Skip to main content

Oppo F7: Spesifikasi, Harga dan Reviewnya 2021

Oppo F7

Oppo F7: Spesifikasi, Harga dan Reviewnya 2021

Salah satu seri smartphone Oppo yang terkenal dengan teknologi AI kameranya adalah Oppo F7. Smartphone ini juga memiliki daya tarik tersendiri pada desainnya yang memiliki layar luas dengan poni.

Vendor satu ini seringkali menjadikan fitur kamera menjadi fokus utama. Misalnya pada seri Oppo F5 yang dikenal dengan teknologi AI Beauty Camera. Lalu, apa perbedaannya dengan Oppo seri F7 yang merupakan seri lebih baru?

1. Spesifikasi Oppo F7

Oppo menghadirkan fitur AI pada kamera depan dan belakang smartphone ini. Tak heran jika kualitas gambar yang dihasilkan pun begitu mumpuni. Untuk lebih jelasnya simak dalam spesifikasinya berikut ini:

  • Dimensi: 156 x 75.3 x 7.8 mm
  • Berat: 158 g
  • Jenis: LTPS IPS LCD capacitive touchscreen
  • Ukuran: 6.23 inch
  • Resolusi: 1080 x 2280 pixel
  • Chipset: Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
  • RAM: 6GB
  • Memori Internal: 128GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 256GB
  • Resolusi Kamera Utama: 16 MP
  • Fitur: PDAF, f/1.8, LED flash, HDR, panorama
  • Resolusi Kamera Selfie: 25 MP
  • Fitur: f/2.0, 1/2.8", 0.9┬Ám
  • Wlan: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 4.2, A2DP, LE
  • Harga: Rp. 3.999.000

2. Review Oppo F7

2.1. Kamera Selfie

Seperti seri sebelumnya, Oppo juga mengutamakan sektor kamera depan pada Oppo seri F7. Sudah bukan rahasia lagi vendor satu ini memiliki keunggulan dalam hal kamera depan.

Salah satu produk Oppo yang fokus dengan kamera selfie adalah Oppo F7 yang memiliki resolusi 25 MP. Dibanding seri sebelumnya, seri satu ini semakin mengupgrade kamera depan. Tidak hanya resolusi yang besar, namun teknologi yang diusung bertajuk AI Beauty 2.0.

Teknologi ini sudah tidak asing dari seri Oppo sebelumnya. Sesuai dengan namanya, AI Beauty tidak hanya menghasilkan foto selfie yang bagus, namun juga mampu mendeteksi jenis kelamin. Hal ini diketahui berdasarkan kemampuan mengenali tekstur wajah sampai 296 titik.

Tidak hanya itu, tersedia pula beraneka ragam animasi atau efek yang bisa digunakan saat sedang selfie. Adanya fitur HDR juga membuat foto selfie Anda lebih detail dan bagus. Bahkan hanya dengan satu kamera, Oppo sudah melengkapinya dengan efek bokeh bawaan.

2.2. Layar

Dari segi layar, Oppo F7 hadir dengan layar full display 19:9 Corning Gorilla Glass 5. Layarnya cukup luas dan dilengkapi poni atau notch. Tipe layar yang digunakan adalah LTPS IPS LCD yang tampak mulus. Rasio yang dimiliki layar smartphone ini membuatnya terlihat lebih luas.

Smartphone ini memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menampilkan gambar dan video dengan tajam. Terdapat fitur Notch Area Display yang membantu Anda membuka aplikasi yang tidak mendukung mode full screen.

Sayangnya, saat terkena sinar matahari konten yang ditampilkan pada layar terlihat kurang jelas. Namun, secara keseluruhan layar smartphone ini sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan hiburan dan multimedia.

2.3. Kamera Belakang

Kamera belakang smartphone ini beresolusi 16 MP. Resolusi yang sama dengan seri Oppo sebelumnya, yakni Oppo F5. Menariknya, Oppo seri F7 dilengkapi fitur yang lebih baik karena sudah menggunakan bukaan f/1.8.

Selain itu, mendukung pula fitur LED flash dan detection autofocus yang memungkinkan Anda menghasilkan tangkapan foto yang memukau. Teknologi AI yang dimiliki Oppo tidak hanya berada pada kamera selfie, melainkan juga pada kamera belakang.

Tak heran jika kamera ini bisa mengenali objek dengan baik. Bahkan pada kondisi cahaya minim sekalipun, komposisi warna yang dihasilkan tetap bagus. Terdapat pula efek bokeh bawaan yang dapat membuat hasil foto terlihat lebih menarik.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Oppo mengutamakan sektor kamera depan dan belakang pada seri yang satu ini.

2.4. Performa

Teknologi AI tidak hanya terdapat pada kamera saja. Oppo juga menyematkannya pada fitur split screen yang dikenal menggunakan AI Board. Fitur ini memungkinkan Anda menempatkan aplikasi favorit di tempat yang sudah disesuaikan.

Tidak hanya itu, foto-foto yang diambil pun bisa dikelompokkan berdasarkan aturan tertentu. Misalnya folder dan lokasi pengambilan. Teknologi AI yang diusung Oppo juga didukung oleh chipset yang digunakan pada smartphone ini.

Oppo seri F7 menggunakan chipset Mediatek Helio P60 yang dikenal sudah cukup mumpuni. Hal ini karena teknologi AI di dalamnya yang disematkan pada beberapa bagian fitur smartphone ini.

Skor Antutu Mediatek Helio P60 juga sudah termasuk mumpuni, yaitu sebesar 138.606. Jumlah tersebut sudah termasuk besar untuk kelas smartphone menengah.

2.5. Kemampuan Gaming

Meski bukan merupakan smartphone khusus untuk gaming, bukan berarti Oppo F7 tidak bisa digunakan bermain game. Smartphone ini dikenal bisa menjalankan aplikasi tanpa loading yang lama. Hal ini karena dukungan RAM sebesar 4GB yang sudah cukup mumpuni.

Terutama untuk mendukung aktivitas sehari-hari dengan aplikasi ringan sampai sedang. Varian RAM 6GB/128GB tentunya akan memberikan performa yang lebih baik. Processor yang digunakan smartphone ini adalah octa core dengan dukungan grafis GPU MP3 Mali-G72.

Hal ini membuatnya bisa memainkan berbagai game mobile populer. Misalnya game Vainglory yang bisa dimainkan dengan frame rates 58 fps dengan melakukan setting grafis terlebih dahulu. Selain itu, untuk game Arena of Valor juga bisa dimainkan dengan frame rates 30 fps.

Lalu, bagaimana dengan game PUBG Mobile? Saat dimainkan dengan smartphone ini, ternyata performanya cukup baik. Tak heran jika Oppo seri F7 termasuk yang terbaik di pasar smartphone menengah.

2.6. Fingerprint dan Face Unlock

Oppo seri F7 juga menghadirkan sistem keamanan yang cukup mumpuni, yaitu fingerprint dan face unlock. Kedua fitur ini akan memberikan pengalaman menggunakan Android yang lebih aman dari keisengan orang lain.

Fitur facial unlock memungkinkan Anda bisa membuka kunci dengan memindai wajah. Teknologi yang digunakan begitu akurat karena bisa mendeteksi sampai 128 titik wajah. Proses pengenalan wajah untuk membuka kunci tergolong cepat tanpa memakan waktu lama, bahkan hanya 0.08 detik.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan fingerprint untuk mengunci smartphone. Menariknya, layar akan langsung aktif ketika jari menempel pada area sensor yang disediakan. Kehadiran sistem keamanan yang cukup lengkap ini membuat perilisan Oppo F7 menjadi daya tarik tersendiri.

2.7. Daya Tahan Baterai

Berbekal baterai berkapasitas 3.400 mAh, smartphone ini sudah mumpuni untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oppo mengklaim baterai smartphone ini bisa bertahan hingga 9 jam 26 menit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai tiba-tiba saat sedang memainkan smartphone ini.

Baterai yang awet tentunya menjadi keunggulan tersendiri bagi sebuah smartphone. Terutama bagi Anda yang memiliki mobilitas padat. Oppo seri F7 cukup mendukung daya tahan baterai yang awet bahkan sampai penghujung hari sekalipun.

Oppo F7 memang sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai tangkapan kamera depan yang bagus. Namun, smartphone ini tidak hanya unggul pada kamera selfie saja. Seperti yang disebutkan di atas, smartphone ini bisa menghasilkan gambar kamera belakang yang keren. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!