Skip to main content

Beberapa Fitur Terbaru Yang Dihadirkan Pada Android 12

Beberapa Fitur Terbaru Yang Dihadirkan Pada Android 12

Beberapa Fitur Terbaru yang Dihadirkan Pada Android 12

Memiliki peran penting dan utama dalam menjalankan fungsi sebuah ponsel pintar atau smartphone, hingga saat ini sebenarnya terdapat berbagai macam sistem operasi (OS) yang dapat ditemukan dan banyak digunakan oleh sejumlah ponsel pintar yang beredar di berbagai negara.

Berikut Beberapa Fitur Terbaru yang Dihadirkan pada Android 12 yang perlu Anda ketahui. Mulai dari perombakan tampilan yang lebih cantik dan mulus sampai peningkatan privasi dan keamanan. Setiap tahun Google mempunyai agenda untuk meningkatkan versi sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan pada sebuah smartphone pada saat ini. Ya, setiap tahun Android mendapatkan versi terbaru, kali ini menginjak versi ke-12.

Tidak serta merta hanya mengubah dari angka 11 menjadi 12, peningkatan versi Android umumnya membawa beberapa perubahan, termasuk penambahan fitur. Begitu juga dengan Android 12 yang belum lama ini diumumkan oleh Google terkait fitur yang diusungnya.

Berbicara tentang fitur, Android 12 membawa beberapa perubahan, terutama pada segi tampilan visual. Tidak hanya itu, Google juga telah meningkatkan dari segi keamanan sehingga dapat memberikan sebuah ruang privasi tersendiri untuk para penggunanya. Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat fitur-fitur baru pada Android 12 di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

Beberapa Fitur Terbaru yang Dihadirkan di Android 12

1. Hadirkan Pengalaman Kustomisasi Yang Lebih Personal

Seperti yang sudah kita ketahui, hampir setiap versi dari Android mempunyai tampilan khasnya masing-masing. Semakin baru, tampilan antarmuka Android semakin cantik dan tentunya akan membawa lebih banyak lagi kustomisasi. Termasuk pada Android 12, Google sudah memoles suatu tampilan antarmuka pada Android 12 sedemikian rupa supaya terlihat lebih cantik.

Efek animasi baru juga ditambahkan saat pengguna berinteraksi dengan layar smartphone. Menurut Google, perombakan desain Android 12 adalah yang terbesar dalam sejarah Android. Dari segi personalisasi, Google telah menghadirkan suatu pengalaman unik dimana tampilan antarmuka pada Android 12 akan menyesuaikan warna dari wallpaper yang kita gunakan.

Misalkan kita memakai sebuah wallpaper yang didominasi dengan warna biru, maka warna interface yang akan muncul adalah biru. Penyesuaian warna ini juga akan berlaku untuk widget, ikon, bayangan pemberitahuan, layar kunci, kontrol volume, dan banyak lagi. Tidak berhenti sampai disitu, Google juga menghadirkan sebuah efek animasi yang menarik di Android 12.

Google menyebutnya gerakan dan animasi yang mengalir. Setiap interaksi yang kita lakukan pada Android 12, seperti menghapus sebuah notifikasi, menggeser layar dan lain sebagainya akan terasa sangat mulus.

Efek animasi mengalir begitu saja pada saat kita melakukan interaksi apapun di Android 12. Tidak sampai di sini, Google juga memanfaatkan ruang kosong di notifikasi. Dengan demikian, para pengguna Android 12 dapat melihat lebih banyak lagi informasi pada saat membuka notifikasi.

Back to Content ↑

2. Cara Baru Menggunakan Google Assistant

Bagi pengguna Google yang biasa menggunakan teknologi IoT berupa asisten virtual pasti sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan mengucapkan “Hai Google” saat ingin menggunakan fitur ini. Yang satu ini sepertinya menjadi salah satu part yang mendapat update di Android 12.

Diketahui, bagi pengguna yang ingin mengaktifkan fitur Google Assistant, kedepannya cara yang bisa dilakukan tidak hanya dengan mengandalkan penggunaan suara, tetapi juga dengan menekan lama tombol home masing-masing perangkat yang dimilikinya.

Back to Content ↑

3. Tangkapan Layar Bergulir

Fitur ini hadir untuk menjawab permasalahan yang sering dihadapi oleh sebagian besar pengguna. Saat ingin mengambil screenshot bagian penting dari sebuah tampilan, biasanya terhalang oleh batas tampilan sehingga Anda harus mengambil beberapa screenshot.

Atau jika ingin melakukan scrolling screenshot, biasanya pengguna masih harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga yang mau tidak mau memiliki risiko keamanan. Dengan hadirnya Android 12, pengguna akhirnya bisa menangkap bagian layar secara lebih luas dalam satu waktu, tanpa harus menghasilkan lebih dari satu screenshot.

Back to Content ↑

4. Panel Baru

Android 12 juga menghadirkan tampilan baru ke menu Quick Tiles. Saat para pengguna menggulir ke bawah bilah notifikasi, pengguna kini akan melihat sebuah deretan menu berbentuk kotak, bukan bulat seperti pada Android 11. Pada menu pull-down, tampilan area notifikasi juga tidak lagi transparan, telah diganti dengan solid warna. Tentunya warna yang ditampilkan tergantung dari tema yang diterapkan oleh para pengguna.

Back to Content ↑

5. Lebih Pribadi Dan Aman

Dengan Android 12, Google berusaha lebih transparan. Ya, Android 12 akan menunjukkan aplikasi mana yang membutuhkan akses suatu data para pengguna, dan memberikan suatu kontrol penuh atas pengguna agar privasi tetap terjaga. Android 12 juga dilengkapi fitur baru yang disebut Privacy Dashboard.

Memastikan keamanan dan privasi pengguna, Google juga menampilkan indikator yang menampilkan status mic dan kamera. Indikator tersebut akan muncul ketika Anda membuka sebuah aplikasi yang membutuhkan akses mic dan kamera.

Jika Anda tidak ingin mengaktifkan mikrofon dan kamera, tombol untuk mematikannya juga tersedia di bagian notifikasi. Selain itu, Anda juga dapat mengatur sensor GPS saat membuka aplikasi yang membutuhkan akses GPS. Ini berguna ketika Anda tidak ingin lokasi Anda terekspos oleh aplikasi.

Back to Content ↑

6. Desain Notifikasi Baru

Android 12 membawa perubahan pada desain notifikasi. Google mengatakan ini dilakukan untuk membuat sebuah notifikasi lebih modern dan fungsional. Google juga meningkatkan kinerja Android 12 untuk membuat suatu perangkat lebih responsif. Pengguna dapat langsung masuk ke aplikasi dengan mengetuk notifikasi yang muncul.

Back to Content ↑

7. Berbagi Koneksi Wifi Lebih Mudah

Sebelumnya, jika Anda ingin membagikan koneksi WiFi Anda dengan orang lain, Anda harus membuat kode QR terlebih dahulu. Nah, pada Android 12, kamu cukup menekan opsi “Nearby” untuk memunculkan kode QR secara langsung. Dengan begitu, Anda dapat mengirim kredensial WiFi kepada siapa pun yang Anda pilih.

Back to Content ↑

Smartphone Yang Bisa Menggunakan OS Android 12

Tentu tidak semua perangkat memiliki keistimewaan untuk mendapatkan update OS terbaru yang satu ini. Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ponsel besutan Google ini sudah pasti menjadi salah satu jenis ponsel pintar yang bisa di update untuk menikmati sejumlah fitur terbaru di Android 12, yakni Google Pixel.

Jajaran ponsel Google yang dapat diperbarui adalah Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a, Pixel 4a 5G, Pixel 5, dan Pixel 5a. Sementara itu, untuk ponsel terbaru yang juga dinanti, Pixel 6 dipastikan akan dibekali OS Android 12 secara otomatis.

Bagaimana dengan ponsel selain yang dibuat oleh Google? Sejauh ini, beberapa type ponsel pihak ketiga yang diyakini akan mendapatkan update Android 12 antara lain Asus Zenfone 8, OnePlus 9 dan 9 Pro, Oppo Find X3 Pro, Realme GT 5G, dan Xiaomi Mi 11 Series. Sedangkan untuk ponsel dari vendor ternama yakni Samsung yang memiliki jajaran ponsel flagship seperti seri Galaxy S21 diprediksi baru akan mendapatkan update Android 12 pada akhir tahun 2021 mendatang.

Back to Content ↑

Demikian ulasan tentang Beberapa Fitur Terbaru Yang Dihadirkan Pada Android 12 Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.