Skip to main content

Tips Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Handphone

Tips Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Handphone
Tips Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Handphone

Tips Cara Mengatasi Berbagai Masalah Di Handphone

Android merupakan sistem operasi besutan Google yang sedang trend saat ini. Apalagi di dunia smartphone, banyak sekali fitur, aplikasi dan game yang ditawarkan oleh sistem operasi ini. Hal inilah yang membuat banyak para vendor smartphone menggunakan layanannya, namun terkadang sebuah masalah sering muncul pada sebuah smartphone Android tersebut.

Beberapa masalah yang paling sering muncul dan biasanya menjadi penyakit suatu Smartphone Android ini adalah masalah Android yang mati total, Android yang cepat panas, Android lemot dan beberapa masalah yang lainnya. Oleh karena itu kami disini akan mencoba menjelaskan Tips dan Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Handphone Android. Berikut ulasan singkatnya.

TOC / Daftar Isi

Tips Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Handphone Android

1. Cara Mengatasi Handphone Android Mati Total

Sayang sekali jika Handphone Android kesayangan kita rusak. Hal ini tentunya tidak kita diharapkan ketika Handphone Android Mati Total atau Bricked. Brick sendiri ini adalah suatu kondisi error yang terjadi pada Boot Manager di smartphone Android yang dalam kondisi mati total dan tidak ada tanda-tanda proses "life" pada Hp Android. Nah, berikut ini adalah ulasan lengkap tentang cara mengatasi Hp Android yang mati total. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hapus semua komponen yang ada di Handphone Android
  • Lepaskan Kartu SIM, micro SD, baterai, dan komponen lainnya
  • Tunggu hingga 20 menit
  • Setelah itu pasang kembali komponen tersebut dan hidupkan Handphone
  • Jika sudah menyala, maka unduh langsung untuk melakukan flashing

Jika cara pertama tidak berhasil, maka lakukan cara kedua di bawah ini.

  • Hubungkan Handphone Android ke Komputer Menggunakan USB
  • Lepaskan terlebih dahulu komponen (baterai, kartu SIM, dan juga micro SD)
  • Kemudian tekan tombol daya, volume atas, dan volume bawah hingga Anda mendengar suara di komputer Anda
  • Jika Anda tidak mendengar suaranya, tekan tiga tombol setidaknya selama 1-3 menit
  • Kemudian pasang kembali baterai
  • Jika Anda berhasil masuk ke unduhan untuk melakukan flashing

Back to Content ↑

2. Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Apakah Handphone Android Anda cepat panas? Itu adalah hal biasa yang sering terjadi pada setiap handphone. Panas ini biasanya berasal dari baterai yang memanas karena melakukan banyak aktivitas di handphone, seperti: mengobrol, bermain game, menonton video, dll. Selain itu baterai, Android cepat panas karena kerja CPU, RAM dan perangkat lainnya. Dibawah ini kita akan lihat tentang cara mengatasi Hp Android yang cepat panas. Mari kita simak bersama.

a) Ganti Baterai

Seperti yang sudah sering kami jelaskan sebelumnya, jika daya baterai ponsel Anda sering turun drastis atau bahkan mati mendadak, dapat dipastikan baterai ponsel Anda rusak dan pasti "lem biru" (lempar dan beli baru).

b) Jangan Digunakan Ketika Lagi Di Charge

Hal seperti ini sering dilakukan banyak orang, menggunakan / memainkan Hp sambil di charge. Perlu Anda ketahui, hal ini berpotensi membuat handphone Anda cepat panas. Ini juga dapat menyebabkan baterai handphone mengelembung dan rusak karena peningkatan kerja pada baterai.

c) Periksa Aplikasi Yang Terpasang

Biasanya ada beberapa aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus meskipun tidak digunakan. Hal ini menyebabkan kinerja baterai menjadi tidak normal dan menimbulkan panas. Anda dapat memantau kinerja aplikasi di Handphone Anda melalui Task Manager bawaan Android.

d) Matikan Aplikasi Penguras Baterai

Tutup semua aplikasi dengan benar. Selain itu, matikan juga suatu koneksi yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, GPS, Wifi, dll.

e) Jauhkan Dari Panas

Tidak semua panas yang muncul pada handphone berasal dari handphone itu sendiri. Bisa juga karena pengaruh dari luar, cuaca yang memang panas, diletakkan di atas sebuah TV dan juga diletakkan di samping kipas sebuah laptop yang menghasilkan panas. Solusinya adalah jauhkan handphone Anda dari benda-benda tersebut.

f) Istirahatkan Hp Anda

Caranya dengan mematikan Hp, melepas casing belakang, dan jangan lupa cabut juga baterainya. Tunggu hingga dingin, lalu pasang dan nyalakan kembali.

Back to Content ↑

3. Cara Mengatasi Handphone Android Lemot

Anda semua mungkin akan terpesona oleh kecepatan kinerja Hp Android pada saat pertama kali membeli. Namun seiring berjalannya waktu kinerja HP Android yang Anda gunakan tiba-tiba mulai melambat atau bisa dikatakan lambat. Itu pasti membuat Anda kesal dan tidak sabar, karena Android yang kita gunakan lemot. Nah dibawah ini akan kita bahas tentang cara mengatasi Hp Android yang lemot. Berikut penjelasannya:

a) Cegah Memori Internal Penuh

Terlalu banyak aplikasi di handphone akan memakan ruang penyimpanan di Android. Padahal smartphone membutuhkan sebuah ruang agar bisa menjalankan suatu proses dengan cepat. Jika memori terlalu penuh, maka kinerja Androidpun menjadi lambat.

Ini adalah hal pertama yang harus dihindari oleh semua pemilik handphone Android. Periksa berapa banyak ruang yang tersisa dalam pengaturan penyimpanan. Salah satu cara termudah untuk mengosongkan ruang penyimpanan adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan.

b) Kurangi Widget

Widget yang dipasang dilayar beranda mungkin sangat berguna bagi Anda. Namun perlu dicatat bahwa widget ini juga dapat memperlambat kinerja Android Anda. Karena saat data aktif, semua widget yang Anda instal akan berjalan secara bersamaan. Solusinya adalah jangan terlalu banyak menggunakan widget di handphone Anda karena akan memperlambat kinerja handphone Anda.

c) Tutup Aplikasi Dan Kosongkan RAM

Membuka sebuah aplikasi secara bersamaan tanpa menutup suatu aplikasi sebelumnya akan memiliki dampak buruk pada handphone Android Anda. Multi-tasking memang memudahkan kita untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya namun resikonya akan membuat kinerja dari Android menjadi lebih lambat. Jadi lebih baik tutup dulu aplikasi yang sudah dibuka, setelah itu baru menjalankan aplikasi yang lainnya.

d) Restart Android

Hanya dengan melakukan restart, Android Anda akan membersihkan file cache yang tersimpan dengan sendirinya. Dan juga akan menghentikan tugas yang sedang berjalan. Dengan begitu Android Anda akan mendapatkan kecepatannya kembali.

Back to Content ↑

4. Cara Mengatasi Hp Android Yang Kena Virus

Akhir-akhir ini Android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di smartphone. Karena itu menjadikan sistem operasi ini sebagai target masuknya virus, dll. Jika sudah terkena virus, pasti Hp kamu akan lemot dan tidak bekerja secara maksimal. Nah dibawah ini kita akan membahas cara mengatasi Hp Android yang terkena virus. Mari kita simak bersama

a) Instal Antivirus

Setelah menginstal AntiVirus, Anda dapat melanjutkan dengan pemindaiannya. Proses pemindaian ini adalah langkah pertama. Setelah scan, biasanya akan muncul notifikasi aplikasi dan file mana yang bermasalah (terinfeksi). Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Setelah itu silahkan lakukan pembersihan virus terlebih dahulu (Hapus file yang terkena virus!).

b) Uninstall Aplikasi yang Bermasalah

Untuk uninstall aplikasi, silahkan masuk ke Settings -> Applications -> Manage Applications -> Pilih aplikasi yang akan di-uninstall, lalu pilih Uninstall. Setelah melakukan proses uninstall aplikasi yang bermasalah. Android Anda akan kembali normal.

c) Melakukan Pengaturan Awal

Untuk melakukan master reset Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Settings -> Privacy -> Factory Data Reset. Setelah itu akan muncul peringatan Erase all data on USB storage. Jika Anda tidak ingin data di kartu memori terhapus, pastikan Anda tidak mencentang "USB Storage Format". Ingat, Jangan Dicek list! Kemudian pilih Atur Ulang Data Telepon.

Back to Content ↑

Demikian beberapa ulasan singkat tentang Tips dan Cara Mengatasi Berbagai Masalah di Handphone Android. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat untuk kita semua!