Skip to main content

10 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android (Terbaru)

Camera FV-5

10 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android (Terbaru)

Aplikasi kamera terbaik dibutuhkan untuk membuat hasil dari bidikan menjadi lebih menarik dan berkualitas. Meski kamera yang dimiliki ponsel sudah mumpuni, aplikasi ini bisa bermanfaat untuk menaikkan kualitas dari jepretan agar Anda tidak perlu mengedit terlalu banyak.

Aplikasi kamera yang dipakai pada ponsel Android cukup banyak mulai dari yang hasilnya standar sampai sempurna. Nah, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sekiranya cocok untuk dipasang pada ponsel, simak beberapa poin berisi rekomendasi aplikasi berikut ini.

10 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android (Terbaru)

1. Camera FV-5

Aplikasi kamera terbaik pertama yang bisa digunakan pada ponsel Android adalah Camera FV-5. Aplikasi ini memiliki kelebihan pada pengoperasian. Semua fitur manual yang ada pada kamera DSLR ada di sini semuanya sehingga Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung.

Begitu aplikasi terpasang dan Anda membukanya, beberapa setting manual akan muncul mulai dari ISO, shutter speed, hingga ke efek warna. Anda bisa mengatur semuanya secara manual menyesuaikan dengan objek yang akan diambil gambarnya.

Kalau Anda suka mengambil gambar dengan tema time lapse, aplikasi ini juga bisa digunakan. Semua data dari file mentah yang dihasilkan bisa disimpan dengan format JPG, 16-bit RAW DNG, dan PNG. Format itu akan memudahkan Anda saat akan mengedit gambar.

2. VSCO Cam

VSCO adalah aplikasi yang dikenal sebagai pengedit gambar agar hasilnya jadi maksimal. Selain itu, aplikasi serupa juga ada tapi versi kameranya. Anda bisa menggunakan kamera minimalis inti untuk mengambil gambar dengan kualitas yang mumpuni dan cocok untuk konten.

Meski kameranya minimalis, Anda bisa mengambil gambar mentah dengan kualitas yang baik. Setting bisa disetel manual atau otomatis sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, aplikasi ini juga bisa disetel manual untuk mendapatkan gambar dengan kualitas baik.

Semua file mentah yang sudah diambil, bisa langsung diedit sendiri dengan menggunakan aplikasi ini. Fiturnya mirip sekali dengan VSCO standar, meski ada beberapa bagian yang dibatasi. Namun, untuk kebutuhan mendesak, aplikasi ini tetap bisa diandalkan.

3. Open Camera

Aplikasi Open Camera bisa didapatkan secara gratis di Playstore. Ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga bisa Anda gunakan di berbagai jenis ponsel. Namun, semakin bagus lensa yang dimiliki oleh ponsel, hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

Open Camera memiliki desain antar muka yang sederhana dan tidak terlalu banyak embel-embel pada layar. Namun, fungsi seperti ISO, shutter speed, dan fitur manual lainnya ada. Anda hanya perlu memunculkannya dan melakukan proses pengambilan gambar sampai puas.

Yang menarik dari Open Camera ini adalah fitur otomatis yang sudah dibekali stabilizer. Jadi, gambar yang dihasilkan bisa sempurna. Selain itu, ada juga mode pemotretan dengan menggunakan suara. Anda tidak perlu menekan ini dan itu lalu fokus gambarnya berubah.

4. Camera360

Camera360 sedikit berbeda dengan kamera lain yang mungkin dibahas pada artikel ini. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengambil gambar seseorang khususnya selfie dengan kualitas baik. Ada banyak filter yang bisa dipakai untuk menghasilkan gambar sempurna.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membagi foto secara langsung ke media sosial yang Anda miliki. Jadi, kamera ini lebih cocok untuk mengambil potret diri alih-alih mengambil foto untuk pemandangan atau objek yang lebih lebar.

Anda tidak akan menemukan ISO, shutter speed, dan efek manual lain. Semua otomatis sehingga Anda cukup memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, aplikasi bisa dipakai layaknya melakukan pemotretan seperti biasa.

5. Camera MX

Hampir mirip dengan Camera360 yang dipakai untuk mengambil gambar disertai dengan efek menarik di dalamnya. Anda hanya perlu memasang aplikasinya dan langsung memakai melakukan pengambilan gambar.

Sebelum pengambilan gambar dilakukan, Anda bisa langsung memilih sendiri efek atau skin yang dipakai untuk mengambil gambar. Sebelum diambil gambarnya, efek akan langsung muncul sehingga Anda tahu apakah hasilnya bisa maksimal atau biasa saja.

Aplikasi ini memiliki fitur bernama Live Photos yang memungkinkan pengambilan foto objek bergerak. Selain itu, dengan efek yang kurang lebih sama, Anda juga bisa mengambil video dengan kualitas yang cukup baik.

6. Polarr

Polarr sebenarnya merupakan aplikasi pengedit foto yang memiliki cukup banyak fitur. Bahkan, Anda bisa menggunakan beberapa preset yang sudah dibagi oleh orang lain. Namun, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengambil foto dengan kualitas yang baik.

Aplikasi ini memiliki fitur manual seperti eksposur, kontras, sampai color balance. Jadi, Anda bisa mengatur sendiri bagaimana kualitas dari gambar yang nantinya didapatkan. Selain itu, Polarr juga bisa langsung membagi hasil foto dan edit.

7. Google Camera

Google juga menyediakan aplikasi kamera tersendiri dan bisa dipakai di hampir semua ponsel Android. Anda bisa menggunakan Google Camera untuk mendapatkan gambar dengan kualitas baik dan juga berbagai efek yang mengesankan.

Yang cukup disayangkan dari aplikasi ini adalah tidak terlalu banyak fitur manual. Jadi, agak sulit menyesuaikan kualitas gambar sesuai kebutuhan.

8. Cymera

Aplikasi kamera ini cocok untuk mengabadikan momen yang langsung dibagikan ke medsos. Tidak ada fitur manual dan otomatis. Anda hanya perlu memotret lalu menambahkan berbagai stiker menarik sebelum disimpan dan dibagikan.

9. Bacon Camera

Pada awal pengembangannya, aplikasi ini ditujukan untuk pengguna ponsel OnePlus saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, pengembang melakukan beberapa perubahan dan merilisnya untuk semua pengguna Android yang jumlahnya ada ratusan juta.

Secara umum, tidak ada hal yang cukup wah dari aplikasi ini. Apa yang sudah kita bahas di atas, hampir semuanya ada. Anda bisa menjalankan proses pemotretan secara manual dan mengatur apa saja mulai dari ISO sampai ke fokus dan white balance.

10. Camera Zoom FX

Terakhir dan tidak kalah dari yang lain ada Camera Zoom FX, aplikasi ini bisa dipakai untuk pengambilan gambar secara manual dan juga otomatis. Kalau Anda ingin mengambil gambar dengan cepat dan mengatur ini dan itu, mode otomatis bisa dipakai untuk menjepret cepat.

Kelebihan dari aplikasi yang memiliki mode speed burst ini adalah pengambilan gambar 5 mode yang menarik. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki stabilizer atau penyeimbang agar gambar yang dihasilkan tidak mengalami blur, terutama pada objek bergerak.

Antarmuka dari aplikasi juga sangat sederhana dan bisa dikuasai secara intuitif oleh semua orang. Kalau Anda masih pemula dengan aplikasi ini, jangan khawatir. Foto yang dihasilkan akan baik dan seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan menguasai aplikasi ini dengan baik.

Aplikasi kamera terbaik akan membantu Anda dalam mendapatkan jepretan gambar yang menarik dan sesuai kebutuhan. Selain itu, aplikasi ini juga membantu Anda dalam mempersingkat waktu mengedit karena hasil mentahannya saja sudah sempurna.

Perlu diingat, aplikasi kamera hanya akan membantu proses pengambilan gambar dan kadang efek. Selebihnya, kualitas dari gambar akan ditentukan oleh kualitas lensa yang dimiliki. Kalau kualitas lensanya biasa saja, hasil jepretan mungkin tidak akan begitu maksimal. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!