Skip to main content

Perbedaan Payment Service Provider dan Payment Aggregator

Perbedaan Payment Service Provider dan Payment Aggregator
Perbedaan Payment Service Provider dan Payment Aggregator

Perbedaan Payment Service Provider dan Payment Aggregator

Di zaman modern serba digital seperti saat ini, para pemilik bisnis online wajib mempunyai sistem pembayaran yang mampu mengakomodir akan kebutuhan pelanggan. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan layanan jasa Payment Service Provider dan Payment Aggregator.

Jika Anda sudah menggunakan kedua jasa pembayaran tersebut, maka pembayaran transaksi dari customer akan langsung masuk ke rekening Anda. Dan customer juga tidak perlu khawatir akan adanya biaya tambahan admin untuk transfer karena perbedaan bank.

Sehingga, Anda hanya perlu fokus untuk mengontrol stok produk dan mengemas pesanan pelanggan. Tanpa harus memikirkan masalah sistem pembayaran yang biasanya mengganggu konsentrasi dan menambah beban pikiran Anda. Contohnya, seperti uang pembayaran dari pelanggan yang belum masuk rekening dan lain sebagainya.

TOC / Daftar Isi

Pengertian Payment Service Provider dan Payment Aggregator

Payment Service Provider adalah sebuah layanan pembayaran berbasis perangkat lunak yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran melalui aplikasi atau website milik Anda. Sedangkan Payment Aggregator adalah layanan yang berperan sebagai perantara untuk sistem pembayaran merchant atau toko untuk pembayaran offline atau online.

Kedua sistem pembayaran tersebut mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda. Namun, Payment Aggregator berperan hanya sebagai layanan lapisan supaya sistem pembayaran dapat dilakukan secara offline dan juga online.

Cara kerja kedua layanan tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi khusus yang akan menghubungkan antara bank dan merchant. Supaya proses pembayaran dapat berjalan mulus tanpa halangan proses birokrasi.

Back to Content ↑

Perbedaan Payment Service Provider dan Payment Aggregator

Berikut ini beberapa hal dasar yang membedakan kedua layanan ini dari berbagai faktor, yaitu:

1. Faktor Penyedia Layanan

Layanan Service Provider umumnya berbentuk software atau aplikasi yang beroperasi secara online dan berperan sebagai Point of Sales. Sementara Aggregator merupakan layanan yang menjembatani antara merchant dan bank atau pelanggan Anda dengan pihak bank ketika proses pembayaran.

Umumnya Aggregator menggunakan link yang berguna untuk memperlancar setiap prosesnya. Tanpa adanya link, proses pembayaran tidak akan terjadi dan Anda tidak akan mendapatkan pembayaran dari pelanggan.

Perbedaan layanan ini memungkinkan fasilitas service provider tidak dapat memberikan pelayanan seperti aggregator. Sedangkan, aggregator justru dapat menawarkan layanan yang sama dengan layanan service provider.

Back to Content ↑

2. Faktor Cakupan Layanan

Kedua sistem pembayaran ini mempunyai cakupan yang cukup luas, sebab berbasis online. Bedanya, service provider tidak memerlukan terminal pembayaran dan cenderung menggunakan aplikasi khusus.

Inilah yang menjadi penyebab layanan service provider dapat Anda integrasikan pada website e-commerce dan plug-in ERP. Sedangkan platform Aggregator masih memerlukan terminal pembayaran. Sebab, layanan ini juga melayani transaksi pembayaran secara offline.

Back to Content ↑

3. Faktor Fungsi

Walaupun keduanya mempunyai peran sebagai penyedia layanan pembayaran, namun dari segi fungsi terdapat perbedaan yang membuat mereka unik. Layanan Service Provider mempunyai fungsi melindungi data kartu kredit dan debit. Karena memanfaatkan teknologi enkripsi yang bisa meminimalisir penipuan dan scaming.

Sedangkan layanan aggregator, berfungsi untuk mengecek rincian informasi yang diterima. Kemudian meneruskannya kepada pihak bank untuk mencegah tindakan penipuan. Intinya, kedua layanan ini sama-sama berupaya untuk melindungi kenyamanan dan keamanan pengguna. Khususnya saat sedang melakukan transaksi keuangan, baik melalui offline maupun online.

Back to Content ↑

Seperti itulah uraian singkat mengenai perbedaan antara layanan Payment Service Provider dan Payment Aggregator yang perlu Anda pahami. Semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa lebih memahami keduanya. Selain itu, Anda juga bisa lebih yakin untuk menggunakan jasa layanan pembayaran ini. Demi memudahkan proses pembayaran bisnis online Anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat untuk kita semua!