Skip to main content

4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA dengan Cepat dan Mudah

4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA dengan Cepat dan Mudah

4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA dengan Cepat dan Mudah

Cara kirim aplikasi lewat WA belum banyak yang mengetahui. Padahal, dengan cara ini Anda bisa membagi aplikasi dengan lebih mudah dan instan. Teman tidak perlu membuka Playstore atau membuka Google untuk memasang APK dari aplikasi jenis modifikasi.

Lantas bagaimana cara mengirim aplikasi atau APK lewat WhatsApp? Apakah bisa dilakukan secara langsung atau harus menggunakan aplikasi pihak ketiga? Simak beberapa cara di bawah ini untuk mengirim aplikasi sesuai dengan cepat dan mudah.

1. Empat Cara Kirim Aplikasi Lewat WA dengan Cepat dan Mudah

1.1. Menggunakan APK Extractor

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk membagi file aplikasi Android adalah APK Extractor. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore dan semua jenis ponsel bisa menggunakannya. Jadi, kalau ponsel Anda masih belum di root, proses pengiriman tetap bisa berjalan dengan baik.

Ikuti langkah di bawah ini untuk mulai mengirim data APK ke ponsel lain melalui WhatsApp:

  • Unduh dan pasang aplikasi APK Extractor melalui Google Playstore. Usahakan jangan unduh dari luar itu untuk menjamin keamanan ponsel dan aplikasi yang dikirim.
  • Buka aplikasi secara langsung untuk mengecek APK apa saja yang bisa dikirim. Dari layar akan terlihat aplikasi apa saja yang sudah terpasang.
  • Pilih salah satu aplikasi yang ingin dibagikan. Tekan dan tahan sampai muncul dua opsi yaitu Share dan Info.
  • Pilih share untuk mulai membagi aplikasi ke ponsel lain melalui WhatsApp.
  • Selanjutnya, pilih kontak WhatsApp untuk mulai membagikannya.

Setelah aplikasi diterima, proses unduh bisa langsung dilakukan. APK akan tersimpan langsung ke ponsel entah itu memori internal atau eksternal. Kalau menggunakan memori eksternal, lokasinya /sdcard/ExtractedApks/.

1.2. Memanfaatkan ES File Explorer

ES File Explorer adalah aplikasi file manager yang berfungsi untuk mengatur berbagai jenis file. Jadi, semua bisa dipindah sesuai dengan folder dan mudah untuk dicari. Fungsi lain dari aplikasi ini adalah mengirim aplikasi dalam bentuk APK mentahan dari aplikasi yang sudah terpasang.

Jadi. Anda tidak perlu mencari file APK dari aplikasi resmi. Cukup gunakan ES File Explorer, untuk caranya simak beberapa langkah di bawah ini.

  • Unduh dan pasang ES File Explorer melalui Play Store.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi ini dan cek bagian home. Akan ada beberapa opsi, Anda bisa memilih APP untuk mengecek aplikasi yang terpasang.
  • Pilih salah satu aplikasi yang ingin dikirim, selanjutnya tekan bagian share untuk memulai proses pengiriman.
  • Pilih ikon WhatsApp untuk memulai proses pengiriman.
  • Cari kontak yang akan menerima aplikasi. Selanjutnya kirim seperti biasa.
  • Tunggu proses unggah aplikasi sampai selesai.
  • Proses mengirim APK sudah selesai dilakukan.

Hampir semua aplikasi yang dipasang dari luar dan bukan bawaan dari ponsel bisa dikirim. Semua aplikasi yang dikirim adalah APK mentah. Jadi, tidak akan ada data yang ikut terkirim.

1.3. APK Export

Aplikasi ketiga yang bisa dipakai untuk membantu proses pengiriman APP melalui WA adalah APK Export. Konsep dari aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi sebelumnya. Jadi, Anda bisa memiliki alternatif dan memakai mana saja yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut langkah pakainya:

  • Unduh dan pasang APK Export menggunakan Play Store atau platform resmi lain. Hindari pakai yang mod.
  • Setelah terpasang, segera buka untuk mengecek semua daftar aplikasi yang sudah terpasang.
  • Tekan salah satu aplikasi sampai mendapatkan tanda centang. Selanjutnya cek bagian atas untuk menekan tombol share.
  • Pilih bagi melalui WhatsApp. Saat masuk ke aplikasi, cari kontak untuk mengirim aplikasi.
  • Proses pembagian berjalan seperti saat mengirim video.
  • Tunggu sampai proses selesai dan pastikan menggunakan koneksi yang baik.

1.4. Share Langsung (HP Root)

Cara terakhir ini bisa dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi. Sayangnya ponsel yang digunakan harus root. Kalau sudah dipastikan ponselnya root, ikuti langkah berikut:

  • Pasang aplikasi Root Explorer.
  • Setelah masuk ke dalam aplikasi, Anda akan melihat beberapa folder dari ponsel, pilih data lalu berlanjut ke App.
  • Daftar semua aplikasi yang terpasang ada di dalam folder ini. Cari aplikasi mana yang ingin Anda bagikan. Tekan pada salah satu file sampai memunculkan opsi Send.
  • Pilih WhatsApp sebagai lokasi untuk membagi file. Selanjutnya, segera pilih kontak yang akan menerima.
  • Proses pengiriman akan berjalan sesuai dengan kecepatan internet dan ukuran dari aplikasi.
  • Kalau aplikasi sudah terkirim, tanda centang dua akan muncul. Penerima bisa langsung mengunduhnya.

2. Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kirim APK Lewat WA

Meski kirim aplikasi atau APK cukup mudah menggunakan WhatsApp, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar proses ini berjalan dengan lancar.

2.1. Hanya Kirim Aplikasi Resmi

Hanya kirim aplikasi resmi saja dan sudah dipasang pada ponsel. Jangan mengirim aplikasi jenis MOD, apalagi Anda mendapatkannya dari situs yang tidak resmi. Dalam package APK, bisa saja terdapat virus atau sejenisnya dan akan menyebar melalui WA.

Aplikasi resmi yang didapatkan dari Playstore umumnya aman karena sudah dilindungi. Jadi, mau mengirim apa pun, akan aman. Kalau Anda ingin mengirim aplikasi tidak resmi, coba lakukan scanning dahulu dengan anti virus yang ada di ponsel.

2.2. Perhatikan Ukuran dari APK

Sebelum mengirim file APK, perhatikan ukuran dari file. WhatsApp membatasi ukuran file yang bisa dikirim melalui pesan. Kalau ukuran file APK sampai ratusan MB, kemungkinan besar tidak bisa dikirim dengan sempurna atau langsung ditolak begitu saja.

Kecuali file yang dikirim ukuran kecil seperti beberapa puluh MB saja. Semua bisa dikirim dengan mudah dan diterima oleh orang lain. Cek file yang akan dikirim, bila file terlalu besar bisa dibatalkan terlebih dahulu dan memilih cara lain.

2.3. Hanya File Mentah yang Dikirim

File APK yang dikirim adalah file mentah. Artinya, hanya package APK saja, tidak ada data atau OBB. Kalau aplikasi atau game mengunduh dahulu dari dalam, penerima harus melakukannya juga. File data dan OBB tidak bisa dikirim langsung dengan WhatsApp.

File mentahan umumnya memiliki ukuran yang kecil. Namun, setelah ditambah dengan data dan juga OBB, ukurannya jadi beberapa GB. Jadi, bukan karena APK yang dikirim error, tapi memang hanya mentahannya saja yang dikirim.

2.4. Masih Ada Kemungkinan Error

File APK yang dikirim melalui WA masih ada kemungkinan mengalami gangguan seperti error sehingga tidak bisa dipasang. Masalah ini bisa muncul karena koneksi saat mengirim dan menerima mengalami gangguan jadi ada data yang rusak.

Itulah beberapa cara kirim aplikasi lewat WA dengan mudah dan cepat. Cara di atas bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengirim APK mod daripada harus download dari browser. Selain itu, Anda juga bisa membagi APK yang mungkin sedang dikembangkan.

Namun, pastikan aplikasi yang sedang dikirim ini benar-benar aman dari virus atau malware, ya. Anda bisa melakukan scan terlebih dahulu. Dengan melakukan itu, aplikasi yang dikirim dari dan ke WhatsApp akan aman dipakai kapan saja. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!