Skip to main content

7+ Cara Mengaktifkan WiFi Di Laptop Paling Mudah

7+ Cara Mengaktifkan WiFi Di Laptop Paling Mudah

7+ Cara Mengaktifkan WiFi Di Laptop Paling Mudah

Rasanya di era modern ini, semua jenis dan merk laptop yang ada di perjual belikan di pasaran, pastinya sudah dilengkapi dengan adapter WiFi. Hanya saja, tidak semua WiFi laptop aktif secara otomatis. Untuk itulah, disini Kami akan memberikan beberapa tutorial cara mengaktifkan WiFi di laptop supaya terkoneksi dengan jaringan internet.

Dengan memakai jaringan koneksi WiFi, Anda bisa dengan mudah mengakses internet tanpa harus memakai bantuan modem usb maupun kabel lan. Panduan yang akan Kami berikan di bawah ini bisa Anda coba, namun tergantung merk laptop yang digunakan. Baik itu Lenovo, Asus, HP, Acer, Dell dan lain sebagainya.

7+ Cara Mengaktifkan WiFi Di Laptop

Untuk menghidupkan WiFi di laptop ada begitu banyak cara yang bisa Anda gunakan. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan yang sudah saya rangkum sedetail mungkin di bawah ini.

1. Tombol WiFi

Metode pertama yang mau kita bahas adalah dengan memakai tombol WiFi. Bisa dikatakan kalau cara ini paling mudah simpel. Sebab Anda hanya perlu mencari tombol yang terdapat ikon WiFi atau sinyal.

Letak ikon ini biasanya di samping keyboard atau sejajar dengan tombol Function. Tergantung perangkat laptop yang Anda gunakan.

Biasanya tombol ini dilengkapi dengan lampu led kecil yang berfungsi sebagai indikator menyala, jika fungsi dari adapter WiFi tersebut sedang menyala. Dan sebaliknya mati apabila WiFi tersebut dimatikan. Namun ada juga yang dilengkapi dengan tombol tanpa ada lampu indikator, namun fungsi tetap sama.

2. Tombol Fn

Metode kedua yang bisa dipakai apabila perangkat laptop yang Anda pakai tidak ada tombol khusus WiFi. Bisa dibilang cara ini hampir bisa digunakan untuk semua model laptop. Sebab pada dasarnya semua merk laptop pasti akan menyediakan tombol function khusus WiFi.

Letak tombol ini biasanya ada di deretan tombol function F1 hingga F12. Silahkan Anda cari sendiri diantara tombol tersebut yang ada ikon WiFinya. Misalnya, ikon WiFi terdapat di tombol F2. Maka cara mengaktifkannya adalah dengan menekan tombol Fn dan F2 secara bersamaan.

Sama seperti metode diatasnya. Beberapa merk laptop dilengkapi dengan lampu indikator yang akan menyala, jika WiFi tersebut dinyalakan. Dan akan mati apabila WiFi tersebut juga dimatikan. Apabila cara ini tidak berhasil, silahkan Anda coba menekan tombol ikon WiFi tersebut beberapa saat. Tanpa perlu menekan tombol Fn secara bersamaan. Sebab ada juga beberapa merk laptop yang di buat seperti itu.

3. Windows Mobility Center

Cara ketiga yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan WiFi di laptop adalah dengan menggunakan Windows mobility center. Fitur ini merupakan aplikasi bawaan yang bisa juga dipakai untuk mengatur kecerahan layar, volume audio, WiFi, sinkronisasi, pengaturan presentasi, pengaturan performa baterai dan menghubungkan layar.

Adapun menggunakan cara ini sangat simpel, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Windows 7: tekan tombol Start pada Taskbar di sebelah kiri bawah. Atau bisa juga dengan menekan tombol Windows pada keyboard, kemudian pilih Control Panel.
  2. Windows 8: Silahkan Anda arahkan kursor ke arah pojok kanan layar. Kemudian pilih Settings > Control Panel.
  3. Setelah itu, apabila ada opsi Adjust commonly used mobility settings di bawah kategori Hardware and Sound.
  4. Selanjutnya akan tampil jendela yang berisi pengaturan. Pada jendela ini, silahkan tekan tombol Turn wireless on.
  5. Setelah itu, lihat pada taskbar di bagian kanan bawah layar laptop. Jika sudah ikon wireless atau simbol sinyal muncul, tAndanya WiFi sudah menyala.
  6. Atau cara mudahnya untuk pengguna Windows 7, 8, 8.1, dan 10 membuka Windows Mobility Center.
  7. Cara dengan klik Start atau tekan tombol Windows di keyboard.
  8. Kemudian tekan tab pencarian.
  9. Silahkan Anda tulis Windows Mobility Center, lalu enter.
  10. Setelah itu, Windows Mobility Center akan terbuka.

4. Windows 8

Untuk sistem operasi Windows 8, mempunyai settingan sendiri untuk menghidupkan atau mematikan WiFi pada laptop.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, arahkan kursor ke sebelah kanan layar sampai muncul Charms Bar, lalu pilih Settings.
  2. Kemudian pilih opsi Change PC Settings dan pilih Network.
  3. Pada bagian Airplane Mode nyala, silahkan matikan terlebih dahulu apabila ada fitur ini menyala. Karena WiFi tidak akan bisa menyala.
  4. Kemudian, lihat di bagian Wireless Device. Lalu hidupkan opsi WiFi.

Catatan: Metode ini hanya berlaku untuk pengguna sistem operasi Windows 8 dan 8.1 saja.

5. Windows 10

Sistem operasi Windows 10 juga sama seperti Windows 8 yang memiliki aturan sendiri untuk menghidupkan WiFi. Hanya saja pada Windows 10 lebih mudah di cari.

Berikut cara mengaktifkan WiFi di laptop, khususnya sistem operasi Windows 10:

  1. Pertama tekan simbol Network atau WiFi pada taskbar di sebelah kanan bawah layar laptop.
  2. Pastikan, jika Airplane Mode tidak menyala. Sebab kalau ini menyala, maka WiFi tidak akan bisa dihidupkan.
  3. Silahkan tekan pada kolom Airplane Mode yang bergambar pesawat untuk mematikan dan menghidupkan Airplane Mode.
  4. Selanjutnya klik kolom WiFi yang terdapat ikon WiFi untuk menghidupkan serta mematikan WiFi.

Catatan: Sebelum Anda menghidupkan WiFi, pastikan sudah mematikan Airplane mode. Sebab kalau mode ini masih menyala, maka WiFi tidaka akan bisa dihidupkan.

6. Mengaktifkan Adapter WiFi

Banyak orang yang mengeluh, karena tidak bisa menemukan ikon WiFi. Padahal masalah ini sering terjadi, karena adapter WiFi yang belum diaktifkan atau masih dalam kondisi Disable.

Berikut cara mengaktifkan adapter WiFi:

  1. Pertama, masuk ke Start Menu dengan menekan tombol Windows pada taskbar di sebelah kiri bawah layar laptop. Atau bisa mengklik tombol Windows pada keyboard.
  2. Kemudian pilih Control Panel. Lalu buka kategori Network and Internet.
  3. Setelah itu, pilih Networking Sharing Center.
  4. Selanjutnya pilih Change Adapter Settings pada menu yang ada di kolom sebelah kiri.
  5. Kemudian cari adapter WiFi, lalu klik Enable.
  6. Setelah itu, koneksi WiFi seharusnya sudah bisa digunakan.

7. Install Wireless Adapter

Apabila cara di atas belum bisa untuk mengaktifkan WiFi di laptop, maka metode selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menemukan indikasi errornya adalah dengan menginstall wireless adapter.

Sebab kemungkinan besar, wireless adapter pada perangkat laptop Anda belum di install atau sudah terkena virus. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan install kembali memakai DVD Driver yang diberikan dalam paket penjualan laptop.

Jika tidak ada, Anda bisa mendownloadnya sendiri di website vendor laptop atau wireless adapternya. Berikut cara menginstall wireless adapter:

  1. Klik Start Menu, lalu ketik pada kolom pencarian “Device Manager”.
  2. Atau bisa membuka file manager, lalu klik kanan pada laptop dan pilih Manage.
  3. Jika jendela sudah terbuka, silahkan pilih menu Device Manager di sebelah kiri jendela.
  4. Kemudian cari adapter wireless. Setelah itu klik kanan.
  5. Selanjutnya pilih Update Driver Software.
  6. Setelah jendela muncul, silahkan pilih Search automatically.
  7. Terakhir, tunggu beberapa saat sampai Windows menemukan dan melakukan install pada laptop Anda.

Cara mengaktifkan WiFi di laptop bisa menggunakan berbagai macam teknik. Silahkan Anda pilih saja salah satu cara diatas yang sekiranya mudah dan sesuai dengan perangkat laptop yang Anda gunakan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!