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Lemot

Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Lemot
Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Lemot

Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Lemot

Handphone atau Hp yang lemot memang menjadi masalah yang cukup mengganggu, apalagi saat Anda melakukan aktivitas penting. Performa Hp yang lambat dapat dipengaruhi oleh banyak hal seperti aplikasi yang menumpuk dll. Apakah Anda pernah mengalami hal semacam itu? Sebagai pengguna Android Anda pastinya akan sangat sebal jika sedang menggunakan Hp apalagi saat terburu-buru tiba-tiba Hp menjadi lemot dan bahkan tidak bisa digunakan lagi.

Biasanya kalau sudah begini, Hp harus dimatikan secara paksa dengan cara melepas baterai. Namun, Apa sebenarnya yang menyebabkan HP Android menjadi lambat / lemot? Dan bagimana cara memperbaikinya agar Hp Android yang lemot menjadi normal kembali? Berikut akan kami ulas berbagai penyebab Hp Android lemot dan Tips Cara Untuk Mengatasi Handphone Yang Lemot.

TOC / Daftar Isi

Penyebab Handphone Android Anda Lemot

1. Memori Internal (RAM) Penuh

Alasan pertama mengapa HP Android Anda lambat adalah memori internal yang penuh. Hal ini dikarenakan Anda terlalu banyak mendownload aplikasi sementara kapasitas memori internal Anda hampir mencapai batas maksimal.

Back to Content ↑

2. Cache Tidak Dibersihkan

Cache adalah data sementara yang terus menerus tersimpan saat Anda menjalankan aplikasi di Handphone. Penumpukan cache dari aplikasi ini dapat memperlambat kinerja Handphone Android Anda.

Back to Content ↑

3. Terlalu Banyak Widget atau Aplikasi Tidak Penting

Faktor ini masih berhubungan dengan penyebab pertama. Memasang terlalu banyak widget yang bertujuan untuk mempercantik suatu tampilan Android Anda juga menjadi suatu penyebab Android Anda lemot.

Back to Content ↑

4. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan Secara Bersamaan

Di Hp Android Anda, Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Seperti saat sedang bermain game, Anda juga bisa membuka aplikasi Whatsapp tanpa harus menutup aplikasi yang bernama Minimize. Jika hanya 2 atau 3 aplikasi yang Anda jalankan secara bersamaan mungkin tidak terlalu terlihat.

Namun, sebagian besar pengguna Android tidak menutup aplikasi yang tidak digunakan dan membuka aplikasi lain secara bersamaan. Akhirnya ada penumpukan aplikasi yang terbuka. Ini juga yang menjadi faktor penyebab Android menjadi lambat.

Back to Content ↑

5. Memori Eksternal

Menurut sumber yang kami baca, memori eksternal juga menjadi faktor penyebab Android lemot. Bukan kapasitasnya, tetapi kualitas kelas memorinya. Yang terbaik adalah Micro SD yang memiliki nilai kelas 10. Cara mengetahui nilai kelas Micro SD Anda adalah dengan melihat dibagian fisik Memori Eksternal. Biasanya akan ada angka 4, 6, dan 10 yang ditulis dengan huruf kecil.

Back to Content ↑

10 Tips Cara Mengatasi Handphone Lemot

1. Update Os Handphone

Penyebab Handphone lemot bisa jadi karena sistem operasi yang ada sudah ketinggalan zaman. Jadi, Anda perlu memperbaruinya. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu melakukan pengaturan dengan masuk ke menu Pengaturan> Tentang perangkat> Pembaruan perangkat lunak dan sentuh tombol Periksa pembaruan. Namun, tidak semua produsen Handphone melengkapi fitur pembaruan sistem. Karena itu, Anda perlu memperhatikannya sebelum memperbarui.

Back to Content ↑

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi Hp lemot selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Banyaknya aplikasi yang ada akan membuat pemrosesan Handphone bekerja lebih keras. Artinya aplikasi yang tidak terpakai akan terus membebani kinerja HP. Jika Anda tidak ingin menghapusnya, Anda dapat mematikannya di Handphone Anda. Jadi, ketika Anda menggunakannya lagi, Anda tidak perlu menginstalnya kembali.

Back to Content ↑

3. Home Screen Dibersihkan Secara Rutin

Pernahkah layar Handphone Anda penuh dengan pintasan aplikasi? Jika demikian, itu bisa memperlambat kinerja. Clear shortcut ini sebagai cara mengatasi HP lemot yang mudah untuk kamu lakukan. Kemudian, tinggalkan aplikasi hanya seperlunya saja.

Back to Content ↑

4. Cara Mengatasi HP Lemot dengan Membersihkan Cache

Semua aplikasi yang terinstal di Handphone akan menyimpan data dari cache secara otomatis. Tujuannya adalah ketika para pengguna membuka aplikasi dapat terbuka dengan cepat. Di sisi lain, akumulasi cache ini akan memakan banyak memori, sehingga kinerja Handphone akan melambat. Oleh karena itu, buka menu Settings > Storage dan lanjutkan dengan Clear Cache.

Back to Content ↑

5. Nonaktifkan Animasi

Setelah membersihkan semua cache, cara lain untuk mengatasi HP lemot adalah dengan mematikan fitur animasi. Langkahnya masuk pada bagian menu Setting > About Phone lalu pilih menu System atau Device Information dan lanjutkan hingga muncul Build Number.

Ketuk kolom tujuh kali dan aktifkan mode Pengembang. Tunggu hingga Opsi Pengembang muncul. Setelah masuk ke menu, ada kolom untuk Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animasi. Kemudian, secara berurutan ubah angka 0,5x atau pilih Animation Off

Back to Content ↑

6. Bisa juga dengan Menonaktifkan Auto-Sync

Aplikasi sosial media di Handphone biasanya akan dipasang dalam mode auto-sync on. Fitur ini memang berguna untuk menarik data terbaru dalam jangka waktu tertentu, seperti menerima email. Namun, jika hampir seluruh aplikasi, terutama sosial media Anda, fitur ini aktif, bukan tidak mungkin akan dapat memperlambat Handphone. Solusinya, Anda perlu menonaktifkan fitur auto-sync di aplikasi, terutama media sosial.

Back to Content ↑

7. Melakukan Factory Reset

Menyetel ulang mode awal pabrik adalah cara terakhir untuk mengatasi Hp lemot setelah cara-cara sebelumnya belum atau belum bekerja secara maksimal. Jika Anda melakukan ini, perangkat lunak yang ada akan kembali seperti pertama kali Anda membelinya. Demikian juga data di dalamnya akan hilang. Namun, sebelum melakukannya, pastikan Anda telah menyimpan data dan aplikasi penting di tempat lain yang aman.

Back to Content ↑

8. Hindari Penggunaan Widget yang Berlebihan

Adanya widget memang sangat membantu untuk beberapa jenis, namun sayangnya jenis widget yang dipasang terkadang sering menggunakan resource Hp secara terus menerus yang menyebabkan Hp menjadi panas dan lemot. Oleh karena itu, agar Handphone tidak lemot dan terlalu panas, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan widget.

Pastikan hanya widget yang terpasang saja yang dianggap penting, jika penggunaannya tidak terlalu penting lebih baik dihapus saja. Jika memang perlu memasang widget, Anda bisa memasang 1 atau 2 widget aktif saja di layar utama Handphone Android Anda, semakin sedikit widget yang dipasang biasanya akan mengurangi beban resource Handphone.

Back to Content ↑

9. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Belakang Latar

Jika tidak diperlukan mohon batasi penggunaan aplikasi yang berjalan di belakang latar, saat ini banyak sekali jenis aplikasi yang tanpa sepengetahuan kita aplikasi tersebut tetap berjalan walaupun tidak aktif. Seperti aplikasi BBM, Facebook, Whatsapp dan aplikasi sosial media lainnya yang mengaktifkan fitur notifikasi, aplikasi tersebut justru terus berjalan untuk menunggu dan membaca pesan terbaru yang akan langsung muncul dalam bentuk notifikasi.

Aplikasi seperti itu akan sangat membebani memori Hp kamu sehingga jika terlalu sering digunakan bisa membuat Hp Android kamu lemot. Jika aplikasi masih diperlukan, lebih baik matikan notifikasi otomatisnya, agar penggunaan sumber daya Handphone menjadi lebih ringan.

Back to Content ↑

10. Matikan Data Seluler jika Jaringan Buruk

Sebaiknya matikan data seluler saat Anda menggunakan ponsel dalam kondisi jaringan yang buruk, data seluler yang terus hidup di jaringan yang buruk akan terus mencari jaringan dan ini biasanya akan dengan cepat membuat ponsel menjadi panas, baterai terkuras dan ketika ponsel panas, ponsel biasanya akan sangat lambat.

Back to Content ↑

Demikian ulasan penjelasan tentang Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Lemot. Sekian, Terima Kasih da Semoga Bermanfaat untuk kita semua!.