Skip to main content

Urutan iOS Dari Versi Pertama Hingga Terbaru

Urutan iOS Dari Versi Pertama Hingga Terbaru

Urutan iOS Dari Versi Pertama Hingga Terbaru

iOs merupakan sistem operasi khusus yang hanya digunakan oleh perangkat Apple seperti iPhone, iPod Touch, iPad, dan Apple TV. Dengan pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang, iOS terus meluncurkan berbagai versi dari urutan iOS generasi pertama hingga yang terbaru.

Bisa dibilang setiap tahun selalu menghadirkan versi iOS terbaru dan dibarengi dengan perangkat iPhone atau iPad atau perangkat terbaru dari Apple.

Daftar Urutan iOS

Nah mungkin banyak yang belum tahu, bagaimana perkembangan iOS dari terciptanya sampai sekarang? Untuk itu di bawah ini sudah menjelaskan urutan versi iOS awal hingga yang terbaru.

1. iOS 1

Tepat pada tahun 2007, Apple pertama kalinya memperkenalkan perangkat pintar bernama iPhone. iPhone generasi pertama ini juga dikenal dengan iPhone 2G. Smartphone ini hadir dengan menggunakan versi OS pertama atau OS 1. Sistem operasi ini diciptakan dengan berbasis kode yang sama dengan OS X.

Ketika awal mulanya versi pertama diciptakan, tidak ada yang namanya App Store. Waktu itu, hanya menawarkan beberapa berbagai aplikasi bawaan yang diciptakan oleh tim Apple. Seperti kalkulator, browser, hingga pemutar musik.

Asal Anda tahu kalau OS 1 pertama ini tidak mempunyai nama resmi. Waktu itu, hanya disebut dengan iPhone OS.1. Adapun OS versi pertama memiliki update yaitu iPhone OS 1.1 yang digunakan pada perangkat iPod Touch. Versi iOS ini merupakan iOS 1.1.5 yang kemudian terkenal dengan sebutan OS1 saja.

2. iOS 2

Setelah jangka waktu 1 tahun atau 2008, Apple kembali meluncurkan versi iOS 2 bersamaan dengan ponsel iPhone 3G. Ponsel inilah yang menjadikan nama Apple naik pesat melalui seri iPhone nya. Pada seri ini, tim Apple sudah mulai memperkenalkan App Store.

Hadirnya toko aplikasi ini, menjadikan pengguna ponsel iPhone 3G bisa menambah koleksi aplikasinya dengan cara mendownload langsung dari App Store. Pada versi ini juga telah diciptakan beberapa fitur menarik untuk ponsel iPod Touch generasi kedua seperti perbaikan bug, security note dan lain sebagainya.

Versi iOS 2 ini hadir kembali update menjadi iOS 2.1. dan 2.2. Pada versi 2.2. atau OS 2 ini juga dikenalkan berbagai fitur seperti Mail dan Google Street View.

3. iOS 3

Urutan iOS selanjutnya diperkenalkan pada tahun 2009 yaitu iOS 3.0 bersamaan dengan perangkat iPhone 3GS. Pada ponsel inilah iOS mengalami banyak peningkatan fitur. Seperti voice note, MMS, Kompas, Shake To Shuffle, IMAP, Keyboard Landscape, In App Purchase, Push Notification fitur copy paste.

Versi iOS 3.0 ini mendukung ponsel iPhone generasi sebelumnya, termasuk generasi pertama. Meski begitu, terdapat juga beberapa fitur menarik yang dibatasi. Versi iOS 3.0 juga mengalami update menjadi iOS 3.1. Pada versi ini, memperkenalkan fitur Anti Phising. Tidak sampai itu, iOS 3.1 mengalami pembaruan menjadi 3.2 untuk mendukung ponsel iPad generasi pertama.

4. iOS 4

Tahun 2010, Apple kembali meluncurkan iOS 4 bersamaan dengan ponsel iPhone 4. Pada versi ini terdapat fitur menarik seperti sinkronisasi dengan iTunes, landscape mode, auto fokus, kemampuan 5 x digital zoom.

Selain itu masih ada lagi seperti fitur menyalakan data seluler, multitasking lebih efisien terhadap penggunaan baterai, hingga playlist di iTunes lebih kreatif.

5. iOS 5

Tanggal 21 Juni 2011, Apple kembali memperkenalnya iOS 5 bersamaan dengan perangkat iPhone 4S. Dalam iOS ini ada banyak fitur menarik yang disematkan seperti Game Center, iCloud, iMessages, dan Notifications Center.

Selain itu ada juga fitur menarik lainnya seperti peningkatan fitur pada kamera, fitur aktivasi iPhone tanpa bantuan komputer atau laptop, penambahan berbagai fiur ada Music, Siri atau Asisten Pintar, hingga integrasi pada aplikasi Twitter.

6. iOS 6

Tepat pada 11 Juni 2012 Apple juga memperkenal kembali yakni iOS 6 bersamaan dengan perangkat iPhone 5, iPad 4, dan iPod Touch generasi kelima.

Dalam versi ini tidak ada fitur baru yang disematkan, namun hanya meningkatkan kinerja pada kamera, tampilan desain untuk sebagian aplikasi, Facetime, hingga perubahan menu Pengaturan.

Dan perubahan Apple Maps sebagai pengganti Google Maps. Namun performa aplikasi ini tidak sebagus Google Maps.

7. iOS 7

Urutan iOS selanjutnya hadir pada tanggal 10 Juni 2013 yakni iOS 7, sekaligus menghadirkan iPhone 5S dan 5C. Namun sayangnya, iPhone 3GS tidak memperoleh dukungan dari iOS 7. iOS 7 memberikan tampilan yang berbeda dari sisi desain yakni flat desain dan font System Helvetica Neue Regular. Dan Home Screen dari ponsel ini juga mirip dengan flat design.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa fitur menarik yang bisa Anda gunakan seperti Apple Maps, Safari, Control Center, Airdrop, App Store, Facetime, Siri, dan Touch ID.

8. iOS 8

Pada 2 Juni 2014, Apple kembali menghadirkan iOS terbaru yakni 8. Sekaligus peluncuran iPhone 6 dan 6 plus. iOS 8 ini juga ada di ponsel Apple lainnya seperti iPad Touch generasi 6, iPad 3, iPad Air , serta iPad Mini.

Sedangkan untuk iPhone 4 sudah tidak memperoleh versi iOS 8 ini. Pada versi iOS ini terdapat fitur tambahan seperti iCloud Drive, Family Sharing dan Health yang membantu membaca kesehatan organ tubuh seperti kolesterol, gula darah, kalori, dan detak jantung.

Tidak hanya itu, pada iOS 8 juga ada peningkatan berupa pengetikan cepat melalui Quicktype, kemampuan pesan yang lebih ditingkatkan dan aktivasi siri yang hanya menggunakan suara saja.

9. iOS 9

Tepat pada 16 september 2015 Apple kembali meluncurkan iOS terbaru yakni iOS 9, dibarengi dengan hadirnya iPhone 6S, 6S plus, dan iPad Mini 4. Pada iOS ini ada fitur tambahan yang disematkan seperti Siri yang lebih berwarna dan bisa memakai bahasa inggris atau daerah tertentu.

Kemudian ada juga Touch ID yang lebih aman dengan sistem kode sandi 6 digit, terdapat aplikasi Carplay, Split Screen, dan Mode Slide Over. Selain itu, masih ada aplikasi Note yang telah di update dan Maps yang ada petunjuk arah untuk transit.

Tidak hanya itu, ada juga aplikasi News atau aplikasi berita. Kemudian aplikasi Passbook yang di ganti menjadi Wallet, dan beberapa update untuk meningkatkan performa.

10. iOS 10

Tepat pada tanggal 13 september 2016, Apple kembali meluncurkan sistem operasi mereka ke versi terbaru yakni iOS 10, dan bersamaan dengan ponsel iPhone 7 dan 7 Plus.

Untuk perangkat Apple seperti iPhone 5, 5C, dan iPad 4 tidak mendukung versi iOS 10. Ini karena perangkat tersebut masih menggunakan prosesor 32 bit. Sedangkan iOS 10 sudah memakai prosesor 64 bit.

Ada beberapa fitur yang disematkan pada iOS 10, seperti API Siri, iMessage untuk pengembang aplikasi ID Touch pada notifikasi, emoji pada pesan, tampilan aplikasi peta dengan desain baru dan lain sebagainya.

Bagaimana? Apakah sudah memahami soal daftar urutan iOS dari versi pertama hingga yang terbaru? Lalu, iPhone Anda pengguna versi iOS berapa? Apakah sudah menggunakan versi yang terbaru? Jangan lupa untuk selalu update versi OS nya ya! Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!