Skip to main content

Oppo A15: Spesifikasi, Review dan Harga Terbaru 2021

Oppo A15

Oppo A15: Spesifikasi, Review dan Harga Terbaru 2021

Oppo A15 yang dirilis akhir 2015 lalu ini menjadi salah satu smartphone entry level yang patut diperhitungkan. Tidak hanya dijual dengan harga yang terjangkau, fitur-fitur di dalamnya juga cukup memukau. Tak heran jika smartphone ini banyak direkomendasikan di kelas Rp 2 jutaan.

Meski digempur dengan banyaknya pesaing, smartphone ini memiliki keunggulan tersendiri. Desainnya cukup memukau dengan kapasitas baterai yang lumayan badak. Bagi Anda yang ingin mengetahui seputar smartphone terbaru Oppo ini, simak ulasannya berikut ini:

1. Spesifikasi Oppo A15

  • Processor: Mediatek Helio P35
  • Ukuran dan Type Layar: 6.52 inch TFT-LCDscreen, HD+ 1520 x 720 resolution, Gorilla Glass 3
  • Memori: 3GB / 32GB (Expandable up to 256 GB)
  • Kamera Belakang: 13 MP F/2.2 (main camera) + 2 MP F/2.4 (portrait) + 2 MP F/2.4 (macro)
  • Kamera Selfie: 8MP F/2.0 (front camera)
  • Kapasitas Baterai: 4.230 mAh Battery & 5V2A Charging
  • Sistem Operasi: ColorOS 7.2 based Android 10
  • Pilihan Warna: Dynamic Black & Fancy White
  • Harga: Rp. 1.999.000

2. Review Oppo A15

2.1. Desain

Meski dibanderol tidak sampai Rp 2 juta, desain yang ditawarkan cukup menarik. Bahkan tidak sedikit yang menganggap tampilannya melebihi ekspektasi. Hal ini karena kesan elegan yang diberikan desain body smartphone ini.

Tersedia dua pilihan warna yang bisa dipilih, dynamic black dan fancy white. Kedua varian ini memiliki body belakang dengan tekstur glossy. Tidak perlu khawatir, desain ini tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari ketika digunakan.

Dengan demikian, tampilan smartphone tidak akan mudah kotor. Keunggulan desain ini menjadi daya tarik smartphone tersendiri bagi smartphone Oppo dengan harga terjangkau ini.

2.2. Detail Body

Smartphone ini memiliki ketebalan sebesar 7.9 mm dan mengusung teknologi 3D curved body. Desain samping body berbentuk bulat sehingga cukup nyaman digenggam. Di bagian belakang terdapat triple camera yang sudah dilengkapi lampu flash.

Tidak hanya itu, terdapat pula sensor keamanan berupa fingerprint berbentuk bulat. Anda bisa menemukan tombol volume dan tombol power di bagian kanan smartphone ini. Sedangkan untuk memasukkan memori card dan SIM Card, port tersebut berada di bagian sisi kiri body.

Anda bisa memasang dual sim dan kapasitas memori eksternal yang mencapai 256 GB. Bagian body bawah ini terdapat speaker, lubang jack 3.5 mm, lubang microphone, dan USB-C.

2.3. Kamera AI (Artificial Intelligence)

Oppo A15 sudah dilengkapi triple kamera di bagian body belakangnya. Masing-masing memiliki kegunaannya tersendiri untuk menghasilkan foto yang menakjubkan.

Pada dasarnya, kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP untuk memotret objek yang tajam dan jelas. Lalu tersedia 2 MP kamera makro bagi yang ingin memotret objek secara dekat.

Sedangkan bagi Anda yang senang dengan efek bokeh, bisa menggunakan kamera Depth Sensor 2 MP. Fitur depth sensor ini memungkinkan Anda mengambil gambar portrait bokeh. Tampilan gambar akan memiliki latar belakang blur dan tampak lebih natural.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan berbagai pilihan filter agar foto tampak lebih cantik. Kamera Oppo A15 juga sudah dilengkapi fitur AI Scene Enhancement yang merupakan kombinasi fitur AI Scene Recognition dan Dazzle Color.

Fitur ini memungkinkan Anda mengenali objek dengan 21 scene yang berbeda. Tak hanya itu, filter yang disediakan semakin lengkap. Tersedia 15 filter untuk foto dan 10 filter untuk perekaman video yang mumpuni.

Sedangkan untuk kamera selfie, smartphone ini mengusung resolusi 8 MP. Kamera ini sudah dilengkapi fitur AI Beautification yang bisa menyesuaikan foto selfie dengan kriteria tertentu. Misalnya berdasarkan jenis kelamin, warna kulit, usia, dan jenis kulit dari objek foto.

Hasil potret gambar tidak akan berlebihan, justru tampak natural. Tak heran jika kualitas kamera yang ditawarkan termasuk yang diunggulkan dalam seri Oppo satu ini.

2.4. Layar

Oppo A15 dikenal memiliki layar berukuran luas, sehingga penggunaannya lebih leluasa. Smartphone ini memiliki ukuran layar 6.53 inch yang membuat aktivitas menonton video atau bermain game lebih memuaskan.

Konsep layar yang digunakan berupa desain water drop. Hal ini menyebabkan kamera depannya tampak menyatu dengan layar. Rasio layar terhadap body ponsel adalah sebesar 89%. Tak heran jika tampilan layar memiliki bezel yang tipis namun tetap elegan.

Smartphone ini mampu menampilkan gambar yang tajam dan detail. Resolusi layar sebesar 1600 x 720 piksel berkualitas HD+ sudah cukup mumpuni menampilkan gambar yang memukau.

Tidak hanya itu, layar ini juga sudah dilengkapi teknologi Eye Comfort Filter untuk mengurangi radiasi terhadap penglihatan mata. Keberadaan fitur ini penting bagi Anda yang mudah merasa lelah ketika menatap layar gadget terlalu lama.

2.5. Performa

Performa Oppo A15 didukung chipset Mediatek Helio P35. Processor ini menawarkan performa yang lebih stabil dibarengi dengan kapasitas baterai badak. Selain itu, smartphone ini sudah dilengkapi RAM dan memori internal 3/32GB. Pengguna bisa mengupgradenya sampai 256GB.

Saat dicoba menjalankan beberapa aplikasi, smartphone ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Performa smartphone dapat ditingkatkan lagi sebesar 5% dengan fitur khusus. Fitur tersebut dikenal sebagai teknologi Memory Defragmentation 2.0 yang merupakan sebuah inovasi dari Oppo.

Smartphone ini juga sudah disokong fitur HyperBoost 2.1 yang mampu mengoptimalkan aktivitas bermain game online. Fitur ini merupakan kombinasi TouchBoost dan FrameBoost yang membuat performa smartphone saat bermain game lebih lancar.

2.6. Kapasitas Baterai

Bagi Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan kapasitas baterai besar, seri Oppo ini bisa jadi pilihan. Dengan baterai 4.230 mAh, tentunya sangat cocok untuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya scrolling sosmed, streaming film favorit, sampai bermain game online.

Dalam kondisi baterai full, smartphone ini bisa tahan sampai seharian. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu kehabisan baterai.

2.7. Sistem Operasi

Performa Oppo A15 juga didukung oleh sistem operasi ColorOS 7.2. Hal ini membuatnya memiliki berbagai fitur menarik yang bisa digunakan. Salah satunya Dark Mode yang bisa diaktifkan agar tampilan UI berlatar belakang gelap.

Fitur ini sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang sering menatap layar gadget. Dengan menggunakan mode gelap, akan meminimalisir kelelahan mata. Selain itu, fitur screenshot juga dimaksimalkan dengan hadirnya 3-finger Scrolling Screenshot.

Jadi, Anda bisa membuat tangkapan layar mode horizontal maupun vertikal, misalnya pada dokumen PDF. Tak lupa fitur Icon Pull-Down Gesture juga akan mempermudah navigasi layar untuk menjalankan aplikasi tertentu.

Bagi yang sering menggunakan aplikasi esensial tertentu, Anda bisa memanfaatkan fitur Smart Sidebar. Fitur ini memungkinkan akses cepat saat pengguna membutuhkan aplikasi tertentu.

Ulasan mengenai Oppo A15 di atas semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memiliki smartphone ini. Meski dengan harga terjangkau, Oppo memperkaya fitur-fitur di dalamnya dengan cukup baik. Tak heran jika smartphone ini patut diperhitungkan untuk kisaran ponsel Rp 1-2 jutaan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat