Skip to main content

Review Spesifikasi Samsung Galaxy A02s (Lengkap)

Samsung Galaxy A02s

Review Spesifikasi Samsung Galaxy A02s (Lengkap)

Baru saja diperkenalkan pada bulan November 2020 lalu, Samsung Galaxy A02s dijadwalkan akan dirilis pada bulan Februari 2021 bersamaan dengan Galaxy A12. Smartphone ini akan menjadi penerus dari Samsung Galaxy A01 dan juga Galaxy A11 yang sudah banyak beredar sebelumnya.

Samsung Galaxy A01 sejatinya dipasarkan untuk kelas low end dengan spesifikasi yang terbilang cukup minimalis. Lalu, apakah penerusnya ini memiliki spesifikasi yang sedikit di atasnya atau memang ada peningkatan yang signifikan?

1. Review Lengkap Samsung Galaxy A02s

Meski sudah diperkenalkan ke publik pada bulan November lalu, spesifikasi dari smartphone ini masih belum bisa dipastikan keakuratannya. Meski begitu, detail spesifikasi yang akan kita bahas berikut ini sepertinya tidak akan jauh berbeda.

1.1. Desain

Dalam pengenalan ponsel ini, tampak bodi belakang dari Samsung Galaxy A02s memiliki motif berlian yang menarik dan membuatnya enak dipandang saat melihatnya dari belakang. Untuk material bodi yang digunakan, Samsung masih memilih bahan polycarbonat untuk membungkusnya.

Sementara itu, detail dimensi dari smartphone ini masih belum bisa diketahui, tetapi ukuran layaknya diinfokan sama dengan A01, yaitu 5,7 inch. Ukuran layar tersebut tentu saja membuat penggunanya tetap puas saat menjalani kebiasaan baru saat ini, yaitu menonton series atau film online.

Peletakan kamera di sisi belakang juga tampak estetik dengan menyusun 3 buah kamera secara vertikal di sisi kiri atas bodi belakang. Bagi sebagian orang letak kamera di posisi tersebut lebih pas dan tidak mudah tertutup oleh tangan atau benda di sekitarnya saat mengambil gambar.

1.2. Layar/Display

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa layar dari smartphone ini memiliki ukuran sebesar 5,7 inch dengan resolusi 720 x 1520 pixels atau setara HD Plus. Meski belum memiliki resolusi Full HD, Anda masih tetap nyaman menatap layarnya dalam waktu yang lama.

Seperti halnya layar A01, Samsung Galaxy A02s ini juga belum menggunakan panel super AMOLED. Panel PLS TFT sepertinya masih efektif untuk digunakan di dalamnya. Secara kualitas memang layar ini tidak sebaik Super AMOLED, tetapi masih bisa disandingkan dengan panel IPS.

Selanjutnya, untuk urusan pelindung layar sepertinya pihak Samsung belum memberikan lapisan Corning Gorilla Glass untuk melindungi layar smartphone ini dari goresan. Untuk itu, Anda perlu menggunakan Tempered Glass setelah membelinya nanti.

1.3. Performa Dapur Pacu

Menilik jeroan yang coba dihadirkan ke dalam smartphone ini, rasanya Anda tidak perlu khawatir dengan kinerjanya. Jika hanya untuk kebutuhan game ringan hingga sedang, smartphone ini sudah cukup lancar memainkannya berkat chipset Snapdragon 450 dipadu CPU Octa-core 1,8 GHz.

Game seperti PUBG Mobile sepertinya juga bisa dimainkan dengan lancar di settingan low hingga medium. Di sisi lain, RAM 3 GB dan internal storage sebesar 32GB juga bisa Anda andalkan untuk keperluan multitasking, meskipun sebenarnya akan lebih baik jika menggunakan RAM 4GB.

Di bagian GPU, smartphone ini menggunakan Adreno 506 yang siap menampilkan performa grafis yang siap memanjakan mata Anda, mulai dari grafis dalam game, saat memutar video, melihat gambar atau foto, dan hal-hal lain terkait proses pengolahan grafis dalam smartphone.

1.4. Kamera

Di sektor kamera, Samsung Galaxy A02s mengusung 3 buah kamera di sisi belakangnya dan 1 kamera di sisi depannya. Anda bisa dengan mudah mendapatkan foto bokeh dengan kombinasi 13 MP (wide), 2 MP (macro) dan 2 MP (depth).

Jika Anda ingin melakukan foto selfie atau panggilan video, terdapat kamera 8 MP yang siap digunakan. Peletakkan dari kamera depan dan belakangnya juga cukup sesuai dengan tren saat ini, yaitu tersusun secara vertikal di sisi kiri atas untuk kamera belakang.

Sementara untuk kamera depannya, smartphone ini masih menggunakan desain tetesan air seperti smartphone masa kini. Sepertinya Samsung belum menggunakan model infinity O layaknya pada flagship mereka seperti Samsung S10 series.

1.5. Baterai

Satu hal yang juga cukup penting untuk diperhatikan dari sebuah smartphone adalah kapasitas baterainya. Pada Samsung Galaxy A02s ini, Samsung menyematkan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu mencapai 5.000 mAh. Kapasitas yang dapat membuatnya bertahan seharian penuh.

Kapasitas tersebut didukung dengan fitur fast charging hingga 15W sehingga Anda bisa dengan cepat mengisi daya saat dibutuhkan. Biasanya untuk pengisian daya 5.000 mAh dengan teknologi fast charging 15W membutuhkan waktu pengisian selama 2 – 3 jam.

Satu yang masih disayangkan adalah USB port yang digunakan oleh Samsung Galaxy A02s ini masih berupa micro USB. Padahal smartphone dengan kelas low end dari brand lain mulai menyematkan USB type-C untuk penunjang konektivitasnya.

1.6. Sistem Operasi

Meskipun Android 11 sudah akan dirilis, sepertinya Samsung Galaxy A02s masih tetap akan menggunakan Android 10 (Oreo) saat perilisannya nanti. Tentu saja akan ada pembaruan ke versi lebih baru jika memang versi tersebut sudah benar-benar dirilis secara global.

Untuk launchernya masih tetap akan menggunakan One UI yang sudah menjadi ciri khas dari semua smartphone milik Samsung. Dengan tampilannya yang sederhana namun tetap terlihat elegan, One UI sangat mudah dipahami oleh semua kalangan penggunanya.

1.7. Fitur

Pembahasan berikutnya adalah dari segi fitur yang coba ditawarkan oleh Samsung Galaxy A02s. Berdasarkan info yang beredar, belum banyak info yang didapatkan terkait fitur-fitur apa saja yang akan ada di smartphone penerus dari Samsung Galaxy A01 ini.

Tentu harapan paling besar adalah fitur pemindai sidik jari atau face recognition sebagai pintu pengaman di smartphone ini. Jika memang fitur tersebut tidak disematkan, tentu kita akan berharap pada kelengkapan sensor yang ada di dalamnya.

Adanya radio FM, kustomisasi UI dan banyak hal lain yang akan membuat pengalaman menggunakan smartphone lebih nyaman lagi juga tidak lupa diinginkan oleh para pecinta gadget tanah air. Meski begitu, pihak Samsung masih belum banyak bicara terkait fitur-fitur ini.

Dari semua spesifikasi yang sudah dijelaskan di atas dapat kita rangkum ke dalam tabel / list berikut ini:

2. Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A02s

  • OS: Android 10 (Oreo) – One UI 2.5
  • Ukuran Layar: 5,7 inch
  • Resolusi Layar: 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~259 ppi density)
  • Chipset: Snapdragon 450 (14 nm)
  • CPU: Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Adreno 506
  • Kamera Belakang:
    • 13 MP Autofocus (Wide)
    • 2 MP (macro)
    • 2 MP (depth)
  • Kamera Depan: 8 MP (wide)
  • Type Screen: PLS TFT
  • RAM/Storage: 3/32GB
  • Kapasitas Baterai: 5.000 mAh, (charging 15W)
  • Tipe USB Type-C: No
  • Fingerprint: No
  • Harga Pasaran: Rp 4,4 – 4,7 juta

Meski spesifikasi Samsung Galaxy A02s di atas belum bisa dipastikan, namun jika kita bisa berkaca pada spesifikasi tersebut masih sulit rasanya jika mengatakan smartphone ini adalah pilihan yang sempurna. Banyak sisi dari HP ini yang masih biasa-biasa saja. Bagaimana menurut Anda? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!