Skip to main content

Yuk Tetap Produktif Selama Liburan, Lakukan 8 Tips Berikut!

Yuk Tetap Produktif Selama Liburan, Lakukan 8 Tips Berikut!

Yuk Tetap Produktif Selama Liburan, Lakukan 8 Tips Berikut!

Saat pandemi dan di rumah saja, siapa nih yang merasakan kegabutan sepanjang hari? Banyak pengakuan sebagian besar kaum milenial merasa tidak menghasilkan apa-apa selama pandemi. Dengan kata lain, produktivitas menurun drastis sejak mereka di rumah saja.

Nah biasanya liburan selama pandemi menjadi kesempatan bagi kamu untuk merefresh pikiran. Namun, bagi kamu yang belum berkesempatan menikmati waktu liburan, kamu tetap bisa melakukan aktivitas produktif.

Jangan kalah dengan mereka yang menghabiskan waktu liburan, justru saat kamu di rumah saja seharusnya lebih banyak karya yang mampu kamu hasilkan. Yuk simak 8 tips agar tetap produktif selama liburan di tengah pandemi.

1. Jangan Lupakan Membuat To-Do List

Ketika musim liburan tiba atau weekend tiba, jangan pernah lupa untuk membuat to do list. Aktivitas rutin kamu tidak boleh kamu tinggalkan. Misalnya membersihkan rumah, memasak, belajar, menjalankan hobi, dan sebagainya.

Sebaiknya sebelum mengawali hari kamu membiasakan untuk membuat jadwal kegiatan harian. Dengan jadwal tersebut kegiatanmu menjadi lebih terstruktur rapi. Kamu pun akan berusaha konsekuen agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Namun, jangan pernah membuat jadwal yang ketat selama liburan. Jika hal ini terjadi, bisa jadi kamu malah merasa stress dengan tugas menumpuk akibat to do list yang terlalu ketat. Nikmatilah liburan dengan santai sembari menyelesaikan tugas-tugas ringan.

2. Pastikan Rumah Aman

Kedua, jika kamu ingin di rumah saja sementara orang lain sedang berlibur, pastikan rumahmu aman. Biasanya saat kondisi sepi cenderung membuka peluang kejadian buruk yang tidak diinginkan.

Ketika ingin berusaha produktif, jadwal kegiatan yang kamu susun tadi harus benar-benar kamu jalankan. Fokuslah berada di ruang belajar atau kamar untuk menyelesaikan jadwal kegiatan tersebut.

Tidak ada salahnya mengurung diri di kamar demi keamanan dan gangguan dari luar kamar. Selain itu, kamu bisa bebas menikmati waktu asalkan kondisi kamar dan sekeliling rumah sudah kamu pastikan keamanannya.

3. Belanja untuk Keperluan Liburan

Biasanya sebelum weekend dan musim liburan tiba, kamu yang memilih liburan di rumah saja akan menyiapkan camilan sebagai teman liburanmu. Oleh karenanya, beberapa hari sebelum masa itu datang, kamu bisa berbelanja keperluan apa saja untuk menemani hari liburmu di rumah.

Hal ini bisa berkaitan dengan sesuatu barang yang mendukung hobi atau mendorong ketercapaian jadwal harian. Selain itu, memilih camilan yang kamu suka bisa membuatmu lebih bersemangat menjalani hari libur di rumah.

Intinya belilah keperluan yang mendukung jadwal hari liburmu. Siapkan barang-barang apa saja yang kamu butuhkan agar kamu tidak bingung lagi ketika hari libur sudah tiba.

4. Mengurangi Pemakaian Gadget dan Bermedia Sosial

Liburan di rumah sering kali dikaitkan dengan aktivitas bermain gadget secara maraton. Padahal semestinya hari libur menjadi hari di mana kamu refreshing pikiran dan tanpa gadget, sebab, media sosial seringkali menjadi penyebab kamu sulit untuk fokus.

Nah sebaiknya ketika liburan, manfaatkanlah waktu untuk eksplorasi diri. Seperti bepergian ke tempat wisata, cara eksplorasi diri di rumah juga bisa kamu lakukan. Misalnya dengan melakukan kegiatan favoritmu seperti membaca dan lainnya.

Jauhkan gadget untuk sementara waktu. Kasihanilah matamu yang setiap harinya harus berhadapan dengan layar hp atau komputer. Berilah waktu untuk organ optik itu beristirahat dari menatap layar yang bisa mempercepat kerusakan mata.

5. Mengembangkan Hobi agar Menghasilkan Karya dan Menambah Skill

Selanjutnya, hal yang paling menarik untuk dilakukan adalah hobi atau kesenangan. Tak dapat dimungkiri, rutinitas saat ini sering kali menghambat penyaluran hobi. Bisa sepanjang hari kita sibuk dan tak pernah menghibur diri melalui hobi.

Nah agar tetap produktif selama liburan. Kamu bisa mengubah hobi ini sebagai kegiatan untuk menambah skill. Dengan melakoni hobi, kamu terdorong untuk melatih kemampuan lebih dalam.

Apalagi jika mendengar bahwa hobi bisa dijadikan profesi. Rutinitas yang selama ini kamu jalani bisa terkalahkan dengan skill yang kamu latih pada saat weekend saja. Jadi jangan pernah sepelekan aktivitas kecil apapun yang kamu lakukan ya.

6. Ikuti Kursus atau Les Online

Produktif selama liburan erat kaitannya dengan menambah kemampuan atau pengetahuan untuk menghasilkan karya. Sebab, melalui ilmu pengetahuan ini, seseorang bisa membuat apa pun yang pernah terlintas di pikiran manusia.

Nah untuk mendukung produktif seperti ini, kamu bisa mengikuti les online atau kursus. Mungkin kamu bisa memilihnya sesuai dengan hobi atau minatmu. Hari libur diisi dengan les online atau kursus sebaiknya ambil bisa yang menjadi minatmu.

Selain itu, kursus atau les online juga bisa kamu pilih untuk sekedar menambah pengetahuan dan keterampilan. Misalnya ilmu-ilmu yang diajarkan oleh instansimu kamu tambah lebih luas dengan mengikuti kursus atau les online tersebut.

7. Berkumpul Bersama Teman dan Keluarga

Tak ada yang lebih menyenangkan selain berkumpul bersama keluarga dan teman dekat. Selama liburan pun kamu tidak harus menghabiskan waktu dengan mengunjungi destinasi wisata yang memanjakan mata. Untuk menikmati waktu bersama mereka, kamu cukup berkumpul layaknya kumpul keluarga besar.

Topik perbincangannya pun sangat menarik bagimu. Sebab, mereka menjadi circle pertama dirimu. Jika perlu, pada kesempatan itu kamu bisa curhat dan mencurahkan segala keluh kesah. Kamu pun bisa meminta saran atau bimbingan kepada mereka.

Dengan kegiatan ini otomatis kamu mendapat sesuatu yang berharga selama liburanmu. Tidak ada lagi kata “gabut” atau bosan. Justru masa berkumpul saat liburan ini menjadi momen yang sangat kamu tunggu selanjutnya.

8. Menenangkan Pikiran

Poin yang tak kalah penting dan sering kali dipilih ketika liburan di rumah saja adalah waktunya untuk me time. Pada kondisi ini kamu bisa self talk atau evaluasi dirimu sendiri. Self talk ini sangat penting sebagai upaya untuk mengoreksi sekaligus mengapresiasi pencapaian diri sendiri.

Nah menenangkan pikiran juga termasuk produktivitas loh. Sebab, hasil dari aktivitas merenung ini kamu bisa lebih produktif lagi selanjutnya. Selain itu, kamu pun cenderung menjadi pribadi yang lebih baik berdasarkan evaluasi-evaluasi tersebut.

Jangan sepelekan teknik menenangkan pikiran dan self talk ini ya. Kamu bisa mulai menerapkannya dengan mengambil waktu untuk mengoreksi diri sendiri. Namun, jangan pernah berlebihan hingga tidak bisa fokus kembali pada rutinitas seperti biasanya.

Sekarang kamu tidak perlu mengeluhkan lagi tentang bagaimana agar tetap produktif selama liburan. Dengan 8 tips tersebut kamu akan menjadi manusia produktif selama liburan. Tentunya tips tersebut diterapkan sesuai dengan kondisi fisik dan mentalmu ya.

Jangan sampai memaksakan diri dan terlalu ketat melakukan aktivitas selama liburan. Sebab, hal tersebut malah membuatmu merasa lesu ketika kembali pada rutinitas. Tetap jaga kesehatan fisik dan mentalmu!