Skip to main content

DJI Mini 2: Drone Mini Terbaru dan Murah yang Rilis November 2020

DJI Mini 2

DJI Mini 2: Drone Mini Terbaru dan Murah yang Rilis November 2020

Drone dari brand DJI memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bahkan DJI juga sudah mengenalkan drone terbarunya yang diberi nama DJI Mini 2 yang merupakan versi upgrade dari versi sebelumnya dengan meningkatkan beberapa aspek tertentu.

Produk terbaru dari DJI ini telah ditingkatkan beberapa aspek penting tanpa mengurangi aspek bagus yang sudah ada di versi sebelumnya. Munculnya drone DJI terbaru ini akan membuat persaingan pasar drone menjadi lebih ketat karena fitur yang dimiliki juga tidak bisa dianggap remeh.

1. Mengenal Lebih Dekat DJI Mini 2

1.1. Kamera

Sensor yang ditanamkan pada kamera beresolusi 12MP ini sudah menggunakan piksel efektif CMOS 2.3 inci. Dengan dukungan sensor ini, hasil foto atau video akan tampak lebih bagus. Angle kameranya sendiri dapat menjangkau hingga 83 derajat.

Resolusi kamera yang tergolong tinggi ini mampu mengambil foto hingga ukuran 4000x2250 px. Sedangkan untuk pengambilan video sendiri resolusinya bisa mencapai 4K dengan detail 3840x2160 @24/25/30fps.

Menariknya adalah kamera ini mampu melakukan zoom untuk pengambilan video hingga 4x lipat. Sedangkan untuk mode quick shot yang didukung diantaranya ada boomerang, rocket, helix dan lain sebagainya. Adapun format foto yang bisa diambil adalah JPEG atau RAW dan format videonya MP4.

1.2. Penyimpanan Yang Didukung

Drone ini memang dapat menggunakan micro SD card untuk menyimpan seluruh hasil rekaman foto ataupun video yang telah diambil sebelumnya. Namun tidak semua merk SD Card bisa digunakan karena ada beberapa yang memiliki kecepatan membaca lambat.

Disarankan untuk menggunakan SD Card tipe UHS-I yang memiliki kecepatan kelas 3 atau lebih tinggi juga lebih baik. Beberapa brand SD Card populer yang bisa Anda gunakan diantaranya ada SanDisk Extreme, Samsung Pro Endurance, Toshiba Exceria dan sejenisnya.

1.3. Aplikasi Remote

Agar dapat memantau drone, tentunya Anda akan menginstall aplikasi utama di ponsel masing-masing. Nama aplikasinya adalah DJI Terbang dan bisa dicari di store masing-masing. Pastikan Anda masih memiliki space untuk menginstalnya.

Sayangnya aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada iOS versi 10.0 atau diatasnya, sedangkan untuk pengguna Android setidaknya ponsel sudah berada di sistem operasi Android 6.0 atau di atasnya. Akan lebih baik jika Anda melakukan instalasi aplikasi versi terbaru yang lebih stabil.

1.4. Baterai Remote

Kapasitas baterai remote transmitter mencapai 5200mAh yang tentunya bisa digunakan untuk beberapa kali penerbangan drone. Jenis baterai yang digunakan DJI Mini 2 adalah LiPo 2S dengan daya 17.32 Wh.

Ketika mengisi ulang daya baterai untuk remot, suhu yang disarankan berkisar 0-40 derajat Celcius atau 32-104 derajat Fahrenheit. Apabila suhunya terlalu tinggi, maka akan berdampak buruk pada baterai transmitternya.

1.5. Kecepatan Drone

Masing-masing drone tentu memiliki kecepatannya sendiri ketika melakukan take off ataupun landing. Hal ini juga menjadi salah satu penilaian sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut detail kecepatan yang dimiliki oleh DJI Mini 2 :

No Mode/Kecepatan Take Off Landing Kecepatan Maksimal Ketika Berada di Dekat Laut dan Tidak Ada Angin
1. Mode S 5 m/s 3.5 m/s 16 m/s
2. Mode N 3 m/s 3 m/s 10 m/s
3. Mode C 2 m/s 1.5 m/s 6 m/s

1.6. Ketahanan Pada Angin

Masing-masing drone tentu memiliki ketahanan pada angin ketika diterbangkan dan ini tentu menjadi penilaian tersendiri. Namun Anda tidak perlu cemas dengan ketahanan yang dimiliki oleh DJI Mini v2 ini. Versi kedua ini sudah ditingkatkan lebih baik lagi dibandingkan versi sebelumnya.

Drone dari DJI kali ini mampu bertahan pada angin yang memiliki kecepatan maksimal 8.5-10.5 m/s atau di skala 5. Ini artinya ketahanan pada anginnya tergolong baik dan pengambilan gambar ataupun videonya masih dapat berjalan dengan baik.

1.7. Rentang Jarak Transmisi Sinyal (FCC)

Ini merupakan aspek dimana drone dapat menangkap sinyal dari jarak tertentu yang akan mempengaruhi performanya. Disini FCC pada DJI Mini 2 terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Interferensi Rendah - Rentang jarak maksimalnya mencapai 10 km dengan lanskap kamera terbuka sehingga menunjukkan sudut pandang yang lebih luas. Pada interferensi ini beberapa sinyal transmisi saling bersaing, namun akan tetap stabil.

  • Interferensi Sedang - Rentang jarak maksimalnya mencapai 6 km dengan lanskap yang lebih kecil dan bisa digunakan untuk menjangkau pinggiran kota. Garis pandangnya tidak sebesar sebelumnya dan sinyalnya tidak jauh berbeda dari sebelumnya pula.

  • Interferensi Kuat - Rentang jarak maksimalnya hanya 3 km dan sinyal yang bersaing lebih banyak. Lanskapnya juga lebih kecil dan hanya menjangkau area perkotaan dengan garis sudut pandang yang terbatas.

1.8. Sistem Satelit Yang Digunakan

Sistem satelit yang tersemat pada DJI Mini v2 ini menggunakan gabungan antara GPS, GLONASS dan GALILEO. Gabungan antara ketiganya ini membuat pengukuran jarak dan titik lokasi menjadi lebih akurat dibandingkan yang tidak menggunakannya.

Terlebih GALILEO merupakan salah satu sistem satelit baru yang dimunculkan pada 2016 silam yang memungkinkan Anda menerima jarak akurat lebih baik dibandingkan GPS ataupun GLONASS. Ketiga sistem satelit ini akan membantu ketika pengukuran jarak penerbangan dan lokasi yang tepat.

2. Spesifikasi DJI Mini 2:

  • Frekuensi: 2.4-5.85GHz
  • Kamera: 12MP HD Camera
  • ISO Kamera:
    • Foto:
      • 100-3200 (Otomatis)
      • 100-3200 (Manual)
    • Video:
      • 100-3200 (Otomatis)
      • 100-3200 (Manual)
  • Baterai: 2250 mAh, 7.7v
  • Suhu Operasional: 0-40 derajat Celcius
  • Durasi Waktu Terbang: 31 menit
  • Jarak Maksimal: 10 km
  • Ukuran Drone:
    • 138×81×58 mm (dilipat)
    • 159×203×56 mm (tidak dilipat)
  • Berat: 86.2 gr

3. Mengenal Bagian Remote DJI Mini 2

3.1. Turn On/Off

Tombol untuk menyalakan ataupun menonaktifkan ada di sisi sebelah sisi kanan dari tiga tombol C/N/S. Cara menggunakannya tinggal menekannya sebentar sampai muncul indikasi hidup atau mati. Jangan terlalu lama menekannya karena bisa membuatnya rusak.

3.2. Return Home

Tombol return home berada di sisi kiri dari tiga tombol C/N/S yang ditandai dengan icon huruf H dan ada icon tombol bawah kecil di atasnya. Tombol ini berguna untuk memudahkan pemula yang ingin memanggil drone kembali di titik awal atau sesuai dari titik pemegang remote transmitter.

3.3. C/N/S

C/N/S berada di tengah-tengah Tombol Power dan Return Home. Masing-masing opsi pilihan memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Opsi Cine (C) paling kiri digunakan untuk memperlambat kecepatan drone hingga 13 mph. Opsi ini cocok digunakan untuk merekam video cinematic.

Normal (N) atau yang berada di tengah digunakan untuk membuat kecepatan drone menjadi 22 mph. Opsi ini cocok digunakan untuk mengambil video dengan lebih lambat, seolah sedang menikmati suasana dari atas.

Terakhir ada opsi Sport (S) yang digunakan untuk mengubah kecepatan drone menjadi 36 mph. Ini merupakan kecepatan tertinggi dalam pengaturan drone ini. Opsi ini sangat cocok untuk mengambil video dengan cepat.

3.4. Photo/Video

Tombol Photo/Video dari DJI Mini 2 dapat Anda temukan pada pojok kanan atas remote yang berada di sisi kanan axis kanan. Disini sangat memungkinkan Anda untuk mengganti opsi pilihan foto atau video dengan cepat.

3.5. Fn

Jika tombol photo/video berada di sisi ujung kanan remote, maka untuk tombol Fn ini berada di sisi kiri remote. Tombol ini digunakan untuk menyalakan atau mematikan lampu tambahan pada drone untuk memperjelas visibilitas ketika mendarat di titik tertentu yang minim cahaya.

3.6. Axis

Tombol axis pada remote ini terdapat dua bagian, sisi kanan dan sisi kiri seperti pada umumnya. Pada axis yang berada di sisi kiri digunakan untuk mengarahkan posisi kamera ke arah atas maupun bawah agar jangkauan pandangan menjadi lebih luas lagi.

Sedangkan untuk tombol axis yang berada di sisi kanan digunakan untuk mengarahkan arah terbang dari drone tersebut, baik itu ke kanan, kiri, atas maupun bawah. Penggunaan kedua tombol ini perlu berhati-hati dan harus lihai dalam mengarahkannya.

Pengenalan DJI Mini 2 di atas bisa dibilang sudah cukup lengkap untuk memahami karakteristik dari drone satu ini. Jika Anda tertarik untuk membelinya, maka perlu menyiapkan dana yang cukup besar mengingat drone ini dibanderol sekitar harga Rp7.000.000,00. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!