Skip to main content

Tips Strategi Menjalankan Affiliate Marketing Dengan Keuntungan Besar

Tips Strategi Menjalankan Affiliate Marketing Dengan Keuntungan Besar
Tips Strategi Menjalankan Affiliate Marketing Dengan Keuntungan Besar

Tips Strategi Menjalankan Affiliate Marketing Dengan Keuntungan Besar

Kehadiran teknologi tentu membawa angin segar ke berbagai aspek kehidupan. Dimana, memang saat ini segalanya menjadi lebih mudah jika mendapat bantuan dari kecanggihan teknologi. Saat ini, berbisnis semakin mudah dilakukan dengan menggunakan internet. Dapat terhubung dengan pembeli di berbagai daerah dan dapat melakukan Marketing dengan lebih mudah.

Tentunya dalam bidang bisnis online, sebagian besar orang pasti sudah tidak asing lagi dengan affiliate marketing.Teknik Marketing ini merupakan salah satu metode Marketing digital. Dimana, Kami akan dibayar ketika seseorang membeli produk pada link promosi yang dibagikan Kami. Prinsip kerja metode ini adalah penjualan berbasis komisi.

Jadi, nantinya Kalian tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual. Hanya saja Kalian membantu masyarakat untuk memasarkan atau mempromosikan barang dan jasanya. Disini kami akan menjelaskan tentang Tips Strategi Menjalankan Affiliate Marketing dengan Keuntungan Besar.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing merupakan suatu metode pemasaran digital di mana Anda akan dibayar ketika seseorang sudah membeli sebuah produk yang telah Anda promosikan melalui sebuah tautan. Dengan kata lain, Anda memperoleh penghasilan dari memasarkan produk orang lain. Memahami Afiliasi marketing sangat sederhana.

Back to Content ↑

7 Strategi Affiliate Marketing yang Sukses

Memulai Affiliate marketing tidaklah sulit. Selama Anda mempunyai sebuah media untuk melakukan promosi dan kemauan untuk belajar Affiliate marketing, Anda dapat mendapatkan sebuah komisi dari penjualan. Berikut adalah tujuh tips untuk menjalankan Afiliasi marketing yang menguntungkan:

Back to Content ↑

1. Buat Review Yang Personal

Anda dapat menulis ulasan produk tanpa benar-benar menggunakannya. Namun, kontennya akan sama dengan ulasan produk yang sama yang bertebaran di internet. Tambahkan nilai lebih pada ulasan dengan pengalaman Anda menggunakan produk yang Anda promosikan. Dengan begitu ulasan Anda mempunyai nilai pribadi yang tidak dapat ditemukan di ulasan lain.

Back to Content ↑

2. Jangan Fokus Mendapatkan Komisi Saja

Tujuan utama Anda memang menghasilkan uang dari program afiliasi. Namun, bukan berarti Anda dapat mengabaikan kebutuhan pembaca Anda. Yang dicari pembaca saat mencari produk bukan hanya informasi harga dan spesifikasi.

Mereka juga mencari pengalaman orang-orang yang sudah pernah menggunakan produk yang ingin mereka beli. Mereka membutuhkan pertimbangan dari orang lain untuk memutuskan membelinya. Ulasan produk adalah sarana Anda untuk membantu mereka menentukan produk mana yang paling cocok untuk mereka.

Back to Content ↑

3. Buat Review Yang Menarik

Meskipun program affiliate marketing bisa dibilang sebagai pekerjaan sampingan, bukan berarti Anda bisa melakukannya dengan setengah hati. Buatlah review semenarik mungkin. Bagikan pengalaman Anda saat menggunakan produk. Tambahkan gambar produk berkualitas tinggi. Jika diperlukan, Anda juga bisa membuat infografis sederhana tentang produk yang Anda promosikan. Intinya buat konten promosi sebanyak-banyaknya.

Back to Content ↑

4. Perhatikan SEO

Konten review yang menarik akan semakin bagus jika didukung dengan SEO yang optimal. Temukan kata kunci yang paling banyak dicari terkait dengan produk yang akan Anda promosikan melalui riset kata kunci. Kemudian buat konten review sesuai aturan SEO. Dengan begitu review Anda bisa muncul pada sebuah halaman pertama dalam hasil pencarian dan mempunyai peluang lebih tinggi untuk di klik dan dibaca.

Back to Content ↑

5. Pahami Target Audiens

Pahami kebutuhan pembeli potensial dari produk yang Anda promosikan. Cari tahu pertanyaan apa yang sering mereka tanyakan tentang produk yang Anda promosikan lewat media sosial dan forum.

Back to Content ↑

6. Fokus Pada Niche Tertentu

Anda memang bisa mengikuti banyak program afiliasi marketing dalam waktu yang bersamaan, namun bukan berarti Anda bisa begitu saja mendaftar sebuah program afiliasi marketing. Pilih produk yang sesuai dengan niche/tema blog Anda. Misalnya Anda mengelola sebuah blog dengan keyword teknologi, maka suatu produk yang Anda promosikan adalah produk teknologi. Jika niche blog Anda adalah fashion, Anda juga harus mendaftar untuk program afiliasi dari perusahaan fashion.

Berfokus pada sebuah niche tertentu adalah suatu strategi untuk membangun kepercayaan para pembaca. Tentu saja mereka lebih percaya pada ulasan yang ditulis oleh para ahli. Dengan berfokus pada ceruk tertentu, Anda secara tidak langsung membangun sebuah narasi bahwa Anda ahli di bidang itu.

Back to Content ↑

7. Berikan Call To Action

Tujuan utama Anda mendaftar untuk suatu program Afiliasi marketing yaitu agar orang-orang menggunakan sebuah kode referensi Anda. Hanya dengan sebuah kode rujukan ini, sebuah perusahaan penyedia affiliate marketing bisa mengidentifikasi apakah orang membeli suatu produk mereka lewat Anda.

Back to Content ↑

5 Kelebihan Affiliate Marketing

1. Biaya Murah

Ada dua jenis penyedia program afiliasi. Yang pertama adalah suatu perusahaan yang tidak memberikan sebuah syarat tertentu harus membeli sebuah produk dari perusahaan mereka untuk mendaftar program afiliasi mereka.

Jika Anda ingin mengikuti program afiliasi marketing dari sebuah perusahaan jenis kedua, Anda perlu memilih sebuah produk yang benar-benar Anda butuhkan. Dengan begitu Anda dapat memenuhi semua kebutuhan Anda sekaligus mendapatkan sejumlah uang dari suatu produk yang dibeli lewat Afiliasi marketing.

Back to Content ↑

2. Bisa Jadi Passive Income

Passive income atau penghasilan pasif kini tidak hanya bisa didapatkan dari bisnis sewaan. Affiliate Marketing juga bisa menjadi penghasilan pasif Anda. Dengan satu posting Anda dapat menghasilkan uang dari orang-orang yang membeli produk melalui tautan atau spanduk Anda.

Back to Content ↑

3. Tidak Terbatas Pada Satu Affiliate Marketing

Mungkin bergabung dengan program afiliasi dari satu perusahaan tidak cukup bagi Anda. Tenang saja karena Anda bisa mendaftar program afiliasi dari perusahaan lain asalkan tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan perusahaan lain.

Back to Content ↑

4. Jam Kerja Fleksibel

Ketika bisnis afiliasi Anda stabil, maka Anda dapat memutuskan untuk menjadikan bisnis afiliasi sebagai sumber penghasilan utama Anda. Otomatis jam kerja Anda menjadi fleksibel karena tidak terikat waktu. Dengan menjalankan bisnis ini tidak ada patokan kerja yang lama. Bila sudah cukup, Anda bisa bersantai bersama teman atau keluarga.

Back to Content ↑

5. Mendapatkan Ilmu Baru

Tentu Anda menginginkan bisnis affiliasi yang sudah dibangun terus berkembang. Dengan jam kerja yang fleksibel tanpa ada patokan lama kerja, Anda dapat menggunakan waktu luang Anda untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang bisnis afiliasi.

Back to Content ↑

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftar pada perusahaan yang memiliki program affiliate. Nantinya, setelah terdaftar, Kalian bisa langsung mempromosikan barang atau jasa yang dijual di perusahaan tersebut. Disini Sahabat Pintar bisa mempromosikannya melalui blog, Instagram, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Biasanya pada postingan promosi Kalian akan terdapat kode referral. Nantinya, kode ini akan dimasukkan oleh pembeli yang tertarik dengan produk tersebut. Beberapa orang terkadang memberikan diskon kepada pembeli yang menggunakan kode referral mereka.

Sedangkan Smart Friends sendiri akan mendapatkan komisi jika seseorang melakukan pembelian melalui kode referral atau link yang dipromosikan Kami. Tentunya cara kerja affiliate marketing sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Back to Content ↑

Demikian ulasan tentang Tips Strategi Menjalankan Affiliate Marketing Dengan Keuntungan Besar semoga bermanfaat.