Skip to main content

5 Cara Cek IMEI Oppo Resmi dan Cara Cek Resmi atau Tidaknya HP

Cek IMEI Oppo

5 Cara Cek IMEI Oppo Resmi dan Cara Cek Resmi atau Tidaknya HP

Oppo merupakan sebuah merek ponsel yang terkenal akan kamera depannya yang bisa membuat cantik siapa saja. Namun hanya sedikit dari pengguna Oppo yang peduli dengan IMEI. IMEI sendiri merupakan identitas yang unik dari sebuah ponsel. Bagaimana cara cek IMEI Oppo?

Sebenarnya, mengecek IMEI pada ponsel Oppo sama saja dengan ponsel lainnya. Ada beberapa metode pengecekan IMEI yang bisa Anda praktekkan dan semuanya akan dibahas tuntas pada artikel ini.

1. Manfaat Mengetahui IMEI Ponsel

Sebelum membahas tentang cara-cara mengecek IMEI ponsel Oppo, sebaiknya pahami dulu mengapa Anda perlu mengetahui informasi tersebut. Ini dia beberapa manfaat mengetahui IMEI sebuah ponsel.

IMEI bisa digunakan untuk melacak identitas sebuah ponsel, apakah asli dan resmi atau tidak.

Dalam kasus kehilangan ponsel, IMEI bisa digunakan untuk melacak posisi ponsel tersebut.

IMEI juga dapat digunakan untuk memblokir sebuah ponsel agar tidak bisa mendapatkan sinyal dan menggunakan internet.

Meskipun IMEI terkadang dipandang sebelah mata karena hanya terdiri dari susunan angka, ternyata manfaatnya sangat besar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengetahui IMEI dari perangkat yang dimiliki saat ini.

2. Lima Cara Cek IMEI Oppo Termudah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada beberapa cara untuk melihat IMEI pada ponsel Oppo. Inilah penjelasan yang dilengkapi dengan tutorialnya. Baca sampai habis sebelum mempraktikkannya agar tidak salah langkah.

2.1. Melihat IMEI di Body Ponsel

Smartphone Oppo generasi lama masih menggunakan removable battery. Pada ponsel-ponsel tersebut, Anda bisa melihat informasi mengenai nomor IMEI di body bagian belakang. Lebih tepatnya di casing bagian dalam yang tertutup baterai.

Jadi, untuk melihat informasi IMEI, Anda perlu melepaskan baterai ponsel tersebut terlebih dahulu. Cara ini memang cukup merepotkan karena Anda perlu mematikan dan menyalakan ponsel.

Berbeda dengan generasi lama, Oppo terbaru saat ini sudah menggunakan baterai tanam atau non removable battery. Backdoor atau casing belakang juga sangat sulit untuk dilepaskan. Untuk Oppo yang sudah menggunakan baterai tanam, Anda bisa melihat nomor IMEI-nya di luar casing.

Produsen biasanya menempelkan stiker kecil berisi nomor IMEI dan beberapa informasi penting terkait ponsel tersebut. Sayangnya, stiker IMEI ini kerap dilepaskan dari body smartphone karena dinilai mengurangi keindahan desainnya. Jadi, Anda tidak bisa melihat IMEI tersebut.

2.2. Menggunakan Kode USSD

Kalau Anda tak menemukan nomor IMEI di body smartphone, masih ada banyak cara untuk mendapatkan informasi tersebut. Alternatif yang pertama adalah menggunakan kode USSD. USSD merupakan kependekan dari Unstructured Supplementary Service Data.

Kode USSD sendiri biasanya diawali dengan *, diikuti angka, dan diakhiri tanda pagar (#). Kode ini juga sering disebut sebagai kode cepat atau kode fitur. Untuk menggunakan kode tersebut, Anda bisa mengketiknya dari menu Dial Phone atau panggilan.

Kode yang dipakai untuk memeriksa IMEI dari smartphone Oppo adalah *#06#. Jika Anda masih bingung bagaimana caranya, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, buka aplikasi Telepon atau Phone yang ada di smartphone Oppo.
  • Setelah itu, ketik kode *#06# tanpa harus menekan tombol Dial.
  • Sesaat setelah Anda mengetik # yang terakhir, layar ponsel akan menampilkan informasi IMEI secara lengkap.
  • Langkah-langkah ini bisa dikategorikan sebagai cara cek IMEI Oppo paling mudah. Tak perlu pulsa, tak perlu jaringan internet, serta tak perlu mencari barang-barang fisik lainnya seperti dus box dan lain sebagainya.

2.3. Menu Pengaturan atau Settings

Di beberapa ponsel tertentu, mungkin kode USSD di atas tidak bisa diakses karena suatu hal. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda masih bisa mendapatkan informasi mengenai IMEI ponsel Oppo melalui menu pengaturan atau Settings.

Setiap ponsel pasti dilengkapi dengan identitas dirinya yang bisa diakses melalui Settings. Penasaran bagaimana selengkapnya? Simak tutorial di bawah ini.

  • Pastikan smartphone Oppo dalam kondisi stand by dan siap untuk dipakai.
  • Klik logo roda gerigi di home, logo tersebut merupakan menu Settings.
  • Setelah halaman Settings terbuka, gulirkan halaman tersebut ke bawah.
  • Klik pada menu About Phone untuk melihat identitas lengkap dari ponsel tersebut.
  • Terus scroll atau gulirkan halaman tersebut ke bawah sampai menemukan informasi IMEI.

Tak cuma IMEI, di menu About Phone juga terdapat banyak informasi terkait dengan ponsel Anda. Contohnya info tentang nama perangkat, versi Android, dan lain sebagainya.

2.4. Dus Box atau Kemasan Ponsel Oppo

Setiap Anda membeli sebuah smartphone baru, pasti diberi kemasan berupa kardus. Kardus smartphone ini sebaiknya tidak dibuang karena disana terdapat banyak informasi tentang produk ponsel.

Dus Box atau kemasan ponsel Oppo setidaknya memuat dua informasi penting yaitu IMEI dan Serial Number. Keduanya sangat penting dan berguna untuk melacak ponsel Anda jika tiba-tiba hilang atau dicuri.

Nomor IMEI tertera di kardus smartphone Oppo bagian belakang. Di sana juga ada spesifikasi singkat dari smartphone dan barcode yang bisa discan.

IMEI yang ada di dus box sebaiknya di cek dan disesuaikan dengan database di website Oppo. Hal ini perlu dilakukan karena saat ini banyak oknum yang memalsukan smartphone, termasuk mencatut nomor IMEI untuk ditempelkan pada dus box.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati. Terlebih ketika membeli ponsel Oppo second atau bekas.

2.5. Aplikasi Pihak Ketiga

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui informasi mengenai nomor IMEI adalah memakai aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi IMEI Checker bisa Anda download melalui Play Store. Di sana juga terdapat banyak pilihan sehingga Anda bebas mau memakai aplikasi mana.

Aplikasi tersebut rata-rata memiliki cara penggunaan yang sama. Berikut ini gambarannya.

  • Anda harus download dan install Aplikasi IMEI checker dari Play Store.
  • Setelah selesai terpasang di Android, Anda dapat membuka aplikasi tersebut.
  • Di dalam aplikasi biasanya terdapat beberapa tombol. Klik pada tombol Show IMEI atau menu sejenis.
  • Sesaat kemudian, layar aplikasi akan menampilkan informasi IMEI dari ponsel tersebut.

3. Cara Cek Status Resmi atau Tidaknya Ponsel Oppo

Ponsel dan smartphone di Indonesia dibagi menjadi dua golongan menurut legalitasnya. Golongan pertama adalah ponsel resmi yang sudah memenuhi syarat TKDN dan dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Sementara golongan yang kedua adalah ponsel tidak resmi atau black market. Umumnya, ponsel ini dibeli dari luar negeri dan diselundupkan ke Indonesia secara ilegal. Ponsel-ponsel ini tidak terdaftar di bea cukai. Biasanya, harganya lebih murah dibandingkan harga normal.

Untuk mengecek status ponsel Oppo, Anda bisa menggunakan situs Kemenperin. Inilah langkah-langkah untuk memeriksanya.

  • Siapkan IMEI ponsel Oppo Anda.
  • Buka browser kemudian kunjungi link berikut ini https://imei.kemenperin.go.id/.
  • Setelah laman selesai dimuat, masukkan IMEI Anda pada kotak yang tersedia.
  • Apabila IMEI sudah benar, Klik icon Search yang ada di sisi kanan kotak tersebut.
  • Sesaat kemudian akan muncul keterangan mengenai status IMEI yang Anda masukan tadi.

Ternyata cara cek IMEI Oppo sangat mudah, ya? Setelah melakukan pemeriksaan dan memastikan bahwa ponsel Oppo berstatus resmi, sekarang Anda bisa bernapas lega. Kenapa? Karena ponsel resmi mendapat dukungan penuh dari Oppo Indonesia. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!