Skip to main content

Mengenal Telegram Sebagai Salah Satu Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Telegram

Mengenal Telegram Sebagai Salah Satu Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Telegram kini menjadi salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan. Bukan tanpa alasan, nyatanya Telegram ini memang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan platform lainnya. Misalnya mampu mengirimkan file video tanpa adanya batasan ukuran sehingga pengguna bisa dengan bebas. Pembahasan teknologi serupa lainnya bisa juga Anda dapatkan di website mikirtekno.com.

1. Apa saja Manfaat Telegram?

Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan aplikasi perpesanan gratis Telegram ini. Popularitasnya pun semakin berkembang sehingga penggunanya juga bertambah seiring berjalannya waktu. Berikut ulasannya:

  • 1.1. Mengamankan Riwayat Pesan

    Berbagai macam protokol keamanan yang digunakan oleh Telegram sehingga privasi pengguna sangat terjaga. Salah satunya yakni komponen tingkat tinggi dimana kiln dan server akan mengirim pesan dalam sesi dengan mengandalkan Web Socket.

    Komponen otorisasi kriptografi pesan mempunyai sistem identifikasi kunci 64 bit dan juga 128 bit. Keduanya digabungkan menggunakan 256 bit yang acak memakai enkripsi AES 256. Transportasi data akan menggunakan HTTP, HTTPS, WSS, WS, UDP dan TCP.

  • 1.2. Memungkinkan Obrolan Grup Lebih Besar

    Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk memasukkan setidaknya 20 ribu pengguna ke obrolan grup. Tentu hal ini sangat berbeda dengan aplikasi chatting lainnya sehingga tidak ada batasan ketika Anda sedang ingin melakukan diskusi bersama orang banyak sekaligus.

    Telegram pun memiliki fitur untuk mendukung penggunaan hashtag yang bisa membantu dalam menyediakan struktur grup lebih besar. Jadi aplikasi ini menjadi alternatif paling baik ketika sebuah perkumpulan ingin melakukan diskusi, voting dan menentukan kesepakatan bersama-sama.

  • 1.3. Memungkinkan Pengiriman File Berukuran Besar

    Salah satu alasan orang-orang menggunakan Telegram adalah mampu mengirim file dengan ukuran besar. Kelebihan ini umumnya tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya dimana memiliki batasan tertentu sehingga pengguna pun harus membatasi ketika ingin saling bertukar dokumen satu sama lain.

    Umumnya, Telegram mampu mengirim file dengan ukuran 1,5 GB sehingga sangat besar. banyak orang memanfaatkan aplikasi ini ketika ingin mentransfer data berupa dokumen, foto hingga video. Anda pun juga bisa mengunduhnya secara langsung tanpa adanya batasan asalkan memiliki jaringan stabil.

  • 1.4. Memungkinkan Penjadwalan dan Penyimpanan Pesan

    Menariknya Telegram akan memungkinkan pengguna dalam melakukan penjadwalan pesan di waktu ke depan. Fitur ini tentu memiliki banyak manfaat untuk Anda. Misal saat seseorang ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun tepat jam 12 malam namun tidak ingin bangun tengah malam.

    Tidak hanya menggunakan Telegram untuk melakukan penjadwalan saja, namun aplikasi ini juga mampu digunakan ketika pengguna ingin menyimpannya ke dalam folder penyimpanan dalam HP. Hal ini bisa memudahkan ketika seseorang hendak mengingat sebuah catatan atau note penting.

2. Fitur-fitur Telegram sebagai Sarana Informasi dan Komunikasi

Tentu Anda mengetahui jika banyak sekali aplikasi chatting yang bisa digunakan termasuk juga Telegram. Menariknya ada beberapa kelebihan dimilikinya dimana tidak dipunyai oleh platform lainnya sehingga menjadi keunggulan tersendiri. Berikut ulasan lengkapnya:

  • 2.1. Menggunakan Lebih dari 1 Nomor

    Fitur ini tentu tidak dimiliki oleh platform chatting lainnya sehingga pengguna pun bisa saja menjadikan satu akun untuk kebutuhan pribadi dan bisnis. Pastinya hal ini cukup mengganggu. Menariknya Anda bisa menggunakan lebih dari 1 nomor ketika mengenakan Telegram.

    Telegram justru memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk memasang lebih dari satu nomor. Hal ini akan memudahkan ketika orang-orang ingin memisahkan kebutuhan pribadi dan usahanya dengan akun yang sudah dipisahkan.

  • 2.2. Adanya Obrolan Rahasia

    Bagi pengguna yang sangat mementingkan hal privasi tentu tidak ingin jika obrolan mereka mudah terlihat di halaman utama chatting. Menariknya fitur ini sudah tersedia di aplikasi Telegram dimana Anda bisa menyembunyikannya chat dengan kontak tertentu melalui menu Peduli Privasi.

    Fitur Secret Chats yang artinya obrolan rahasia ini memungkinkan pengguna untuk bisa mempunyai ruang obrolan secara privasi dimana nantinya akan otomatis terhapus dalam jangka waktu tertentu. Riwayat pesan juga tidak tersimpan dalam server Telegram sehingga sangat aman dari bocor data.

  • 2.3. Adanya Server Proxy

    Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Telegram nyatanya sangat peduli terhadap keamanan data para penggunanya. Tidak hanya menyediakan fitur secret chats saja, nama aplikasi ini juga menawarkan menu menarik untuk mengelola server proxy sehingga bisa menyembunyikan lokasi.

    Pengguna Telegram hanya perlu mengatur server proxy ke menu Settings. Selanjutnya klik menu Data Storage dan Proxy Settings. Masukkan detail yang diperlukan. Fitur ini menjadi kelebihan utama dari aplikasi chatting ini sehingga banyak orang memilih untuk menggunakannya demi alasan privasi.

  • 2.4. Banyaknya Bots

    Adanya bots ini memang menjadi hal yang sangat menarik dari Telegram. Seperti halnya Slack, aplikasi ini dilengkapi dengan banyaknya fitur chat ini. Hal ini dirasa sangat memudahkan penggunanya dalam mengetahui dan mendapatkan informasi dalam bentuk apapun.

    Banyak sekali jenis bots yang ada di Telegram mulai dari pencarian musik, film, drama korea, terjemahan Inggris Indo, informasi cuaca terkini sampai memperoleh kabar terbaru mengenai lowongan pekerjaan. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci di kolom pencarian untuk mencarinya.

  • 2.5. Berbagi Lokasi Langsung

    Adanya fitur berbagi langsung ini akan memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukannya secara real time dengan nama kontak yang diinginkan. Caranya pun sangat mudah dimana Anda hanya perlu membuka pengaturan lampiran dan pilihlah menu share location.

    Fitur ini sangat akurat sehingga sangat membantu penggunanya untuk mengetahui lokasi seseorang. Misalnya ketika orang tua ingin memastikan keberadaan anak-anaknya tentu saja hal ini cukup membantu bagi mereka.

  • 2.6. Poll 2.0

    Awal tahun 2020, Telegram mengumumkan jika sedang merilis fitur baru guna meningkatkan pengalaman penggunanya untuk saling chatting-an. Menu ini disebut dengan Poll 2.0 yang memungkinkan para user melakukan berbagai jenis polling dalam berbagai bentuk misalnya di grup.

    Ada tiga pilihan yang ada di dalam Poll 2.0 yakni Visible Votes, Multiple Answer serta Quiz Mode. Fitur ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna jika mereka sedang memerlukan voting secara online ketika sedang menentukan suara terbanyak dari suatu pilihan.

  • 2.7. Berjalan di Windows, Linux dan MacOS

    Berbeda dengan WhatsApp yang bisa diakses pada PC harus melalui browser atau situs resminya. Lain halnya jika Telegram dimana sudah menyediakan aplikasi khusus sehingga memudahkan pengguna ketika ingin mengaksesnya baik lewat PC atau laptop.

    Aplikasi ini berjalan secara native serta tersedia dalam berbagai OS baik Windows, Linux dan MacOS. Tidak hanya mudah digunakan karena langkah-langkah yang lebih efektif dan efisien, Telegram di PC ini pun dapat dilakukan sinkronisasi melalui HP.

Itu tadi beberapa ulasan lengkap mengenai Telegram yang kini dijadikan sebagai sarana informasi dan komunikasi. Ada banyak manfaat dari aplikasi ini jika dibandingkan dengan platform chatting lainnya sehingga menjadi alasan mengapa kebanyakan orang memilihnya untuk berbagai keperluan. Untuk ulasan yang menarik lainnya, Anda bisa masuk ke laman mikirtekno.com.