Skip to main content

Spesifikasi Laptop Asus X441MA (LENGKAP)

Laptop Asus X441MA

Spesifikasi Laptop Asus X441MA (LENGKAP)

Sebagai salah satu produsen laptop ternama, Asus tidak berhenti menghadirkan laptop baru berkualitas dengan harga terjangkau. Adalah laptop Asus X441MA yang kini hadir untuk memenuhi kebutuhan perangkat komputer di kalangan para pelajar.

Meski memiliki harga yang cukup murah, laptop ini tidak bisa diremehkan dari segi spesifikasinya. Anda tidak akan menemui banyak kendala saat menggunakannya untuk kepentingan sehari-hari di sekolah. Jika Anda penasaran terhadap spesifikasi lengkapnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Review Lengkap Laptop Asus X441MA

Laptop untuk kalangan pelajar biasanya membutuhkan kemampuan multitasking yang baik dan juga daya tahan baterai yang bagus. Apakah laptop Asus X441MA mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Inilah ulasan lengkap Asus X441MA dari berbagai aspek:

1.1. Desain Laptop

Dilihat dari desainnya, laptop ini terbilang tidak begitu spesial dan cenderung biasa saja. Hal itu wajar mengingat tujuan dibuatnya laptop ini bukanlah berfokus pada desainnya. Meski begitu, Asus mensiasatinya dengan tekstur brushed metal pada bagian covernya.

Hal itu membuatnya tampak elegan saat dibawa atau ditaruh di atas meja. Selain itu, ada 2 buah grill speaker yang diletakkan di bagian bawah layarnya. Posisi yang jarang ditemui di laptop-laptop lainnya. Sementara di bagian touchpad, laptop ini menyediakannya cukup luas.

Anda akan dengan mudah dalam menggerakkan mouse yang ada di layar. Meski berbahan plastik, build quality pada bagian bazel juga cukup kokoh. Secara keseluruhan, bodi dari laptop Asus X441MA memiliki kesan yang compact dan nyaman untuk dibawa kemanapun Anda pergi.

1.2. Hardware dan Performa

Meski dijual dengan harga terjangkau, laptop ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Dibekali prosesor intel N4000 dual-core 1,1 GHz dengan 2,6 GHz Turbo Boost. Semua itu ditopang dengan kartu grafis Intel HD yang membuatnya bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan pelajar saat ini.

Di sektor RAM, laptop Asus X441MA ini memiliki kapasitas sebesar 4GB yang masih bisa ditingkatkan menjadi 16GB. Sementara di bagian penyimpanan, Anda tidak akan merasa kurang berkat storage sebesar 1TB yang ada di dalamnya.

Anda juga bisa membuat desain atau menjalankan game-game ringan di laptop ini tanpa mengalami lag sedikitpun. Dengan begitu, Anda bisa tetap produktif maupun sekedar refreshing menggunakan laptop yang sama, yaitu Laptop Asus X441MA ini.

1.3. Display

Salah satu sektor penting yang juga harus diperhatikan dari sebuah laptop tidak lain adalah bagian layarnya. Di laptop ini, pihak Asus telah merancang sedemikian rupa bagian layarnya sehingga akan membuat penggunanya merasa nyaman. Hal pertama datang dari layarnya yang memiliki ukuran 14”.

Dari layar 14 inch tersebut, resolusi yang dihasilkannya adalah 1366 x 768 dengan tingkat warna 45% NTSC. Sayangnya, panel yang digunakan masih TFT LCD LED dan bukan IPS seperti pada laptop kelas menengah lainnya. Meski begitu, Anda tetap bisa menikmati sajian grafis nya dengan nyaman.

Dengan spesifikasi layar tersebut, Anda sudah bisa menikmati sajian video hingga resolusi 1080p yang akan membuat tampilan objek di dalamnya lebih detail dan tajam. Secara keseluruhan bisa dikatakan tidak istimewa tetapi sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan layar standar.

1.4. Baterai

Untuk memenuhi kebutuhan daya dari laptop ini, sudah tertanam baterai 3 cells 35 WHr yang mampu bertahan sekitar 3,5 – 4 jam untuk penggunaan normal seperti browsing atau office. Durasi yang tidak terlalu lama sebenarnya sehingga membuat penggunanya tidak bisa berada jauh dari sumber listrik.

1.5. Konektivitas

Selanjutnya, di bagian konektivitasnya laptop Asus X441MA ini memiliki port penghubung yang cukup lengkap. Dimulai dari port USB yang terdiri dari port USB 2.0, port USB 3.0, dan port USB 3.1 Type-C. Selain itu, ada DVD-RW yang bisa Anda gunakan untuk memutar DVD secara langsung.

Adanya port VGA juga akan membantu Anda saat ingin melakukan presentasi di depan kelas menggunakan proyektor. Sementara untuk pemindahan layar laptop ke sebuah TV LED juga bisa mengandalkan port HDMI agar tampilan yang dihasilkan lebih detail dan tajam.

1.6. Audio

Beralih ke sektor audio, laptop yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelajar ini sudah disematkan 2 buah speaker stereo yang terletak di bagian bawah layar. Untuk mengoptimalkan kemampuan speakernya, Asus telah menerapkan teknologi ICEPower dan Sonic Master Audio.

Selain itu, ada juga aplikasi Audiowizard yang bisa Anda gunakan untuk tuning audio di laptop ini. Secara mengejutkan, laptop ini mampu menghasilkan suara yang cukup kencang dengan karakteristik yang terasa lebih warm.

Hal ini tentu akan membuat penggunanya bisa menikmati multimedia tanpa harus menggunakan earphone atau headset.

1.7. Sistem Operasi dan Software

Berbicara tentang sebuah laptop tidak melulu soal hardware, tetapi juga tentang OS apa yang digunakan serta software apa yang mendukung performanya agar lebih optimal. Di laptop Asus X441MA ini, OS yang digunakan adalah Windows 10 x64 Home Original pre-installed.

Itu artinya, Anda tidak perlu lagi membeli lisensi Windows untuk dipasang di laptop tersebut. Di samping itu, Anda juga bisa menikmati aplikasi Office 365 yang berupa Trial selama 7 hari. Aplikasi ini sangat cocok untuk keperluan tugas pelajar maupun untuk perkantoran.

1.8. Keyboard

Sementara untuk keyboard, laptop ini memiliki desain chiclet dengan tuts yang berukuran sedang. Untuk penggunaan pertama kali, mungkin akan terasa kurang nyaman saat mengetik dengan durasi yang lama. Akan tetapi, hal itu akan berbeda jika sudah terbiasa menggunakannya.

2. Kelebihan dan Kelemahan Asus X441MA

Seperti yang sudah diulas pada pembahasan di atas, laptop Asus satu ini tidak datang dengan segala kelebihannya saja. Akan tetapi masih ada beberapa kelemahan yang bisa menjadi pertimbangan saat ingin membeli laptop ini nantinya. Agar lebih jelas, simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

2.1. Kelebihan

  • Harga relatif terjangkau
  • Performa cukup bisa diandalkan untuk keperluan pelajar
  • Audio cukup kencang
  • Telah terinstal Windows 10 Original

2.2. Kekurangan

  • Kualitas layarnya masih biasa saja
  • Jarak antar port USB terlalu dekat sehingga sangat sulit untuk menggunakan flashdisk secara berjajar.
  • Kapasitas baterai tidak terlalu besar.
  • Desain terkesan biasa saja

Secara lengkap, spesifikasi dari laptop Asus X441MA bisa Anda lihat pada tabel / list di bawah ini:

3. Spesifikasi Lengkap dan Harga

  • Ukuran Layar: 14 inch
  • Resolusi Layar: 1366 x 768
  • Processor: Intel N4000 1,1 GHz dengan 2,6 GHz Turbo Boost
  • GPU: Intel UHD Graphic 600
  • RAM: 4GB up to 16GB
  • Kapasitas Penyimpanan: HDD 1 TB 5400 rpm
  • Konektivitas: Wifi, Port USB 2.0, Port USB 3.0, Port USB 3.1 Type-C, Port HDMI, Port VGA, DVD Drive-RW
  • Audio: Stereo, ICEPower Audio, Asus Sonicmaster Audio
  • Kapasitas Baterai: 3 Cell 36 WHr Battery
  • Pilihan Warna: Silver Gradient, White, Red, Chocolate Brown, dan Aqua Blue
  • Harga Pasaran: Rp 4,1 juta

Dilihat dari spesifikasi di atas, laptop Asus X441MA ini sangat layak untuk digunakan terutama bagi kalangan pelajar. Selain harganya yang terjangkau, laptop ini juga memiliki performa yang cukup baik jika digunakan untuk kebutuhan pelajar pada umumnya, seperti office, desain ringan, browsing, dll. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!