Skip to main content

Aplikasi PS5: Filter Remote Play, dan Emulator

PS5

Aplikasi PS5: Filter Remote Play, dan Emulator

Sejak berita peluncuran PS5 menjadi booming, banyak dari kita mencoba cari cara agar bisa mencoba game tanpa perlu beli konsol. Mengapa? Karena harga dari konsol cukup tinggi sehingga banyak dari kita mencari aplikasi PS5 untuk menjalankan game yang kemungkinan akan rilis.

Nah, pertanyaannya adalah apakah aplikasi PS5 bisa digunakan untuk memainkan game dengan kualitas HD dan teknologi tinggi? Untuk tahu jawabannya, Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini satu per satu, ya.

1. Filter PS5 untuk Instagram

Dalam beberapa bulan ke belakang, banyak dari kita tertipu dari beberapa foto atau stories di Instagram yang menampilkan konsol PS5. Akhirnya, kita tanya kepada si empu pemilik foto tentang di mana mereka beli PS5 yang masih belum dirilis secara resmi di Indonesia.

Ternyata, mereka hanya menggunakan filter yang disediakan oleh Instagram yang menampilkan konsol PS5 yang sudah jadi impian sejuta umat itu. Bagaimana tidak, jarak antara PS4 ke versi paling anyar ini sekitar 10 tahunan. Jadi, teknologinya pasti sangat berbeda.

Kalau Anda ingin mencoba filter yang ada di Instagram, cukup cari efek ini dari menu foto atau pembuatan stories di IG. Cari mana yang sekiranya cocok dan bisa menampilkan secara nyata foto dari kardus PS5 yang sangat besar dan terlihat wah itu.

Foto yang ditampilkan tampak seperti nyata. Jadi, Anda bisa sedikit pamer meski belum memiliki PS5 yang akan dirilis awal tahun 2021. Tidak masalah, siapa tahu bisa jadi semangat untuk membeli konsol aslinya.

2. Menggunakan Remote Play

Remote Play adalah aplikasi yang disediakan oleh Playstation. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa bermain tanpa menggunakan gadget atau konsol asli. Jadi, bisa di relay ke PC atau Mac kalau sedang malas main PS jenis apa pun.

Sayangnya untuk bisa memainkan Remote Play, Anda harus memiliki konsol dari PS5 terlebih dahulu. Kalau tidak memilikinya, Anda tidak bisa memainkannya via PC atau MAC tanpa perlu menggunakan emulator yang kadang masih ada bug-nya.

Kalau Anda ingin mencoba menggunakan Remote Play, coba ikuti dahulu beberapa langkah di bawah ini:

Download aplikasi Remote Play dari situs resmi yang dimiliki oleh Playstation. Selanjutnya, pasang ke PC atau Mac sesuai dengan versinya untuk menghindari ketidakcocokan dan malah error saat dimainkan.

Setelah terpasang, buka aplikasi Remote Play dan masuk ke dalam jaringan dari PS5. Konsol harus terhubung ke PSN agar bisa dideteksi dan bisa dimainkan secara remote.

Sampai sini, Anda bisa segera memainkan konsol melalui PC atau Mac layaknya memainkan PS 5 seperti biasanya.

Apabila deteksi otomatis tidak bisa dilakukan, Anda bisa menggunakan cara berikut untuk melakukan setting manual. Buka Pengaturan, lanjut ke Sistem, cari Putar Jarak Jauh, dan terakhir pilih Tautkan Perangkat.

3. Menabung dan Menunggu Emulator

Biasanya dalam beberapa tahun setelah rilis, akan ada emulator yang bisa dipakai untuk memainkan game dari PS5. Aplikasi PS5 itu umumnya dipasang di PC untuk memutar data dari game yang sebelumnya sudah dipindahkan.

Emulator yang dimainkan biasanya memiliki data yang cukup besar dan menuntut grafis yang juga mumpuni. Kalau Anda menggunakan PC biasa, kemungkinan besar tidak akan bisa dipakai untuk memutar atau sering mengalami macet karena syaratnya cukup besar.

Kalaupun bisa dipakai untuk memutar game PS5, kemungkinan besar aplikasi PS5 ini masih memiliki bug. Apalagi dikembangkan oleh individu atau developer independen. Anda akan sulit untuk menikmati apa yang dihadirkan oleh PS5.

Daripada menggunakan aplikasi, lebih baik bersabar menunggu 1-2 tahun terlebih dahulu. Anggap dalam sebulan Anda menabung 500 ribu sampai 1 juta. Setelah 2 tahun bisa dapat PS5 beserta dengan aksesorisnya.

Sungguh sayang kalau tidak bisa merasakan langsung bagaimana PS5 ini memberikan teknologi yang berbeda dan baru. Jadi, tidak ada salahnya untuk bersabar untuk sementara waktu hingga waktunya tiba.

4. Kelebihan PS5

Terkadang banyak dari kita tidak sabar untuk segera mendapatkan PS5 dan memilih menunggu emulator. Daripada menunggu yang tidak pasti, kenapa tidak menabung saja untuk mendapatkan PS5 secara langsung dan memainkannya di kemudian hari.

Supaya Anda memiliki semangat dalam menabung, simak dahulu kelebihan PS5 di bawah ini:

4.1. Kemajuan pada Grafis

Dibandingkan dengan PS4 yang akhirnya memiliki generasi baru, PS5 memiliki kelebihan dari segi grafisnya. PS4 yang sudah kita mainkan selama bertahun-tahun mampu menghadirkan grafis sampai resolusi 4K sehingga main game terasa sangat nyaman.

Pada PS5 ini ada peningkatan yang cukup signifikan. Anda bisa mendapatkan grafis dengan kekuatan sampai 8K. Namun, layar yang dipakai harus tetap mumpuni untuk menghasilkan kualitas gambar yang sempurna. Kalau layarnya biasa, kemampuan itu tidak akan bisa dimunculkan.

4.2. Spesifikasi yang Sangat Mumpuni

Dari segi jeroan PS5 tidak mau main-main lagi, pengembang memberikan prosesor generasi anyar untuk membuat proses main game jadi lebih lancar. Anda bisa memainkan PS5 dengan chip AMD Ryzen 8 core. Audio sudah 3D sehingga bermain game jadi lebih realistis.

4.3. Kompatibel dengan Game PS4

Saat awal peluncuran konsol, banyak sekali penggemar game yang merasa khawatir dengan jenis game yang bisa dimainkan. Ternyata, Playstation tetap memberikan kecocokan game dari versi sebelumnya. Jadi, game PS4 masih bisa dimainkan dengan menggunakan konsol ini.

4.4. Loading yang Super Cepat

Beberapa PS4 memiliki loading yang agak lama kalau dipakai untuk memainkan game. Apalagi game yang dimainkan memang memiliki kualitas HD. Pada PS5, loading yang lama tidak akan terjadi lagi karena sudah pakai prosesor yang sangat hebat.

4.5. Hadirnya Ray Tracing

Ray Tracing hadir membuat pencahayaan dan ambiance jadi lebih sempurna. Jadi, Anda tidak akan merasa terlalu terang dan memicu perasaan tidak nyaman pada mata. Ada teknologi yang membuat cahaya bisa menyesuaikan dengan sekitar.

4.6. Sudah Termasuk VR

Suka main dengan konsep VR? PS5 juga menghadirkannya dengan perangkat yang lebih canggih. Jadi, Anda bisa main game kesayangan dengan lebih nyata.

4.7. Kontroler yang Sempurna

Kontroler yang diberikan PS5 bisa dibilang sempurna dan menjangkau semua aspek. Untuk bisa memainkan konsol ini dengan sempurna, Anda disarankan untuk membeli semua aksesori. Jadi, menabunglah dahulu agar sensasi main PS5-nya bisa sempurna.

Setelah membaca ulasan di atas, kita bisa membuat kesimpulan kalau aplikasi PS5 sebenarnya masih tidak ada. Apalagi konsol ini masih baru dan akan baru dirilis pada awal 2021. Kemungkinan satu tahun setelah itu baru emulator akan muncul atau bisa tidak karena teknologinya canggih.

Sebenarnya harga dari PS5 ini masih bisa dijangkau kalau Anda mau menabung dalam 1-2 tahun sejak sekarang. Hype masih akan tetap ada dan kemungkinan ada versi tipis dari PS5 yang harganya bisa lebih murah. Jadi, lebih baik bersabar.

Selain itu, game yang bisa dimainkan pada PS5 juga masih belum banyak pada awal peluncurannya. Namun, kalau Anda beli setahun atau dua tahun kemudian, jumlah game akan banyak sehingga Anda tidak perlu pakai kaset dari PS4. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!