Skip to main content

Perbedaan Iphone X dan XR: Mana yang Terbaik?

iPhone X dan XR

Perbedaan Iphone X dan XR: Mana yang Terbaik?

Saat ini banyak pengguna Android hijrah ke iPhone. Dengan budget yang dimiliki, tentu tidak jarang yang merasa kebingungan dalam memilih Iphone dengan spesifikasi mumpuni. Padahal ada iPhone X dan XR yang bisa menjadi pertimbangan. Hanya saja terdapat perbedaan iPhone X dan XR yang perlu dipahami.

Kedua tipe iPhone ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang bercita-cita memiliki produk keluaran dari Apple tersebut. Apalagi jika mengingat iPhone 11 yang baru rilis masih menawarkan harga mahal. Sebagai pengganti, cobalah untuk memiliki salah satu di antaranya iPhone X dan XR.

TOC / Daftar Isi

1. Serba-Serbi iPhone X

Jika dibandingkan dengan iPhone XR, maka iPhone X jauh lebih dulu rilis. Di tahun 2021 ini varian Apple ini masih layak dipertimbangkan. Bukan hanya sekedar karena sudah mengusung layar bezel tipis saja melainkan juga memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding iPhone XR.

Spesifikasi Detail
Display 5.8 inch super AMOLED, 1.125 x 2.436 piksel
Chipset Apple A11 Bionic
GPU Apple GPU
RAM 3GB
Kapasitas Penyimpanan 64GB, 256GB
Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP
Depan: 7 MP
Baterai 2716 mAh
IP Rating IP67
Sistem Operasi IOS 11 dan bisa diupgrade ke IOS 13
Dimensi dan Berat Dimensi: 143,6 x 70,9 x 7,7 mm
Berat: 174 gram
Warna Space grey dan silver
Keamanan Biometrik Face ID

iPhone X dilengkapi dengan face ID yang sangat canggih. Selain itu, ponsel ini juga memiliki dukungan layar tipe OLED super retina dengan tampilan cerah dan tajam. Menariknya lagi, iPhone X juga sudah dilengkapi dengan fitur animoji.

Back to Content ↑

2. Serba-Serbi Iphone XR

iPhone XR rilis setelah iPhone X muncul ke muka publik. Jenis iPhone ini sudah dilengkapi dengan segudang fitur mumpuni yang bisa menjawab kebutuhan pengguna ketika tidak mendapatkannya pada tipe iPhone X.

Spesifikasi Detail
Display 5.8 inch super AMOLED, 1.125 x 2.436 piksel
Chipset Apple A12 Bionic
GPU Apple GPU
RAM 3GB
Kapasitas Penyimpanan 64GB, 256GB
Kamera Belakang: 12 MP
Depan: 7 MP
Baterai 2942 mAh
IP Rating IP67
Sistem Operasi IOS 12 bisa diupgrade sampai IOS 14.4
Dimensi dan Berat Dimensi: 150,9 x 75,7 x 8,3 mm
Berat: 194 gram
Warna Black, red, yellow, coral, blue dan white
Keamanan Biometrik Face ID

iPhone XR sudah dilengkapi dengan bodi aduhai beserta layar mumpuni. Performa dan kecepatannya juga super bagus pastinya mampu mencukupi kebutuhan pengguna. Menariknya lagi, iPhone XR sudah dilengkapi dengan kamera belakang sangat memuaskan.

Back to Content ↑

3. Perbedaan Iphone X dan XR Perlu Anda Tahu

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara iPhone X dan XR. Tentunya penting sekali untuk Anda ketahui sebelum membeli produk keluaran Apple tersebut. Pastikan Anda sudah mengetahui spesifikasi kedua iPhone berikut dan perhatikan mana yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Back to Content ↑

3.1. Desain dan Fisik

Perbedaan iPhone X dan XR bisa dilihat secara langsung melalui tampilan fisik dan desainnya. Keduanya memang sama-sama memiliki desain bagus dan mirip dari sisi notch. Pastinya juga sudah tidak memiliki home button lagi. Akan tetapi, ada perbedaan yang cukup mencolok pada desain dan fisiknya.

iPhone X memiliki finishing dengan memanfaatkan stainless steel sehingga lebih gampang mengkilap sekaligus menunjukkan kesan premium yang sangat menakjubkan. Sementara itu, iPhone XR memakai material alumunium serta kaca agar jauh lebih terjangkau harganya.

Bezel yang terdapat pada iPhone XR juga jauh lebih lebar jika dibandingkan dengan iPhone X. Bodi iPhone XR juga termasuk ke dalam kategori bodi tahan banting dan tahan gores dibandingkan dengan iPhone X yang masih menggunakan stainless.

Back to Content ↑

3.2. Layar

Perbedaan layar kedua jenis iPhone ini juga cukup terlihat. Pada iPhone X mempunyai layar dengan panel OLED dengan ukuran 5,8 inch. Bagian resolusinya mencapai 2.436 x 1.125 piksel. Sementara itu, pada iPhone XR memiliki ukuran yang jauh lebih besar yaitu mencapai 6,1 inch.

Hanya saja resolusi iPhone XR masih berkisar 1.792 x 828 piksel saja dengan jenis panel liquid retina. Tentunya spesifikasi iPhone X jauh lebih unggul ketimbang rekannya yakni iPhone XR jika dilihat daro ukuran layarnya. Namun, hal ini juga bisa bergantung dengan preferensi Anda.

Back to Content ↑

3.3. Kamera

Apabila dilihat berdasarkan spesifikasi kamera, maka iPhone X pastinya jauh lebih unggul ketimbang iPhone XR. Namun, apakah benar demikian? Ternyata tidak sesimpel itu. Tahukah Anda bahwa ternyata kualitas gambar yang dihasilkan oleh iPhone XR mampu mengalahkan dual kamera iPhone X.

Ponsel canggih iPhone XR sudah dilengkapi dengan dukungan spesifikasi kamera iPhone XS dan XS Max. Tentunya hal ini membuat iPhone XR mampu menangkap gambar sekaligus video yang jauh lebih baik pada kondisi low light maupun high exposure sekalipun. Dukungan chipsetnya juga lebih bagus Iphone XR.

Back to Content ↑

3.4. Performa

Kedua ponsel canggih dengan flagship cukup mahal ini sayangnya hanya bisa dibekali dengan RAM 3GB saja. Dibandingkan Android tentunya Anda bisa lebih mendapatkan porsi RAM besar. Lalu, bagaimana persoalan beda performa antara iPhone X dan XR?

Iphone XR sudah dilengkapi dengan chipset Bionic A12 yang lebih baru dan bagus apabila dibandingkan dengan chipset Bionic A11 dari iPhone X. Di samping itu, iPhone XR mempunyai varian memori yang lebih lengkap yakni 64GB, 128GB dan 256GB. Sementara iPhone X hanya menawarkan 64GB dan 256GB.

Back to Content ↑

3.5. Baterai

Persoalan baterai antara versi iPhone X dan XR pastinya lebih bagus iPhoen XR. Iphone X jika dibuat untuk main game maupun streaming film sebentar saja sudah cukup menguras daya. Maka dari itu, Apple mengeluarkan iPhone XR sebagai solusi.

Kapasitas baterai yang dimiliki oleh iPhone XR jauh lebih besar ketimbang iPhone X. Kapasitas baterainya mencapai 2942 mAh dengan daya konsumsi super hemat. Tentu saja hal ini menjadikan nilai tambah dari iPhone XR.

Back to Content ↑

3.6. Harga

Iphone X memang dirilis jauh lebih dulu dibandingkan dengan iPhone XR. Meskipun demikian, sebetulnya jarak harga keduanya tidak jauh berbeda. Berikut merupakan daftar lengkap harga kedua jenis iPhone ini dalam bentuk tabel.

Harga iPhone X
iPhone X Baru iPhone X Bekas
Rp. 11.000.000,00 (64 GB) Rp. 6.900.000,00 (64 GB)
Rp. 12.000.000,00 (128 GB) Rp. 8000.000,00 (256 GB)

Harga iPhone XR
iPhone XR Baru iPhone XR Bekas
Rp. 11.700.000,00 (64 GB) Rp. 6.900.000,00 (64 GB)
Rp. 12.700.000,00 (128 GB) Rp. 8.200.000,00 (128 GB)
Rp. 14.500.000,00 (256 GB) Rp. 8.400.000,00 (256 GB)

Back to Content ↑

Perbedaan iPhone X dan XR kiranya bisa menjadi referensi bagi Anda. Khususnya ketika bingung memilih antaranya iPhone X atau XR. Pilih salah satu yang menurut Anda bisa mencukupi kebutuhan. Baik iPhone X maupun XR keduanya sama-sama bagus dan dilengkapi dengan kapasitas memori besar. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!