Skip to main content

Tips Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air

Tips Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air
Tips Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air

Tips Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air

Sejumlah barang elektronik akan mengalami korsleting atau rusak jika air tidak sengaja masuk kedalamnya. Seperti kecerobohan yang sering dilakukan sebagian banyak orang, misalnya menjatuhkan Hp ke ember air atau tidak sengaja membuat Hp terkena air hujan. Saat mengetahui ponselnya ada air didalamnya, sebagian orang akan panik dan langsung menyalakan ponselnya untuk memastikan barang kesayangannya tidak rusak / mati.

Atau, seperti yang banyak diketahui orang, trik pertolongan pertamanya datang dengan memasukkan Hp yang kemasukan air kedalam urugan beras. Namun ternyata hal tersebut belum tentu efektif untuk mengamankan smartphone yang basah karena air. Banyak kejadian terjadi karena kepanikan, seseorang yang tanpa sadar makin memperparah keadaan ponsel yang bermasalah dengan air.

Untuk mencegah kepanikan, Anda harus mengetahui pertolongan pertama pada ponsel yang terkena air, sehingga Anda tidak perlu terburu-buru membawa ke tukang service. Berikut beberapa Tips Cara Mengatasi Hp yang Kemasukan Air.

TOC / Daftar Isi

Yang Akan Terjadi Ketika Hp Kemasukan Air

Jika Hp Android kemasukan air, sementara Hp tersebut juga tergolong sebagai ponsel yang tidak tahan terhadap air, maka akan ada 3 kemungkinan kondisi yang bakal terjadi pada ponsel.

  1. Ponsel Anda akan mati total.
  2. Ponsel masih hidup tetapi dalam kondisi tidak normal.
  3. Telepon akan kosong (menyala tetapi layarnya putih).

Nah, untuk itu kita akan mengulas secara lengkap bersama, bagaimana cara mengatasi Hp yang kemasukan air. Namun sebelum kita membahas solusinya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan saat ponsel terkena air didalamnya.

Back to Content ↑

14 Tips Mengatasi Hp Kemasukan Air

1. Segera Keluarkan Dari Air Dan Matikan

Ketika Handphone Anda terjatuh dalam genangan air atau sebuah kolam, Anda harus segera mengeluarkan semua perangkat dari tempat itu. Hal ini dilakukan agar Hp tidak terlalu lama berada di dalam air. Setelah itu pastikan Hp dalam keadaan mati. Walaupun masih menyala setelah diangkat, segera matikan teleponnya. Ini dapat dilakukan dengan mematikan seperti biasa atau segera melepas baterai.

Back to Content ↑

2. Jangan Langsung Nyalakan Hp

Saat panik, seseorang akan memastikan ponselnya baik-baik saja setelah terkena air, dengan langsung menekan tombol ON di ponsel. Padahal, jika ponsel mati saat jatuh ke air, sebaiknya jangan dipaksakan untuk menyalakannya dulu karena bisa memicu kerusakan total akibat konsleting pada komponen Hp.

Back to Content ↑

3. Jangan Menggoyang-Goyangkan Hp

Selain menyalakan ponsel yang ada air didalamnya, ponsel juga tidak boleh digoyang. Seperti yang orang kira, menggoyangkan ponsel bisa membuat air keluar dari ponsel. Bahkan, ini bisa memperburuk keadaan karena air justru akan menyebar ke komponen lainnya. Intinya, jangan terlalu banyak menggerakkan ponsel. Tindakan ini dilakukan agar air di dalam ponsel tidak terus bergerak.

Back to Content ↑

4. Segera Lepaskan Komponen Hp

Saat ponsel terkena air, disarankan agar bagian perangkat harus segera dilepas untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Komponen seperti kartu SIM dan kartu MicroSD harus segera dikeluarkan dari telepon dan diletakkan di atas tisu.

Namun, jika Anda memiliki kemampuan teknis yang cukup dan tidak takut kehilangan garansi, tidak ada salahnya untuk membongkar komponen lain di dalam ponsel. Dengan demikian, bagian individu penting dapat dikeringkan lebih cepat.

Back to Content ↑

5. Amankan LCD Dan Baterai

Selain kartu SIM, dan kartu MicroSD, Anda juga perlu mengamankan LCD dan baterai Hp. Hal ini dikarenakan LCD pada Hp dan baterai Hp adalah salah satu komponen yang paling mudah rusak bila terkena air. Namun, jika ponsel Anda menggunakan baterai built-in alias tidak bisa dilepas, jangan coba-coba membukanya karena pasti akan menimbulkan kerusakan tambahan. Jika tidak bisa dibuka maka coba keluarkan kartu SIM dan kartu memori agar tidak terpengaruh.

Back to Content ↑

6. Gunakan Tisu

Setelah seluruh komponen selesai dilepas, Anda dapat langsung membersihkan sebuah sisa air pada perangkat. Perlu diingat, suatu proses pengeringan perlu dilakukan dengan sangat hati-hati, supaya tidak merusak suatu komponen handphone lain yang ada. Anda dapat menggunakan tisu dan mengusap komponen Hp secara perlahan.

Back to Content ↑

7. Gunakan Vacuum Cleaner

Selain menggunakan tisu, Anda juga bisa menggunakan penyedot debu. Alat ini dikenal sebagai alat pembersih rumah, namun sebenarnya bisa digunakan untuk mengeringkan sisa air di ponsel. Namun, perlu diingat untuk melakukannya dengan sangat hati-hati supaya tidak merusak suatu komponen lainnya.

Back to Content ↑

8. Jangan Pakai Hair Dryer

Jika Anda tidak memiliki penyedot debu, jangan coba-coba menggantinya dengan pengering rambut. Meskipun bisa menjadi sebuah ide cepat untuk mengeringkan sebuah handphone yang kemasukan air, menggunakan sebuah pengering rambut justru akan mendorong air lebih dalam. Selain itu, panasnya hair dryer dan radiasi elektromagnetik dari pengering rambut bisa menambah panas yang berlebih pada handphone dan berpotensi merusaknya.

Back to Content ↑

9. Jangan Memasukkannya Ke Dalam Beras

Salah satu cara yang paling banyak dikenal oleh masyarakat awam adalah dengan memasukkan ponsel yang terkena air ke dalam urugan beras. Hal itu bisa memperburuk keadaan. Pasalnya, partikel debu yang sering menempel pada beras berpotensi masuk ke smartphone dan merusak komponennya.

Back to Content ↑

10. Perhatikan Waktu Pengeringan

Untuk memastikan air di dalam sebuah handphone telah benar-benar habis, Anda bisa meletakkan handphone tersebut pada sebuah lemari dan diamkan selama beberapa hari. Namun, ada cara lain yang diyakini bisa mempercepat proses tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan ponsel ke dalam kantong kedap udara yang berisi gel silika dan biarkan selama dua hingga tiga hari lamanya.

Back to Content ↑

11. Pasang Komponen Hp

Jika Anda merasa ponsel Anda kering atau bebas dari air, Anda dapat menginstal ulang semua komponen Hp seperti kartu SIM, memori atau baterai. Setelah itu, hidupkan ponsel dengan menekan tombol ON. Jika ponsel sudah berhasil dihidupkan, maka segera backup data penting di ponsel Anda. Hal ini untuk mengantisipasi ponsel akan mati kembali dan menyebabkan data pada ponsel menjadi rusak atau hilang.

Back to Content ↑

12. Bersihkan Mesin Hp Dengan Thinner

Agar PCB Hp tidak berkarat karena terkena air, siapkan pengencer A khusus atau bisa juga pengencer biasa. Gunakan sikat gigi bekas lalu gosok perlahan mesin PCB / Android untuk membersihkan sisa-sisa mesin handphone bekas yang terkena air. PCB yang terkorosi karena terkena air dapat menyebabkan kinerja Android menjadi tidak maksimal meskipun ponsel dalam keadaan hidup dan normal.

Back to Content ↑

13. Jangan Dimasukkan Ke Dalam Freezer

Cara mengatasi Hp yang kemasukan air yang sering dilakukan dan merupakan tindakan yang salah adalah memasukkan Hp ke dalam freezer. Padahal cara ini bisa membuat air yang ada di handphone tidak keluar dan membeku. Ini resiko Hp mati total.

Back to Content ↑

14. Membantu Proses Pengeringan

Jangan terburu-buru untuk membawa ponsel Anda ke tukang service. Setelah Hp dimatikan dan dikeluarkan semua isinya, cara mengatasi Hp terkena air, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengeringkannya menggunakan kipas angin, tisu atau kain yang kering dan bersih. Cara mengatasi Hp masuk air ini juga bisa membantu mempercepat proses pengeringan air dan membersihkan noda di Hp sekaligus.

Back to Content ↑

Demikian beberapa ulasan tentang Tips Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air. Terima Kasih dam Semoga Bermanfaat untuk Anda.