Skip to main content

7 Tips Bepergian ke Luar Negeri di Masa Pandemi

7 Tips Bepergian ke Luar Negeri di Masa Pandemi

7 Tips Bepergian ke Luar Negeri di Masa Pandemi

Berlibur ke luar negeri di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini memang terdengar cukup mengerikan. Berbeda jauh saat pandemi belum terjadi dan mewabah pada hampir seluruh negara yang ada di belahan dunia. Hal ini membuat kamu harus bisa beradaptasi terhadap keadaan yang sedang terjadi seperti sekarang.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan dan lakukan sebelum berlibur ke luar negeri. Salah satunya yaitu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama berlibur. Hal ini merupakan salah satu persiapan paling krusial untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Pada saat pandemi seperti ini, banyak negara yang menutup perbatasannya bagi para wisatawan mancanegara. Akan tetapi, sejumlah negara sudah membuka perbatasan untuk wisatawan Indonesia.

Beberapa negara diantaranya seperti Inggris, Dubai, dan Turki serta Arab Saudi yang pastinya dibuka karena untuk keperluan Umrah. Maka, sebaiknya kamu juga mengetahui beberapa tips berikut ini agar bisa berlibur ke luar negeri di masa pandemi, tetapi tetap menyenangkan dan aman tentunya. Yuk, disimak!

1. Jangan Lupa untuk Memastikan Perjalananmu Memang Sangat Diperlukan

Sebelum kamu memutuskan untuk berpergian ke luar negeri, alangkah baiknya kamu dapat menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu. Apakah perjalananmu memang sangat diperlukan? Jika jawabannya tidak, maka sebaiknya kamu mengurungkan niatmu untuk ke luar negeri.

Akan tetapi, jika memang sangat diperlukan dan bersifat krusial maka perjalananmu dapat dilanjutkan. Namun, kamu sebaiknya harus memastikan bahwa kamu tidak pernah berkontak secara langsung dengan seseorang yang mengidap Virus Covid-19 sebelumnya.

Jika kamu pernah melakukannya, maka sebaiknya kamu menunda perjalananmu dan melakukan isolasi mandiri di rumah selama sekurang-kurangnya 14 hari. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu juga terkontaminasi Virus Covid-19 atau tidak.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin di fasilitas kesehatan terdekat. Pertimbangkan juga segala kebutuhan perjalanan yang akan kamu tempuh sebelum berangkat. Setelah semuanya sudah siap dan dirasa aman, maka perjalananmu dapat dilanjutkan.

2. Jangan Lupa untuk Memastikan Kondisi Badanmu Sehat

Hal pertama yang harus kamu lakukan pastinya memastikan kalau kondisi badanmu sedang dalam kondisi baik. Kamu bisa memeriksakannya ke dokter atau ahli kesehatan lainnya karena virus akan lebih mudah masuk ke orang dengan antibodi yang rendah.

Dengan kata lain jika kondisi badan kita sedang tidak sehat, maka virus akan dengan mudah dapat masuk dan mengkontaminasi badanmu. Jika dokter atau ahli kesehatan sudah menyatakan bahwa badanmu sedang drop, maka alangkah baiknya kamu jangan memaksakan diri untuk tetap pergi ke luar negeri.

Selain itu, pada masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak peraturan yang telah ditetapkan oleh masing-masing negara agar orang dari mancanegara bisa masuk ke negara mereka. Salah satu syarat utamanya yaitu kamu harus menyertakan surat PCR yang menyatakan bahwa kamu sehat dan bebas dari Virus Covid-19.

3. Jangan Gegabah, Lakukan Riset Terlebih Dahulu Sebelum Pergi

Kamu juga disarankan untuk melakukan riset mendalam tentang kebijakan yang diberlakukan di negara yang akan kamu tuju untuk bepergian. Kamu harus memastikan apakah mereka sudah benar-benar mempunyai aturan yang tegas dan ketat terkait dengan protokol CHSE di negara mereka.

Beberapa negara yang dianggap WHO mempunyai aturan penerapan protocol kesehatan cukup baik adalah Thailand dan Singapura. Dua negara tersebut telah mendapatkan sertifikasi oleh kementerian pariwisatanya terkait dengan protokol kesehatan yang diberlakukan.

4. Jangan Sendirian, Lakukanlah Trip Bersama Kelompok

Sebelum Pandemi Covid-19 mewabah di hampir seluruh belahan dunia, liburan FIT atau Free Independent Traveller dan backpacking sangat banyak sekali dilakukan dan digemari oleh banyak orang.

Namun, semuanya menjadi berbeda sejak Pandemi Covid-19 mulai mewabah. Dimana sekarang kebanyakan orang merasa bahwa perjalanan yang dilakukan berkelompok akan lebih aman dan juga nyaman.

Pertama, kelompok tur saat ini sudah tidak lagi diisi oleh banyak orang, Terdapat pembatasan khusus terkait dengan jumlah orang yang boleh berlibur dalam satu kelompok. Jumlahnya tidak terlalu banyak.

Selain itu, jika dilihat dari sisi jadwal liburan, jadwal liburan berkelompok biasanya cenderung lebih terjadwal dan terjaga. Pada akhirnya hal tersebut akan membuat para traveller tidak terlalu kelelahan dan tetap fit.

5. Jangan Melupakan Gaya Hidup Sehat Selama Berlibur

Pada saat berlibur, pasti kebanyakan dari kita akan cenderung bepergian ke banyak tempat dan melupakan waktu untuk mengistirahatkan badanmu.

Kebiasaan seperti itu jika terjadi berulang kali bisa menyebabkan imun tubuh menjadi berkurang dan pada akhirnya membuat tubuhmu sangat mudah sekali drop. Oleh karena itu, kebiasaan hidup sehat pada saat traveling juga harus tetap dijaga.

6. Terapkan Protokol Kesehatan Standar

Bagi kamu yang ingin berlibur atau bepergian ke luar negeri, kamu diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan penerapan protocol kesehatan menjadi suatu hal yang bersifat wajib dan krusial di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya mengetahui dengan jelas dan benar bagaimana tata cara untuk menerapkan protokol kesehatan di wilayah yang sedang kamu tempati.

Pada umumnya, protokol kesehatan diberlakukan dengan rajin cuci tangan, membawa hand sanitizer, dan juga menggunakan masker. Selain itu, kamu juga harus menjaga jarak antara satu sama lain.

7. Jangan Sembarangan, Kamu Juga Harus Memperhatikan Protokol Kesehatan Warga Lokal

Meskipun pemerintah pada negara yang sedang kamu kunjungi telah melakukan implementasi kesehatan dengan baik untuk para pelaku pariwisatanya, tetapi biasanya warga lokalnya masih belum menerapkan protokol kesehatan tersebut dengan baik dan benar.

Kamu harus memperhatikan dan memastikan kebiasaan orang-orang yang berada di sekitarmu. Misalnya saja saat kamu ingin membeli makanan. Cobalah untuk memperhatikan kebiasaan sang penjual, khususnya para penjual di kaki lima.

Jika kamu menemukan kejanggalan dan melihat mereka tidak menerapkan protokol CHSE dengan baik dan benar. Maka, sebaiknya kamu memutuskan untuk pergi dan carilah tempat lain yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Pada masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, ternyata membutuhkan beberapa adaptasi dan penyesuaian saat kita ingin melakukan kegiatan. Misalnya saja seperti saat ingin bepergian ke luar negeri.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui tips bepergian ke luar negeri di masa pandemi ini. Jangan lupa untuk selalu mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan yang telah diberikan ya!