Skip to main content

Cara Memilih Klinik Dokter Gigi Anak

Cara Memilih Klinik Dokter Gigi Anak
Cara Memilih Klinik Dokter Gigi Anak

Cara Memilih Klinik Dokter Gigi Anak

Biasanya orang pergi ke dokter gigi karena ingin mengobati rasa sakit pada gigi yang sangat menyiksa. Juga kebanyakan orang ke dokter gigi karena ingin mencabut gigi yang bermasalah. Padahal ke dokter gigi tidak perlu menunggu sampai ke proses pengobatan, tindakan preventif juga bisa kita lakukan dengan mengecek kesehatan pada gigi kita secara rutin dan teratur.

Kendala sakit pada gigi ini ternyata juga bisa dialami oleh anak-anak kita, namun mereka terkadang kesulitan dalam mengungkapkannya. Sebagai orang tua tentu kita harus pandai membaca emosi pada sang anak. Segera dekati mereka, tanyakan keluhan dan rasa sakitnya dan ajak anak segera ke klinik dokter gigi. Berbicara masalah klinik dokter gigi, tahukah Anda alasan perlunya membawa anak ke klinik dokter gigi, khususnya yang spesialis anak?

TOC / Daftar Isi

Alasan Orang Tua harus Membawa ke Klinik Dokter Gigi Anak

Orang tua yang sudah terbiasa membawa anaknya ke klinik dokter gigi umum sebenarnya tidak ada masalah. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa membawa anak ke klinik dokter gigi yang memang khusus spesialis untuk anak ternyata memiliki nilai plus tersendiri jika kita cermati lebih lanjut.

Karena di klinik dokter gigi spesialis anak, terdapat dokter yang tidak hanya ahli soal kesehatan gigi dan mulut saja, tetapi dokter gigi yang telah dibekali kemampuan khusus. Hal ini ditandai dengan dokter gigi yang sudah mengambil studi Spesialis Konservasi Gigi Anak yang biasa disingkat dengan Sp KGA.

Kemampuan non teknisnya seperti sabar dalam menghadapi sikap anak menjadi nilai plus ketika Anda membawa anak ke klinik dokter gigi tersebut. Kemampuan inilah yang nantinya bisa membantu mengambil hati anak agar mau membuka mulut lalu memeriksanya. Karena alasan inilah orang tua sebaiknya memilih klinik dokter gigi spesialis anak untuk memeriksakan gigi sang buah hati.

Back to Content ↑

Bagaimana Cara Memilih Klinik Dokter Gigi Anak?

Tentunya dalam memilih klinik dokter gigi anak tidak semudah itu. Karena klinik dokter gigi anak adalah klinik yang cukup sulit untuk ditemui alasannya adalah sangat jarang. Nah oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik kita harus bisa memilih klinik yang tepat untuk anak-anak kita.

Apalagi faktor lain yang juga menentukan cara memilih dokter gigi anak yaitu dari segi kerjasama dengan sang buah hati. Bagi beberapa anak, ada yang tidak suka pergi ke suatu klinik atau dokter karena perlakuannya yang kurang cocok dengan sang anak. Oleh karenanya, orang tua juga harus mempertimbangkan dari segi pelayanan yang diberikan dari pihak klinik.

Nah untuk lebih memudahkan Anda dalam menentukan pilihan klinik dokter gigi anak yang tepat, kami sudah merangkumnya dalam beberapa tips, berikut diantaranya.

Back to Content ↑

1. Meminta Rekomendasi ke Kenalan maupun Saudara

Pilihan terbaik adalah pilihan yang banyak direkomendasikan. Ya, pasalnya ketika kita meminta pendapat dengan orang lain, maka kita bisa lebih tahu kualitas suatu layanan tanpa harus mencobanya. Oleh karena itu jika Anda ingin mengetahui kualitas dari sebuah layanan klinik dokter gigi anak, maka cara yang paling mudah adalah dengan meminta saran kepada kenalan.

Biasanya kenalan sudah lebih dahulu pergi ke tempat tersebut dan menerima layanan yang diberikan. Kenalan yang sudah dekat tentu memberikan informasi secara aktual bagaimana keadaan dan layanan klinik gigi tersebut. Mereka tidak segan berbicara jika memang klinik gigi tersebut kurang direkomendasikan. Akan tetapi, mereka akan memberikan rekomendasi lain yang nantinya akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan.

Back to Content ↑

2. Perhatikan Reputasi Klinik dari Sosial Media

Saat ini kita akan lebih mudah menilai suatu tempat layanan khususnya klinik hanya dengan memantau sosial medianya. Klinik yang sudah bonafit bisa kita identifikasi lewat berbagai sosial medianya misalnya Instagram, Website atau bahkan ada yang sudah memiliki Aplikasi Khusus.

Tentunya ini menjadi nilai lebih baik Anda yang ingin menentukan klinik dokter gigi anak pilihan. Dengan melihat Instagram, Anda bisa membaca komentar yang ada pada postingannya tersebut. Jika banyak yang mengarah pada layanan berkualitas maka jangan ragu untuk memilih. Akan tetapi, jika ternyata banyak komentar tidak puas maka Anda harus memikirkan ulang.

Salah satu ciri klinik yang sudah bonafit adalah memiliki website maupun marketplace. Dengan begitu, kita bisa mengetahui profil klinik gigi secara lengkap tanpa harus menanyakannya langsung. Tetap saja, harus diingat bahwa apa yang ditulis di profil tidak semuanya benar, mereka akan menulis seolah-olah yang diberikan hanya layanan terbaik. Untuk klinik dokter gigi anak yang baik tentu akan menampilkan informasi secara jujur dan aktual.

Back to Content ↑

3. Perhatikan Keahlian Dokter Gigi Tersebut

Nama klinik boleh keren, tapi jangan sampai para dokter yang bekerja di dalamnya spesifikasinya tidak mumpuni. Padahal, salah satu hal yang paling penting dari suatu klinik gigi adalah keahlian khusus yang dimiliki sang dokternya.

Pastikan sang dokter sudah banyak yang memiliki spesialisasi di bidang dokter gigi khusus anak. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, dokter gigi yang memiliki spesialisasi tersebut cenderung memiliki keahlian non teknis seperti membawa anak dalam suasana yang nyaman dan ceria.

Reputasi dokter juga bisa Anda ketahui dari kenalan atau saudara Anda, bagaimana cara sang dokter melayani anak apakah dengan ilmu yang baik atau hanya sekedar melayani tanpa membuat sang anak merasa nyaman.

Back to Content ↑

4. Perhatikan Tempat Klinik Tersebut

Nah, ini adalah poin penting yang harus Anda perhatikan dalam mencari klinik dokter gigi anak. Pada beberapa keadaan, tempat klinik gigi anak didesain dengan sangat ramah anak. Misalnya dengan hiasan dekorasi khas anak, menggunakan warna-warna cerah bahkan menyediakan layanan permainan untuk anak-anak. Jika klinik yang Anda pilih menyediakan layanan tersebut, maka jangan ragu untuk membawa sang anak pergi ke klinik tersebut.

Namun, jika tempat klinik gigi tersebut tidak ramah anak seperti tempatnya kotor, kaku, dan menyeramkan maka pikirkan dua kali lagi karena anak bisa mengalami rasa takut ketika melihat alat-alat kedokteran yang cenderung menyeramkan. Apalagi jika klinik didominasi oleh warna putih, tentu akan semakin meningkatkan rasa takut pada sang anak. Sebaiknya, klinik juga harus perhatian terhadap hal-hal ini karena bisa menjadi titik kelemahannya.

Back to Content ↑

5. Memilih Sesuai Jadwal yang Tepat

Anak harus disesuaikan dengan mood dan kemauannya. Terkadang sang anak tidak ingin bepergian pada waktu-waktu tertentu misalnya saat jam bermain. Mereka cenderung enggan diajak pergi oleh orang tuanya apalagi untuk pergi ke klinik dokter gigi. Oleh karena itu, Anda harus pintar mengetahui waktu mana yang cocok untuk anak Anda agar mau diajak bepergian.

Ada anak yang memang menyukai waktu sore karena lebih tenang dan tidak dalam waktu bermainnya. Ada juga anak yang memilih waktu pagi karena menurutnya lebih segar dan mood masih terjaga dengan baik. Dengan memilih klinik gigu, Anda harus mengetahui jadwal dari operasional klinik tersebut. Jangan sampai waktunya selalu bertabrakan dengan aktivitas anak. Nah, oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke klinik dokter gigi maka komunikasikan dengan baik dengan sang anak maupun dengan dokternya.

Back to Content ↑

Nah itu dia beberapa tips memilih klinik dokter gigi anak, semoga bermanfaat untuk Anda. Mau baca informasi kesehatan menarik lainnya? Yuk baca di forum kesehatan dari SehatQ! Disana Anda akan banyak mendapatkan tips-tips kesehatan penting lainnya yang berguna. Sekian dan terima kasih!