Skip to main content

Daftar Urutan Versi Android Terbaru 2020

Android

Daftar Urutan Versi Android Terbaru 2020

Android sendiri berasal dari bahasa Yunani atau Andros yang memiliki arti manusia. Android sendiri pertama kali di kembangkan oleh Google Inc. Pada tahun 2008 secara resmi Android diluncurkan, namun waktu itu hanya digunakan untuk komersial saja. Bicara soal Android, kali saya akan memberikan informasi seputar urutan Android dari generasi pertama sampai yang terbaru.

Android adalah sebuah sistem operasi yang diperuntukan untuk perangkat mobile. Bahkan di indonesia sendiri Android nomor satu jumlah pengguna terbanyak. Sekarang Android tidak hanya untuk HP Android dan tablet saja, namun sudah di kembangkan lebih jauh. Salah satu contohnya sudah bisa berjalan di Android tv, audio auto untuk mobil, dan wear os untuk jam tangan pintar.

Urut-Urutan Android

Tidak perlu panjang lebar, bagi Anda yang mau urutan Android dari generasi pertama sampai yang terbaru, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Android 1.0 Alpha

Versi Android pertama kali diluncurkan pada bulan september 2008 bernama Android 1.0 Alpha. Versi Android ini sayangnya dirilis untuk kebutuhan komersial.

Versi Android ini menawarkan beberapa fitur seperti streaming Youtube, Google Map, Web Browser, pemutar media, dan sinkronisasi dengan aplikasi google.

2. Android 1.1 Beta

Tidak butuh lama, tepatnya pada tanggal 9 februari 2009. Android meluncurkan versi kedua yang diberikan nama Android 1.1 Beta.

Sama seperti versi sebelumnya, versi Android ini juga tidak ditujukan untuk komersial, hanya diperuntukan untuk satu perangkat saja.

Dirilisnya Android 1.1 beta ini berfungsi untuk memperbaiki bugs dan meningkatkan beberapa fitur seperti menampilkan dan menyembunyikan tombol panggilan, rincian lokasi pada aplikasi mas dan lain sebagainya.

3. Android 1.5 CuPCake

Hanya selang beberapa bulan kemudian, Android juga merilis versi ketiga tepatnya pada tanggal 30 april 2019. Versi ini diberi nama Android 1.5 CuPCake.

Bisa dibilang generasi Android pertama yang diluncurkan untuk komersial. Dan berawal dari sini Android memakai nama-nama makanan manis ke setiap versi Android yang diluncurkan berikutnya.

Android 1.5 CuPCake sendiri memberikan fitur-fitur menarik kepada penggunanya seperti keyboard virtual, widget, rotasi layar otomatis dan lain sebagainya.

4. Android 1.6 Donut

Pada tanggal 15 september 2009, Android juga meluncurkan versi berikutnya yang diberi nama Android 1.6 Donut.

Versi Android ini memberikan beberapa fitur canggih yang bisa digunakan penggunanya seperti Playstore, dukungan gestur, persentase daya baterai, dan lain sebagainya.

5. Android 2.0 Eclair

Tidak butuh waktu lama, Android kembali merilis versi berikutnya pada tanggal 26 oktober 2009 yang diberi nama Android 2.0 Eclair.

Versi Android ini memberikan beberapa fitur seperti dukungan browser untuk HTML5, live wallpaper, multi touch, dan perubahan tampilan antarmuka.

6. Android 2.2 Froyo

Pada tanggal 20 mei 2010 Android kembali meluncurkan versi terbaru yakni Android 2.2 Froyo. Versi ini sudah mulai dikenal luas oleh para vendor atau produsen smartphone.

Versi Android ini memberikan fitur-fitur yang menarik seperti hotspot WiFi, USB tethering, dukungan animasi GIF pada web browser, memperbesar gambar di galeri dengan gestur dan lain sebagainya.

7. Android 2.3 Gingerbread

Selang beberapa bulan, Android kembali merilis versi Android terbaru. Dimana Android 2.3 Gingerbread ini menjadi sistem operasi mobile yang populer saat itu.

Bahkan versi Android ini sudah mulai kerja sama dengan vendor samsung dalam menciptakan ponsel Samsung Galaxy Series.

Adapun fitur-fitur yang disematkan pada versi Android ini seperti dukungan beberapa sensor, dukungan NFC, fitur copy paste dengan memilih kata lewat layar yang ditekan.

8. Android 3.0 Honeycomb

Tepat pada tanggal 22 februari 2011, Android kembali meluncurkan versi terbarunya yang diberi nama Android 3.0 Honeycomb. Versi Android ini diperuntukan khusus untuk smartphone tablet PC.

Android 3.0 Honeycomb sendiri memberikan fitur canggih yang bisa dinikmati penggunanya seperti multitasking recent apps, dukungan obrolan video dengan Google Talk, dan dukungan prosesor multi core.

9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android kembali meluncurkan versi terbarunya pada tanggal 19 oktober 2011. Versi ini diberi sebutan dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Jika versi Android sebelumnya hanya ditujukan untuk Tablet PC saja, Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini sudah bisa dioperasikan untuk smartphone.

Android versi ini sudah menyediakan beberapa fitur lain seperti kostumisasi widget dan perbaikan antarmuka.

10. Android 4.1 Jelly Bean

Urutan Android selanjutnya bernama Android 4.1 Jelly Bean yang resmi diluncurkan pada 27 juni 2012. Pihak pengembang versi Android lebih fokus untuk meningkatkan performa tampilan antarmuka.

Untuk fitur-fitur yang disematkan pada versi Android ini seperti dukungan gestur pada keyboard, keyboard bisa di kostum oleh penggunanya, dukungan tampilan nirkabel, UI lebih smooth, dan widget bisa diatur dan disesuaikan ukurannya.

11. Android 4.4 KitKat

Pada tanggal 31 oktober 2013, Android kembali merilis versi terbaru yang diberi nama Android 4.4 KitKat.

Versi ini lebih berfokus untuk meningkatkan fitur seperti mengoptimalkan kinerja perangkat itu sendiri.

Kemudian WebViews yang berbasis Chromium, dukungan sensor batching dan step detector.

12. Android 5.0 Lollipop

Versi Android selanjutnya bernama Lollipop 5.0 yang secara resmi diluncurkan pada tanggal 25 juni 2014.

Versi Android ini tidak hanya menjadi sistem operasi pada smartphone saja. Melainkan bisa dioperasikan pada perangkat mobile lainnya seperti Google fit dan Android TV.

Android 5.0 Lollipop menawarkan beberapa fitur yang menarik seperti factory reset protection (berfungsi untuk menjaga ponsel supaya tidak di reset jika hilang), mengikuti desain Google yakni material design dan lain sebagainya.

13. Android 6.0 Marshmallow

Urutan versi Android selanjutnya yang diberi nama Android 6.0 Marshmallow ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 5 mei 2015. Versi ini menawarkan beberapa fitur yang canggih dan menarik untuk digunakan para penggunanya.

Seperti adanya dukungan platform virtual reality, sensor sidik jari untuk membuka smartphone, fitur menjalankan beberapa aplikasi pada tata letak layar dengan dukungan multi window.

Kemudian dilengkapi dengan kemampuan yang bisa mengurangi masa pakai bandwidth pada mode data saver.

14. Android 7.0 Nougat

Pada tanggal 19 oktober 2016 secara resmi pihak Android kembali merilis versi terbarunya yang diberi nama Android 7.0 Nougat.

Versi Android ini lebih berfokus meningkatkan performa user interface, sehingga lebih untutif dan pemakaian aplikasi secara bersamaan lebih banyak fitur pada multi window.

Tidak hanya itu saja, ada fitur tambahan lain seperti keyboard default yang bisa mengirim animasi GIF langsung, dukungan mode malam, dan terdapat dukungan panggilan multi endpoint.

15. Android 8.0 Oreo

Android 8.0 Oreo merupakan versi Android selanjutnya yang resmi diperkenalkan pada bulan agustus 2017. Versi ini meningkatkan performa user interface sehingga penggunaannya lebih mudah dalam mengakses aplikasi.

Versi Android menawarkan beberapa fitur seperti dukungan gambar dalam gambar, Autofill yang memberi kemudahan dalam mengisi formulir, dan adanya pengoptimalan booting supaya lebih cepat.

Dari pembahasan versi Android diatas, versi Android mana yang paling enak digunakan dan terlengkap fiturnya? Mungkin itu dulu informasi yang saya sampaikan mengenai urutan versi Android dari yang pertama sampai yang terbaru. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!