Skip to main content

Aplikasi Penghasil Uang Cepat Vtube Resmi atau Tidak?

Vtube

Aplikasi Penghasil Uang Cepat Vtube Resmi atau Tidak?

Belakangan ini Vtube begitu ramai diperbincangkan. Kabarnya, aplikasi yang sudah hadir di Indonesia sejak Juni 2020 ini diragukan perizinannya. Bahkan banyak yang bingung apakah Vtube resmi atau tidak. Mengapa pula harus ada anjuran untuk memblokir Vtube sesegera mungkin.

Kontroversi terkait Vtube pertama mencuat dari sebuah narasi yang hadir di Youtube mengenai status hukum aplikasi tersebut. Kemudian hingga saat ini banyak desas-desus yang menyatakan bahwa Vtube merupakan salah satu aplikasi yang ilegal di mata hukum.

1. Apa yang Dimaksud Vtube?

Belum lama ini santer terdengar kabar bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika hendak memblokir Vtube secara resmi. Kabarnya Vtube belum mendapatkan izin resmi dari pihak terkait sehingga dianggap sebagai aplikasi ilegal. Akan tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Vtube?

Vtube merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak PT. Future View Tech dengan fokus pengembangan iklan atau advertising ke khalayak luas. Vtube nantinya akan melakukan pembagian keuntungan kepada penonton iklan yang mengakses aplikasi tersebut.

Hal tersebut tentu seakan-akan menjadi udara segar bagi orang-orang yang ingin mencari banyak cuan secara praktis. Seiring berjalannya waktu, banyak yang langsung berlomba-lomba untuk mendapatkan uang lewat Vtube.

Aplikasi Vtube ada di Google Play Store dengan unduhan mencapai 10 juta pengguna. Informasi ini di update dari data Januari 2021. Kantor resmi Vtube ada di Gedung Kinanti Jalan Epicentrum Tengah No, 3 Kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

  • Nama Aplikasi: Vtube – Short Video Sharings
  • Pengembang: PT. Future View Tech
  • E-Mail Pendukung: Support@vtube.co
  • Ukuran File: 25 MB

2. Bagaimana Cara Kerja Vtube?

Banyak orang yang mengklaim tahu bagaimana cara kerja Vtube sebagai alah satu aplikasi untuk menghasilkan uang secara cepat. Cara mendapatkan uang dengan Vtube bisa dilakukan melalui tiga cara yang sangat praktis.

2.1. Menonton Iklan

Setiap orang yang menonton aplikasi buatan perusahaan yang bergerak di bidang periklanan ini nantinya akan mendapatkan VP atau Virtual Point. Poin yang sudah dikumpulkan tersebut nantinya akan bisa dicairkan menjadi uang oleh setiap penggunanya dengan nominal tertentu.

Harga per poin setelah menonton Vtube yang didapatkan setara dengan Rp.14.000,00. Tentunya perolehan uang yang didapat cukup banyak dan terbilang sangat mudah. Hanya dengan menonton saja, setiap orang bisa mendapatkan uang cukup banyak.

2.2. Membagikan Kode Referral

Bukan hanya sekedar hanya menonton iklan saja agar bisa mendapatkan uang via Vtube. Pengguna aplikasi ini juga bisa memperoleh pendapatan dengan membagikan kode referral secara mudah dan tanpa buang waktu percuma.

Pengguna cukup membagikan kode referral poin dan grup poin saja kepada pengguna lainnya demi bisa mendapatkan banyak uang dari Vtube. Tentunya dengan banyaknya orang yang bergabung, maka akan semakin banyak pula uang yang bisa didapatkan.

2.3. Menjadi Pengguna VIP

Pengguna Vtube bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini dengan melakukan pembelian upgrade level misi demi bisa memperoleh keuntungan yang relatif besar. Misalnya, dengan menjadi anggota VIP dari aplikasi Vtube.

Dengan mengaktifkan level bintang 6 saja menggunakan 1 paket berbiaya 10 VP, pengguna bisa memperoleh keuntungan besar. Setidaknya bisa memperoleh sekitar 3500 VP jika melakukan upgrade. Pastinya banyak yang tergiur dengan keuntungan sebesar ini.

3. Apakah Vtube Resmi atau Tidak?

Aplikasi yang ramai dilirik oleh netizen Indonesia belakangan ini ternyata banyak menuai kontroversi. Banyak iming-iming yang tersebar di platform sosial media tentang cara mendapatkan banyak uang hanya dengan menonton iklan Vtube. Hal tersebutlah yang memicu rencana pemblokiran Vtube.

3.1. Perizinan Vtube Menurut OJK

Perlu diketahui bahwa Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebetulnya telah mengetok palu tentang penetapan status hukum Vtube. OJK telah resmi menyatakan bahwa aplikasi digital Vtube ditetapkan sebagai suatu entitas investasi ilegal alias software bodong.

Sejak awal kemunculan Vtube, ternyata tidak pernah sekalipun mempunyai izin resmi dari pemerintah terutama OJK. Di samping itu, pemblokiran Vtube yang dilakukan oleh pihak terkait juga dikarenakan bahwa aplikasi ini mempunyai sistem pengoperasian dengan mata uang dollar dan bukannya rupiah.

Hal tersebut tentu bertentangan dengan Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 terkait mata uang. Padahal transaksi yang dilakukan di Indonesia perlu menggunakan mata uang rupiah bukan dollar, ringgit dan sebagainya. Jadi, bagi yang masih menanyakan Vtube resmi atau tidak maka jawabannya masih tidak.

3.2. Perizinan yang Dilakukan Vtube

Di tengah kontroversialnya status hukum aplikasi investasi ini, membuat pemilik Vtube mulai melakukan perizinan ke OJK. Akan tetapi, hal ini betul-betul sangat disayangkan karena mengapa baru dilakukan dan bukannya sejak kali pertama beroperasi. Pasalnya sudah setahun berlalu dan menimbulkan pertentangan.

Pihak OJK sendiri sedang ada dalam tahapan memberikan arahan kepada pengelola Vtube agar tidak melakukan pelanggaran terhadap segala aturan yang ada di Indonesia. Hingga saat ini perizinan resmi dari aplikasi Vtube belum juga keluar.

Dengan demikian, jika ada informasi tentang status legal Vtube yang tersebar di berbagai laman sosial media, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah hoaks. Aplikasi Vtube masih terlarang oleh Kominfo dan situs websitenya pun masih diblokir sampai saat ini di Indonesia.

4. Kerugian yang Didapat Saat Nekat Menggunakan Aplikasi Ilegal

Ketika OJK masih memutuskan bahwa Vtube merupakan aplikasi ilegal, sebaiknya jangan sesekali nekat untuk masih menggunakannya. Jika nekat masih memakai aplikasi ini, tentunya hanya akan membuat Anda merugi saja. Lalu, apa saja bentuk kerugian jika masih menggunakan aplikasi ini?

4.1. Waktu

Jika masih nekat menggunakan aplikasi ilegal ini, tentu Anda hanya akan rugi waktu saja. Apalagi jika Anda sudah menyelesaikan banyak misi. Seharusnya Anda bisa melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat ketimbang menggunakan Vtube. Misalnya, bekerja, membereskan rumah, belajar dan masih banyak lagi.

4.2. Uang

Waktu yang Anda gunakan untuk menonton iklan di Vtube sebenarnya bisa Anda pakai untuk melakukan hal lainnya. Khususnya bagi Anda yang sudah terjun ke dalam pencarian pengguna baru tambahan dan sudah mendapatkan profit. Tentunya sampai sekarang belum juga dibayarkan, bukan?

4.3. Nama Baik

Nama baik Anda tentunya juga sangat dirugikan. Anda sudah ramai-ramai mengajak orang untuk bergabung dan nyatanya aplikasi tersebut bodong. Orang-orang tentu bisa tidak kembali menaruh kepercayaan kepada Anda lagi. Bahkan sejak kabar simpang siur Vtube resmi atau tidak yang beredar.

4.4. Informasi Pribadi

Kabarnya dulu pendaftaran Vtube menggunakan KTP. Tentunya data pribadi Anda akan dimuat semuanya lewat KTP. Dikhawatirkan jika KTP Anda nantinya disalahgunakan. Pastinya akan sangat mengganggu kenyamanan dan ketenangan hidup Anda. Pendaftaran dengan KTP dilakukan oleh para pengguna lama.

Bagi yang masih bingung dan menanyakan apakah Vtube resmi atau tidak, maka sudah bisa dipastikan bahwa hingga saat ini aplikasi ini masih ilegal. Di Indonesia, situs resminya juga masih diblokir sehingga tidak bisa diakses. Seluruh perizinan Vtube masih dalam proses sehingga belum bisa dikatakan legal. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!