Skip to main content

6+ Cara Mengecek Fair Usage Policy IndiHome

6+ Cara Mengecek Fair Usage Policy IndiHome

6+ Cara Mengecek Fair Usage Policy IndiHome

Fair Usage Policy atau FUP adalah suatu batasan untuk penggunaan normal dalam pemakaian layanan internet IndiHome. Sederhananya adalah setelah internet melebihi ambang batas FUP yang sudah ditetapkan, maka kecepatannya akan menurun dengan sendiri. Ada bagusnya Anda mengetahui cara cek FUP IndiHome.

Apalagi, kalau Anda memang termasuk orang yang menggunakan layanan WiFI IndiHome. Dengan Anda tahu FUP, maka bisa menghemat dan kecepatan internet dapat stabil hingga tagihan internet di bayar lagi. Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek FUP, bagi Anda yang belum tahu, bahkan bingung. Sekarang tidak perlu khawatir lagi, silahkan ikuti saja panduannya yang sudah saya rangkum.

6 Cara Mengecek FUP IndiHome

Di zaman sekarang, memang serba gampang. Anda bisa mengecek FUP IndiHome baik secara online maupun offline. Nah berikut ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan salah satunya:

1. Via Call Center 147

Cara pengecekan pertama yang bisa Anda gunakan adalah adalah melalui via call center IndiHome 147. Berikut langkah-langkahnya:

  • Sediakan smartphone atau telepon rumah terlebih dahulu. Dengan catatan Anda sendiri yang menanggung biaya telepon call center sebesar 1.000/menit. Jadi, pastikan pulsa pada ponsel Anda mencukupi untuk melakukan panggilan tersebut.
  • Kemudian telepon nomor layanan call center IndiHome wilayah Anda. Nomor IndiHome sendiri 147. Silahkan tambahkan angka kode wilayah Anda di bagian depannya. Contoh Karimunjawa – 0297, Solo – 0271, Cirebon – 0231, Jakarta – 021 dan lain sebagainya.
  • Apabila Anda tinggal di Jakarta, silahkan masukkan angka 021, lalu di tambahkan angka depan IndiHome 147, menjadi menjadi 021147. Jika tinggal di Solo, maka menjadi 0271147.
  • Tunggu beberapa saat, hingga telepon Anda terhubung dengan customer service IndiHome.
  • Jika sudah tersambung, langsung sampaikan saja keperluan Anda untuk mengecek FUP IndiHome.

Catatan:

  • Biasanya pihak customer service IndiHome akan menanyakan nomor IndiHome Anda serta identitas pemilik IndiHome untuk proses validasi.
  • Anda juga bisa menanyakan kuota internet IndiHome yang sudah digunakan.
  • Bisa juga bertanya mengenai Fair Usage Policy IndiHome dari paket layanan FiberHome yang dibeli.
  • Setelah memperoleh semua informasi, silahkan langsung akhir saja panggilan call center tersebut, supaya pulsanya tidak terkuras banyak. Selesai

Catatan: Selain menghubungi customer service lewat call center 147. Anda juga bisa menghubunginya melalui sosial media customer care IndiHome.

2. Melalui Plasa Telkom

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah melalui Plasa Telkom. Begini langkah-langkahnya:

  • Pertama sediakan terlebih dahulu berkas kepemilikan IndiHome.
  • Langkah selanjutnya, datang ke Plasa IndiHome serta mengambil nomor antrian customer service dari mesin antrian.
  • Setelah itu, sampaikan tujuan Anda, perihal pengecekan FUP IndiHome.

Catatan:

  • Tulis nomor IndiHome Anda dan bawa KTP atas nama pemilik akun IndiHome.
  • Customer service akan meminta KTP Anda untuk keperluan validasi akun IndiHome.
  • Datang pada saat jam kerja: Hari Senin-Jumat buka dari jam 08.00-16.00. Hari Sabtu Plasa buka dari jam 08.00-12.00. Hari Minggu libur.

Catatan Lain:

  • Pada tahap ini customer service akan melakukan validasi akun IndiHome terlebih dahulu.
  • Customer service akan meminta nomor IndiHome dan Identitas pelanggan.
  • Customer service IndiHome, akan menjelaskan kuota IndiHome yang sudah digunakan dan UP pada IndiHome Anda.
  • Langkah terakhir adalah Akhiri layanan customer service dan selesai.

3. Melalui Fanspage Facebook IndiHome

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, kalau Anda bisa menghubungi customer service melalui media sosial IndiHome, salah satunya Fanspage Facebook IndiHome.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, login ke akun Facebook Anda terlebih dahulu.
  • Kemudian buka fanspage Facebook IndiHome dan klik Like.
  • Selanjutnya, klik menu Kirim Pesan. Anda dapat menulis pesan. Isi pesan tersebut perihal FUP IndiHome, tagihan, dan pengecekan kuota internet IndiHome.

Catatan:

Pada saat Anda menggunakan cara ini, ada baiknya bersabar. Perlu diketahui jika customer service fanspage IndiHome tidak selalu aktif atau online. Jangan keburu kesal, apabila belum mendapat balasannya. Tapi sih biasanya, dalam kurun waktu 10-30 menit sudah mendapatkan jawabannya.

4. Melalui Aplikasi My IndiHome

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengecek FUP IndiHome adalah dengan menggunakan aplikasi My IndiHome. Berikut dibawah ini langkah-langkah-langkahnya.

  • Pertama, unduh dan install terlebih dahulu aplikasi MyIndiHome.
  • Kemudian masuk atau login ke aplikasi MyIndiHome. Di sini Anda hanya perlu memasukkan Email serta Kata Sandi saja. Setelah itu klik Masuk.

Catatan:

Untuk Anda yang belum mempunyai akun My IndiHome, silahkan lakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu. Berikut panduannya:

  • Pertama, cari dan tekan tombol Menu di sebelah pojok kiri atas aplikasi. Biasanya bersimbol ikon garis bertumpuk tiga.
  • Kemudian, cari dan tekan Status Langganan.
  • Sekarang Anda sudah dapat melihat status penggunaan kuota serta tagihan IndiHome.
  • Namun perlu diketahui, beberapa waktu sebelumnya. aplikasi My IndiHome bisa memperlihatkan data FUP IndiHome serta penggunaan internet IndiHome. Namun setelah ada pembaruan aplikasi, menu batasan FUP sudah tidak dapat dimunculkan.

5. Website IndiHome

Selain aplikasi, untuk mengel FUP Anda juga bisa menggunakan website IndiHome. Bahkan dengan metode ini, Anda bisa melihat informasi lain seperti promo terbaru, paket, dan bisa juga dipakai untuk melihat sisa kuota internet.

Dan yang pasti cara ini sangat cocok, untuk Anda yang malas menginstall aplikasinya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silahkan kunjungi website resmi IndiHome.
  • Jika sudah masuk ke dalam halaman utama, tekan tulisan MyIndiHome.
  • Kemudian masuk atau login dengan akun IndiHome Anda.
  • Setelah masuk, Anda akan dibawah ke halaman awal dengan beberapa informasi tambahan di dalamnya.
  • Silahkan, fokus saja pada bagian penggunaan internet Anda.
  • Pada dalam tersebut, Anda juga bisa melihat FUP layanan. Selesai.

Catatan: Untuk melihat kuota layanan lain seperti TV dan Telepon. Silahkan tekan Tab yang ada. Kemudian halaman akan muncul dan Anda bisa melihat sekaligus batas waktu penggunaan layanan TV seta Telepon.

6. Melalui SMS

Metode lain yang bisa Anda gunakan adalah memanfaatkan layanan SMS. Metode ini bisa menjadi solusi Anda yang sedang berada di luar rumah dan mau melakukan pengecekan dari jarak jauh.

Untuk melakukan pengecekan melalui SMS, Anda harus mengirim SMS dengan ISP (spasi) IH (spasi) Kode area + nomor telepon IndiHome.

Kemudian kirim SMS tersebut ke nomor 98108. Setelah itu, Anda tunggu beberapa saat sampai mendapatkan balasan perihal status paket internet yang Anda gunakan. Untuk biaya yang dikeluarkan dengan cara ini, sebesar Rp350 untuk setiap SMS-nya. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup sebelum memakai layanan ini.

Setelah Anda mengikuti salah satu panduan di atas, sangat mudah bukan untuk mengecek FUP IndiHome. Sekarang sudah tahu kan? Dengan adanya sistem ini, tentunya sangat bermanfaat sekali bagi pihak provider untuk mencegah pengguna layanan IndiHome melakukan hal-hal atau perbuatan yang bisa merugikan pihak provider itu sendiri.