Skip to main content

Review Lengkap Seri Samsung Galaxy Grand Terbaru 2020

Galaxy Grand Neo

Review Lengkap Seri Samsung Galaxy Grand Terbaru 2020

Sebagai pelopor ponsel pintar pada tahun 2010-an, Samsung menampilkan banyak seri, salah satunya Samsung Galaxy Grand. Sampai sekarang sudah ada banyak sekali review Samsung Galaxy Grand dari banyak generasi.

Memang seri Galaxy Grand dikenal menjadi salah satu produk yang memiliki pasar tersendiri. Layaknya seperti seri S dan juga Note yang memiliki banyak sekali produk dengan peminat yang sangat tinggi. Simak ulasan lengkap deretan ponsel pintar Samsung seri Galaxy Grand!

Deretan Generasi Samsung Galaxy Grand

Sebelum semakin maraknya ponsel pintar yang ditawarkan berbagai merk, Samsung selalu konsisten dengan seri Galaxy Grand-nya. Sayangnya saat ini seri tersebut tidak mendapatkan pengembangan kembali dan harus terhenti. Berikut ini beberapa review Samsung Galaxy Grand yang pernah ada:

  • 1. Galaxy Grand Neo

    Seri Galaxy Grand pertama yang akan diulas ringkas adalah Galaxy Grand Neo. Ponsel pintar dari Samsung ini memiliki ukuran layar yang termasuk sangat besar pada masanya yaitu 5 inch. Padahal saat ini sebagian besar ponsel pintar berukuran 4 inch.

    Kemudian ponsel ini membawa OS Jelly Bean dan sudah bisa ditingkatkan sampai ke KitKat. Galaxy Grand Neo membawa processor Broadcom BCM23550 Spreadtrum SC8830 SoC dengan CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, GPU Mali-400MP2.

    Meski termasuk ponsel generasi lama, Galaxy Grand Neo sudah memiliki penyimpanan internal 8GB dan 16GB dengan RAM sebesar 1GB. Sangat cukup sekali pada masa itu untuk memainkan game-game ringan dan seru.

    Untuk pilihan internal 16GB memiliki edisi khusus yaitu Grand Neo Plus. Berpindah ke kamera, Grand Neo memiliki kamera depan 5MP f/2.6 AF dan kamera depan yang masih VGA atau 2MP. Untuk mendukung kinerja, Samsung memberi baterai sebesar 2100 mAh.

  • 2. Galaxy Grand i9082

    Ulasan selanjutnya yaitu seri Galaxy Grand i9082. Secara umum sedikit perbedaan antara Grand Neo dengan Grand i9082 atau Grand Duos. Keunggulan utama produk ini adalah sudah mendukung fitur dual SIM yang menjadi idaman banyak orang saat itu.

    Memiliki layar 5 inch dengan tipe TFT membuatnya cukup mirip jika disandingkan Grand Neo. OS yang dibawa adalah Jelly Bean namun belum bisa ditingkatkan ke KitKat. Kemudian memiliki CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A9 dan pengolahan grafis Mali-400MP2.

    Kamera yang ditawarkan juga cukup bagus dengan kamera utama 8MP f/2.7 AF dan kamera depan 2MP. Dengan kamera utama, Anda bisa mengambil video sampai kualitas 1080p 30fps. Sayangnya kelemahan hadir dari sisi penyimpanan.

    Anda hanya bisa memilih satu saja yaitu internal 8GB dengan 1GB RAM. Tapi jangan khawatir, karena masih ada slot microSD yang bisa ditambahkan.

  • 3. Galaxy Grand 2

    Seri selanjutnya yaitu Galaxy Grand 2 yang menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan seri sebelumnya. Keunggulan yang paling mudah Anda lihat adalah pada ukuran layar yang mengalami peningkatan.

    Galaxy Grand 2 memiliki ukuran layar mencapai 5.25 inch dengan tipe TFT. Sistem operasi yang dibawa juga masih Jelly Bean dan siap ditingkatkan menjadi KitKat.

    Dari bagian hardware yang ditanamkan, Samsung Galaxy Grand 2 memiliki Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 (28nm). Chipset ini pada masa itu sudah menjadi yang terbaik untuk seri Galaxy Grand.

    Apalagi dikombinasikan dengan Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 dan pengolahan grafis Adreno 305. Sangat lancar untuk bermain game seperti Subway Surfer yang sempat populer pada masa itu.

    Peningkatan lain terlihat pada besaran RAM yang dinaikkan menjadi 1.5GB dan internal masih 8GB. Kekurangan justru terletak pada kamera depan yang hanya berukuran 1.9MP. Tapi pada kamera depan masih sama dengan pendahulunya yaitu 8MP f/2.4 31mm AF.

  • 4. Galaxy Grand Prime

    Review Samsung Galaxy Grand selanjutnya yaitu bernama Galaxy Grand Prime. Ponsel pintar keluaran tahun 2014 ini memiliki ukuran layar 5 inch dengan berat 156 gram dn sudah mendukung fitur Dual SIM.

    Sistem operasi yang dibawah juga lebih unggul dari seri lainnya yaitu Android KitKat dan siap untuk ditingkatkan menjadi Lollipop. Mengenai hardwarenya, Galaxy Grand Prime memiliki Snapdragon 410 (28nm) dan Spreadtrum SC7730 untuk Value Edition.

    Lalu CPU yang digunakan Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan untuk Value Edition menggunakan Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7. Pada bagian pengolahan grafis, versi biasa menggunakan Adreno 306 dan Value Edition dengan Mali-400.

    Tapi dukungan RAM masih hanya 1GB dengan internal 8GB. Kamera sisi depan sebesar 5MP f/2.2 dan pada sisi belakang 8MP f/2.4 AF.

  • 5. Galaxy Grand 3

    Galaxy Grand 3 menjadi pembahasan review Samsung Galaxy Grand yang selanjutnya. Anda akan menemukan beberapa persamaan antara seri Grand 3 dengan seri Grand 2. Karena keduanya memiliki ukuran yang sama yaitu 5.25 inch.

    Namun Grand 3 memiliki tipe layar IPS LCD dan sudah mendukung Dual SIM. Sementara itu sistem operasi yang dipakai lebih terbaru yaitu Android KitKat. Spesifikasi hardware yang ditawarkan juga lebih bagus yaitu membawa Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 (28nm).

    CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 306. Beralih ke kamera, Anda juga akan lebih puas menggunakan Galaxy Grand 3. Kamera utama Grand 3 sebesar 13 MP AF, HDR, LED Flash dan kemampuan video 1080p 30fps.

    Sementara itu kamera depan lebih unggul dengan ukuran 5 MP dan video sampai 1080p 30fps. Penyimpanan juga menjadi lebih besar sampai 16GB dan RAM masih sama sebesar 1.5GB.

  • 6. Galaxy Grand Max

    Pada tahun 2015 lalu, Samsung merilis seri Samsung Galaxy Grand yang diberi nama Grand Max. Sayangnya meski diluncurkan sebagai ponsel pintar yang lebih mudah dari generasi sebelumnya, Grand Max belum mendukung layanan Dual SIM.

    Kemudian jika Anda bandingkan dengan Grand 3, seri Grand Max ini tampil dengan build quality yang lebih menarik dan proporsional. Lebar dan tinggi Grand Max terlihat lebih pas bersama bezel tipis sisi kanan kiri dan membuatnya tampil mewah serta elegan.

    Grand Max membawa spesifikasi layar dengan tipe IPS LCD dengan ukuran bentang layar sekitar 5.25 inch dan resolusi 720 x 1280. Lalu sistem operasi yang digunakan adalah Android 4.4.4 atau KitKat yang membuat tampilan menu menjadi lebih menarik.

    Dari sisi hardware yang disematkan pada Grand Max, masih cenderung sama dengan seri sebelumnya yaitu menggunakan Qualcomm Snapdragon 410 (28nm). Sementara itu CPU pendukungnya Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 306.

    Untuk mendukung hardware tersebut, Samsung memberikan RAM sebesar 1.5GB yang sudah sangat cukup untuk multitasking beberapa aplikasi. Penyimpanan internal juga termasuk sangat besar sampai 16GB.

    Tidak jauh dari seri Galaxy Grand sebelumnya, untuk Grand Max masih membawa kamera dengan ukuran 13MP pada bagian belakang dan 5MP pada bagian depan.

Dari review Samsung Galaxy Grand, ternyata Samsung memiliki banyak sekali produk andalan dari seri Grand. Tapi Grand Max dan Grand 3 menawarkan kelebihan yang lebih banyak. Salah satunya bagian kamera dengan kualitas yang lebih baik.