Skip to main content

Mengenal Cek Resi untuk Lacak paket, Pengertian, Manfaat Hingga Cara Pengecekannya!

Mengenal Cek Resi untuk Lacak paket, Pengertian, Manfaat Hingga Cara Pengecekannya!

Mengenal Cek Resi untuk Lacak paket, Pengertian, Manfaat Hingga Cara Pengecekannya!

Bagi Anda yang terbiasa dalam melakukan pengiriman barang. Baik itu sebagai pelaku bisnis online, maupun pelaku ekspor impor. Pastinya Anda tak ingin ketinggalan mengenai informasi kapan paket/barang yang Anda kirimkan tersebut akan diterima oleh pelanggan/importir Anda, dimana posisi paket sekarang, dan lain-lain. Untuk mendapatkan informasi tersebut, tentunya dengan melakukan lacak paket atau bisa dilakukan dengan cek resi terlebih dahulu.

Proses pengecekan resi ini, biasa dilakukan pada jasa pengiriman yang telah Anda lakukan sebelumnya. Baik itu yang dilakukan dengan mendatangi langsung kantor pengiriman paket tersebut. Maupun melalui aplikasi dan situs resmi dari pihak pengiriman paket tersebut. Bagaimana cara lacak paket, Bisa Anda ketahui sebentar lagi, hanya dalam ulasan ini!

TOC / Daftar Isi

1. Pengertian Dari Cek Resi untuk Lacak paket

Resi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bermakna tanda penerimaan, yang dilakukan secara tertulis. Lebih jauhnya lagi yaitu sebagai tanda penerimaan tertulis dari pengiriman surat, paket, dan yang lainnya.

Pengertian lainnya dari resi ini yaitu sebagai bukti penerimaan atas sejumlah barang yang dikirimkan. Dimana resi ini akan diberikan oleh jasa pengiriman/aggregator logistik, yang berperan dalam mengirimkan sejumlah barang/paket tersebut.

Umumnya, resi akan disertai dengan nomor, yang kemudian dijadikan sebagai nomor resi. Sementara yang dimaksud dengan cek resi, yaitu proses melakukan pengecekan terhadap sejumlah paket yang dikirimkan, dengan mengandalkan nomor resi, yang diberikan oleh jasa pengiriman/logistik yang telah Anda pilih sebelumnya.

Sama halnya dengan resi yang diberikan oleh jasa pengiriman tersebut. Proses cek resi ini juga bisa dilakukan melalui jasa pengiriman ini, baik yang dilakukan dengan mendatangi kantornya langsung maupun dengan sistem online.

Khusus yang terakhir ini, bisa dibilang sebagai cara cek resi yang termudah. Karena Anda hanya perlu menggunakan aplikasi khusus, yang biasanya dibuat bagi para pelanggan dari jasa pengiriman tertentu. Cara lainnya yaitu dengan mengunjungi situs/web resmi dari beberapa jasa pengiriman yang berperan dalam melakukan pengiriman barang/paket yang Anda kirimkan sebelumnya.

Back to Content ↑

2. Lacak paket Resi Dan Sejumlah Manfaatnya

Bisa dibilang, cek resi merupakan langkah yang paling mudah dalam melakukan pelacakan barang/paket dengan lebih mudah. Namun apakah hanya itu saja? Tidak juga, karena pengecekan resi ini juga, ternyata memiliki beberapa manfaat lainnya. Diantaranya:

Back to Content ↑

2.1. Memastikan Paket/Barang Telah Dikirim

Manfaat yang pertama dari proses cek resi, yaitu memastikan bahwa barang/paket yang ingin Anda kirimkan tersebut, memang telah dikirim ke alamat tujuan, seperti yang Anda inginkan. Dengan nomor resi yang diberikan, memungkinkan setiap barang/paket yang dikirimkan, tidak akan tertukar, antara satu dengan yang lainnya.

Back to Content ↑

2.2. Memudahkan Dalam Lacak Paket

Selain sebagai bukti, bahwa paket telah dikirimkan. Manfaat lainnya dari pengecekan resi ini juga, yaitu untuk memudahkan dalam pelacakan barang/paket. Dalam arti, Anda sebagai pihak pengirim, maupun pelanggan Anda yang bertindak selaku penerima, pastinya ingin mengetahui mengenai keberadaan paket saat itu.

Dengan lacak paket yang dilakukan dengan pengecekan resi ini juga, setidaknya bisa digunakan dalam memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan, hingga akhirnya paket bisa sampai di tangan penerima.

Back to Content ↑

2.3. Memastikan Kondisi Dari Setiap Barang/Paket Yang Dikirimkan

Manfaat lainnya dari pengecekan dengan menyertakan nomor resi ini yaitu bisa memastikan kondisi dari setiap paket yang dikirimkan dalam keadaan baik. Nah, jika ternyata, setelah barang diterima oleh si penerima, dan terbukti kondisi barang dalam keadaan rusak.

Maka Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan nomor resi yang diberikan. Dari nomor resi tersebut bisa diketahui, bahwa kerusakan tersebut tidak terjadi sebelum barang dikirimkan. Namun mungkin saja disebabkan oleh kesalahan dari pihak logistik/jasa pengiriman, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

2.4. Bisa Meningkatkan Kepercayaan Dari Pelanggan/Klien Anda

Selain yang telah dijelaskan di atas, cek resi ini juga secara tidak langsung bisa meningkatkan kepercayaan dari para pelanggan dan juga klien Anda. Mengapa dikatakan demikian? Karena dengan nomor resi yang diberikan pada pelanggan Anda, sebagai penerima. Baik itu nomor resi yang diberikan melalui chat, ataupun pesan pribadi.

Pelanggan Anda tersebut bisa melakukan pengecekan resi sendiri. Dan bisa diketahui, bahwa barang dalam kondisi baik, saat dikirimkan. Dan jika memang terdapat kerusakan, saat diterima oleh pelanggan/klien Anda.

Maka hal itu murni merupakan kesalahan dari pihak jasa pengiriman, dan bukan karena Anda pribadi. Sehingga, pelanggan/klien bisa membangun opini, bahwa Anda merupakan seller ataupun eksportir yang bisa dipercaya.

Back to Content ↑

3. Bagaimana Cara Melakukan Cek Resi Yang Benar?

Sebenarnya, setiap jasa pengiriman/logistik memiliki cara dan aturannya sendiri, dalam melakukan pengecekan resi ini. Proses pengecekan resi ini biasanya dilakukan melalui aplikasi khusus hingga mengunjungi situs/web resmi dari jasa pengiriman tersebut.

Seperti halnya dengan Shipper.id, yang memiliki layanan cek resi yang ada di laman situs resmi yang dimiliki oleh salah satu jasa pengiriman/aggregator logistik dan warehouse terpercaya ini. Selain melakukan pengecekan resi, sebenarnya situs ini juga bisa digunakan untuk melakukan proses pengiriman barang secara online, mencari informasi mengenai tarif ongkos kirim, dan yang lainnya.

Adapun cara lacak paket dari layanan Shipper.id ini, diantaranya:

  • Kunjungi situs Shipper.id, di laman https://shipper.id/tracking
  • Secara otomatis, Anda akan dialihkan ke halaman utama dari situs ini. Pada halaman utama tersebut, Anda akan melihat beberapa tampilan menu yang muncul di bagian atas halaman. Yaitu menu layanan kami, jadilah mitra, menu tentang kami, dan juga menu tautan cepat
  • Pilih menu tautan cepat
  • Dalam menu tersebut, terdapat 2 opsi lagi, yaitu opsi tarif pengiriman dan lacak paket
  • Anda bisa memilih opsi lacak paket, untuk melakukan pengecekan resi
  • Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengisi kolom kosong dengan nomor resi yang Anda miliki, kemudian klik opsi mulai pengiriman, yang berada di pojok kanan atas
  • Tunggu hingga proses pelacakan paket selesai
  • Pihak Shipper.id akan memberikan informasi seputar posisi paket, kondisi paket saat pengiriman, dan yang lainnya

Satu hal yang perlu Anda ketahui dalam melakukan cek resi dengan Shipper id ini, yaitu Anda bisa melakukan pengecekan hingga 10 nomor resi sekaligus. Hanya saja, untuk melakukan pengecekan dalam waktu bersamaan ini, Anda diharuskan untuk menulis nomor resi yang satu, dengan nomor resi yang lainnya, dengan dipisahkan koma, spasi maupun baris yang baru.

Back to Content ↑

Nah, demikian informasi mengenai pengertian, manfaat hingga cara cek resi yang bisa Anda coba. Tentunya untuk melakukan lacak paket, maupun yang lainnya. Dari penjelasan tersebut bisa ditarik kesimpulan, bahwa resi memang menjadi hal yang sangat penting dalam proses pengiriman/barang.

Maka dari itu, jangan pernah segan untuk meminta resi ya... bilamana pihak jasa pengiriman tidak atau memang lupa untuk memberikan resi pada Anda. Karena selain memiliki banyak manfaat, resi juga bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan Anda terhadap jasa pengiriman barang tersebut. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!