Skip to main content

Oppo A53: Spesifikasi, Review dan Harga Terbaru 2021

Oppo A53

Oppo A53: Spesifikasi, Review dan Harga Terbaru 2021

Oppo merilis smartphone A series kelas menengah yang layak diperhitungkan. Vendor satu ini meneruskan salah satu generasi Oppo terpopuler di tanah air. Tidak hanya menawarkan harga terjangkau, Oppo A53 juga memiliki spesifikasi yang tidak bisa diremehkan.

Tak heran jika smartphone ini menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu pecinta smartphone murah. Bagi Anda yang tertarik menggunakan smartphone Rp 2 jutaan ini, simak spesifikasi dan review lengkapnya berikut ini:

1. Spesifikasi Oppo A53

  • Dimensi: 163.9 x 75.1 x 8.4 mm
  • Berat: 186 g (6.56 oz)
  • SIM: Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran: 6.5 inches, 102.0 cm2 (~82.9% screen-to-body ratio)
  • Resolusi: 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
  • OS: Android 10, ColorOS 7.2
  • Chipset: Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240)
  • GPU: Adreno 610
  • Slot Kartu: MicroSDXC (uses shared SIM slot)
  • Internal: 64GB 4GB RAM
  • Kamera utama:
    • 16 MP, (wide), PDAF
    • 2 MP, f/2.4, (macro)
    • 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video: 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.0, (wide), 1/3.06″, 1.0┬Ám
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh, non-removable
  • Varian: Electric Black, Fancy Blue
  • Harga: Rp. 2.499.000

2. Review OPPO A53

2.1. Desain

Saat pertama kali melihat smartphone ini, Anda akan disuguhi desain eksterior dan material bodi yang mengagumkan. Bagian belakang memiliki kesan glossy yang premium. Warnanya kebiruan dan menampilkan garis cahaya dengan gradasi.

Oppo menamakan desain elegan ini dengan 3D Curved Iridescent Wave. Material belakang terbuat dari bahan plastik polikarbonat solid yang nyaman ketika digenggam. Kesan kokoh didapatkan dari kombinasi frame metal di sepanjang sisi smartphone.

Desain modul kamera berbentuk persegi dengan bagian sampingnya yang membulat. Kamera yang diusung merupakan triple camera yang berbaris secara vertikal. Selain itu, di bagian sampingnya terdapat LED Flash dengan logo AI Camera.

Di sebelah kanan modul kamera terdapat sistem keamanan fingerprint. Anda juga akan menemukan logo “Oppo” berwarna silver di bagian kanan bawah bodi smartphone. Tombol power bisa dilihat di ruas kanan bodi.

Sementara itu, di sebelahnya lagi sudah disisipkan SIM triple slot, dimana dua slot untuk SIM Card dan satunya untuk memori eksternal sampai 256 GB. Setelah itu, Anda akan mendapati tombol volume atas dan bawah.

Bagian ruas bawah bodi menjadi bagian yang kaya fitur. Anda akan mendapati speaker, port USB type-C, lubang microphone, dan port audio 3.5 mm.

2.2. Layar

Area display tampaknya menjadi salah satu yang diunggulkan Oppo kali ini. Panel depan smartphone ini mengusung konsep full display yang membuatnya tampak elegan. Di bagian sisi kiri atasnya, terdapat tempelan punch hole.

Di sebelahnya bisa ditemui kamera untuk hasil selfie memukau, yaitu 16 MP. Layar smartphone ini memiliki keunggulan refresh rate 90 Hz yang mumpuni. Menariknya, tidak banyak smartphone kelas menengah yang menerapkan kualitas layar seperti ini.

Namun, Oppo lebih sering menamainya dengan teknologi Neo-Display 90 Hz. Oppo mengklaim layar ini bisa memberikan pengalaman visual yang lebih mulus dan mengagumkan. Terlebih jika dibandingkan layar smartphone dengan refresh rate 60 Hz yang sudah mainstream.

Saat pertama kali melakukan swipe layar, Anda akan merasakan sensasi smooth yang luar biasa. Hal ini karena transisi layar berjalan dengan mulus. Pergerakannya begitu halus dan nyaman dilakukan. Terlebih jika menggunakannya ketika bermain game online.

Smartphone ini dikenal memiliki kontrol game yang mulus. Selain itu, tampilan visual grafis terasa lebih nyata untuk permainan 2D maupun 3D.

Pada dasarnya, resolusi layar yang digunakan memang belum Full HD. Tidak perlu khawatir, meski layar masih HD+ namun terasa cukup nyaman untuk menonton berbagai konten. Bahkan untuk bermain game berat sekalipun.

Layar IPS ini berukuran 6.5 inch dengan teknologi AI Brightness. Untuk pelindung layarnya sendiri, Oppo telah menerapkan Corning Gorilla Glass 3.

2.3. Chipset

Oppo membekali seri A terbaru ini dengan chipset Qualcomm Snapdragon 46. Vendor ini mengklaim bahwa ponsel pintar ini merupakan yang pertama di tanah air yang menggunakannya. Performa smartphone juga didukung RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang sudah cukup mumpuni.

Tak heran jika smartphone kelas Rp 2 jutaan ini diklaim sanggup melakukan multitasking di era modern. Untuk performa gaming sendiri, tidak ada masalah lag berarti. Mulai dari game standar seperti Free Fire dan Mobile Legends, keduanya mulus dijalankan.

Sedangkan untuk game berat seperti PUBG dan Call of Duty, smartphone ini masih menunjukkan performa yang handal. Bagi Anda yang suka melakukan aktivitas multitasking, smartphone ini juga mendukung hal tersebut.

Smartphone ini memungkinkan Anda melakukan browsing, chat WA, membuka sosmed, dan lainnya sekaligus dengan lancar. Apabila kapasitas memori bawaan sudah penuh, Anda bisa mengupgrade micro SD sampai 256GB.

Sayangnya, slot kartu masih bersifat hybrid. Jadi, penggunaannya hanya bisa dilakukan bergantian dengan SIM Card 2.

2.4. Kamera

Sektor fotografi memang tidak pernah terlewatkan oleh Oppo, terutama untuk kamera selfie. Triple camera yang disediakan terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera portrait 2 MP (f/2.4)

Selain itu, banyak fitur yang mendukung hasil foto yang lebih baik, misalnya beautification, live focus, macro, expert, dan sebagainya.

Pada bagian kamera depan, terdapat single kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0). Seperti generasi Oppo sebelumnya, kamera ini sudah dilengkapi teknologi AI. Selain itu, teknologi Intelligent Beautification Algoritma di dalamnya membuat hasil foto selfie lebih natural namun memukau.

Tidak perlu khawatir ketika selfie di tempat yang minim cahaya, kamera depan ini akan mengaktifkan efek beautification dengan sendirinya.

Untuk perekaman video, smartphone ini bisa merekam dengan resolusi 1080 piksel. Pada dasarnya kemampuan ini sudah cukup standar untuk smartphone kelas menengah.

2.5. Sistem Operasi

Performa smartphone ini ditunjang dengan OS Android 10. Sedangkan untuk user interface, Oppo mengusung ColorOS 7.3 yang menawarkan ikon simple namun menarik. Salah satu fitur yang patut menjadi perhatian selanjutnya adalah RAM plus Memory Optimization.

Teknologi ini memungkinkan smartphone ini memiliki performa yang ngebut. Termasuk saat hendak menjalankan aplikasi tertentu jadi tidak memakan waktu yang lama.

2.6. Baterai

Soal sumber daya, kapasitas baterai Oppo A53 sudah termasuk badak. Smartphone ini akan menemani aktivitas Anda dengan baterai 5.000 mAh. Selain itu, di dalam produk sudah tersedia pengisian daya 18W.

Meski memiliki kapasitas baterai yang besar, namun bobot smartphone ini tetap nyaman. Untuk mengisi baterai sampai full, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2 jam. Baterai sebesar ini bisa digunakan untuk keperluan aktivitas sehari-hari dengan pemakaian normal.

Oppo A53 memang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sering bepergian keluar rumah. Hal ini karena kapasitas baterai yang ditawarkan begitu mumpuni. Selain itu, performa dan kualitas kamera menjadi ciri khas Oppo dengan menanamkan AI. Jadi, apakah Anda tertarik dengan seri A satu ini? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!