Skip to main content

8 Rekomendasi Ekstensi VPN di Browser Opera dan Google Chrome Terbaik 2021

Opera Free VPN

8 Rekomendasi Ekstensi VPN di Browser Opera dan Google Chrome Terbaik 2021

Virtual Private Network atau yang dikenal sebagai VPN merupakan salah satu koneksi jaringan yang memungkinkan Anda berselancar dengan lebih aman. Seiring dengan berkembangnya teknologi jaringan, sekarang ini sudah terdapat ekstensi VPN.

Ekstensi ini bisa didapatkan di browser masing-masing seperti Opera, Mozilla, Chrome, Microsoft Edge dan lain sebagainya. Berikut akan dibahas ekstensi yang bisa Anda gunakan pada browser Opera dan Google Chrome.

1. Ekstensi VPN di Opera

1.1. Opera Free VPN

Ekstensi pertama yang bisa digunakan adalah resmi dari Opera sendiri, yaitu Opera Free VPN. Tools ini dapat digunakan secara gratis tanpa berlangganan apapun. Ukurannya juga tidak terlalu besar, hanya beberapa kilobyte dan memiliki pengaturan yang sangat mudah.

Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkannya kapan saja sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dengan menggunakan ekstensi ini, Anda bisa lebih bebas menjelajah di jaringan publik karena sudah ada perlindungan keamanannya. Berikut cara mengaturnya:

  • Jalankan browser Opera. Anda tidak perlu menginstalnya karena sudah terinstal otomatis ketika menginstal Opera pertama kali.
  • Tekan logo Opera di ujung kiri atas, kemudian masuk ke menu Settings.
  • Ketikkan “VPN” pada kolom pencarian Settings dan tekan Enter.
  • Nantinya akan langsung muncul pengaturan VPN dan disini Anda bisa mengaktifkan maupun menonaktifkannya.
  • Bagi yang ingin mengaktifkan, maka tinggal menggeser opsinya ke kanan.
  • Pengaturan dibawahnya bisa disesuaikan dan nanti akan muncul tulisan VPN di kolom alamat web.
  • Ketika di klik, nantinya Anda bisa memilih Virtual Location sesuai keinginan.

1.2. Proxy Free VPN DEEPRISM

Tools ekstensi selanjutnya ini masih jarang orang menggunakannya, namun memiliki penggunaan yang tidak jauh berbeda seperti tools VPN pada umumnya. Penggunaan ekstensi ini akan membantu mengubah alamat IP Anda. Berikut cara menggunakannya:

  • Kunjungi https://addons.opera.com/en/extensions/details/proxy-free-vpn-deeprism/, kemudian tekan tombol Add to Opera. Biarkan proses download dan instal hingga selesai.
  • Setelah selesai, tekan tombol icon kubus dan sematkan dengan memilih opsi PIN pada ekstensi yang baru saja terinstal.
  • Cara mengaktifkannya adalah dengan menekan logonya, kemudian tekan tombol di bawah tulisan Activate dan VPN akan otomatis aktif.

Keunggulannya memang terletak pada tampilan UI yang sederhana dan tidak perlu melakukan registrasi. Sedangkan kekurangannya adalah Anda tidak bisa memilih negara atau wilayah mana yang bisa dikoneksikan.

1.3. Hola Free VPN Proxy Unblocker

Salah satu ekstensi VPN yang seringkali mendapatkan update karena menyesuaikan kebutuhan dan masukan dari pengguna. Pada dasarnya ekstensi ini memang bisa digunakan secara gratis, namun untuk membuka blokir seluruh situs, maka harus berlangganan versi Plus.

Tampilan antar muka yang ditawarkan sangat user friendly, sehingga mudah dipahami. Penggunaannya juga mudah dan praktis, bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan kapan saja. Berikut cara menginstal dan menggunakannya:

  • Jalankan browser Opera, kemudian kunjungi alamat https://addons.opera.com/en/extensions/details/hola-better-internet/ dan tekan tombol Add to Opera.
  • Biarkan sistem melakukan download dan instal otomatis, Anda tinggal menunggunya sampai selesai.
  • Tekan icon kubus lagi, kemudian PIN ekstensi Hola Free VPN ini.
  • Ketika sudah terinstal, biasanya VPN ini akan langsung aktif.
  • Bagi yang ingin menambahkan situs untuk dibuka blokirnya, maka tinggal memasukkan alamatnya di kolom search.
  • Cara mematikannya sangat mudah, diawali dengan memilih logo VPN, kemudian tekan tombol Turn Off di ujung kanan atas.

1.4. Free Avira Phantom VPN - Unblock Websites

Melihat nama ekstensi ini mungkin Anda sudah bisa menebak dari developer mana. Jawabannya tidak lain adalah Avira, developer yang membuat program antivirus Avira. Beberapa kelebihan yang dimiliki ekstensi ini diantaranya bisa menyembunyikan ISP, menyamarkan IP address dan tentunya aman.

Sayangnya ekstensi ini tidak mendapatkan update lagi sejak terakhir kali mendapatkan update pada bulan Juli 2019 silam. Meskipun demikian, penggunaannya sudah cukup untuk kebutuhan menjelajah internet yang aman dan mengunjungi situs yang diblokir sebelumnya. Cara penggunaannya:

  • Seperti biasa, jalankan browser Opera dan buka link https://addons.opera.com/en/extensions/details/free-avira-phantom-vpn-unblock-websites/, lalu Tambahkan ke Opera.
  • Setelah terinstal, lakukan langkah yang sama untuk menyempatkan aplikasi agar lebih mudah penggunaannya.
  • Jika sudah disematkan, tekan logo Avira tadi.
  • Ketika menginstal pertama kali, maka akan muncul Welcome to Avira dan tulisan terkait tata cara penggunaan dan sebagainya.
  • Baca terlebih dahulu ketentuan penggunaan, kemudian tekan tombol Agree and continue.
  • Tunggu beberapa saat dan Anda sekarang bisa memilih Virtual Location gratis yang ditawarkan.
  • Bagi yang ingin mengakses lokasi lain, maka perlu mendaftar atau membeli versi Pro terlebih dahulu.

2. Ekstensi VPN di Google Chrome

2.1. 1clickVPN

Menjadi salah satu extension VPN di Google Chrome yang sangat sederhana. Ekstensi ini memungkinkan untuk membuka blokir situs apa saja dan tentunya aman. Cara aktivasi maupun menonaktifkannya juga mudah, hanya dengan sekali klik saja.

Salah satu yang menarik dari ekstensi ini adalah sudah dilengkapi dengan skripsi SSL yang membuatnya lebih aman digunakan untuk menjelajah internet. Tampilan UI yang ditawarkan juga sederhana. Berikut cara menggunakannya:

2.2. Touch VPN - Secure and Unlimited VPN Proxy

Rekomendasi ekstensi VPN selanjutnya adalah Touch VPN. Keunggulan VPN ini adalah tidak dibatasi oleh bandwidth, sesi dan sebagainya, sehingga Anda bisa menjelajah sepuasnya. Berikut cara instalasi dan penggunaannya:

2.3. VPN Free - Betternet Unlimited VPN Proxy

Selanjutnya ada VPN Free yang memiliki tampilan UI clean dan user friendly. VPN ini menawarkan berbagai macam negara yang dapat diakses secara gratis dan tentunya mudah. Anda bisa berselancar di website mana saja dengan aman dan tentunya tidak ada batasan koneksi. Cara menggunakannya:

2.4. Hotspot Shield Free VPN Proxy - Unlimited VPN

VPN satu ini tidak hanya tersedia di Chrome saja, melainkan dalam bentuk aplikasi Android. Ekstensi ini menjamin kecepatan internet Anda stabil dan cepat. Disisi lain juga sudah jelas bisa membuka situs yang terblokir. Berikut langkah instalasi dan penggunaannya:

Selain rekomendasi ekstensi VPN di atas, masih ada banyak ekstensi lain yang bisa Anda gunakan secara gratis. Namun kedelapan diatas merupakan yang terbaik di setiap browser Chrome maupun Opera. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!