Skip to main content

Review AirPods Max dan Spesifikasi Lengkap

AirPods Max

Review AirPods Max dan Spesifikasi Lengkap

Sebagai produsen elektronik yang besar dan terkemuka di dunia, Apple kembali menawarkan produk headphone terbarunya, yaitu AirPods Max. Produk ini diperkenalkan pada akhir 2020 silam dan sudah bisa dibeli sejak awal tahun 2021 ini.

AirPods keluaran terbaru ini menawarkan kualitas audio yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Anda bisa mendapatkan pengalaman baru dalam mendengarkan musik maupun menonton film menggunakan headphone ini.

1. Review AirPods Max

1.1. Chip

Chip yang tertanam sudah menggunakan H1. Chip ini dirancang dan didesain secara khusus agar performanya lebih baik. Headphone ini sudah menggunakan audio komputasional dan bisa menghasilkan kualitas audio yang bagus dan memberikan pengalaman baru ketika mendengarkan.

Disisi lain juga memiliki 10 core audio yang terdapat di setiap Chip. Adanya audio komputasional ini sangat membantu untuk meredam suara dari luar, melakukan penyesuaian audio sesuai dengan letak bantalan telinga dan lain sebagainya.

1.2. Desain

Sekilas, desain dari produk headphone terbaru ini terlihat klasik, namun dibungkus secara lebih baik dan membuatnya tetap terlihat premium. Material yang digunakan untuk pembuatan ikat kepala berasal dari aluminium dan baja yang sudah pasti tahan terhadap karat.

Ukurannya bisa dibilang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Bagian bantalan telinga memiliki desain yang berbeda dari kebanyakan. Dimana umumnya berbentuk lingkaran, kali ini Apple menawarkan bentuk sedikit memanjang agar menyentuh seluruh bagian telinga.

1.3. Bantalan

Bantalan telinga atau earcup menjadi poin penting ketika Anda hendak membeli headphone. Pada produk terbaru Apple ini memiliki bantalan yang nyaman, lembut dan bisa diganti ketika mulai tidak nyaman digunakan.

Anda dapat membeli bantalan penggantinya dengan harga kurang lebih $70 untuk sepasang. Cara melepas maupun memasangnya tergolong mudah karena sudah didukung oleh fitur magnetis yang membuatnya lebih cepat dipasang maupun dilepas.

1.4. Audio

Kualitas audio yang keluar dari headphone ini telah didukung oleh fasilitas EQ Adaptif. Teknologi ini memungkinkannya Anda untuk mengatur output audio sesuai dengan kebutuhan. Frekuensi musik akan disesuaikan dengan lebih baik lagi dan memberikan Anda pengalaman baru.

Salah satu yang menarik dari AirPods Max ini adalah sudah memiliki fasilitas peredam kebisingan aktif. Fitur ini bisa dibilang sangat penting karena bisa digunakan sebagai peredam suara dari luar dan membuat Anda lebih fokus terhadap musik yang sedang diputar.

1.5. Durasi Penggunaan Baterai

Berbicara soal baterai, produk headphone Apple ini memiliki durasi waktu penggunaan hingga 20 jam setelah pengisian penuh. Namun ini diimbangi dengan aktifnya mode Transparansi atau Peredam Kebisingan Aktif.

Apabila digunakan untuk menonton film, daya tahannya sama-sama 20 jam setelah pengisian daya hingga full. Tentunya dengan kondisi audio spasial dinyalakan untuk memberikan pengalaman menonton menjadi lebih menarik.

1.6. Konektivitas

Adapun konduktivitas yang dimaksud disini adalah dari versi bluetooth yang tertanam pada headphone. Demi kelancaran mendengarkan musik, audio film dan lain sebagainya, Apple telah menanamkan teknologi bluetooth versi 5.0 ke dalam headphone satu ini.

Versi bluetooth 5.0 ini membuat konsumsi daya menjadi lebih sedikit dan tentunya akan membuat penggunaan menjadi lebih lama. Disisi lain, kecepatan transfer datanya bisa dibilang lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya, begitu juga dengan jaraknya bisa lebih jauh.

1.7. Codec Audio

Headphone AirPods Max ini hanya menggunakan satu codec audio, tidak lain adalah AAC. Beberapa orang mungkin menganggap codec ini terlalu kuno, namun pihak Apple masih bertahan menggunakan codec ini.

Salah satu alasan kuat mengapa menggunakan codec ini adalah kualitas suara yang dihasilkan lebih baik jika dibandingkan dengan codec audio lainnya. Codec ini juga lebih sering digunakan pada produk Apple lainnya.

1.8. Tombol Kontrol

Jika diperhatikan, headphone ini memiliki dua navigasi yang terdiri atas Digital Crown dan Noise Control Button. Pada tombol Digital Crown, Anda bisa melakukan beberapa kontrol hanya dalam beberapa ketukan saja, yaitu:

  • Putar jika ingin mengatur volume suara.
  • Tekan atau ketuk 1x untuk pause, menjawab telepon masuk dan memutar kembali audio.
  • Tekan atau ketuk 2x untuk berpindah ke audio selanjutnya.
  • Tekan atau ketuk 3x untuk kembali ke audio sebelumnya.

Sedangkan untuk Noise Control Button ini berfungsi untuk berpindah mode secara cepat, baik itu ke mode Transparansi atau Peredam Kebisingan Aktif. Adanya kedua tombol ini akan memudahkan Anda dalam mengontrol penggunaannya.

1.9. Harga

Melihat fitur dan keunggulan yang dimiliki, headphone buatan Apple ini diperkirakan memiliki harga jual sekitar 8-9 juta di Indonesia. Bagi sebagian besar orang harga tersebut mungkin terlalu tinggi untuk sebuah headphone.

Namun bagi yang telah merasakan kualitas dan pengalaman yang ditawarkan dari Apple, mungkin harga tersebut tergolong wajar. Kembali lagi pada kebutuhan dan budget yang dimiliki untuk membeli sebuah headphone.

1.10. Persyaratan Sistem

Tidak banyak persyaratan yang diminta oleh pihak Apple untuk menggunakan headphone ini. Persyaratan wajib yang harus dipenuhi bagi siapa saja yang ingin menggunakannya adalah produk Apple yang Anda miliki sudah berada di OS terbaru.

Ini berlaku untuk seluruh produk mencakup iPod touch, iPad, Mac, Apple TV, iPhone, Apple Watch dan produk lainnya. Apabila belum mendapatkan OS terbaru, maka akan terjadi kendala ketika menggunakannya dan bisa jadi terjadi error.

2. Spesifikasi Lengkap

  • Dimensi: 168.6x187.3x83.4 mm (tanpa box)
  • Berat: 384.8 gr (tanpa box)
  • Chip: Apple H1
  • Konektivitas: Bluetooth 5.0
  • Kompatibilitas:
    • iPhone 6 dan versi setelahnya
    • iPad Pro 9.7 inch dan setelahnya
    • iPad gen 3-8
    • iPad Air 2
    • iPad mini 4 dan generasi ke-5
    • Apple Watch Series 1-6 + SE
    • Apple TV HD
    • Apple TV 4K
    • MacBook Air 11 inch, 13 inch, M1)
    • MacBook Pro 13 inch, 15 inch, 16 inch
    • Mac Retina 4K, 5K
    • Mac Pro
    • Mac Mini M1, 2012-2018
    • iPad Touch gen-7
  • Pilihan Warna:
    • Space Grey
    • Silver
    • Sky Blue
    • Green
    • Pink

3. Tips Merawat Headphone Bluetooth Agar Awet

3.1. Jangan Gunakan Sampai Habis

Ketika menggunakan headphone bluetooth, biasanya akan ada notifikasi bahwa baterai hampir habis. Apabila sudah muncul notifikasi seperti ini, alangkah baiknya headphone dimatikan dan segera diisi dayanya. Ini bertujuan agar baterai menjadi lebih awet dan tentunya tidak mudah bocor.

3.2. Bersihkan Bantalan Secara Rutin

Kebersihan bantalan sangat penting untuk diperhatikan karena sebagian besar orang mengabaikannya. Bersihkan secara rutin atau pada saat terlihat mulai berdebu, terkena air atau sejenisnya. Gunakan kain atau tisu bersih untuk membantu membersihkannya.

3.3. Simpan Di Tempat Aman

Jangan sekali-kali meletakkan headphone di sembarang tempat, terutama di tempat tidur. Ini bisa berakibat fatal dan bisa merusak headphone itu sendiri jika secara tidak sadar Anda menimpanya. Tempatkan di tempat yang aman setelah selesai menggunakannya.

Fitur yang dimiliki oleh AirPods Max ini bisa dibilang sudah bagus dan mengikuti perkembangan. Inilah yang membuatnya memiliki harga cukup tinggi dan bahkan bisa bersaing dengan harga ponsel kelas menengah keatas. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!