Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Tips Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Instagram

Tips Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Instagram
Tips Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Instagram

Tips Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Instagram

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak dari berbagai aplikasi sudah menerapkan sebuah fitur Dark Mode atau Mode Malam. Tidak hanya berguna untuk menghindari ketegangan pada syaraf mata, aplikasi ini juga memberikan sebuah opsi yang berbeda pada tampilan aplikasi. Baru-baru ini, aplikasi Instagram juga menawarkan fitur Dark Mode yang bisa diaktifkan untuk semua penggunanya jika merasa Light Mode atau Mode Terang kurang menarik.

Dark Mode kini sudah tersedia dalam aplikasi Instagram, dan dapat diaktifkan di perangkat iOS dan Android lho! Nah, sesuai dengan namanya, suatu fitur yang juga akrab disebut Dark Mode ini telah hadir dengan sebuah tampilan background warna hitam dan teks warna putih. Dark Mode sebelumnya diperkenalkan oleh Apple di perangkat iOS 13. Fitur ini tentunya banyak ditunggu oleh para pengguna Instagram.

Karena selain bisa membantu kamu menghemat penggunaan baterai smartphone, Dark Mode juga akan membuat mata kamu lebih nyaman saat scrolling Instagram dalam waktu yang lama. Jika kamu penasaran bagaimana Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Instagram pada HP Android, iOS, PC dan iPhone, berikut panduan lengkapnya yang dapat kamu ikuti.

TOC / Daftar Isi

Tips Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Instagram

1. Ponsel yang Mendukung Fitur Dark Mode Instagram

Sebelum beralih pada pembahasan utama, penting untuk mengetahui apakah ponsel Anda mendukung pengaktifan Dark Mode di Instagram. Seperti yang disebutkan Ngelirik.com, iOS belum menawarkan Dark Mode pada pembaruan IG terbaru. Sebagai gantinya, para pengguna dapat mengaktifkan pada pengaturan perangkat untuk menyesuaikan sebuah skema warna yang ada. Namun, di Android, Dark Mode IG sudah tersedia di versi terbaru aplikasi.

Saat ini, hanya ponsel iOS 13 atau yang lebih baru dan sebuah Android 9 ke atas yang menawarkan sebuah opsi untuk menggunakan tema Dark Mode di seluruh sistem. Jika ponsel Anda berjalan dengan sistem operasi versi lama, kemungkinan Dark Mode IG tidak dapat diaktifkan. Jika Hp yang kamu gunakan memenuhi syarat pada penjelasan diatas, silahkan lanjutkan membaca ulasan cara mengaktifkan Dark Mode di Instagram ini sampai selesai.

Back to Content ↑

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Instagram Android

Cara mengaktifkan Dark Mode Instagram di Hp android sangatlah mudah. Anda tinggal membuka aplikasi Instagram, masuk pada bagian menu Setting, dan pilih opsi Dark Mode. Dengan begitu, Dark Mode akan diaktifkan secara otomatis. Cara lain bisa dengan membuka aplikasi Settings di Android lalu tap tombol Display.

Kemudian, buka opsi Dark Mode untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Seperti yang telah kami sebutkan diatas, ini akan mengubah sebuah tampilan aplikasi Instagram secara otomatis. Jika Anda memakai versi Android yang tidak mendukung Dark Mode, Anda juga bisa mengaktifkan Dark Mode Instagram dengan secara langsung.

  • Pertama buka aplikasi Instagram
  • Masuk ke menu Profil
  • Kemudian klik tiga baris di atas
  • Lalu pergi ke Pengaturan
  • Terakhir, buka Tema dan pilih opsi "Gelap"

Jika Anda ingin mengembalikan fitur Dark Mode pada mode biasa, silahkan ikuti langkah-langkah diatas dan pilih opsi Terang.

Back to Content ↑

1. Melalui Pengaturan Telepon

Berikut langkah-langkah untuk mengubah sebuah tampilan Instagram Anda melalui menu pengaturan ponsel:

  • Pertama, pastikan ponsel Anda memenuhi persyaratan untuk meningkatkan ke mode ini, yaitu mendukung sistem operasi Android 10. Namun ketentuan ini tidak bersifat mutlak. Pasalnya, Anda juga bisa mengaktifkan Dark Mode Instagram di ponsel Samsung yang dilengkapi One UI, tanpa harus menggunakan Android 10.
  • Jika ponsel Anda mendukung Dark Mode, aktifkan fitur ini melalui menu Pengaturan > Tampilan.
  • Kemudian, pilih Tema gelap dengan menekan tombol saklar yang tersedia.
  • Terakhir, buka aplikasi Instagram Anda yang telah berubah menjadi Dark Mode secara otomatis

Perlu diketahui, menyetel Dark Mode di ponsel Anda tidak hanya akan mengubah tampilan Instagram, tetapi juga tampilan perangkat Anda dan beberapa aplikasi lainnya.

Back to Content ↑

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Instagram iOS

Di iPhone yang berjalan pada sistem operasi iOS 13 atau versi terbaru, sangat mudah untuk mengaktifkan Dark Mode Instagram. Seperti halnya Android, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Cara mengaktifkan Dark Mode di Instagram yang pertama adalah melalui menu Control Center. Anda harus menggeser jari Anda ke atas dari bagian bawah layar untuk membukanya.

Kemudian, cukup ketuk dan tahan selama beberapa detik icon kecerahan. Terakhir, ketuk sakelar Dark Mode untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya, tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Cara kedua untuk melakukannya adalah dengan masuk ke Pengaturan di iPhone atau iPad Anda. Kemudian ketuk opsi Tampilan & Kecerahan.

Setelah itu, Anda hanya perlu memilih fitur Dark Mode untuk mengubah suatu skema warna pada perangkat dan aplikasi Instagram dengan secara bersamaan. Sangat mudah bukan? Untuk kembali pada tampilan semula, Anda hanya perlu mengulangi langkah di atas dan memilih mode “Light”.

Back to Content ↑

Cara Instagram Dark Mode di PC

Cara Dark Mode Instagram di PC adalah dengan menambahkan ekstensi khusus bernama Night Mode for Instagram. Anda bisa mendapatkan ekstensi ini dengan cara berikut:

  • Buka toko web melalui Google Chrome.
  • Pilih tab 'Extensions', lalu ketik Night Mode for Instagram.
  • Nantinya, ada banyak ekstensi Dark Mode yang ditawarkan. Namun, Anda dapat menambahkan ekstensi Dark Mode terbaik yang dibuat oleh SmartLink.
  • Tekan tombol 'Tambahkan ke Chrome' untuk menambahkan ekstensi ke PC.
  • Setelah berhasil diinstal, tekan icon ekstensi di sudut kanan atas Google Chrome.
  • Icon ekstensi Dark Mode akan muncul. Kemudian, klik icon untuk mengubah Instagram ke Dark Mode.
  • Jika tidak berhasil, klik icon ekstensi lagi. Kemudian, tekan tiga titik pada ekstensi Dark Mode.
  • Pilih opsi 'Ini dapat membaca dan mengubah data situs', lalu pilih 'Bila Anda mengklik ekstensi'.
  • Sekarang Anda dapat mengatur Dark Mode Instagram di PC dengan satu klik.

Back to Content ↑

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram Melalui Aplikasi

Terakhir, cara mengatur Dark Mode Instagram adalah melalui aplikasi Dark Mode. Nantinya, banyak sekali aplikasi Dark Mode di Google Play Store. Namun, Anda bisa memilih aplikasi Dark Mode besutan Julian Eggers. Setelah Anda menginstal aplikasi Dark Mode, buka aplikasi dan pilih opsi 'Mode Malam'. Setelah Anda memilih opsi ini, Instagram akan berubah menjadi Dark Mode secara otomatis.

Banyak kelebihan yang ditawarkan dari Dark Mode. Selain dapat mengurangi kecerahan layar dan menghemat penggunaan daya perangkat seluler Anda, Dark Mode juga akan membuat mata Anda lebih rileks. Karena itulah, Instagram juga mulai menyesuaikan mode ini dengan penampilannya.

Kabar baiknya, cara mengaktifkan Dark Mode Instagram di perangkat Android dan iOS tidaklah sulit. Hanya dengan menyelesaikan beberapa langkah, Anda dapat dengan cepat mengubah tampilan Instagram Anda menjadi gelap. Selain itu, aplikasi Instagram juga telah dilengkapi dengan pengaturan default untuk memudahkan Anda mengaktifkan Dark Mode dalam sekejap.

Back to Content ↑

Demikian ulasan singkat tentang Tips Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Instagram. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat untuk kita semua.