Skip to main content

Review dan Spesifikasi Asus Zenfone Selfie

Asus Zenfone Selfie

Review dan Spesifikasi Asus Zenfone Selfie

Dilihat dari namanya saja, Anda tentu sudah tahu dengan apa yang ingin ditonjolkan oleh Asus Zenfone Selfie. Ya, salah satu seri Zenfone milik Asus ini memang dirancang untuk mereka yang menyukai foto selfie.

Asus sebelumnya sudah meluncurkan berbagai varian untuk seri Zenfone miliknya. Mulai dari Zenfone Max untuk penyuka baterai besar, hingga Zenfone Laser yang memiliki fitur laser auto fokus. Lantas, apakah Zenfone selfie layak menjadi smartphone kamera depan terbaik? Mari kita bahas.

1. Review Lengkap Asus Zenfone Selfie

Langkah Asus dalam membagi smartphone-nya ke dalam beberapa segmen terbukti cukup ampuh. Pasalnya, setiap varian Zenfone yang mereka keluarkan tidak pernah sepi peminat. Jika Anda sudah mulai mengincar seri Zenfone Selfie ini, sebaiknya simak dahulu ulasan lengkapnya berikut:

1.1. Desain

Masih dengan desain yang sama seperti seri Zenfone lainnya, Asus Zenfone Selfie tetap terlihat menarik dengan lengkungan di sisi belakangnya. Untuk memaksimalkan penggunaan smartphone ini sebagai kamera selfie, letak tombol volume juga ditempatkan di sisi belakang.

Seperti yang kita tahu bahwa tombol volume juga bisa difungsikan untuk melakukan capture foto atau video saat mode kamera diaktifkan. Satu lagi yang unik adalah peletakan tombol power yang berada di tempat yang tidak biasa. Smartphone ini menempatkan tombol power di sisi atasnya.

Selain kedua hal diatas, secara umum Asus Zenfone Selfie masih terasa nyaman digenggam dan bisa Anda operasikan dengan satu tangan. Motif garis-garis halus di body belakangnya juga membuat smartphone ini tidak licin saat dibawa sehingga mengurangi risiko untuk jatuh.

1.2. Display

Di sektor display, smartphone ini memiliki ukuran layar sebesar 5,5 inch dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Layar ini tentu akan menghasilkan gambar yang detail dan tajam, terutama saat melihat video ataupun gambar di galeri.

Pengalaman menatap layar Asus Zenfone Selfie semakin optimal karena sudah menggunakan panel IPS yang memiliki sudut pandang lebih luas dibanding dengan TFT. Anda juga tidak perlu khawatir pada bagian layarnya karena sudah ada lapisan Corning Gorilla Glass yang melapisinya.

Satu yang menjadi catatan dari tampilan di bagian depannya adalah bentuk bazel yang cukup tebal. Bagi mereka yang menyukai desain screen to body yang tinggi, tentu akan sangat menyayangkan ketebalan bazelnya ini. Meski begitu, Anda akan terbiasa setelah menggunakannya cukup lama.

1.3. Kamera

Inilah keunggulan utama dari smartphone Asus Zenfone Selfie yang kita sedang bahas sekarang, yaitu sektor kameranya. Di sisi depan, ada sensor kamera 13 MP yang juga dilengkapi dengan lampu flash. Dengan lampu flash ini, Anda bebas melakukan selfie kapanpun dan dimanapun berada.

Letak kamera depan ini berada di sisi atas bagian tengah dengan lubang kamera yang sama besarnya dengan kamera belakang. Hasilnya, kualitas gambar yang didapat bisa lebih baik atau setidaknya kamera belakangnya.

Asus menyediakan kustomisasi untuk kamera yang depannya melalui menu yang ada di Pixelmaster. Anda bisa membuat tampilan wajah lebih menarik dengan mengaktifkan Modus Beautification. Mode manual juga bisa dipilih agar Anda bisa menentukan hasil sesuai keinginan.

Ada satu gesture menarik untuk bisa mengakses menu kamera dari mode lockscreen. Anda hanya perlu menuliskan huruf S di layar, maka menu kamera depan akan segera terbuka. Lalu bagaimana dengan kamera belakangnya? Kamera belakang di HP ini sama dengan kamera depan, yaitu 13 MP.

1.4. Performa

Berjuluk smartphone selfie tidak lantas membuat smartphone ini loyo di sektor kinerjanya. Setidaknya, Asus Zenfone Selfie sudah menggunakan chipset Snapdragon 615 (28 nm) Octa-core 64 bit 1,7 GHz. Chipset ini cukup handal menjalankan game ringan hingga sedang.

Untuk urusan multitasking dan ruang penyimpanan, Asus telah menyisipkan RAM sebesar 2GB dan internal 16GB. Jika itu masih terlalu kecil, maka Anda bisa menggunakan varian 3/32GB agar lebih lancar. Anda masih bisa menambahkan memori eksternal melalui slot Micro-SD jika diperlukan.

Di bagian pengolah grafis, smartphone ini menggunakan GPU Adreno 405 @550MHz yang akan mengolah berbagai input menjadi sajian visual yang baik.

1.5. Baterai

Beralih ke sektor baterai, Asus Zenfone Selfie memiliki kapasitas 3.000 mAh. Jumlah ini memang tidaklah besar, namun masih bisa digunakan seharian dengan penggunaan normal. Jika melihat kebutuhan daya untuk aplikasi-aplikasi saat ini idealnya kapasitas yang baik adalah 4.000 mAh.

Teknologi fast charging juga belum bisa didapatkan di smartphone ini sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dayanya tidak terlalu cepat. Normalnya, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya di HP ini berkisar 2 jam.

Untuk port yang digunakan saat charging atau transfer data masih menggunakan port micro USB. Tenang saja, semua perlengkapan chargingnya sudah tersedia dalam paket penjualan. Itu artinya Anda tidak perlu lagi menambah komponen seperti kepala charger atau komponen tambahan lainnya.

1.6. Lebih Optimal Dengan Zen UI

Setiap smartphone yang dikeluarkan oleh Asus telah menggunakan User Interface khas dari mereka. UI tersebut tidak lain adalah Zen UI. Dengan tampilannya yang sederhana, Zen UI mampu memudahkan penggunanya dalam mengakses setiap menu dan aplikasi di dalamnya.

Anda juga bisa mengubah tampilannya dengan mengakses menu Tema. DI sana ada banyak pilihan tema menarik yang bisa Anda temukan secara online. Berbagai kustomisasi pada bagian home screen serta folder apps membuat prose berpindah aplikasi lebih mudah dilakukan.

Zen UI sendiri berjalan di atas OS Android Lolipop yang sepertinya akan mendapat update ke versi terbaru. Dengan begitu, kombinasi antara Android sebagai basic OS dengan Zen UI akan mendatangkan fitur-fitur baru yang menarik.

1.7. Fitur

Ada beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan di smartphone milik Asus ini. Pertama adalah fitur laser Autofocus yang berada di dekat kamera belakangnya. Dengan fitur ini, Anda dapat menemukan fokus secara cepat pada objek yang ingin di foto, terutama foto objek jarak dekat.

Fitur-fitur selanjutnya lebih kepada fitur secara umum yang biasa ditemukan pada sebuah smartphone, yaitu Radio FM, Layar yang bisa menyesuaikan Flip Cover, adanya sensor Acceleration, Proximity, Ambience Light, Compass hingga Gyroscope.

Untuk mengetahui spesifikasi Asus Zenfone Selfie secara lebih detail bisa Anda lihat pada tabel berikut ini:

2. Spesifikasi Asus Zenfone Selfie

  • OS: Android 5 (Lolipop)
  • Ukuran Layar: 5,5 inch
  • Resolusi Layar: 1080 x 1920 pixels
  • Chipset: Snapdragon 615 (28 nm)
  • CPU: Octa-core (4x1.7 GHz Cortex-A53 & 4x1.0 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Adreno 405
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2 (Auto Focus), Support mode perekaman 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 13 MP, f/2.0, Support mode perekaman 1080p@30fps
  • Tipe Screen: IPS
  • RAM/Storage: 2/16GB, 3/32GB
  • Kapasitas Baterai: Li-Po 3.000 mAh,
  • Baterai: Removable
  • Tipe USB Type-C: No
  • Fingerprint: No
  • Harga Pasaran: Rp 1,6 juta

Meski sekarang sudah banyak beredar smartphone dengan tren dan versi lebih baru, Asus Zenfone Selfie masih tetap bisa menjadi pilihan. Hal itu mengingat kualitas kamera depannya cukup memadai untuk kebutuhan hari ini. Di luar itu, smartphone ini sebenarnya sudah cukup tertinggal dari yang lain. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!