Skip to main content

Review Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Go ZC500TG

Asus Zenfone Go ZC500TG

Review Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Go ZC500TG

Satu lagi varian dari seri Zenfone milik Asus yang siap digunakan sebagai daily driver untuk Anda. Adalah Asus Zenfone Go yang menawarkan keseimbangan antara teknologi, pikiran dan gaya hidup. Smartphone memiliki harga yang cukup terjangkau karena dijual dengan harga 1 jutaan saja.

Meski dijual murah, bukan berarti smartphone ini tidak layak untuk Anda miliki. Spesifikasi yang coba dihadirkan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar smartphone, seperti sosial media, chatting, bermain game, hingga browsing dan streaming. Apakah produk ini menarik? Chek it out!

1. Review Asus Zenfone Go ZC500TG

Banyak vendor smartphone yang berlomba-lomba untuk memenuhi persaingan di level mid range. Akan tetapi, Asus tidak mau meninggalkan pangsa pasar di kalangan low budget dengan mengeluarkan smartphone murah meriah ini.

Jika Anda penasaran dengan spesifikasi lengkap dari Asus Zenfone Go, langsung saja simak ulasan di bawah ini:

  • 1.1. Desain

    Baik smartphone High End maupun smartphone Low Budget sekalipun tidak akan terlepas dari penilaian desain dari para konsumennya. Hal itu juga berlaku pada smartphone ini. Seperti halnya seri Zenfone lainnya, Asus Zenfone Go juga menerapkan desain melengkung di sisi belakangnya.

    Desain ini sepertinya memang sudah menjadi signature design dari semua produk Zenfone yang dikeluarkan Asus. Lengkungan tersebut dipadukan dengan motif garis-garis halus yang membuatnya tidak mudah terlepas saat digenggam.

    Ukuran body dari smartphone ini juga tidak terlalu besar, dan cenderung pas untuk digenggam menggunakan satu tangan. Ukurannya yang compact membuatnya nyaman saat dimasukkan ke kantong celana atau kantong kemeja.

  • 1.2. Layar

    Jika dibandingkan dengan smartphone keluaran terbaru yang mengedepankan layar besarnya, hal berbeda justru ditunjukkan oleh smartphone ini. Pasalnya ukuran layar yang ditawarkan oleh Zenfone Go masih menggunakan ukuran 5 inch dengan resolusi 720 x 1280 pixel (294 ppi density).

    Ukuran layar ini sebenarnya masih cukup normal untuk penggunaan sehari-hari. Bahkan saat digunakan untuk menonton video atau sekedar bermain game masih cukup nyaman dengan layar 5 inci tersebut.

    Untuk urusan perlindungan terhadap layar, sebaiknya Anda harus memiliki kehati-hatian yang ekstra jika tidak ingin layar smartphone dari Asus Zenfone Go ini retak. Pasalnya, smartphone ini masih belum dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass di atasnya.

  • 1.3. Performa

    Saat ini konsumen sudah cukup perhitungan dalam memilih sebuah smartphone. Mereka tidak lagi tergiur dengan harga smartphone yang murah, tetapi mereka juga menginginkan smartphone yang dapat berjalan dengan lancar saat digunakan sehari-hari.

    Untuk menunjang performanya, Asus Zenfone Go menggunakan chipset Mediatek MT6580 (28 nm), Quad-core 1.3 GHz. Secara performa memang biasa-biasa saja, tetapi masih cukup lancar untuk penggunaan ringan, seperti chatting, browsing, atau sekedar memainkan game ringan.

    Untuk kebutuhan multitaskingnya, smartphone ini ditopang oleh RAM 2 GB dan internal 8 GB. Namun ada varian lain yang menyediakan 2GB RAM dan 16GB internal storage. Kapasitas ini sudah cukup baik untuk menjalankan 2 – 3 aplikasi sekaligus.

  • 1.4. Kamera

    Untuk mengambil gambar atau video menggunakan kamera belakang, terdapat sensor 8 MP yang dilengkapi dengan lampu Flash di dekatnya. Sementara di bagian depan yang berfungsi sebagai kamera untuk selfie, Asus telah menyematkan sensor kamera 2 MP.

    Meski menggunakan lensa kamera yang tidak terlalu wah, peran Pixel Master di aplikasi kamera bawaan dari Zenfone sedikit banyak mampu membuat hasil foto yang cukup menarik sehingga masih cukup layak untuk diposting ke media sosial.

    Peletakan kamera belakang untuk smartphone ini berada di posisi tengah. Posisi ini cukup ideal namun mudah tertutup oleh objek ataupun tangan sendiri saat mengambil gambar. Sementara itu, kamera depan berada di bagian atas di dekat lubang speaker phone.

  • 1.5. Baterai

    Menggunakan kapasitas baterai sebesar 2070 mAh, smartphone ini mendapat banyak sekali keluhan. Daya tahan baterai di smartphone ini terasa sangat kurang dan mudah sekali kehabisan daya. Hal ini membuat Anda harus selalu membawa charger atau powerbank saat bepergian.

    Untuk penggunaan normal saja smartphone ini tidak mampu bertahan seharian. Ditambah lagi teknologi fast charging juga belum tersedia di HP ini. Untuk melakukan pengisian secara penuh dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Waktu yang sama untuk kapasitas yang lebih besar di HP lain.

    Mengingat harganya yang cukup murah, sepertinya tidak tepat rasanya jika menuntut semua sisi harus memenuhi ekspektasi kita. Oleh karena itu, mungkin sektor inilah yang menjadi tumbal dari penguatan di sektor lainnya.

  • 1.6. Zen UI

    Menggunakan basic OS Android Lolipop, Asus Zenfone Go telah menerapkan launcher Zen UI untuk mengoperasikannya. Sebuah UI yang cukup sederhana dan mudah digunakan oleh semua kalangan. Anda bisa membuat menu sendiri di homescreen atau mengaksesnya melalui App Drawer.

    Jika Anda bosan dengan tampilannya, ada opsi untuk menggantinya menggunakan tema-tema menarik yang disediakan oleh pihak Asus secara online. Hal ini membuat pengalaman menggunakan Zenfone cukup simpel dan praktis.

    Fitur-fitur khas Android Lolipop juga sudah bisa Anda gunakan di smartphone ini. Belum diketahui apakah tersedia update ke versi Android yang lebih baru atau tidak kedepannya, namun hal itu sangat diperlukan mengingat aplikasi-aplikasi saat ini sudah menerapkan fitur yang semakin canggih.

  • 1.7. Fitur

    Tidak banyak fitur yang disediakan untuk smartphone Asus versi hemat ini. Fitur-fitur yang ada hanya sebatas fitur yang digunakan pada umumnya, seperti FM radio, sensor Accelerometer, proximity, dan juga compass, serta Bluetooth untuk pairing headset atau melakukan transfer data.

Untuk mengetahui detail spesifikasi Asus Zenfone Go lebih detail lagi, silakan lihat daftar spesifikasi di tabel / list berikut ini:

2. Spesifikasi dan Harga Zenfone Go ZC500TG

  • OS: Android 5 (Lolipop)
  • Ukuran Layar: 5 inch
  • Resolusi Layar: 720 x 1280 pixel (294 ppi density)
  • Chipset: Mediatek MT6580 (28 nm)
  • CPU: Quad-Core 1.3 GHz Cortex-A7
  • GPU: Mali-400MP2
  • Kamera Belakang: 8 MP, f/2.0, AF (Support mode perekaman 1080p@30fps)
  • Kamera Depan: 2 MP, f/2.4
  • Type Screen: IPS LCD
  • RAM/Storage: 2/8GB, 2/16 GB
  • Kapasitas Baterai: Li-Po 2.070 mAh,
  • Baterai: Removable
  • Type USB Type-C: No
  • Fingerprint: No
  • Harga Pasaran: Rp 1,5 juta

NB : Asus Zenfone Go memiliki beberapa varian. Sementara varian yang dibahas kali ini adalah versi ZC500TG yang memiliki detail spesifikasi di atas. Sebelumnya, Asus mengeluarkan versi yang lebih ekonomis dengan harga dibawah Rp 1 juta, yaitu Zenfone Go ZB452KG.

Di luar baterainya yang terkenal boros, sebenarnya Asus Zenfone Go ZC500TG ini masih bisa diandalkan untuk saat ini. Meski begitu, penggunanya juga tidak untuk banyak aplikasi. Setidaknya Anda masih bisa menikmati aplikasi chatting, browser, atau game ringan menggunakan HP ini.